LW Doa Bangsa Sosialisasikan Wakaf Uang di Lingkup Amil Zakat dan Nazhir Wakaf se-Kota Bogor

Jumat 19 Juli 2024, 16:57 WIB
Kemenag Kota Bogor menyelenggarakan acara pembinaan Amil dan Nazhir se-Kota Bogor. | Foto: Istimewa

Kemenag Kota Bogor menyelenggarakan acara pembinaan Amil dan Nazhir se-Kota Bogor. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Bertempat di Hotel Onih Bogor, Kementerian Agama Kota Bogor menyelenggarakan acara pembinaan Amil dan Nazhir se-Kota Bogor yang dihadiri oleh 25 peserta yang terdiri dari para Unit Pengumpul Zakat (UPZ) dan para Nazhir dari Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Kota Bogor, Kamis, 18 Juli 2024. Para peserta mendapat pencerahan perihal Amil Zakat dan Nazhir Wakaf dari para nara sumber yang diundang seperti Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) kota Bogor dan Direktur Lembaga Wakaf (LW) Doa Bangsa.

Acara dibuka langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bogor, H. Dede Supriatna, S.Ag., M.Pd.I. yang menyampaikan dalam sambutan sekaligus pembukaan bahwa peran Zakat dan Wakaf sangat penting dalam pemberdayaan umat. Segala permasalahan yang muncul baik dalam proses pelaksanaan zakat maupun wakaf sangat tergantung kepada kesadaran masyarakat yang diimbangi dengan peran pemerintah dan para stakeholder yang berwenang di bidangnya untuk terus meningkatkan kemampuan sosialisasi dan pelayanan kepada masyarakat sesuai peraturan perundangan. Sosialisasi Zakat dan Wakaf ini diharapkan tidak hanya sekedar kata-kata akan tetapi berwujud menjadi kenyataan kemaslahatan yang bisa dilihat dan dirasakan langsung faedahnya oleh masyarakat luas.

Penjelasan serupa juga ditegaskan oleh Ketua seksi Penyelenggara Zakat dan Wakaf Kementerian Agama Kota Bogor, Drs. H. Komarudin, M.M., bahwa Kemenag kota Bogor sangat serius dengan Zakat, Infak, Shadaqah, dan wakaf ini, dibuktikan dengan kegiatan pembinaan kepada para Nazhir DKM dan UPZ di kota Bogor, dan berupaya menjalin kerja sama dengan pihak-pihak terkait, seperti rencana kerja sama dengan LW Doa Bangsa, Nazhir Wakaf Uang untuk menjalankan Gerakan Wakaf Uang di Kota Bogor.

Direktur LW Doa Bangsa, Entus Wahidin, S.Pd., M.M., CWC. menyampaikan bahwa Wakaf Uang itu sangat sederhana dan sah baik secara hukum agama maupun secara hukum negara. Wakaf Uang akan menjadi solusi bagi semua. Sebagai Nazhir, LW Doa Bangsa menawarkan berbagai kemudahan dalam bertransaksi wakaf uang dan membuka peluang lapangan kerja bagi mereka yang ingin mendapatkan penghasilan melalui pekerjaan yang syar’I untuk menggalakkan Gerakan wakaf uang untuk tujuan kemaslahatan umat. “kemaslahatan itu bersifat holistik, yang meliputi para pegiat syiar wakaf, institusi wakaf, dan para penerima manfaat wakaf. Untuk menjalankan program Wakaf Uang ini, LW Doa Bangsa menghimbau kepada para pengurus DKM agar dapat memanfaatkan fasilitas wakaf uang ini melalui pembangunan Dana Abadi DKM yang tentunya berbasis wakaf untuk kemajuan dan kelangsungan kemakmuran masjid yang diharapkan,” ujarnya.

Anggota Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat (KPEU) Majelis Ulama Indonesia (MUI), sekaligus Dewan Pengarah LW Doa Bangsa, H. Ayep Zaki, S.E, M.M., menyatakan bahwa perjuangan untuk memaslahatkan umat merupakan perjalanan panjang yang tiada akhir. Perjuangan mana diakhiri bila nafas kita berakhir, Wakaf menjadi pekerjaan rumah (PR) kita bersama yang harus diimplementasikan secara masif, dan ini perlu dukungan semua stakeholder, termasuk instansi besar seperti Kementerian Agama sebagai salah satu lembaga otoritasnya.

