Warga Sukabumi Gagal Kerja Ke Arab Saudi: Sponsor Menghilang Puluhan Juta Raib

Jumat 24 Mei 2024, 18:31 WIB
Surat perjanjian pemberangkatan ke Arab Saudi antara PT Ibramar Inter Nusa dengan calon PMI Eko Supriyatna | Foto : Dok.pribadi Eko Supriyatna

Surat perjanjian pemberangkatan ke Arab Saudi antara PT Ibramar Inter Nusa dengan calon PMI Eko Supriyatna | Foto : Dok.pribadi Eko Supriyatna

SUKABUMIUPDATE.com - Nasib nahas menimpa Eko Supriyatna (20 tahun), pemuda asal Desa Cidahu Kecamatan Cibitung Kabupaten Sukabumi itu rela menyetor uang sebanyak puluhan juta demi kerja ke luar negeri. Namun sudah hampir 8 bulan belum kunjung ada kabar. Malah pihak perusahaan jasa tenaga kerja yang akan memberangkatkannya raib. 

Kepada sukabumiupdate.com, Eko menceritakan awal mula kejadian hingga merasa tertipu dengan salah satu Perusahan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI). Menurutnya awalnya ia mendapatkan informasi dari ibu sendiri yang sedang bekerja di Riyadh, Arab Saudi. Bahwa ada job di Masjidil Haram, menjadi petugas kebersihan (cleaning service).

Setelah mempertimbangkannya, kata Eko, akhirnya ia menyatakan berminat dan tergiur untuk bekerja ke Arab Saudi. 

Ia pun lantas menghubungi perusahaan jasa sponsor untuk proses keberangkatannya, yaitu perusahaan jasa sponsor dari Depok yang dulu memproses pemberangkatkan ibunya. Setelah tersambung, Eko pun langsung melakukan interview melalui video call dengan pemilik PT. Ibramar Internusa Depok, bernama Fitra Arie Aditya Siagian. 

"Saya (waktu itu) disuruh langsung untuk melakukan Medical Check Up (MCU). Dan kalau sudah medical, disuruh untuk datang ke kantornya di Depok," kata Eko menceritakan, Jumat (24/5/2024).

Baca Juga: Hati-hati Jadi TKW! Pelajaran dari Warga Sukabumi yang Hamil Sepulang dari Dubai

Baca Juga: Bukannya Cari Duit, Sesama TKI di Taiwan Malah Tawuran: 1 Tewas

Kata Eko, setelah beres MCU, pada bulan November 2023 lalu, ia datang ke kantornya Aditya di Depok. Namun pada saat Eko datang, Aditya tidak ada ditempat, yang ada adalah asistennya bernama bu Jihan. 

"Saya langsung ngobrol dengan asistennya, lalu tanda tangan surat perjanjian. Sesudah tanda tangan, langsung transfer uang sejumlah Rp 25 juta melalui ATM, ke rekeningnya," terangnya.

Eko menyebut, selama ini ia sendiri belum pernah bertemu dengan yang namanya Aditya, pemilik PT. Ibramar Internusa Depok. Dan hanya komunikasi lewat telepon saja. "Aditya menjanjikan untuk pemberangkatan dalam waktu 4 bulan, terhitung dari November 2023," tuturnya.

Kemudian, pada 20 Februari 2024, Eko mendapat pesan whatsapp dari Aditya yang berisi pembatalan pemberangkatan ke Arab Saudi. Dalam pesannya Aditya berjanji akan mengembalikan semua biaya yang dikeluarkan oleh Eko.  

"Saat ini, kantornya sudah pindah, Nomor HPnya tidak aktif sejak 4 bulan yang lalu, terakhir dia kirim pesan membatalkan keberangkatan dengan alasan tidak dimengerti, dan dia siap untuk mengembalikan uang dengan cara dicicil, namun itu semua tidak terbukti," tegasnya.

