Air Danau Mengalir Misterius, Lost Lake Oregon Wisata Ajaib Diluar Nalar

Minggu 22 September 2024, 11:00 WIB
Danau Lost Lake Oregon terlihat surut dengan aliran air menuju dua lubang besar. Foto: YouTube/MasonObscura

Danau Lost Lake Oregon terlihat surut dengan aliran air menuju dua lubang besar. Foto: YouTube/MasonObscura

SUKABUMIUPDATE.com - Lost Lake adalah sebuah danau yang terletak di Hutan Nasional Mount Hood, di Oregon, Amerika Serikat. Danau ini dikenal karena pemandangannya yang indah, terutama dengan latar belakang Gunung Hood yang megah.

Air di danau Lost Lake Oregon menghilang dan kembali secara misterius. Foto: YouTube/MasonObscuraAir di danau Lost Lake Oregon menghilang dan kembali secara misterius. Foto: YouTube/MasonObscura

Lost Lake menjadi destinasi populer bagi para wisatawan, fotografer, dan pecinta alam yang ingin menikmati ketenangan serta pemandangan alam yang menakjubkan.

Baca Juga: Ahli Bedah Andries de Wilde, Tuan Tanah Pencetus Nama "Sukabumi"

Tak hanya sebagai destinasi wisata alam, Lost Lake dikenal sebagai sebuah danau misterius di Oregon. Pasalnya, Lost Lake di Oregon terisi setiap musim dingin dan kemudian saat musim berganti, air menghilang melalui lubang selebar 6 kaki di tepi pantai, meninggalkan area tersebut kering sebelum kemudian terisi lagi.

Fakta Sains Mengejutkan dari Lost Lake di Oregon

Setiap musim panas, Lost Lake di Oregon menghilang melalui beberapa terowongan vulkanik. Tabung lava, yang merupakan struktur seperti terowongan yang dibuat untuk mengalirkan lava dari gunung berapi selama letusan, banyak terdapat di daerah tersebut. 

Sebuah video di kanal YouTube Mason Obscura menunjukkan dua lubang di Lost Lake Oregon yang berukuran besar.

Danau Lost Lake Oregon terlihat surut dengan aliran air menuju dua lubang besar. Foto: YouTube/MasonObscuraDanau Lost Lake Oregon terlihat surut dengan aliran air menuju dua lubang besar. Foto: YouTube/MasonObscura

Dalam video bertajuk "The Lake that Disappears Down a Lava Tube Every Summer" itu, danau terlihat surut dengan aliran air menuju dua lubang besar. Hal ini membuat Lost Lake di Oregon terkenal sebagai wisata ajaib diluar nalar.

Mengapa demikian? Sebab, air di danau Lost Lake Oregon menghilang dan kembali secara misterius.

Baca Juga: Ahli Bedah Andries de Wilde, Tuan Tanah Pencetus Nama "Sukabumi"

Terpisah, merujuk ABC News, sebuah video yang diambil oleh Bend Bulletin menunjukkan proses yang luar biasa. Setelah aliran lava berhenti, saluran bawah tanah dapat mengeras dan meninggalkan sistem panjang seperti gua dengan bukaan ke permukaan.

"Di Lost Lake, tabung lava ini runtuh dan menjadi lubang pembuangan bagi danau itu," kata Jude McHugh, juru bicara Hutan Nasional Willamette, kepada ABC News, dilansir Minggu (22/9/2024).

Lost Lake ini akan muncul kembali di musim gugur, saat sejumlah aliran sungai mulai mengalir ke tempat yang tampak seperti padang rumput yang damai. Melansir odditycentral.com, ini adalah keajaiban Lost Lake, objek wisata khusus yang terletak di Hutan Nasional Willamette Oregon, tepat di luar US Highway 20.

Dimulai pada akhir musim gugur, sejumlah sungai mulai mengalir turun dari pegunungan di sekitarnya mengisi padang rumput yang segera menjadi dasar Lost Lake di Oregon, dan pada pertengahan musim dingin, danau mencapai titik terpenuhnya.