Sumber: Siaran Pers

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi16 September 2024, 23:43 WIB

Kompor Ditinggal saat Memasak, Rumah Warga di Cicurug Sukabumi Hangus Terbakar

Berikut kronologi kebakaran rumah di Cicurug Sukabumi. Api diduga berasal dari kompor yang ditinggal saat memasak oleh penghuni.
Tim Damkar saat memadamkan api di rumah warga Cicurug Sukabumi yang terbakar. (Sumber : SU/Ibnu)
Sukabumi16 September 2024, 21:03 WIB

Pemotor di Palabuhanratu Sukabumi Kaget Disetop Polisi, Tahunya Dapat Helm Gratis

Para pengendara yang melintas di Palabuhanratu Sukabumi dibuat kaget karena disetop polisi. Ternyata diberi helm gratis dan Cokelat. Ini tujuannya
Kapolres Sukabumi AKBP Dr Samian bersama isteri saat memberikan helm gratis bagi pemotor di Palabuhanratu. (Sumber : SU/Ilyas)
Film16 September 2024, 21:00 WIB

Sinopsis Film Malam Keramat, Teror Mistis Mengerikan di Rumah Mewah

Malam Keramat akan menjadi film horor selanjutnya yang akan menghiasi layar lebar pada bulan ini. Film tersebut telah tayang di seluruh bioskop Indonesia pada Kamis, 12 September 2024.
Sinopsis Film Malam Keramat, Teror Mistis Mengerikan di Rumah Mewah (Sumber : Instagram/@helroadfilms)
Jawa Barat16 September 2024, 20:03 WIB

Polisi Ungkap Penyebab Kemacetan Parah di Puncak Bogor saat Libur Maulid Nabi

Berikut penyebab kemacetan parah di Puncak Bogor saat libur maulid nabi menurut kepolisian.
Puncak Bogor macet parah hingga kendaraan tak bisa bergerak sama sekali. (Sumber : X@Ari_is1to /@baisunn)
Entertainment16 September 2024, 20:00 WIB

Tidak Ikut Comeback dan Tur Konser, Jeonghan SEVENTEEN Mulai Wajib Militer September

Jeonghan SEVENTEEN secara resmi akan mulai menjalani wajib militer pada Kamis, 26 September 2024. Pengumuman tersebut diberitahukan langsung oleh agensinya, Pledis Entertainment.
Tidak Ikut Comeback dan Tur Konser, Jeonghan SEVENTEEN Mulai Wajib Militer September (Sumber : Instagram/@jeonghaniyoo_n)
Science16 September 2024, 19:15 WIB

Hanya 5% yang Baru di Eksplorasi, 7 Fakta Sains Menarik Tentang Lautan

Lautan masih menyimpan sejumlah misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini.
Ilustrasi - Lautan masih menyimpan sejumlah misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini. (Sumber : Pixabay.com/@TANK153).
Sukabumi16 September 2024, 19:07 WIB

Pelajar yang Terseret Ombak di Pantai Cipatuguran Sukabumi Belum Ditemukan

Tim SAR gabungan pakai aqua eye hingga drone dalam pencarian pelajar Sukabumi yang hilang terseret ombak di Pantai Cipatuguran.
Proses pencarian oleh tim SAR di tengah laut Pantai Cipatuguran Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Film16 September 2024, 19:00 WIB

Spin Off Hospital Playlist, Wise Resident Life Dipastikan Batal Tayang Tahun Ini

Drama korea Wise Resident Life yang merupakan spin-off dari drakor Hospital Playlist dipastikan tidak akan tayang tahun ini, karena permasalahan dunia medis yang terjadi di Korea Selatan saat ini.
Spin Off Hospital Playlist, Wise Resident Life Dipastikan Batal Tayang Tahun Ini (Sumber : Istimewa)
Entertainment16 September 2024, 18:30 WIB

Hoki! Unggahan Mutia Ayu di Instagram Diposting Ulang Oleh Bruno Mars

Pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan dialami oleh Mutia Ayu yang beruntung ketika Bruno Mars tersenyum ke arahnya sampai postingan yang ia unggah dibagikan ulang oleh pelantun Versace on the Floor
Hoki! Unggahan Mutia Ayu di Instagram Diposting Ulang Oleh Bruno Mars (Sumber : Instagram/@mutia_ayu)
Life16 September 2024, 18:00 WIB

Padamnya Api Keabadian, 5 Peristiwa Luar Biasa Saat Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Kelahiran Nabi Muhammad SAW diiringi dengan sejumlah peristiwa besar yang patut diketahui oleh Umat Muslim.
Ilustrasi - Kelahiran Nabi Muhammad SAW diiringi dengan sejumlah peristiwa besar yang patut diketahui oleh Umat Muslim. (Sumber : Freepik.com/Ist).