Mengenal Blue Ocean Strategy yang Cocok Untuk Kelangsungan Bisnis

Selasa 25 Januari 2022, 22:30 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Blue Ocean banyak yang belum mendengar satu ini. Namun, strategi ini amat berguna bagi bisnis, terlebih jika bisnismu ingin menciptakan ruang pasar tanpa pesaing. terdengar cukup menantang bukan?

Makna dari strategi ini adalah persaingan yang begitu ketat dan kejam hanya akan menghasilkan ‘lautan darah’ dan mendapatkan keuntungan yang kian lama kian menyusut. 

photoRed Ocean dan Blue Ocean. - (via eleken.co)

Strategi ini menjadi salah satu acuan, beberapa perusahaan besar untuk melakukan inovasi berkelanjutan. Penasaran bukan dengan strategi bisnis satu ini? simak penjelasannya berikut ini.

Baca Juga :

Mengenal Blue Ocean

Blue Ocean tidak berdiri sendiri, pada buku karya Renee Mauborgne terdapat istilah lain bernama Red Ocean.

Red Ocean digambarkan sebagai persaingan bisnis super ketat yang ada saat ini. Dalam wilayah Red Ocean ini, batas-batas dan aturan persaingan telah ditentukan.

Pada area ini, suatu perusahaan atau bisnis akan mencoba mengalahkan pesaingnya dan meraih pangsa pasar yang lebih besar. Namun ketika ruang pasar menjadi ramai, maka pertumbuhan dan keuntungan suatu bisnis akan berkurang.

Senjata untuk mengalahkan pesaing pada area ini adalah produk. Persaingan yang semakin ketat digambarkan sebagai kompetisi kejam yang akan menghasilkan banyak korban. Maka dari itu wilayah ini disebut Red Ocean.

Sedangkan, area yang dinamakan Blue Ocean digambarkan sebagai ruang pasar yang belum diketahui dan tidak terdapat persaingan di dalamnya. 

Di dalam Blue Ocean, persaingan bisnis tidak relevan karena aturan main belum ditentukan. Blue Ocean dianalogikan sebagai ruang pasar yang bebas pesaing dan jika ada satu bisnis yang berkecimpung di dalamnya akan mendapatkan keuntungan dan pertumbuhan yang sangat besar.

Karakteristik Blue Ocean

1. Fokus

Jika ingin masuk ke wilayah Blue Ocean, maka perusahaan harus fokus dengan tujuan yang dicapai. Perusahaan harus fokus pada kunci perencanaan strategi bisnis.

Fokus juga bisa menjadi faktor perusahaan dalam meningkatkan kinerja dan standarnya dibandingkan pesaingnya. 

2. Divergensi

Divergensi bisa menjadi faktor yang membuat perusahaan atau bisnis memiliki perbedaan dari pesaingnya dan berdiri sendiri terpisah dari pesaing.

3. Tagline menarik

Tagline menarik bertujuan untuk semakin mendekatkan nama bisnis kita dengan pelanggan. Ini juga bisa menjadi alat pemasaran yang sangat baik dengan biaya rendah.

Kita mengenal beberapa tagline dari beberapa perusahaan besar di dunia yang mudah diingat sehingga mengingatkan kita pada produk buatannya.

Tips mengaplikasikan Blue Ocean

1. Analisis pasar

langkah pertama adalah melakukan analisis pasar. kamu bisa mengetahui produk atau layanan apa yang sedang populer di tengah konsumen dan menciptakan permintaan baru. kamu juga bisa memeriksa apakah konsumen puas dengan produk atau layanan yang sudah ada.

Kamu bisa melakukan inovasi dengan cara memodifikasi produk atau layanan yang sudah ada dan menciptakan sesuatu yang berbeda dibandingkan pesaing.

2. Defining Problem

Untuk menciptakan suatu produk atau layanan, langkah yang tepat untuk dilakukan adalah mendefinisikan masalah yang dihadapi konsumen.

Buatlah produk atau layanan bisa mengatasi masalah konsumen tanpa menghiraukan pesaing.

3.Gunakan kerangka dasar Blue Ocean

Blue Ocean memiliki kerangka dasar dalam penentuan strateginya yakni:

a. apa yang dapat dikembangkan dan ditingkatkan dari bisnis ini?

b. apa dampak yang dihasilkan dari persaingan dengan pesaing?

c. komponen apa yang bisa dihapuskan dalam bisnis ini?

d. produk atau layanan baru yang bisa dihasilkan dari bisnis ini?