"Ternyata banyak juga calon tenaga kerja yang tertipu. Yang saya ketahui lebih 10 orang dari berbagai daerah. Kami sudah membuat laporan ke pihak kepolisian di Kota Depok, 2 minggu setelah Pilpres, tapi laporannya saat itu ditolak karena belum lengkap," imbuhnya.

Berikut ini pesan whatsapp terakhir dari pemilik PT. Ibramar Internusa Depok, bernama Fitra Arie Aditya Siagian kepada Eko Supriyatna, tanggal 20 Februari 2024: 

Assalamualaikum rekan kandidat PT Ibramar semua.

Sebelumnya maaf krn saya menyampaikan informasi ini melalui chat Wa. Sulit saya menyampaikan jika via suara.

Begini, awal mula saya berkenalan dgn salah seorang yg berkewarganegaraan Arab dan sdh 5 thn tinggal di indonesia, beliau ini namanya abu jiyad, beliau ini mengaku org yg bisa akses langsung ke agency saudi utk TKI dan TKW. Setelah saya kenal maka saya ditawarkan job yg ada dan terjadilah kerjasama.

Mengenai jadwal antum sidik jari yg saya janjikan terus di undur2 sampai skrg adalah karena saya skrg ini sudah tidak bisa lagi terhubung dgn abu jiyad. Sudah hampir 1 bulan beliau tidak aktif lg no kontaknya. Terus terang dana yg antum setor itu saya ambil keuntungan buat saya 7 jt per orang. Sisanya saya setor ke abu jiyad.
Saya sudah berupaya mencari beliau ke rumahnya namun blm berhasil ketemu.

Intinya adalah kerjaan yg antum lamar ini anggap saja sudah tidak ada harapan. Namun saya tetap akan bertanggung jawab mengembalikan dana antum sampai kembali utuh 100%. Saya minta waktu 1-2 bulan utk mencari abu jiyad. Klu ketemu itu lah yg saya harapkan. Namun kalau tidak ketemu tetap saya akan bertanggung jawab mengembalikan dana antum yg sudah masuk. Tapi saya sesuai kemampuan yaitu dgn cara mencicil. Insya Allah 3-4 bulan bisa saya selesaikan kewajiban saya.

Saya tidak bicara via tlp krn beban buat saya beritahu antum Saya tau antum kecewa, utk itu saya minta maaf.

Jadi setelah baca wa saya ini saya minta pd antum semua utk membalas no rekening kalian masing2 ke saya Tidak perlu antum balas dgn pertanyaan krn saya tidak ada jawaban lg. Semua sudah saya jelaskan diatas. Dan tidak perlu memaki krn saya tidak ada pembelaan krn memang kesalahan saya. Jadi setelah ini hp akan saya matikan sementara agar saya fokus mencari abu jiyad.

Saya hanya mohon pengertian,tp tetap secara hukum saya akan bertanggung Jawab atas dana antum dan akan mengembalikan full walau dgn cara mencicil.

Sekali lg, balaslah wa ini dgn no rekening masing2. Nanti akan saya hubungi ketika dana sudah ready utk di transfer.

Saya hanya minta waktu 3-4 bulan utk pelunasan.

Sekali lagi saya mhn maaf..
Dan utk sementara kegiatan kantor PT ibramar saya off kan sampai urusan saya dgn kalian selesai.

Terimakasih.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi16 September 2024, 23:43 WIB

Kompor Ditinggal saat Memasak, Rumah Warga di Cicurug Sukabumi Hangus Terbakar

Berikut kronologi kebakaran rumah di Cicurug Sukabumi. Api diduga berasal dari kompor yang ditinggal saat memasak oleh penghuni.
Tim Damkar saat memadamkan api di rumah warga Cicurug Sukabumi yang terbakar. (Sumber : SU/Ibnu)
Sukabumi16 September 2024, 21:03 WIB

Pemotor di Palabuhanratu Sukabumi Kaget Disetop Polisi, Tahunya Dapat Helm Gratis

