Kehidupan Jauh dari Keramaian, 7 Tempat Paling Terpencil di Dunia yang Unik dan Menarik

Sabtu 10 Agustus 2024, 14:00 WIB
Pulau Pitcairn - Menjelajahi Sudut Bumi yang Terisolasi dengan Berpetualangan di Tempat Paling Terpencil di dunia. (Sumber : Pemerintahan Kepulauan Pitcairn/MMXXIII Kantor Kepulauan Pitcairn).

Pulau Pitcairn - Menjelajahi Sudut Bumi yang Terisolasi dengan Berpetualangan di Tempat Paling Terpencil di dunia. (Sumber : Pemerintahan Kepulauan Pitcairn/MMXXIII Kantor Kepulauan Pitcairn).

SUKABUMIUPDATE.com - Tempat-tempat terpencil di dunia adalah sudut-sudut planet kita yang seolah-olah terisolasi dari peradaban modern. Baik itu pulau-pulau kecil di tengah lautan, desa-desa terpencil di pegunungan, atau bahkan wilayah kutub yang ekstrem.

Tempat-tempat ini menawarkan pengalaman unik yang sulit ditemukan di tempat lain. Akses menuju lokasi-lokasi tersebut seringkali terbatas dan membutuhkan persiapan khusus, bahkan beberapa tempat hanya bisa dijangkau dengan kapal atau pesawat kecil.

Kehidupan di tempat-tempat terpencil ini sangat berbeda dengan kehidupan di perkotaan. Penduduknya seringkali hidup berdampingan dengan alam, mengandalkan sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Keunikan budaya dan tradisi yang khas juga menjadi daya tarik tersendiri dari tempat-tempat terpencil ini. Bagi para petualang dan penjelajah, tempat-tempat terpencil ini adalah surga yang menjanjikan pengalaman tak terlupakan.

Berikut adalah tempat-tempat terpencil di dunia yang dihimpun dari laman tripsavvy.

1. Longyearbyen, Norwegia

Kota yang terkenal di kepulauan Svalbard, Norwegia ini terletak sekitar 800 mil dari Kutub Utara dan dikenal sebagai salah satu daerah berpenghuni paling terisolasi di dunia.

Kota ini hanya berpenduduk 1.500 jiwa, dan para guru membawa senjata untuk melindungi murid-murid mereka dari beruang kutub (berburu beruang kutub dilarang keras, dan menembak beruang kutub untuk membela diri memerlukan penyelidikan pribadi dari gubernur Svalbard).

Di kota ini, menguburkan orang mati di dalam batas kota menjadi ilegal pada tahun 1950 setelah diketahui bahwa suhu di sana terlalu rendah untuk memungkinkan mayat membusuk.

2. Lembah Javari, Brasil

Ada beberapa bagian dunia yang hanya kita ketahui berkat teknologi satelit canggih, dan pada tahun 2018, sebuah pesawat nirawak menangkap gambar suku asli yang sebelumnya tidak ditemukan di wilayah Vale do Javari di Amazon utara Brasil.

Wilayah tersebut, yang merupakan rumah bagi jumlah penduduk asli yang terisolasi terbesar di bumi, mencakup lebih dari 8,5 juta hektar dan hanya dapat diakses melalui jalur air atau udara.

3. Choquequirao, Peru

Meskipun Choquequirao sering disebut sebagai kota saudara Machu Picchu, Anda tidak akan menemukan antrean di sana. Tidak seperti Machu Picchu yang mencatat 2.500 pengunjung per hari.

Situs arkeologi ini dipuji sebagai salah satu reruntuhan Inca paling terpencil yang ditemukan di seluruh Andes Peru, dan hanya dapat diakses setelah beberapa hari menunggang keledai, mendaki, dan berkemah di alam liar.

