Mengoptimalkan Kerja Sama Regional, Dongkrak Daya Saing Ekonomi Indonesia di ASEAN

Senin 12 Agustus 2024, 18:33 WIB
Bendera-bendera negara anggota ASEAN (Sumber: asean.org)

Bendera-bendera negara anggota ASEAN (Sumber: asean.org)

SUKABUMIUPDATE.com - ASEAN memiliki potensi yang sangat besar menjadi kawasan perdagangan di masa depan, mengingat jumlah PDB gabungan dari negara-negara anggota yang terus meningkat, dan jumlah populasi lebih dari 650 juta jiwa.

ASEAN tentunya dapat mengembangkan bisnis manufaktur dan jasa, di mana melalui dua sektor tersebut negara-negara anggotanya dapat memperoleh investasi dan perdagangan dengan melibatkan banyak sekali mitra dagang internasional baik negara dan non-negara.

Mengingat potensi tersebut, tentunya tidak lepas dari kesulitan dan hambatan, ASEAN sampai saat ini masih terjadi perbedaan tingkat kesejahteraan ekonomi yang berbeda-beda, hukum yang tidak merata, dan masalah politik yang dapat menghambat integrasi ekonomi.

Indonesia menjadi salah satu anggota ASEAN yang memiliki sumber daya manusia, dan sumber daya alam melimpah. Indonesia sesungguhnya memiliki daya tawar cukup tinggi, yakni memanfaatkan keberadaan ASEAN di masa depan yang diprediksi menjadi pusat ekonomi dunia.

Baca Juga: Pemberdayaan dan Perlindungan Perempuan, Hendar Bahas Perda Jabar Nomor 2/2023 di Goalpara

Adapun Indonesia melihat potensi di atas dapat meluncurkan strategi, yakni memanfaatkan kerja sama regional dengan tujuan membangun daya saing ekonomi nasional di tingkat Asia Tenggara. Pendekatan yang dapat dilakukan oleh Indonesia untuk mewujudkannya, di mana Indonesia memusatkan penguatan sumber daya manusia.

Memanfaatkan teknologi dan kesempatan untuk mengakses mitra kerja sama, Indonesia bisa meningkatkan kualitas SDM melalui program-program pendidikan, pelatihan, dan pertukaran tenaga kerja. Adanya peningkatan SDM dipersiapkan oleh pemerintah untuk bisa mengurangi angka pengangguran di dalam negeri, dan menyiapkan tenaga kerja yang dibutuhkan di ASEAN, serta mampu beradaptasi di tengah globalisasi yang kian mempengaruhi lapangan pekerjaan.

Selanjutnya, Indonesia dapat mempertahankan keaktifan dalam kerja sama bilateral dan multilateral, serta pada forum kerja sama ekonomi di regional. Indonesia juga dapat mulai membenahi dan mendukung setiap program yang sedang berlangsung di Asean Economic Community atau Masyarakat Ekonomi Asean dengan tujuan menghasilkan kesepakatan perdagangan dan investasi yang saling menguntungkan di antara anggota ASEAN.

Lalu, Indonesia juga pada utamanya perlu mengembangkan kembali transportasi, logistik, maupun infrastruktur digital, di mana saat ini menjadi modal utama bagi perdagangan dan logistik baik dari dalam maupun luar negeri mengakses pembeli. Pembangunan jalan bebas hambatan atau tol, bandara, dermaga, menjadi konsistensi pemerintah untuk segera mewujudkan dampak kerja sama regional di dalam negeri.

Baca Juga: M. Jaenudin: Perda Trantibum-Linmas untuk Lindungi Kesehatan dan Lingkungan Warga Jabar

Adapun, poin penting pada kerja sama regional ini adalah mendukung Indonesia agar dapat tetap berperan aktif dalam penyelarasan regulasi di ASEAN, baik untuk menyamakan hambatan-hambatan perdagangan dan investasi di antara anggota ASEAN, termasuk penyelarasan standar produk, kebijakan bea cukai, dan prosedur perizinan yang lebih efisien.

Adanya kebijakan yang sama di antara anggota, dapat membantu produk UMKM dalam negeri go-internasional, sebut saja produk lokal seperti makanan tradisional dan produk fesyen lokal dapat dinikmati dan diketahui oleh warga ASEAN. Di mana, akan meningkatkan citra maupun penilaian internasional terhadap produk UMKM.

Melalui, pengetahuan tentang keberlangsungan kerjasama regional ASEAN yang telah ditempuh Indonesia, oleh masyarakat umum harus dipandang sebagai langkah strategis dalam mewujudkan Indonesia menuju pertumbuhan ekonomi yang lebih inklusif dan berkelanjutan.

