Bak Freezer Raksasa! Inilah 7 Kota-kota Terdingin di Dunia

Selasa 06 Agustus 2024, 17:30 WIB
Ilustrasi - Meskipun terdengar ekstrem, kota-kota dingin memiliki daya tarik tersendiri. (Sumber : pexels.com/@Guillaume Hankenne).

Ilustrasi - Meskipun terdengar ekstrem, kota-kota dingin memiliki daya tarik tersendiri. (Sumber : pexels.com/@Guillaume Hankenne).

SUKABUMIUPDATE.com - Dunia ini sangat beragam, tidak hanya menawarkan iklim tropis yang panas, tetapi juga memiliki beberapa kota dengan suhu yang sangat dingin. Kehidupan di kota-kota ini tentu sangat berbeda dengan apa yang kita bayangkan.

Bahkan saking sangat ekstremnya, beberapa kota terdingin di dunia ini mengharuskan masyarakatnya menggunakan baju hangat berlapis-lapis untuk menghangatkan tubuh.

Seberapa ekstrem? Ambil contoh suhu yang sangat dingin seperti -90 F/ -68 C di desa terpencil Oymyakon di Siberia Rusia. Suhu turun ke titik terendah sepanjang masa pada tahun 1933 sehingga menjadikan kota itu sebagai pemukiman manusia terdingin yang pernah ditinggali secara permanen, menurut Guinness World Records.

Siberia bukan satu-satunya tempat yang musim dinginnya disertai hawa dingin yang menusuk. Dari Kanada hingga Kazakhstan, berikut adalah kota-kota terdingin di dunia, yang diurutkan dari yang terhangat hingga terdingin, berdasarkan suhu rata-rata bulan Januari, dihimpun dari laman tripsavvy.

1. Kota Astana, Kazakhstan

Suhu rata-rata bulan Januari: 6,4 F/ -14,2 C

Astana adalah kota modern yang dicirikan oleh arsitektur futuristik, masjid yang berkilauan, dan banyak pusat perbelanjaan dan hiburan. Meskipun bulan-bulan musim panasnya hangat, musim dingin di Astana panjang, kering, dan sangat dingin.

Suhu terendah yang ekstrem tercatat -61 F/ -51,5 C, meskipun suhu rata-rata bulanan untuk bulan Januari adalah 6,4 F/ -14,2 C. Hampir setiap tahun, sungai di kota ini tetap membeku dari pertengahan November hingga awal April, menjadikan kota ini salah satu kota terdingin di dunia.

2. International Falls, Minnesota, Amerika Serikat

Suhu rata-rata bulan Januari: 4,4 F/-15 C

Kota di Minnesota utara ini menyebut dirinya "Kota Es Nasional", dan dengan rekor suhu terendah -55 F/ -48 C dan rata-rata curah salju musiman 71,6 inci, klaim itu sangat beralasan.

International Falls memiliki hari-hari terbanyak per tahun dengan suhu tinggi di bawah titik beku dibandingkan kota-kota lain di AS yang bersebelahan. Kota ini terkenal dengan penyeberangan perbatasan Kanada, dan sebagai pintu gerbang ke Taman Nasional Voyageurs di dekatnya.

Taman ini populer untuk berkayak dan hiking di musim panas, serta bermain ski lintas alam dan memancing di es di musim dingin.

3. Ulaanbaatar, Mongolia

Suhu rata-rata bulan Januari: -11.2 F/-24.6 C

Bertengger di ketinggian 4.430 kaki di atas permukaan laut di tepi padang rumput Mongolia, Ulaanbaatar adalah ibu kota nasional terdingin di dunia.

Kota ini mengalami musim-musim ekstrem dengan suhu tertinggi musim panas tercatat 102 F/ 39 C; namun, suhu terendah yang turun hingga -44 F/ -42 C selama bulan-bulan musim dingin yang panjang membuat Ulaanbaatar memiliki suhu tahunan rata-rata yang berada tepat di bawah titik beku.