Para pengendara yang melintas di Palabuhanratu Sukabumi dibuat kaget karena disetop polisi. Ternyata diberi helm gratis dan Cokelat. Ini tujuannya
Kapolres Sukabumi AKBP Dr Samian bersama isteri saat memberikan helm gratis bagi pemotor di Palabuhanratu. (Sumber : SU/Ilyas)
Film16 September 2024, 21:00 WIB

Sinopsis Film Malam Keramat, Teror Mistis Mengerikan di Rumah Mewah

Malam Keramat akan menjadi film horor selanjutnya yang akan menghiasi layar lebar pada bulan ini. Film tersebut telah tayang di seluruh bioskop Indonesia pada Kamis, 12 September 2024.
Sinopsis Film Malam Keramat, Teror Mistis Mengerikan di Rumah Mewah (Sumber : Instagram/@helroadfilms)
Jawa Barat16 September 2024, 20:03 WIB

Polisi Ungkap Penyebab Kemacetan Parah di Puncak Bogor saat Libur Maulid Nabi

Berikut penyebab kemacetan parah di Puncak Bogor saat libur maulid nabi menurut kepolisian.
Puncak Bogor macet parah hingga kendaraan tak bisa bergerak sama sekali. (Sumber : X@Ari_is1to /@baisunn)
Entertainment16 September 2024, 20:00 WIB

Tidak Ikut Comeback dan Tur Konser, Jeonghan SEVENTEEN Mulai Wajib Militer September

Jeonghan SEVENTEEN secara resmi akan mulai menjalani wajib militer pada Kamis, 26 September 2024. Pengumuman tersebut diberitahukan langsung oleh agensinya, Pledis Entertainment.
Tidak Ikut Comeback dan Tur Konser, Jeonghan SEVENTEEN Mulai Wajib Militer September (Sumber : Instagram/@jeonghaniyoo_n)
Science16 September 2024, 19:15 WIB

Hanya 5% yang Baru di Eksplorasi, 7 Fakta Sains Menarik Tentang Lautan

Lautan masih menyimpan sejumlah misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini.
Ilustrasi - Lautan masih menyimpan sejumlah misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini. (Sumber : Pixabay.com/@TANK153).
Sukabumi16 September 2024, 19:07 WIB

Pelajar yang Terseret Ombak di Pantai Cipatuguran Sukabumi Belum Ditemukan

Tim SAR gabungan pakai aqua eye hingga drone dalam pencarian pelajar Sukabumi yang hilang terseret ombak di Pantai Cipatuguran.
Proses pencarian oleh tim SAR di tengah laut Pantai Cipatuguran Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Film16 September 2024, 19:00 WIB

Spin Off Hospital Playlist, Wise Resident Life Dipastikan Batal Tayang Tahun Ini

Drama korea Wise Resident Life yang merupakan spin-off dari drakor Hospital Playlist dipastikan tidak akan tayang tahun ini, karena permasalahan dunia medis yang terjadi di Korea Selatan saat ini.
Spin Off Hospital Playlist, Wise Resident Life Dipastikan Batal Tayang Tahun Ini (Sumber : Istimewa)
Entertainment16 September 2024, 18:30 WIB

Hoki! Unggahan Mutia Ayu di Instagram Diposting Ulang Oleh Bruno Mars

Pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan dialami oleh Mutia Ayu yang beruntung ketika Bruno Mars tersenyum ke arahnya sampai postingan yang ia unggah dibagikan ulang oleh pelantun Versace on the Floor
Hoki! Unggahan Mutia Ayu di Instagram Diposting Ulang Oleh Bruno Mars (Sumber : Instagram/@mutia_ayu)
Life16 September 2024, 18:00 WIB

Padamnya Api Keabadian, 5 Peristiwa Luar Biasa Saat Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Kelahiran Nabi Muhammad SAW diiringi dengan sejumlah peristiwa besar yang patut diketahui oleh Umat Muslim.
Ilustrasi - Kelahiran Nabi Muhammad SAW diiringi dengan sejumlah peristiwa besar yang patut diketahui oleh Umat Muslim. (Sumber : Freepik.com/Ist).