Lubang di sekitar danau. Air Danau Mengalir Misterius, Lost Lake Oregon Wisata Ajaib Diluar Nalar Foto: YouTube/MasonObscuraLubang di sekitar danau. Air Danau Mengalir Misterius, Lost Lake Oregon Wisata Ajaib Diluar Nalar Foto: YouTube/MasonObscura

Menghilangnya Lost Lake di Oregon bermula saat musim semi dan selesai pada musim panas, saat sungai-sungai yang berkontribusi mengering, dan semua air di danau dikeringkan melalui dua lubang yang berfungsi seperti saluran pembuangan bak mandi.

Menariknya, kedua lubang vulkanik itu sudah ada sejak lama. Lubang-lubang tersebut menguras danau secara permanen, tetapi selama salju mencair, volume air yang mengalir ke padang rumput begitu besar sehingga lubang selebar 7 kaki itu tidak dapat menguras semuanya dengan cukup cepat.

Kemudian menjelang akhir musim dingin, saat aliran air yang berkontribusi berkurang volumenya, Lost Lake mulai menghilang secara perlahan.

Baca Juga: 3 Kali Menang Beruntun, Jabar Hattrick Juara Umum PON XXI Aceh Sumut 2024

Ahli geologi mengatakan bahwa lubang di dasar Lost Lake Oregon terbentuk sekitar 12.000 tahun yang lalu akibat aktivitas vulkanik yang intens di daerah tersebut. Formasi seperti itu sebenarnya sangat umum di sekitar daerah Cascades di Oregon.

Meski kemana mengalirnya air dari Lost Lake masih menjadi misteri, tetapi para ahli percaya bahwa air tersebut merembes melalui batuan berpori dan mengisi kembali akuifer besar yang memasok berbagai mata air di daerah tersebut.

Lost Lake ini akan muncul kembali di musim gugur, saat sejumlah aliran sungai mulai mengalir ke tempat yang tampak seperti padang rumput yang damai. Foto: YouTube/MasonObscuraLost Lake ini akan muncul kembali di musim gugur, saat sejumlah aliran sungai mulai mengalir ke tempat yang tampak seperti padang rumput yang damai. Foto: YouTube/MasonObscura

Lost Lake merupakan destinasi wisata populer selama musim panas, dengan ribuan orang bepergian ke sana untuk melihat lubang pembuangan misterius tersebut.

Namun, hingga artikel ini ditayangkan, lubang di Lost Lake Oregon masih belum ditutup. Walaupun selama bertahun-tahun pihak berwenang telah menggunakan batu-batu besar, mesin mobil, dan puing-puing lainnya untuk menutup lubang vulkanik tersebut.

Sayangnya, beredar kabar bahwa jika lubang berhasil ditutup maka akan menjadi bencana bagi daerah di sekitarnya.

"Jika ada yang berhasil menutupnya, yang kami tidak yakin bisa melakukannya, itu hanya akan mengakibatkan banjir danau dan jalan. Itu bagian penting dari bagaimana jalan itu dirancang," kata juru bicara Dinas Kehutanan AS kepada The Bulletin.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi22 September 2024, 13:00 WIB

Loker Pegawai Kontrak Lulusan D3 Teknik, Penempatan Bandung Barat

Lowongan Kerja Pegawai Kontrak untuk posisi Tech Field ini dibuka hingga 18 November 2024 mendatang.
Ilustrasi. Lowongan Kerja Pegawai Kontrak untuk posisi Tech Field (Sumber : Pixabay/YersonRetamal)
Sukabumi22 September 2024, 12:21 WIB

Update! Tol Bocimi Seksi 2 Cigombong-Cibadak Dibuka Kembali 24 September 2024

Polisi mengabarkan bahwa gerbang Tol Bocimi Seksi 2 Cigombong-Cibadak Sukabumi kembali dibuka pada 24 September 2024.
Gerbang Tol Bocimi Seksi 2 di Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Ibnu Sanubari
Bola22 September 2024, 12:00 WIB

