Jalur Puncak Bogor Pada Pergantian Tahun Baru Akan Terapkan “Malam Tanpa Kendaraan”

Rabu 20 Desember 2023, 16:45 WIB
Malam pergantian tahun 2024, jalur Wisata Puncak Bogor akan steril dari kendaraan. (Sumber : ntmcpolri.info.)

Malam pergantian tahun 2024, jalur Wisata Puncak Bogor akan steril dari kendaraan. (Sumber : ntmcpolri.info.)

SUKABUMIUPDATE.com - Jalur Puncak Bogor bakal steril dari kendaraan saat malam tahun baru. Polres Bogor akan menerapkan malam tanpa kendaraan di jalur wisata Puncak Bogor demi mengurangi kepadatan kendaraan dan mencegah penyebaran Covid-19 pada pergantian tahun baru 2024.

Kebijakan malam tanpa kendaraan itu akan berlaku mulai 31 Desember 2023 pukul 21.00 WIB sampai dengan 1 Januari 2024 pukul 02.00 WIB. Sementara itu, jalur Puncak bakal dialihkan pada 31 Desember 2023 pukul 18.00 WIB sampai 1 Januari 2024 pada pukul 06.00 WIB.

"Mulai jam 21.00 WIB tanggal 31 Desember 2023 sampai dengan jam 02.00 WIB 1 Januari 2024 atau malam ganti tahun 2024 Akan diberlakukan Malam “Tanpa Kendaraan di Jalur Wisata Puncak Bogor," tulis keterangan di akun Instagram @tmcpolresbogor, Selasa (19/12/2023).

Baca Juga: 10 Kebiasaan Kecil yang Membuatmu Disegani dan Dihormati Orang Lain

"Bagi yang akan ke Cianjur atau Bandung (diimbau) agar melalui jalur alternatif. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya," tulis akun Instagram resmi, @tmcpolresbogor, sebagaimana dikutip Tempo hari ini, Selasa, 19 Desember 2023.

Bagi kendaraan yang ingin menuju Cianjur hingga Bandung, bisa melewati jalur alternatif Cibubur-Cianjur via Jonggol. Rute yang dilewati dimulai dari Cibubur-Cileungsi-Jonggol-Cariu-Cikalong-Cianjur.

Kemudian, pengendara juga bisa melalui jalur alternatif Ciawi-Cianjur via Sukabumi. Rute yang harus dilewati mulai dari Ciawi-Cicurug-Cibadak-Kota Sukabumi-Cianjur.

Baca Juga: 7 Cara Berkelas dan Elegan Saat Menghadapi Orang-orang yang Sering Meremehkan

Sebelumnya, Kasubdit Lalu Lintas Transportasi Darat Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPJT) Kementerian Perhubungan, Dandun Prakosa mengatakan bahwa jalur Puncak Bogor juga akan diberlakukan sistem ganjil genap saat libur Natal dan Tahun Baru (libur Nataru).

"Untuk libur nasional diberlakukan mulai H-1 pukul 14.00 WIB sampai 24.00 WIB. Jadi sesuai dengan peraturan menteri yang ada, yaitu Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 84 Tahun 2021," kata Dandun dalam Media Briefing Operasi Gabungan Penyelenggaraan Angkutan Natal dan Tahun Baru di Jabodetabek, Senin, 11 Desember 2023.

Pihak BPTJ juga akan memasang Variable Message Sign (VMS) Statis di jalur Ciawi-Puncak untuk memberikan informasi kepada pengguna jalan terkait kondisi lalu lintas di Puncak. VMS ini akan menampilkan informasi soal kondisi lalu lintas di jalan yang terdampak.

Sumber: Tempo.co

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi08 September 2024, 09:00 WIB

Loker Marketing Manager di Jakarta Timur, Syarat: Mahir Ms. Office

Loker Marketing Manager di Jakarta Timur. Rekrutmen Pegawai Tetap masih dibuka hingga 5 November 2024 mendatang.
Loker Marketing Manager di Jakarta Timur, Syarat: Mahir Ms. Office (Sumber : Istimewa)
Food & Travel08 September 2024, 07:00 WIB

Resep Sup Durian Keju Mozzarella, Hidangan Pencuci Mulut yang Lezat!

