Melahirkan Bayi Meninggal, Korban Perkosaan Dihukum 30 Tahun Bui

Sabtu 08 Juli 2017, 04:34 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Seorang korban perkosaan di El Salvador dijatuhi hukuman penjara 30 tahun karena melahirkan bayi yang meninggal.

Evelyn Beatriz Hernandez Cruz, berusia 18 tahun pada saat melahirkan di kamar mandi pada April 2017. Ia melahirkan setelah mengalami sakit akut di perut dan punggungnya.

Dia tidak menyadari bahwa dia berada di trimester ketiga kehamilan dan bayi yang ia lahirkan itu meninggal. Namun pakar medis tidak dapat menentukan apakah kematian janin terjadi sebelum atau sesudah melahirkan.

Hakim yang menangani kasus tersebut menerima teori jaksa bahwa kematian sang janin disebabkan Hernandez tidak melakukan perawatan selama kehamilan karena tidak menginginkan bayi tersebut.

"Undang-undang anti-aborsi El Salvador tidak menimbulkan apa-apa selain rasa sakit dan penderitaan bagi wanita dan anak perempuan dan keluarga mereka yang tak terhitung jumlahnya," kata direktur Amnesty International Amerika, Erika Guevara-Rosas.

Hernandez hamil setelah mengaku telah diperkosa berulang kali selama berbulan-bulan sebelumnya dalam hubungan seksual yang dilakukan secara paksa. Dia tidak melaporkan pemerkosaan karena takut.

El Salvador telah memberlakukan pelarangan aborsi sejak 1998. Menurut Amnesty, perempuan yang kehilangan janin karena mengalami komplikasi selama kehamilan termasuk keguguran, dihukum karena tuduhan melakukan pembunuhan dan dipenjara sampai  (40).

Sumber: Tempo

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkini
Life04 Juli 2024, 16:15 WIB

Simak dan Lakukan, 12 Tips Jalan Kaki Menurunkan Berat Badan Untuk Pemula

Walaupun jalan kaki termasuk aktivitas fisik yang mudah, ringan dan minim cedera untuk menurunkan berat badan, tetapi melakukan dengan benar adalah hal penting.
Ilustrasi Beberapa tips jalan kaki menurunkan berat badan penting dilakukan oleh pemula (Sumber : Freepik.com/@pressfoto)
Sehat04 Juli 2024, 16:00 WIB

Contoh Rencana Diet Seimbang untuk Penderita Diabetes: Jaga Kadar Gula Darah

Pola makan seimbang sangat penting untuk mengelola diabetes dan mencegah komplikasi kesehatan.
Ilustrasi Pola makan seimbang sangat penting untuk mengelola diabetes dan mencegah komplikasi kesehatan.(Sumber : Freepik.com/@rawpixel.com)
Sehat04 Juli 2024, 15:45 WIB

Diet Sesuai Golongan Darah, Inilah Makanan yang Direkomendasikan Ahli

meskipun orang-orang masih mengikuti diet golongan darah saat ini, tidak ada bukti ilmiah yang mendukung diet tersebut dan para ahli telah mengkritik konsepnya
Ilustrasi Inilah makanan rekomendasi dari ahli untuk diet sesuai golongan darah (Sumber : Freepik.com/@rawpixel.com)
Sukabumi04 Juli 2024, 15:30 WIB

Bupati Marwan Ajak Warga Sukabumi Perangi Narkoba

Bupati Sukabumi Marwan Hamami menghadiri acara Launching Lomba Desa dan Kelurahan BERSINAR (Bersih Narkoba) Se-Kabupaten Sukabumi Tahun 2024 bertempat di Aula Setda, Palabuhanratu, Rabu, 3 Juli 2024.
Marwan Hamami, Bupati Sukabumi | Foto : Dokpim
Musik04 Juli 2024, 15:30 WIB

The Dream Reborn, Konser DPR yang Akan Kembali ke Indonesia Bulan Desember

Label yang menaungi penyanyi hip hop DPR Ian yaitu Dream Perfect Regime mengumumkan akan melaksanakan tour dunia bertajuk The Dream Reborn tahun ini di kawasan Asia, Eropa, hingga Amerika.
The Dream Reborn, Konser DPR yang Akan Kembali ke Indonesia Bulan Desember (Sumber : Instagram@/dpr_official)
Life04 Juli 2024, 15:15 WIB

Terlalu Menyenangkan, Simak 5 Cara Klasik Mengenali Orang Palsu Menurut Psikologi

Menurut psikologi, ada cara klasik untuk mengenali orang palsu yang ada di sekitar dengan memperhatikan sikap yang ditunjukkan.
Ilustrasi Cara Klasik Mengenali Orang Palsu Menurut Psikologi (Sumber : Pexels.com/@fauxels)
DPRD Kab. Sukabumi04 Juli 2024, 15:06 WIB

DPRD Hadir, 1.000 Penari Jipeng Meriahkan Syukuran Nelayan Palangpang Sukabumi

Kegiatan ini dibuka oleh Staf Ahli Bupati Sukabumi Ahmad Syamsul Bahri.
Pembukaan syukuran Hari Nelayan Palangpang ke-67 di Pantai Palangpang, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Kamis (4/7/2024). | Foto: Istimewa
Gadget04 Juli 2024, 15:02 WIB

Kenapa Tiktok? Media Sosialisasi dan Edukasi yang Tepat untuk Siswa Kekinian

media sosial sebagai alat efektif dalam menyampaikan informasi dan pesan edukatif kepada generasi muda.
Ilustrasi bocah. Kenapa Tiktok? Media Sosialisasi dan Edukasi yang Tepat untuk Pelajar Kekinian (Sumber: freepik)
Inspirasi04 Juli 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Service Crew di Minimarket dengan Penempatan di Cibadak, Cicurug dan Cisaat

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Service Crew di Minimarket dengan Penempatan di Cibadak, Cicurug dan Cisaat.(Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Food & Travel04 Juli 2024, 14:30 WIB

Liburan Sekolah Makin Seru! 8 Wisata Kids Friendly di Sukabumi yang Siap Menghibur Anak-anak

Sukabumi, salah satu kota di Jawa Barat, menawarkan berbagai destinasi wisata yang wajib dikunjungi, menjanjikan petualangan seru dan tak terlupakan bagi anak-anak.
Goalpara Tea Park - Sukabumi, salah satu kota di Jawa Barat, menawarkan berbagai destinasi wisata yang wajib dikunjungi, menjanjikan petualangan seru dan tak terlupakan bagi anak-anak. (Sumber : Instagram/@goalparateapark).