Jaenudin Sebut Pandai Besi Tradisonal Cibatu Sukabumi Bisa Menjadi Potensi Desa Wisata

Rabu 31 Juli 2024, 21:25 WIB
Muhammad Jaenudin, S.Ag, MH, Anggota Komisi V DPRD Jawa Barat saat kegiatan penyebarluan Perda Desa Wisata | Foto : Sukabumi Update

Muhammad Jaenudin, S.Ag, MH, Anggota Komisi V DPRD Jawa Barat saat kegiatan penyebarluan Perda Desa Wisata | Foto : Sukabumi Update

SUKABUMIUPDATE.com - Muhammad Jaenudin, Anggota DPRD Jawa Barat, menyebutkan kerajinan pandai besi yang telah diwariskan turun temurun di Desa Cibatu, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, bisa dijadikan potensi Desa Wisata.

Hal itu disampaikan Jaenudin saat sosialisasi mengenai Peraturan Daerah (Perda) Nomor 2 Tahun 2022 tentang Desa Wisata yang berlangsung di Aula King Raos, Jalur Lingkar Sukabumi, Rabu (31/7/2024).

Menurut Jaenudin, Perda Desa Wisata ini sangat penting untuk pengembangan potensi wisata di desa-desa di Kabupaten Sukabumi. Ia mendorong masyarakat untuk memahami aturan yang berlaku dalam pengembangan desa wisata.

"Jika sebuah desa dilihat dari sumber daya alam, mungkin tidak ada yang menonjol. Namun, desa bisa memiliki wisata dari segi budaya yang berpotensi besar untuk dikembangkan menjadi desa wisata," ujar Jaenudin.

Ia menambahkan, hampir seluruh desa di Kabupaten Sukabumi memiliki potensi wisata yang sangat bagus dan luar biasa untuk dikembangkan, termasuk kerajinan pandai besi di Desa Cibatu yang sudah ada sejak lama dan diwariskan secara turun-temurun. Keahlian pandai besi ini perlu dilestarikan.

Baca Juga: Anggota DPRD Jabar M. Jaenudin Sosialisasikan Perda Desa Wisata di Sukabumi

Lebih jauh, Jaenudin menjelaskan bahwa untuk menarik minat wisatawan, ada tiga elemen utama yang harus diperhatikan: sumber daya alam, atraksi wisata budaya, dan atraksi buatan manusia. Selain itu, fasilitas (amenity), aksesibilitas, dan pelayanan tambahan (ancilliary) juga merupakan faktor-faktor penting dalam kegiatan pariwisata.

Sementara itu, mantan Kepala Desa Cibatu, Sendi Agustian Maulana, menyatakan bahwa kerajinan pandai besi penting untuk dilestarikan mengingat perubahan zaman yang sedikit demi sedikit, terutama karena perkembangan teknologi mesin telah menggeser para pandai besi.

"Saat ini para perajin pandai besi secara tradisional semakin sedikit. Kami khawatir ke depan perajin pandai besi ini hilang karena bergeser ke mesin," ujar Sendi .

Sendi menjelaskan, jika keahlian pandai besi tradisional ini dijadikan potensi Desa Wisata, wisatawan akan mendapatkan edukasi terkait proses pandai besi dari awal hingga akhir. "Ini bisa menjadi wisata edukasi dan wisata budaya kepada generasi terkait kerajinan pandai besi tradisional, dan pasti menarik," tuturnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi18 September 2024, 10:14 WIB

Pengerjaan Pelat Beton di Pabuaran Sukabumi Disorot Warga, UPTD PU Jelaskan Begini

Pengerjaan pelat beton untuk menutup saluran air ini dilaksanakan pihak ketiga.
Pelat beton di jalan kabupaten ruas Ancaen-Bojonghaur, tepatnya di Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life18 September 2024, 10:00 WIB

6 Cara Menjodohkan Teman Agar Bisa Jadi Sepasang Kekasih

Menjodohkan teman agar bisa menjadi sepasang kekasih membutuhkan strategi yang hati-hati, agar tidak menimbulkan rasa canggung atau tekanan di antara mereka.
Ilustrasi. Menjalin hubungan asmara antara dua orang teman membutuhkan pendekatan yang cermat agar tidak menimbulkan tekanan psikologis. (Sumber : pixabay.com)
Sukabumi18 September 2024, 09:55 WIB

Tiga Pelajar Ditangkap, Pelaku Pembacokan Siswa STM di Surade Sukabumi

Korban mendapatkan penanganan medis di rumah sakit setelah mengalami luka.
(Foto Ilustrasi) Polisi menangkap terduga pelaku pembacokan siswa STM di Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Nasional18 September 2024, 09:27 WIB

2 Orang Tersangka! Modus TPPO ke Kamboja, Korban Diiming-imingi Kerja di Perusahaan

Kepolisian menetapkan dua orang sebagai tersangka yakni MZ dan PJ.
(Foto Ilustrasi) Polisi mengungkap modus pelaku kasus TPPO ke Kamboja. | Foto: Istimewa
Sehat18 September 2024, 09:00 WIB

Lebih Sehat Mana, Air Galon atau Rebusan Air Keran? Simak Disini Jawabannya!

Masyarakat umumnya masih menggunakan air galon dan air keran rebusan untuk kebutuhan cairan tubuh.
Ilustrasi. Air minum. Masyarakat umumnya masih menggunakan air galon dan air keran rebusan untuk kebutuhan cairan tubuh. : Pixabay/Pexels
Inspirasi18 September 2024, 08:54 WIB

Loker Pegawai Tetap Lulusan S1 Human Resources, Cek Disini!

Loker Pegawai Tetap Lulusan S1 Human Resources. Rekruter dari Indofood akan menghubungi pelamar via telepon atau email resmi Indofood, sehingga pelamar harus memastikan nomor telepon dan emailnya selalu aktif ya!
Ilustrasi. Karyawan. Loker Pegawai Tetap Lulusan S1 Human Resources, Cek Disini! (Sumber : Pexels/MARTPRODUCTION)
Kecantikan18 September 2024, 08:00 WIB

10 Manfaat Setting Spray untuk Make Up: Natural Tahan Lama Tanpa Cakey!

Setting spray adalah produk penting untuk memastikan makeup tetap segar, tahan lama, dan terlihat natural sepanjang hari.
Ilustrasi. Setting spray melengkapi tampilan makeup dengan memberikan perlindungan tambahan terhadap keringat, minyak, dan cuaca. (Sumber : Freepik/@freepik)
Life18 September 2024, 07:00 WIB

Hidup Lebih Tenang, 12 Manfaat Berpikir Positif Saat Menghadapi Masalah

Berpikir positif membantu mengurangi tingkat stres karena fokus pada solusi dan potensi perbaikan, bukan pada masalah itu sendiri.
Ilustrasi. Manfaat Berpikir Positif Saat Menghadapi Masalah. (Sumber : Pixabay)
Food & Travel18 September 2024, 06:00 WIB

Resep Donburi Chicken Teriyaki Simpel, Inspirasi Menu untuk Keluarga di Rumah

Berikut resep Donburi Chicken Teriyaki yang simpel dan mudah dibuat di rumah. Yuk, Recook!
Ilustrasi. Resep Donburi Chicken Teriyaki Simpel (Sumber : Pixabay/yuyun_fan)
Science18 September 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 18 September 2024, Semua Wilayah Potensi Berawan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 18 September 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 18 September 2024. (Sumber : Pixabay.com/@Kanenori)