Pemimpin Hamas Yahya Sinwar Syahid, Ini Enam Nama Calon Penggantinya

Sabtu 19 Oktober 2024, 10:02 WIB
Pemimpin Hamas Yahya Sinwar dinyatakan meninggal dunia. | Foto: REUTERS/Mohammed Salem

Pemimpin Hamas Yahya Sinwar dinyatakan meninggal dunia. | Foto: REUTERS/Mohammed Salem

SUKABUMIUPDATE.com - Israel mengumumkan telah membunuh pemimpin Hamas, Yahya Sinwar, dalam serangan di Gaza Selatan pada Rabu, 16 Oktober 2024. Sinwar sudah diburu oleh Israel selama lebih dari setahun terakhir. Sinwar sendiri telah menghabiskan dua dekade di penjara Israel sebelum kembali ke Gaza. Ia muncul sebagai pemimpin tertinggi Hamas.

Mengutip tempo.co, ia dituding sebagai arsitek utama serangan Hamas ke Israel pada 7 Oktober 2023. Israel telah memberikan hadiah sebesar US$ 400.000 untuk informasi yang mengarah pada penangkapan atau kematiannya. Meskipun Israel telah melakukan banyak serangan udara yang menargetkan Yahya Sinwar, ia berhasil bertahan hidup di bawah tanah selama berbulan-bulan dalam labirin terowongan di bawah Gaza.

Setelah meninggal atau syahidnya Yahya Sinwar, pucuk pimpinan Hamas kosong. Meski belum dikonfirmasi, media Lebanon menyebut Khaled Mashal adalah pengganti Yahya Sinwar untuk sementara. Berikut adalah beberapa tokoh Hamas tingkat tinggi yang disebut berpotensi menjadi pengganti Yahya Sinwar.

Baca Juga: Kematian Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh Berpotensi Gagalkan Rencana Gencatan Senjata di Gaza

1. Mahmud Al-Zahar

Mahmoud al-Zahar, salah satu anggota pendiri Hamas, merupakan kandidat terdepan untuk menggantikan Sinwar. Dikenal karena sikap garis kerasnya. Al-Zahar berperan penting dalam membentuk kerangka ideologis kelompok tersebut, yang berfokus pada perlawanan militan terhadap Israel dan pemerintahan Islamis di Gaza. Al-Zahar juga memainkan peran penting dalam kebangkitan kelompok ini ke tampuk kekuasaan setelah pemilihan legislatif Palestina tahun 2006 dan menjabat sebagai menteri luar negeri pertamanya.

Meskipun selamat dari beberapa upaya pembunuhan Israel sebanyak dua kali yaitu pada 1992 dan 2003, Al-Zahar tetap menjadi tokoh kunci dalam struktur politik Hamas.

2. Mohammed Sinwar

Calon penerus lainnya adalah saudara Yahya Sinwar, Mohammed Sinwar. Seperti saudaranya, Mohammed telah lama menjadi pemimpin dalam sayap militer Hamas. Menurut laporan, Mohammed memiliki pendekatan garis keras yang sama dengan Yahya. Pejabat AS telah menyatakan kekhawatiran bahwa kepemimpinannya akan membuat negosiasi perdamaian menjadi lebih menantang.

Meski Mohammed tidak terlalu menonjolkan diri, namun ia merupakan tokoh penting dalam operasi militer kelompok tersebut. Ia berhasil selamat dari berbagai upaya pembunuhan oleh Israel.

3. Musa Abu Marzouk

Mousa Abu Marzouk, anggota senior biro politik Hamas, adalah kandidat lain yang mungkin menjadi pemimpin Hamas. Ia membantu mendirikan Hamas setelah memisahkan diri dari Ikhwanul Muslimin Palestina pada 1980-an. Abu Marzouk pernah menjadi kepala biro politik Hamas dan telah lama terlibat dalam operasi organisasi dan keuangannya, termasuk dukungan untuk kegiatan militan.

Meskipun dipenjara di Amerika Serikat pada tahun 1990-an karena terlibat dalam kegiatan teroris, Abu Marzouk dideportasi ke Yordania dan tetap menjadi tokoh berpengaruh dalam perangkat politik kelompok tersebut. Ia menghabiskan sebagian besar waktunya di pengasingan, namun pengalaman dan hubungannya dengan ideologi inti Hamas menjadikannya kandidat kuat untuk mengambil alih kepemimpinan politik.

4. Mohammed Deif

Mohammed Deif, komandan sayap militer Hamas yang sulit ditangkap, Brigade Izz al-Din al-Qassam, sering dikabarkan tewas atau terluka parah setelah serangan udara Israel. Namun, laporan terbaru pada Agustus 2024 menunjukkan bahwa ia mungkin masih hidup. Deif, yang dianggap sebagai dalang banyak operasi Hamas yang paling canggih, termasuk serangan 7 Oktober, dipandang sebagai tokoh "garis keras".

Kelangsungan hidup Deif diselimuti misteri. Jika ia muncul kembali, kemampuan militernya dapat menjadikannya seorang pemimpin yang kuat.

5. Khalil Al Hayya

Khalil Al-Hayya adalah tokoh terkemuka dalam biro politik Hamas, yang saat ini berkantor pusat di Qatar. Ia telah memainkan peran kunci dalam negosiasi gencatan senjata di konflik-konflik sebelumnya. Kepemimpinan Al-Hayya dapat dilihat sebagai pilihan yang pragmatis bagi kelompok tersebut, terutama jika Hamas berupaya untuk menegosiasikan akhir perang yang sedang berlangsung di Gaza. Keterlibatannya dalam perundingan gencatan senjata tahun 2014 dengan Israel menunjukkan kemampuannya untuk terlibat dalam negosiasi tingkat tinggi, dan kepemimpinannya dapat menawarkan jalur yang lebih diplomatis bagi Hamas.

