Desa Wisata Hanjeli Sukabumi Terima Kunjungan Dispar dan 40 Kades Se Ciamis

Rabu 26 Juni 2024, 17:31 WIB
Pendiri Desa Wisata Hanjeli Hidayat Asep bersama perwakil studi banding Pemkab Ciamis | Foto : Dok. Dewi Hanjeli

Pendiri Desa Wisata Hanjeli Hidayat Asep bersama perwakil studi banding Pemkab Ciamis | Foto : Dok. Dewi Hanjeli

SUKABUMIUPDATE.com - Desa Wisata Hanjeli, yang terletak di Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, kembali menjadi sorotan nasional. Pada Rabu (26/6/2024), desa ini menerima kunjungan studi banding dari Dinas Pariwisata Ciamis beserta 40 kepala desa dan pengelola Desa Wisata se-Kabupaten Ciamis untuk mempelajari konsep dan keberhasilan Desa Wisata Hanjeli.

Acara tersebut turut dihadiri oleh perwakilan Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi, Pemerintah Kecamatan Waluran, Kepala Desa Waluran Mandiri, dan Pokdarwis Dewi Hanjeli.

Pendiri Desa Wisata Hanjeli, Asep Hidayat, mengungkapkan bahwa setelah meraih penghargaan juara nasional ADWI 2022, desa wisata ini telah menarik perhatian para penggiat desa wisata di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Founder Desa Wisata Hanjeli Dinominasikan Menerima Kalpataru, Wabup: Abah Asep Sosok Multitalenta

Baca Juga: Produk Desa Wisata Hanjeli Waluran Sukabumi Tampil di Festival Pangan Internasional

"Desa ini berhasil membangun identitas lokal yang kuat melalui pendekatan konsep Pentahelix dan konsep Bottom Up, yang menjadi fondasi kegiatannya. Keunikan, otentikasi, originalitas, serta 'sesuatu yang berbeda' dari Desa Wisata Hanjeli telah menginspirasi banyak pihak," ujar Asep Hidayat kepada sukabumiupdate.com.

Foto bersama rombongan Dispar Ciamis dan 40 Kades di Desa Wisata Hanjeli Sukabumi | Foto : Dok. Dewi HanjeliFoto bersama rombongan Dispar Ciamis dan 40 Kades di Desa Wisata Hanjeli Sukabumi | Foto : Dok. Dewi Hanjeli

Dengan fokus pada pangan lokal yang hampir punah, Desa Wisata Hanjeli telah menunjukkan kekuatan branding, marketing, packaging, dan partnership yang berhasil. Proses panjang pembangunan desa wisata ini memakan waktu lebih dari 10 tahun hingga akhirnya menjadi desa wisata pertama di Indonesia yang mengenalkan konsep edukasi pangan dari Hanjeli, yang berada di kawasan Ciletuh Palabuhanratu UNESCO Global Geopark.

"Kami menyampaikan rasa bangga karena Desa Wisata Hanjeli kini menjadi lokasi studi banding dari berbagai daerah, baik di Jawa Barat maupun nasional," tambah Asep Hidayat.

"Ini seharusnya bisa menjadi momentum yang baik untuk saling berpangku tangan semua stakeholder agar fokus terhadap sebuah inovasi lokal. Gerakan local champion yang mandiri bisa terus didukung, dan inisiasi membangun daerah dari pelosok desa diharapkan dapat memberikan cahaya terang bagi seluruh wilayah Sukabumi," pungkasnya.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi Memilih05 Juli 2024, 19:13 WIB

Panwaslu Surade Sukabumi Laksanakan Rakernis Pemutakhiran Data Pemilih Pilkada 2024

Panwaslu Surade Sukabumi juga membeberkan strategi pengawasan Pemutakhiran Data Pemilih Pilkada 2024.
Panwaslu Surade, PKD, dan Staf kesekretariatan dalam sesi foto bersama usai Rakernis Pemutakhiran Data Pemilih Pilkada 2024. (Sumber : Istimewa)
Sehat05 Juli 2024, 19:00 WIB

