Kecelakaan Pesawat Saurya Airlines di Nepal, Semua Penumpang Tewas Kecuali Pilot

Rabu 24 Juli 2024, 20:37 WIB
Kecelakaan pesawat di Nepal, Saurya Airlines | Foto : Ist

Kecelakaan pesawat di Nepal, Saurya Airlines | Foto : Ist

SUKABUMIUPDATE.com - Sebuah kecelakaan pesawat kembali terjadi, kali ini menimpa pesawat Bombardier CRJ200 milik Saurya Airlines di Ibu Kota Nepal. Berdasarkan laporan dari tempo.co, pesawat yang membawa 19 orang, termasuk kru dan staf teknis perusahaan, jatuh saat lepas landas di Bandara Internasional Tribhuvan di Kathmandu.

Menurut The Kathmandu Post yang dikutip oleh tempo.co, pesawat tujuan Pokhara ini mengalami kecelakaan sekitar pukul 11 pagi waktu setempat. Pesawat yang diawaki oleh dua orang dan membawa 17 penumpang tersebut jatuh dan terbakar sesaat setelah lepas landas.

Otoritas penerbangan menyatakan bahwa insiden tersebut terjadi tepat setelah pesawat Bombardier CRJ200 berkapasitas 50 kursi lepas landas pada pukul 11:11. Pesawat kemudian berbelok ke kanan dan jatuh di bagian timur bandara. Hingga saat ini, penyebab kecelakaan masih dalam proses penyelidikan.

Seorang dokter di Rumah Sakit Kathmandu Medical College melaporkan kepada kantor berita Associated Press bahwa pilot mengalami luka di matanya namun kondisinya tidak mengancam nyawa. Jenazah para korban telah dibawa ke Rumah Sakit Pendidikan TU di Kathmandu untuk diautopsi.

Baca Juga: Tewas Kecelakaan Pesawat: Presiden Iran Ebrahim Raisi Digantikan Mohammad Mokhber

Gambar-gambar yang dibagikan oleh militer Nepal menunjukkan badan pesawat yang terbelah dan hangus terbakar. Gambar siaran juga menampilkan jenazah yang dibawa ke ambulans dengan tandu serta petugas penyelamat yang berusaha mencari sisa-sisa pesawat yang terbakar.

Bandara Internasional Tribhuvan, yang merupakan bandara utama di Nepal untuk penerbangan internasional dan domestik, sempat ditutup selama beberapa jam untuk memfasilitasi pekerjaan darurat dan penyelidikan. Bandara ini terletak di dalam lembah yang dikelilingi pegunungan, yang menjadikannya salah satu bandara yang menantang bagi pilot, terutama untuk pesawat berukuran besar yang harus melewati celah di gunung untuk mendarat.

Pihak berwenang terus bekerja untuk mengungkap penyebab kecelakaan ini dan memastikan keselamatan penerbangan di masa mendatang.

Republik Demokratik Federal Nepal

Nepal, dengan nama resmi disebut sebagai Republik Demokratik Federal Nepal adalah sebuah negara federal yang bersistem parlementer dengan berbentuk republik konstitusional dan juga negara terkurung daratan di Asia Selatan.

Nepal memiliki geografi yang beragam, termasuk dataran subur, perbukitan berhutan dan delapan dari sepuluh gunung tertinggi di dunia termasuk Gunung Everest ada di Nepal.
Nepal adalah negara multi-etnis, multi-bahasa, multi-agama dan multi-budaya dengan bahasa Nepal sebagai bahasa resmi. Kathmandu adalah ibu kota negara dan kota terbesar di negara tersebut.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi08 September 2024, 09:00 WIB

Loker Marketing Manager di Jakarta Timur, Syarat: Mahir Ms. Office

Loker Marketing Manager di Jakarta Timur. Rekrutmen Pegawai Tetap masih dibuka hingga 5 November 2024 mendatang.
Loker Marketing Manager di Jakarta Timur, Syarat: Mahir Ms. Office (Sumber : Istimewa)
Food & Travel08 September 2024, 07:00 WIB

Resep Sup Durian Keju Mozzarella, Hidangan Pencuci Mulut yang Lezat!