Selain menjadi pintu gerbang internasional ke daerah-daerah hutan belantara Mongolia yang spektakuler, Ulaanbaatar menawarkan banyak pemandangan budaya yang kaya mulai dari kuil-kuil Buddha bergaya Tibet hingga galeri-galeri seni modern yang menarik.

4. Barrow, Amerika Serikat

Suhu rata-rata bulan Januari: -13 F/-25 C

Terletak di atas Lingkaran Arktik di Alaska, Barrow adalah kota paling utara di Amerika Serikat. Kota ini memiliki suhu rata-rata terendah dari semua kota di Alaska, diperburuk oleh seringnya tutupan awan dan angin ekstrem hingga 60 mil per jam.

Matahari tetap berada di bawah cakrawala selama 65 hari setiap tahun, sementara rata-rata, hanya 120 hari dalam setahun mengalami suhu tinggi di atas titik beku. Namun, meskipun suhu terendahnya tercatat -56 F/ -49 C, ada banyak alasan untuk mengunjungi Barrow.

5. Yellowknife, Kanada

Suhu rata-rata bulan Januari: -18,2 F/-27,9 C

Ibu kota Wilayah Barat Laut Kanada terletak 250 mil di selatan Lingkaran Arktik. Dari 100 kota Kanada yang termasuk dalam survei oleh Environment Canada, Yellowknife adalah kota terdingin sepanjang tahun, memiliki musim dingin terdingin, angin dingin paling ekstrem, dan musim salju terpanjang.

Suhu terendah yang pernah tercatat adalah -60 F/ -51 C, namun ironisnya, kota ini juga memiliki musim panas Kanada yang paling cerah. Kaya akan sejarah demam emas, Yellowknife adalah kiblat bagi para petualang, menawarkan berbagai kegiatan mulai dari hiking di bawah matahari tengah malam hingga naik kereta luncur anjing, mobil salju, dan melihat Cahaya Utara.

6. Norilsk, Rusia

Suhu rata-rata bulan Januari: -22 F/-30 C

Norilsk adalah kota paling utara di dunia dengan lebih dari 100.000 penduduk, dan satu dari tiga kota besar yang terletak di zona permafrost berkelanjutan. Dengan suhu 14 F/ -10 C, kota ini memiliki suhu tahunan rata-rata terdingin di antara semua kota besar, sementara suhu terendah mencapai -63 F/ -53 C di musim dingin.

Norilsk tidak mungkin menjadi tujuan wisata utama, meskipun memiliki museum, galeri seni, dan salah satu masjid paling utara di dunia, karena industri pertambangan telah menjadikannya salah satu tempat paling tercemar di Bumi dan kota ini telah ditutup untuk orang asing sejak 2001.

7. Yakutsk, Rusia

Suhu rata-rata bulan Januari: -41 F/ -40 C

Ibu kota Republik Sakha Rusia, Yakutsk terletak sekitar 280 mil di selatan Lingkaran Arktik. Dengan suhu rata-rata bulan Januari -41 F/ -40 C, Yakutsk dianggap sebagai kota terdingin di dunia, setidaknya jika mempertimbangkan kota-kota besar.

Pemandangan seperti museum es Permafrost Kingdom, Pasar Kristen, dan Museum Seni Nasional Republik Sakha, menjadikan kota ini tujuan yang layak bagi mereka yang tidak keberatan dengan hawa dingin. Suhu rata-rata 67 F/ 19,5 C pada bulan Juli menjadikannya pilihan musim panas bagi wisatawan yang cuacanya cerah.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi20 September 2024, 01:10 WIB

Refleksi Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Peringatan Maulid Nabi SAW yang rutin diadakan setiap tahun dalam realitasnya belum sepenuhnya mampu mengubah perilaku keagamaan
Refleksi Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW | Foto : Pixabay
Sukabumi20 September 2024, 00:27 WIB

Terbang ke Aceh, Sekda Ade Beri Dukungan ke Atlet PON XXI Asal Kabupaten Sukabumi

Sekretaris Daerah, Ade Suryaman, bersama sejumlah pejabat Pemkab Sukabumi terbang ke Aceh untuk memberikan dukungan kepada para atlet asal Kabupaten Sukabumi yang bertanding di PON XXI
Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi, Ade Suryaman dan jajaran saat bertemu para atlet asal Kabupaten Sukabumi di PON XXI di Aceh | Foto : Dokpim
Sukabumi19 September 2024, 23:23 WIB