Adanya peran masyarakat seperti meningkatkan literasi tentang diplomasi dan kebijakan luar negeri melalui membaca artikel opini, dan berdiskusi dengan tokoh masyarakat untuk mengenal lebih jauh tentang isu-isu internasional terkini, diyakini dapat membantu program pemerintah untuk bisa mewujudkan hal tersebut.

* Berbagai sumber

Penulis: Harisa Firdaus Pahlawan, Mahasiswa Pascasarjana FISIP UNPAD

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi Memilih10 September 2024, 23:46 WIB

Momen Keseruan Andri Hamami dan Bacawagub Erwan Nobar Timnas Bareng Bobotoh Sukabumi

Bakal calon Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Hamami dan Bacawagub Jabar Erwan Setiawan nobar timnas bareng bobotoh Sukabumi.
Andri Hamami dan Erwan Setiawan bersama ratusan bobotoh Sukabumi nobar Timnas Indonesia vs Australia. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sukabumi10 September 2024, 23:37 WIB

Cerita Asep Hibahkan Diri Jadi Marbot Masjid "Terbengkalai" Al-Jabbar Cikembar Sukabumi

Masjid Al-Jabbar yang berada di Jalan Pelabuhan II, Desa Bojongkembar, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi merupakan salah satu dari 20 masjid yang dibangun oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat pada tahun 2015 lalu
Asep Ahmad Riyadi (54 tahun) Marbot Masjid Al-Jabbar Cikembar, Kabupaten Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
DPRD Kab. Sukabumi10 September 2024, 23:17 WIB

Pakai Baju Adat Batak, Sylvie Tampil Mempesona di Paripurna HJKS ke-154 DPRD Sukabumi

Sylvie Gustiana Derin tampil mempesona mengenakan baju adat batak toru di Rapat Paripurna HJKS ke-154.
Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Sylvie Gustiana Derin. (Sumber : Istimewa)
DPRD Kab. Sukabumi10 September 2024, 22:18 WIB

HJKS ke-154, Anggota DPRD Ajak Masyarakat Bersatu untuk Pembangunan Sukabumi

Harapan Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Jajah Junajah di momen HJKS ke-154.
Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Junajah Jajah Nurdiansyah. (Sumber : Istimewa)
Bola10 September 2024, 22:01 WIB

Timnas Indonesia Berhasil Imbangi Australia 0-0 di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Timnas Indonesia tahan imbang Australia tanpa gol di babak kualifikasi Piala Dunia 2024.
Striker Timnas Indonesia Ragnar Oratmangoen mencoba menghadang pemain Timnas Australia Jackson Irvine. (Sumber : IG Socceroos)
Sukabumi Memilih10 September 2024, 21:30 WIB

Bacawagub Erwan Sayangkan Masjid Al-Jabbar di Cikembar Sukabumi Terbengkalai

Bacawagub Erwan Setiawan menyesalkan masjid megah buatan Pemprov Jabar di Cikembar Sukabumi terbengkalai.
Bacawagub Jabar Erwan Setiawan saat meninjau Masjid Al-Jabbar di Cikembar Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Food & Travel10 September 2024, 21:00 WIB

Curug Cipeuteuy Majalengka: Wisata Bermain Air Sambil Berkemah di Tengah Hutan

Curug Cipeuteuy di Majalengka memiliki sejumlah daya tarik yang menjadikannya destinasi wisata alam yang populer di Jawa Barat.
Curug Cipeuteuy di Majalengka memiliki sejumlah daya tarik yang menjadikannya destinasi wisata alam yang populer di Jawa Barat. (Sumber : Instagram/@curug_cipeuteuy/@instore.tools .).
DPRD Kab. Sukabumi10 September 2024, 20:47 WIB

HJKS ke-154, Dewan Paoji Puji Capaian dan Prestasi Bupati Sukabumi

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Paoji bicara harapannya terkait HJKS ke-154.
Dua Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi fraksi PDIP, Paoji (kiri) dan Junajah Jajah. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi10 September 2024, 20:35 WIB

Tingkatkan Kenyamanan Pengguna, Dinas PU Perbaiki Ruas Jalan Caringin-Cidahu Sukabumi

Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi melalui UPTD PU Wilayah III, saat ini sedang melakukan perbaikan di ruas jalan Caringin-Cidahu
Perbaikan ruas jalan Caringin-Cidahu Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Sehat10 September 2024, 20:00 WIB

Perhatikan Porsinya! 6 Tips Sehat Makan Mie Instan yang Harus Kamu Tahu

Dengan mengikuti tips ini, kamu bisa menikmati mie instan secara lebih sehat tanpa mengorbankan kesehatanmu dalam jangka panjang.
Ilustrasi - Dengan mengikuti tips ini, kamu bisa menikmati mie instan secara lebih sehat tanpa mengorbankan kesehatanmu dalam jangka panjang. (Sumber : Freepik.com)