Persita Tangerang vs Semen Padang FC di Liga 1: H2H, Susunan Pemain, Prediksi Skor

Laga Persita Tangerang vs Semen Padang FC akan berlangsung di Stadion Sultan Agung, Bantul pada Minggu (22/9/2024) mulai pukul 15.30 WIB.
Laga Persita Tangerang vs Semen Padang FC akan berlangsung di Stadion Sultan Agung, Bantul pada Minggu (22/9/2024) mulai pukul 15.30 WIB. (Sumber : Ist)
Jawa Barat22 September 2024, 11:17 WIB

Dikira Boneka, Kronologi Penemuan 7 Mayat di Kali Bekasi

Kronologi penemuan 7 mayat mengambang di Kali Bekasi yang bikin geger warga setempat.
Petugas BPBD dan kepolisian saat mengevakuasi 7 mayat yang ditemukan mengambang di Kali Bekasi. (Sumber Foto: Suara.com/Mae Harsa)
Internasional22 September 2024, 11:00 WIB

Air Danau Mengalir Misterius, Lost Lake Oregon Wisata Ajaib Diluar Nalar

Danau Lost Lake Oregon terlihat surut dengan aliran air menuju dua lubang besar.
Danau Lost Lake Oregon terlihat surut dengan aliran air menuju dua lubang besar. Foto: YouTube/MasonObscura
Jawa Barat22 September 2024, 10:35 WIB

Geger 7 Mayat Ditemukan Mengambang di Kali Bekasi

Penemuan 7 mayat di Kali Bekasi gegerkan warga setempat. Tim BPBD langsung evakuasi dan polisi tengah melakukan penyelidikan.
BPBD dan kepolisian saat mengevakuasi 7 mayat yang ditemukan mengambang di Kali Bekasi. (Sumber : Akun X Skynewsagra)
Inspirasi22 September 2024, 10:00 WIB

Loker Sukabumi Sebagai Direct Sales di Bank Swasta, Minimal Lulusan D3/D4/S1 Semua Jurusan

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Loker Sukabumi Sebagai Direct Sales di Bank Swasta, Minimal Lulusan D3/D4/S1 Semua Jurusan (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih22 September 2024, 09:44 WIB

Dedi Mulyadi Ungkap Alasan Pilih Sule Jadi Jubir Tim Pemenangan di Pilgub Jabar 2024

Terungkap berikut alasan Sule dipilih jadi Jubir tim Pemenangan Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan pada Pilgub Jabar 2024.
Komedian Sule ditunjuk jadi Jubir tim pemenangan Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan di Pilgub Jabar 2024. (Sumber : Instagram/@ferdinan_sule)
Kecantikan22 September 2024, 09:00 WIB

Cegah Penuaan Dini, 5 Manfaat Masker Kopi untuk Kesehatan Wajah

Merawat kulit wajah tak perlu ribet. Masker kopi, salah satu perawatan alami, bisa jadi solusi.
Merawat kulit wajah tak perlu ribet. Masker kopi, salah satu perawatan alami, bisa jadi solusi. (Sumber : Freepik/wayhomestudio)
Jawa Barat22 September 2024, 08:58 WIB

3 Kali Menang Beruntun, Jabar Hattrick Juara Umum PON XXI Aceh Sumut 2024

Hattrick! Prestasi Juara Umum PON oleh Kontingen Jawa Barat ini berhasil dipertahankan setelah pertama kali diraih pada PON XIX Jawa Barat 2016 dan PON XX Papua 2021 lalu.
Sejumlah Atlet Kebanggaan Kontingen Jawa Barat yang Menyumbang Medali untuk Prestasi Jabar Hattrick Juara Umum PON XXI Aceh Sumut 2024. Foto: Instagram/@ponxxiaceh