Al-Hayya selamat dari serangan udara Israel pada tahun 2007 yang menewaskan anggota keluarganya. Ketajaman politiknya, dipadukan dengan koneksinya dengan mediator internasional, khususnya di Doha, menjadikannya sosok yang dapat diajak bekerja sama oleh Israel dan Hamas dalam perundingan gencatan senjata.

6. Khaled Mashal

Khaled Mashal, yang memimpin Hamas selama lebih dari satu dekade dari tahun 2006 hingga 2017, tetap menjadi tokoh yang disegani dalam kelompok tersebut, meskipun ia tidak lagi disukai oleh beberapa faksi utama. Selama kepemimpinannya, Mashal mengawasi beberapa tonggak sejarah militer dan politik Hamas yang paling signifikan. Tetapi, penentangannya secara terbuka terhadap Presiden Suriah Bashar al-Assad selama perang saudara Suriah, membuat hubungan dengan Iran, pendukung utama Hamas, menjadi tegang. Mashal kini tinggal di Qatar.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Entertainment19 Oktober 2024, 12:00 WIB

Ketahuan Bohong, Kimberly Ryder Diminta Buat Surat Perjanjian Oleh Edward Akbar

Proses sidang perceraian antara Kimberly Ryder dan Edward akbar masih berlanjut. Kini, muncul sebuah kabar terbaru bahwa Edward pernah menghukum Kimberly karena berbohong.
Ketahuan Bohong, Kimberly Ryder Diminta Buat Surat Perjanjian Oleh Edward Akbar (Sumber : Instagram/@kimbrlyryder)
Science19 Oktober 2024, 11:19 WIB

BMKG: Sepekan ke Depan, Jawa hingga Nusa Tenggara Masih Cuaca Panas

Beberapa wilayah ini yaitu Stasiun Meteorologi Sultan Muhammad Kaharuddin Nusa Tenggara Barat.
(Foto Ilustrasi) Sepekan ke depan cuaca di berbagai wilayah Indonesia masih akan tetap dipengaruhi pola peralihan musim. | Foto: Pixabay.com/@shogun
Musik19 Oktober 2024, 11:00 WIB

Rose BLACKPINK Merilis Lagu APT yang Berkolaborasi dengan Bruno Mars

Rose BLACKPINK merilis lagu terbaru berjudul APT yang berkolaborasi dengan penyanyi Bruno Mars pada Jumat, 18 Oktober 2024 pukul 11.00 WIB.
Rose BLACKPINK Merilis Lagu APT yang Berkolaborasi dengan Bruno Mars (Sumber : Youtube | Rose)
Nasional19 Oktober 2024, 10:36 WIB

Danang Prasetyo, Mantan Dandim Sukabumi Bakal Pimpin Upacara Serah Terima Jabatan Presiden

Pengalamannya di lapangan menjadi bekal penting dalam menghadapi tugas besar ini.
Kolonel Infanteri Danang Prasetyo Wibowo. | Foto: Istimewa
Internasional19 Oktober 2024, 10:02 WIB

Pemimpin Hamas Yahya Sinwar Syahid, Ini Enam Nama Calon Penggantinya

Sinwar telah menghabiskan dua dekade di penjara Israel sebelum kembali ke Gaza.
Pemimpin Hamas Yahya Sinwar dinyatakan meninggal dunia. | Foto: REUTERS/Mohammed Salem
Film19 Oktober 2024, 10:00 WIB

Sinopis Film Bolehkah Sekali Saja Kumenangis, Perjuangan Tari Melawan Traumanya

Bolehkah Sekali Saja Kumenangis merupakan film terbaru Indonesia yang mengusung genre drama dan keluarga yang telah tayang di seluruh bioskop Tanah Air pada Kamis, 17 Oktober 2024
Sinopis Film Bolehkah Sekali Saja Kumenangis, Perjuangan Tari Melawan Traumanya (Sumber : Instagram/@prillylatuconsina96)
Inspirasi19 Oktober 2024, 09:00 WIB

Loker General Affair Staff dengan Penempatan di Pabrik Sukabumi, Yuk Cek Kualifikasinya Disini!

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi. Loker General Affair Staff dengan Penempatan di Pabrik Sukabumi, Yuk Cek Kualifikasinya Disini! (Sumber : Freepik)
Life19 Oktober 2024, 08:00 WIB

12 Rekomendasi Kegiatan Me Time di Hari Libur untuk Recharge Energi

Menonton film favorit atau serial drama/komedi bisa jadi pelarian yang menyenangkan. Pilih genre yang membuatmu rileks, seperti komedi, petualangan ringan, atau drama romantis.
Ilustrasi. Me Time: Meditasi di Alam saat libur kerja bisa membantu Recharge Mood dan energi. (Sumber : Freepik/@freepik)
Food & Travel19 Oktober 2024, 07:00 WIB

Resep Rolade Telur Dadar Ayam Cincang, Menu Simpel untuk Keluarga di Rumah

Rolade Telur Dadar siap disajikan dengan saus sambal atau saus tomat sebagai pelengkap.
Rolade Telur Dadar sering dijadikan lauk pendamping nasi atau sebagai camilan gurih. Foto: IG/doyanmasak
Science19 Oktober 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 19 Oktober 2024, Cek Dulu Langit Sebelum Keluar Rumah

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan dan berawan pada 19 Oktober 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan dan berawan pada 19 Oktober 2024. (Sumber : Freepik.com/@fanjianhua)