4. Tristan da Cunha, Saint Helena

Bagian dari satu wilayah di bawah Kerajaan Inggris sebagai pulau terpencil tempat Napoleon Bonaparte diasingkan pada tahun 1815, Tristan da Cunha adalah tempat berpenghuni paling terpencil di bumi.

Populasi pulau ini sekitar 300 orang, yang sebagian besar adalah petani atau nelayan, dan berjarak 1.243 mil dari yang terdekat pulau Saint Helena. Dengan lebar hanya 7,5 mil dan sekitar 1.750 mil dari Cape Town, dibutuhkan perjalanan perahu enam hari untuk mencapai pulau tersebut dari Afrika Selatan.

5. Oymyakon, Rusia

Dikenal sebagai tempat berpenghuni terdingin di bumi, Oymyakon terletak hanya beberapa ratus mil dari Lingkaran Arktik yang dingin. Kota ini adalah rumah bagi sekitar 500 penduduk tetap yang telah beradaptasi dengan suhu rata-rata minus 58 derajat F di musim dingin.

Suhu terendah yang pernah tercatat adalah minus 90 derajat F pada tahun 1933. Permukiman ini tidak hanya dingin, tetapi juga sangat terisolasi. Kota besar terdekat, Yakutsk, terletak 576 mil jauhnya (dua hari perjalanan dengan mobil), dan wilayah ini gelap gulita selama 21 jam per hari selama musim dingin.

6. Stasiun McMurdo, Antartika

Stasiun penelitian ilmiah terbesar di Antartika, McMurdo dibangun di atas bebatuan vulkanik terjal sejauh 2.415 mil dari Christchurch, Selandia Baru, dan 850 mil dari Kutub Selatan. Suhu di pangkalan tersebut telah mencapai minus 58 derajat F di musim dingin dengan angin yang terkadang melebihi 100 knot.

Akses ke stasiun Pulau Ross tersedia melalui kapal ke pelabuhan serta landasan pendaratan pesawat kecil di es laut dan es di dekatnya. Antartika adalah benua paling terisolasi di dunia dan satu-satunya yang tidak memiliki penduduk tetap.

7. Pulau Pitcairn, Pasifik Selatan

Ideal bagi mereka yang benar-benar ingin menjauh dari keramaian, Pulau Pitcairn di lepas pantai Selandia Baru adalah wilayah dengan penduduk paling sedikit di bumi dengan hanya 50 penduduk tetap.

Posisinya yang sangat terpencil di lautan menjadikannya salah satu tempat terbaik di dunia untuk mengamati bintang. Pitcairn adalah wilayah berpenduduk tetap menjadi satu-satunya kelompok pulau di dunia yang terdaftar sebagai Cagar Alam Langit Gelap Internasional resmi.

Meskipun pariwisata tetap menjadi sumber ekonomi utama, pulau ini masih belum banyak dikunjungi. Pulau yang subur namun terjal ini berukuran kurang dari 2 mil persegi dan 3.000 mil dari benua terdekat, yang berarti kunjungan akan memerlukan minimal 32 jam di atas kapal.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi19 September 2024, 21:47 WIB

Sepakat Damai Cabut Laporan Usai Bentrok, PP dan Garis Sukabumi Saling Memaafkan

Pasca insiden yang melibatkan dua kelompok ormas PP Kota Sukabumi dan ormas Garis Sukabumi Raya pada Jumat 13 September 2024 lalu, kedua belah pihak bersepakat untuk islah atau berdamai.
Para Pimpinan kedua ormas usai tandatangani nota perdamaian di MWC Pemuda Pancasila (PP) Kota Sukabumi. Kamis (19/9/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi19 September 2024, 21:18 WIB

Puluhan Perahu Wisata Terparkir Sepi Imbas Keringnya Curug Cikaso Sukabumi

Puluhan perahu angkutan wisata yang biasa mengantar jemput wisatawan ke Curug Cikaso kini terparkir sepi di dermaga apung Sungai Cikaso, Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi.
Puluhan perahu wisata terparkir di sungai cikaso imbas keringany curug Cikaso di Sukabum | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi Memilih19 September 2024, 20:58 WIB