Sup Durian Keju Mozzarella adalah perpaduan unik antara manisnya durian dan kelezatan keju, menciptakan hidangan penutup yang creamy dan meleleh di mulut.
Ilustrasi - Taman durian Hauma Ni Opung atau Hauma Ni Opung Farm and Plantation merupakan destinasi wisata yang harus dikunjungi oleh para penggemar buah durian (Sumber : iStock)
Science08 September 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 8 September 2024, Sukabumi Pagi Cerah Berawan dan Siang Potensi Hujan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 8 September 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 8 September 2024. (Sumber : Freepik.com/@fanjianhua)
DPRD Kab. Sukabumi07 September 2024, 22:57 WIB

Sekretariat DPRD Sosialisasikan Peran Dewan Kepada Masyarakat di Sukabumi Expo 2024

Sekretariat DPRD menyuguhkan konsep yang berbeda pada pameran pembangunan di Sukabumi Expo tahun ini.
Stand Sekretariat DPRD Kabupaten Sukabumi di Sukabumi Expo 2024. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi07 September 2024, 22:21 WIB

Niat Jemput Istri, Cerita di Balik Kecelakaan Maut Warga Sukabumi Akibat Motor Tersangkut Kabel

Berikut cerita di balik kecelakaan maut yang menimpa ayah anak di Cicurug Sukabumi akibat motor tersangkut kabel di Jalan Raya Sukabumi-Bogor.
Kecelakaan maut di jalan raya Sukabumi-Bogor, seorang anak tewas terlindas truk usai motor yang ditumpanginya terjatuh akibat tersangkut kabel internet. (Sumber : Istimewa)
Kecantikan07 September 2024, 21:00 WIB

5 Manfaat Masker Mentimun untuk Mengurangi Kantung Mata

Masker mentimun efektif untuk mengurangi kantung mata karena sifatnya yang menghidrasi, menenangkan, dan mendinginkan.
Ilustrasi. Menggunakan masker. Efek pendingin alami mentimun juga dapat membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan di area sekitar mata. (Sumber : Freepik/freepik)
Keuangan07 September 2024, 20:58 WIB

Perumda BPR Hadir di Sukabumi Expo 2024, Tawarkan Beragam Produk Tabungan dan Kredit

Tawarkan Beragam Produk Tabungan dan Kredit, Stand BPR Sukabumi disambut antusias pengunjung Sukabumi Expo 2024.
Stand Perumda BPR Sukabumi di Sukabumi Expo 2024, Lapang Canghegar Palabuhanratu. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi07 September 2024, 20:34 WIB

Perahu Terbalik Dihantam Badai, Nelayan Sukabumi Selamatkan Diri dengan Berenang ke Tepian

Berikut kronologi perahu nelayan Sukabumi terbalik dihantam ombak dan angin kencang di perairan Tegalbuleud Sukabumi.
Kondisi perahu nelayan yang sempat terbaik dihantam badai di perairan Tegalbuleud Sukabumi dievakuasi usai mendarat di tepian. (Sumber Foto: Istimewa)
Life07 September 2024, 20:00 WIB

Sleep Training Hacks: 9 Cara Agar Anak Cepat Tidur di Malam Hari

Sleep Training Hacks: Ciptakan rutinitas yang menenangkan sebelum tidur. Aktivitas seperti membaca buku, mendengarkan cerita, mandi air hangat, atau bermain dengan mainan lembut bisa membuat anak rileks sebelum tidur.
Ilustrasi. Cara Agar Anak Cepat Tidur di Malam Hari, Parenting Hacks untuk Ayah Bunda! (Sumber : Freepik/pvproductions)
Sukabumi07 September 2024, 19:35 WIB

Kabel Menjuntai Picu Kecelakaan Maut di Sukabumi, Saksi sebut Akibat Tersangkut Truk Kontainer

Saksi ungkap penyebab kabel menjuntai di Jalan Raya Sukabumi-Bogor yang picu kecelakaan maut, anak tewas terlindas truk.
Polisi saat olah TKP kecelakaan maut di Jalan Raya Sukabumi-Bogor tepatnya di Cicurug Sukabumi. Serang anak tewas terlindas truk usai motor yang diboncengnya terjatuh akibat tersangkut kabel. (Sumber : Istimewa)