7 Strategi Menurunkan Berat Badan Secara Sehat dalam Waktu Sebulan

Menurunkan berat badan dalam sebulan berarti menjalani gaya hidup sehat. Utamakan kesehatan daripada menurunkan berat badan secara cepat.
Ilustrasi - Menurunkan berat badan dalam sebulan berarti menjalani gaya hidup sehat. Utamakan kesehatan daripada menurunkan berat badan secara cepat. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi05 Juli 2024, 18:49 WIB

Tiang Listrik Ambruk Diduga Gegara Proyek Galian, Warga Geruduk UPTD PJJWP II Sukabumi

Aksi demo yang diwarnai pengrusakan gerbang Kantor UPTD PJJWP II ini buntut tiang listrik ambruk di Cemerlang Sukabumi.
Puluhan warga yang mengatasnamakan Gerakan Prima Sukabumi demo Kantor UPTD PJJWP II buntut tiang listrik ambruk di Cemerlang Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Jawa Barat05 Juli 2024, 18:05 WIB

Caringin Bogor! Kronologi Kebakaran Pesantren yang Sempat Disebut di Sukabumi

Kebakaran terjadi saat santri akan melaksanakan salat magrib berjemaah di masjid.
Tangkapan layar kebakaran pondok pesantren di Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor. | Foto: X/@Sutbudiharto62
Life05 Juli 2024, 18:00 WIB

Tahun Baru Islam 2024: Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun yang Dapat Diamalkan

Dengan membaca doa akhir tahun dan awal tahun ini semoga kita semua selalu ada dalam rahmat dan lindungan Allah SWT.
Ilustrasi. Dengan membaca doa akhir tahun dan awal tahun ini semoga kita semua selalu ada dalam rahmat dan lindungan Allah SWT. (Sumber : Freepik)
Keuangan05 Juli 2024, 17:59 WIB

Solusi Qurban! Tahara Idul Adha: Produk Tabungan Hari Raya Terbaru Perumda BPR Sukabumi

Setelah sukses dengan Tahara Idul Fitri yang mendapat banyak minat dari masyarakat, kini Perumda BPR Sukabumi meluncurkan program baru, yaitu Tahara Idul Adha.
Pelayanan Nasabah di Kantor Perumda BPR Sukabumi cabang Cibadak. (Sumber: SU/Ibnu)
Food & Travel05 Juli 2024, 17:42 WIB

Tiba-tiba Hujan! Daftar Tempat Hiburan dan Liburan di Kota Sukabumi Biar Nggak Kehujanan

wisata di alam terbuka kurang cocok untuk yang malas hujan-hujanan apalagi termasuk kaum waterproof.
Ilustrasi kehujanan. Daftar tempat hiburan saat liburan di Kota Sukabumi yang aman dari hujan (Sumber: pinterest @wayfaring)
Life05 Juli 2024, 17:30 WIB

9 Trik Ampuh Menghadapi Pasangan yang Cuek Saat Membalas Chat

Ingatlah bahwa kunci utama dalam menghadapi pasangan yang cuek adalah dengan komunikasi yang terbuka, pengertian, kesabaran, dan usaha dari kedua belah pihak.
Ilustrasi - Dengan menerapkan trik-trik ini menjadi solusi kamu dalam menghadapi pasangan yang cuek saat balas chat. (Sumber : pexels.com/@Ivan Samkov).
Sukabumi05 Juli 2024, 17:26 WIB

Luka di Kepala, Pengakuan Korban Keributan di Selakaso Sukabumi

Berikut pengakuan sopir Honda Civic yang mengaku jadi korban pengeroyokan dalam kasus keributan di Jalan Pembangunan Selakaso Cibeureum Sukabumi.
Fredi, korban sekaligus pengendara mobil Honda Civic menceritakan soal kronologi keributan di Selakaso Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi05 Juli 2024, 17:20 WIB

Hampir Rampung, Disperkim Minta Warga Jaga Tugu Nol Kilometer Kabupaten Sukabumi

Pembangunan tugu nol kilometer Kabupaten Sukabumi mendekati 100 persen.
Tugu nol kilometer Kabupaten Sukabumi yang dibangun di kawasan Alun-alun Palabuhanratu. | Foto: SU/Ilyas Supendi