4. Action

Jika kamu telah mengetahui jawaban dari kerangka dasar Blue Ocean, maka selanjutnya kamu bisa menentukan apa yang harus dilakukan sesuai dengan jabatan kerangka di atas.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Tags :
Berita Terkini
Jawa Barat31 Agustus 2024, 00:59 WIB

Sapu Jagat dan Pemuda Pancasila Damai Usai Bentrok Di Cianjur

Bentrokan berdarah antara dua organisasi masyarakat (ormas), Posgab Sapu Jagat dan Pemuda Pancasila, yang terjadi di Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur pada Jumat, 30 Agustus 2024, akhirnya berakhir dengan kesepakatan damai.
Surat pernyataan Posgab Sapu Jagat dan Ormas PP Kabupaten Cianjur | Foto : Istimewa
Sukabumi Memilih30 Agustus 2024, 23:54 WIB

Miftahul Janah Buka Suara Terkait Pilkada Sukabumi

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Miftahul Janah, mengucapkan terima kasih kepada tim relawan dan DPP PKB karena telah memberinya kepercayaan agar berupaya dapat berlaga  sebagai calon peserta Pilkada Sukabumi.
Hj. Miftahul Janah, M.Si, Politisi PKB, gagal melaju di Pilkada Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Sukabumi Memilih30 Agustus 2024, 22:25 WIB

Beragam Alasan, 22 Nama Ini Tersingkir di Bursa Kandidat Pilkada Sukabumi

Selama periode pendaftaran yang berlangsung dari 27 hingga 29 Agustus, KPU Kota Sukabumi hanya menerima tiga pasangan calon, sementara KPU Kabupaten Sukabumi mencatat dua pasangan calon. Dan banyak kandidat tersingkir
Ilustrasi bakal calon kepala daerah / wakil kepala daerah sedang menyampaikan visi misi  | Foto : Pixabay
Jawa Barat30 Agustus 2024, 22:05 WIB

Bentrokan Ormas di Cianjur, Poskab Sapu Jagat Sukabumi Imbau Anggota Menahan Diri

Bentrokan antar ormas yang terjadi di Jalan Raya Bandung, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat disebut dipicu kesalahpahaman.
Potongan video bentrok antar ormas di Cianjur | Foto : Istimewa
Jawa Barat30 Agustus 2024, 21:54 WIB

Viral Video Bentrok Antar Ormas di Cianjur, Korban Berjatuhan

Viral di media sosial, sebuah video yang memperlihatkan aksi bentrokan antar ormas pecah di Cianjur, Provinsi Jawa Barat. Akibatnya dikabarkan banyak korban berjatuhan.
Potongan video bentrok antar ormas di Cianjur | Foto : Istimewa
Life30 Agustus 2024, 21:00 WIB

Tidur Terlalu Larut, 10 Kebiasaan Malam yang Bisa Menghambat Kecerdasan Anak

Anak-anak yang mengalami stres atau kecemasan tanpa dukungan atau penanganan yang tepat mungkin sulit tidur atau memiliki tidur yang terganggu.
Ilustrasi. Tidur Terlalu Larut, Kebiasaan Malam yang Bisa Menghambat Kecerdasan Anak (Sumber : Freepik/freepik)
Sukabumi30 Agustus 2024, 20:03 WIB

Diduga Terpeleset, Kakek 94 Tahun Ditemukan Tewas Di Sungai Cibuni Sukabumi

Seorang kakek bernama Nawikrama (94 tahun), warga Kampung Karanganyar RT 05/04 Desa Tegalbuleud, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, ditemukan tak bernyawa dan mengambang di Sungai Cibuni, Jumat (30/8/2024).
Kakek Nawikrama (94 tahun) ditemukan meninggal di Sungai Cibuni Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Food & Travel30 Agustus 2024, 20:00 WIB

Kiara Manuk Camp Deck: Staycation di Tengah Perkebunan Teh Pangalengan

Kiara Manuk Camp Deck adalah sebuah destinasi wisata yang berlokasi di kawasan alam terbuka yang menyajikan keindahan pemandangan alam yang memukau
Kiara Manuk Camp Deck tidak hanya menawarkan keindahan alam pada siang hari, tetapi juga pengalaman langit malam yang tak terlupakan. (Sumber : Instagram/@saragih_erick/@dyahanwari_ /@kiaramanukofficial).
Sukabumi30 Agustus 2024, 19:26 WIB

Kronologi Pembacokan Maut Siswa SMP di Cicewol Sukabumi, Kapolres Imbau Orang Tua Waspada

Kapolres Sukabumi AKBP Samian juga mengimbau kepadaorang tua untuk lebih waspada dalam menjaga anak-anak mereka. Pastikan anak-anak pulang sekolah tepat waktu, dan selalu berada di lingkungan yang positif.
Kapolres Sukabumi AKBP Samian dan jajarannya memperlihatkan barang bukti saat konferensi pers di Mapolres Sukabumi pada Jumat (30/8/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Motor30 Agustus 2024, 19:00 WIB

Motor Alami Overheating, 4 Tanda Oli Gardan Harus Segera Diganti

Penting untuk rutin mengganti oli gardan sesuai jadwal yang direkomendasikan pabrikan untuk menjaga kinerja mesin tetap optimal.
Ilustrasi - Penting untuk rutin mengganti oli gardan sesuai jadwal yang direkomendasikan pabrikan untuk menjaga kinerja mesin tetap optimal. (Sumber : Screenshot YouTube/ Pertamax7).