Desa Wisata Hanjeli Sukabumi Sabet Penghargaan Wonderful Indonesia Impact Kemenparekraf

Enam desa wisata terbaik mendapat penghargaan Wonderful Indonesia Impact dari Menparekraf bekerja sama dengan MCorp. Salah satunya adalah Desa Wisata Hanjeli, Kabupaten Sukabumi
Asep Hidayat saat menerima Penghargaan Wonderful Indonesia Impact dari Menparekraf Sandiaga Uno di Jakarta, Kamis (19/9/20204) | Foto : Istimewa
Sukabumi19 September 2024, 21:47 WIB

Sepakat Damai Cabut Laporan Usai Bentrok, PP dan Garis Sukabumi Saling Memaafkan

Pasca insiden yang melibatkan dua kelompok ormas PP Kota Sukabumi dan ormas Garis Sukabumi Raya pada Jumat 13 September 2024 lalu, kedua belah pihak bersepakat untuk islah atau berdamai.
Para Pimpinan kedua ormas usai tandatangani nota perdamaian di MWC Pemuda Pancasila (PP) Kota Sukabumi. Kamis (19/9/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi19 September 2024, 21:18 WIB

Puluhan Perahu Wisata Terparkir Sepi Imbas Keringnya Curug Cikaso Sukabumi

Puluhan perahu angkutan wisata yang biasa mengantar jemput wisatawan ke Curug Cikaso kini terparkir sepi di dermaga apung Sungai Cikaso, Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi.
Puluhan perahu wisata terparkir di sungai cikaso imbas keringany curug Cikaso di Sukabum | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi Memilih19 September 2024, 20:58 WIB

KPU Kabupaten Sukabumi Tetapkan DPT Pilkada 2024, Terjadi Penurunan Jumlah Pemilih

Jumlah DPT Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 terdiri dari 1.001.764 pemilih laki-laki dan 981.642 perempuan.
Rapat pleno terbuka rekapitulasi DPSHP dan penetapan DPT yang diselenggarakan KPU Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Ibnu)
Sukabumi19 September 2024, 20:42 WIB

Tepergok Curi Helm, Pria Cianjur Babak Belur Diamuk Massa di Dago Sukabumi

Berikut kronologi pria Cianjur nyaris tewas diamuk massa di Dago Sukabumi karena tepergok curi helm.
Tangkapan layar video viral pria babak belur diamuk massa karena tepergok curi helm di Dago Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih19 September 2024, 20:40 WIB

Panwaslu Sukaraja Sosialisasi Netralitas ASN, TNI/Polri dan Perangkat Desa di Pilkada Sukabumi

Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Sukaraja mengadakan kegiatan sosialisasi pengawasan netralitas ASN, TNI, Polri, Kepala Desa, dan perangkat desa dalam Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024.
Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan Sukaraja saat melakukan sosialisasi netralitas ASN, TNI/Polri dan Aparat Desa, Kamis (19/9/2024) | Foto : SU
Sukabumi Memilih19 September 2024, 20:19 WIB

Tak Ada Tanggapan Masuk, KPU Menuju Tahap Penetapan Paslon Pilbup Sukabumi 2024

Nihin tanggapan dan masukan dari masyarakat terkait 2 bapaslon Pilbup Sukabumi 2024. KPU bersiap menuju tahapan berikutnya.
Ketua Divisi Teknis dan Penyelenggara KPU Kabupaten Sukabumi, Abdullah Ahmad Mulya. (Sumber : SU/Ibnu)
Life19 September 2024, 20:00 WIB

Usir Muda Mudi yang Meresahkan, Kota di Finlandia Ini Putar Musik Klasik untuk Atasinya!

Kota di Finlandia ini punya cara unik mengusir pemuda yang selalu meresahkan di daerahnya.
Ilustrasi - Kota di Finlandia ini punya cara unik mengusir pemuda yang selalu meresahkan di daerahnya. (Sumber : Freepik.com).