KPU Kabupaten Sukabumi Tetapkan DPT Pilkada 2024, Terjadi Penurunan Jumlah Pemilih

Jumlah DPT Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 terdiri dari 1.001.764 pemilih laki-laki dan 981.642 perempuan.
Rapat pleno terbuka rekapitulasi DPSHP dan penetapan DPT yang diselenggarakan KPU Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Ibnu)
Sukabumi19 September 2024, 20:42 WIB

Tepergok Curi Helm, Pria Cianjur Babak Belur Diamuk Massa di Dago Sukabumi

Berikut kronologi pria Cianjur nyaris tewas diamuk massa di Dago Sukabumi karena tepergok curi helm.
Tangkapan layar video viral pria babak belur diamuk massa karena tepergok curi helm di Dago Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih19 September 2024, 20:40 WIB

Panwaslu Sukaraja Sosialisasi Netralitas ASN, TNI/Polri dan Perangkat Desa di Pilkada Sukabumi

Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Sukaraja mengadakan kegiatan sosialisasi pengawasan netralitas ASN, TNI, Polri, Kepala Desa, dan perangkat desa dalam Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024.
Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan Sukaraja saat melakukan sosialisasi netralitas ASN, TNI/Polri dan Aparat Desa, Kamis (19/9/2024) | Foto : SU
Sukabumi Memilih19 September 2024, 20:19 WIB

Tak Ada Tanggapan Masuk, KPU Menuju Tahap Penetapan Paslon Pilbup Sukabumi 2024

Nihin tanggapan dan masukan dari masyarakat terkait 2 bapaslon Pilbup Sukabumi 2024. KPU bersiap menuju tahapan berikutnya.
Ketua Divisi Teknis dan Penyelenggara KPU Kabupaten Sukabumi, Abdullah Ahmad Mulya. (Sumber : SU/Ibnu)
Life19 September 2024, 20:00 WIB

Usir Muda Mudi yang Meresahkan, Kota di Finlandia Ini Putar Musik Klasik untuk Atasinya!

Kota di Finlandia ini punya cara unik mengusir pemuda yang selalu meresahkan di daerahnya.
Ilustrasi - Kota di Finlandia ini punya cara unik mengusir pemuda yang selalu meresahkan di daerahnya. (Sumber : Freepik.com).
Sukabumi19 September 2024, 19:26 WIB

Hindari Jalan Bergelombang, Kronologi Truk Tabrak Pemotor Hingga Tewas di Tanjakan Baeud

Berikut keterangan polisi terkait kronologi kecelakaan maut di Tanjakan Baeud Warungkiara Sukabumi, Truk ekspedisi tabrak pemotor hingga tewas.
Kecelakaan maut Truk boks ekspedisi tabrak pemotor di Tanjakan Baeud Warungkiara Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Life19 September 2024, 19:00 WIB

5 Kisah Urban Legend yang Menyeramkan di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia

Kelima kisah ini adalah bagian dari urban legend yang terus berkembang dan menakutkan banyak orang, terlepas dari zaman atau tempat.
Ilustrasi - Kelima kisah ini adalah bagian dari urban legend yang terus berkembang dan menakutkan banyak orang, terlepas dari zaman atau tempat. (Sumber : Instagram/@noraalexandra/@Freepik.com).
Sukabumi19 September 2024, 18:55 WIB

Viral Geng Motor Bersajam Mengamuk di Pasar Cibadak Sukabumi, Ini Kata Saksi

Berikut kesaksian petugas parkir terkait serangan geng motor bersajam di Pasar Cibadak Sukabumi yang viral terekam CCTV.
Tangkapan layar video CCTV yang merekam momen penyerangan sekelompok orang diduga geng motor di area parkiran Pasar Cibadak Sukabumi. (Sumber : CCTV)