Sup Durian Keju Mozzarella adalah perpaduan unik antara manisnya durian dan kelezatan keju, menciptakan hidangan penutup yang creamy dan meleleh di mulut.
Ilustrasi - Taman durian Hauma Ni Opung atau Hauma Ni Opung Farm and Plantation merupakan destinasi wisata yang harus dikunjungi oleh para penggemar buah durian (Sumber : iStock)
Science08 September 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 8 September 2024, Sukabumi Pagi Cerah Berawan dan Siang Potensi Hujan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 8 September 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 8 September 2024. (Sumber : Freepik.com/@fanjianhua)
DPRD Kab. Sukabumi07 September 2024, 22:57 WIB

Sekretariat DPRD Sosialisasikan Peran Dewan Kepada Masyarakat di Sukabumi Expo 2024

Sekretariat DPRD menyuguhkan konsep yang berbeda pada pameran pembangunan di Sukabumi Expo tahun ini.
Stand Sekretariat DPRD Kabupaten Sukabumi di Sukabumi Expo 2024. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi07 September 2024, 22:21 WIB

Niat Jemput Istri, Cerita di Balik Kecelakaan Maut Warga Sukabumi Akibat Motor Tersangkut Kabel

Berikut cerita di balik kecelakaan maut yang menimpa ayah anak di Cicurug Sukabumi akibat motor tersangkut kabel di Jalan Raya Sukabumi-Bogor.
Kecelakaan maut di jalan raya Sukabumi-Bogor, seorang anak tewas terlindas truk usai motor yang ditumpanginya terjatuh akibat tersangkut kabel internet. (Sumber : Istimewa)
Kecantikan07 September 2024, 21:00 WIB

5 Manfaat Masker Mentimun untuk Mengurangi Kantung Mata

Masker mentimun efektif untuk mengurangi kantung mata karena sifatnya yang menghidrasi, menenangkan, dan mendinginkan.
Ilustrasi. Menggunakan masker. Efek pendingin alami mentimun juga dapat membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan di area sekitar mata. (Sumber : Freepik/freepik)
Keuangan07 September 2024, 20:58 WIB

Perumda BPR Hadir di Sukabumi Expo 2024, Tawarkan Beragam Produk Tabungan dan Kredit

Tawarkan Beragam Produk Tabungan dan Kredit, Stand BPR Sukabumi disambut antusias pengunjung Sukabumi Expo 2024.
Stand Perumda BPR Sukabumi di Sukabumi Expo 2024, Lapang Canghegar Palabuhanratu. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi07 September 2024, 20:34 WIB

Perahu Terbalik Dihantam Badai, Nelayan Sukabumi Selamatkan Diri dengan Berenang ke Tepian

Berikut kronologi perahu nelayan Sukabumi terbalik dihantam ombak dan angin kencang di perairan Tegalbuleud Sukabumi.
Kondisi perahu nelayan yang sempat terbaik dihantam badai di perairan Tegalbuleud Sukabumi dievakuasi usai mendarat di tepian. (Sumber Foto: Istimewa)
Life07 September 2024, 20:00 WIB

Sleep Training Hacks: 9 Cara Agar Anak Cepat Tidur di Malam Hari

Sleep Training Hacks: Ciptakan rutinitas yang menenangkan sebelum tidur. Aktivitas seperti membaca buku, mendengarkan cerita, mandi air hangat, atau bermain dengan mainan lembut bisa membuat anak rileks sebelum tidur.
Ilustrasi. Cara Agar Anak Cepat Tidur di Malam Hari, Parenting Hacks untuk Ayah Bunda! (Sumber : Freepik/pvproductions)
Sukabumi07 September 2024, 19:35 WIB

Kabel Menjuntai Picu Kecelakaan Maut di Sukabumi, Saksi sebut Akibat Tersangkut Truk Kontainer

Saksi ungkap penyebab kabel menjuntai di Jalan Raya Sukabumi-Bogor yang picu kecelakaan maut, anak tewas terlindas truk.
Polisi saat olah TKP kecelakaan maut di Jalan Raya Sukabumi-Bogor tepatnya di Cicurug Sukabumi. Serang anak tewas terlindas truk usai motor yang diboncengnya terjatuh akibat tersangkut kabel. (Sumber : Istimewa)