Contoh Viral Marketing yang Disukai Netizen dan Tips Memaksimalkannya!

Rabu 23 Oktober 2024, 14:01 WIB
Ilustrasi terkait viral marketing. (Sumber Foto: Digima.com)

Ilustrasi terkait viral marketing. (Sumber Foto: Digima.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Sekarang ini viral marketing menjadi teknik pemasaran yang dianggap paling jitu. Alasannya karena teknik marketing ini bisa meningkatkan kepercayaan audiens, sehingga mereka lebih tertarik dengan produk atau layanan yang Anda jual. Contoh viral marketing pun juga digunakan oleh brand besar.

Viral marketing menjadi strategi pemasaran yang paling cocok untuk media sosial. Sehingga konsep dasar strategi pemasaran ini akan lebih maksimal apabila menggunakan jaringan medsos. Lalu seperti apa viral marketing itu?

Mengenal Viral Marketing

Sumber Foto: Blissmercom.comSumber Foto: Blissmercom.com

Viral marketing merupakan teknik pemasaran yang melibatkan penyebaran informasi. Umumnya informasi ini dibagikan melalui internet ataupun menggunakan media sosial. Dengan tekhnik ini, suatu bisnis bisa menjangkau audiens yang lebih besar.

Bukan itu saja, kehadiran viral marketing juga bisa membangun brand awareness secara positif. Lewat viral marketing yang tepat, peningkatan penjualan pun bisa terjadi. Hal ini tentunya bisa meningkatkan keuntungan yang Anda dapatkan dari bisnis.

Kelebihan Viral Marketing

Sumber Foto: Linkedin.comSumber Foto: Linkedin.com

Dibandingkan dengan jenis strategi marketing lain, viral marketing memiliki lebih banyak kelebihan. Melihat bagaimana contoh viral marketing yang digunakan brand ternama, eksekusi yang baik bisa meringankan budget marketing.

Biaya Lebih Terjangkau

Menggunakan teknik viral marketing sebenarnya relatif, sesuai dengan medium iklan yang akan digunakan. Namun jika iklan ini berhasil, maka konten tersebut bisa tersebar dengan sendirinya. Bahkan bisa menjangkau audiens di luar target market.

Meningkatkan Brand Awareness

Serupa dengan teknik marketing lainnya, kehadiran viral marketing bisa membantu meningkatkan brand awareness. Lewat teknik iklan ini, bisnis yang Anda kelola pun bisa dikenal lebih luas. Apalagi jika iklan tersebut memberikan manfaat kepada khalayak umum.

Bisa Menjangkau Audiens Lebih Mudah

Ketika contoh viral marketing sukses dijalankan, jangkauan audiens yang didapatkan pun menjadi lebih besar. Jika sebelumnya segmentasi iklan hanya sesuai dengan target pasar, dengan bantuan iklan viral ini, audiens diluar target pasar pun bisa dijangkau.

Contoh Viral Marketing Paling Sukses

Sumber Foto: Kargoku.idSumber Foto: Kargoku.id

Banyak perusahaan yang menggunakan teknik viral marketing untuk membuat brand mereka lebih dikenal masyarakat. Inilah beberapa contoh iklannya yang paling sukses dan diingat hingga sekarang.

Iklan Gosend Bersama Ariel Noah

Pada awal tahun 2021, Gosend menggandeng Ariel Noah sebagai bintang iklan mereka. Iklan tersebut langsung ramai diperbincangkan, karena Ariel memberikan kiat-kiat menjadi pedagang online susah namun dibarengi dengan candaan garing.

Awalnya iklan ini hanya tayang di Youtube, namun segera menyebar ke media sosial lain, dari Twitter, Instagram, hingga Facebook. Lewat contoh viral marketing dari Gosend tersebut, penggunaan layanan dari brand Gojek ini menjadi meningkat pemakainya.

Iklan Ice Cream Indofood

Berikutnya adalah iklan viral dari perusahaan es krim besar Indonesia, yakni Indofood Ice Cream. Iklan tersebut menjadi viral karena menggabungkan unsur kolosal dan komedi. Dalam iklannya, pemain menggunakan setting jaman kuno, namun dibuat sedemikian rupa menjadi lucu.

Misalnya, dengan mengendarai burung rajawali, menggunakan HP yang besar untuk berkomunikasi, hingga pemakaian jurus ala kolosal. Karena lucu, iklan ini pun ditonton serta dibagikan oleh banyak pengguna internet dan meningkatkan awareness dari brand tersebut.

Tips Memaksimalkan Iklan Viral Marketing

Sumber Foto: Jetmarketing.comSumber Foto: Jetmarketing.com

Memanfaatkan Media Sosial

Media sosial menjadi ruang terbaik untuk membagikan konten viral marketing. Agar semakin menarik, Anda bisa memanfaatkan filter agar konten lebih mudah diterima audiens. Jasa filter Instagram bisa Anda pertimbangkan apabila Anda tak bisa membuatnya sendiri.

Gunakan Influencer

Selain artis, contoh viral marketing umumnya menggunakan influencer sebagai bintang iklan. Kehadiran mereka bisa membuat konten menjadi viral dalam waktu singkat. Pilih influencer yang sekiranya sesuai dengan budget serta image brand yang Anda miliki.

Manfaatkan Emotional Appeal

Emotional appeal berarti teknik untuk memicu emosi seseorang. Konten viral marketing yang menggunakan cara ini jelas lebih menarik. Buat audiens merasakan emosi positif agar branding perusahaan tetap baik.

Tips di atas tak harus Anda lakukan sendiri, manfaatkan penyedia jasa terbaik pembuatan filter Instagram, concept art, maupun desain ilustrasi di tautan berikut ini. Tak hanya profesional, mereka juga sudah berpengalaman di bidangnya.

Dengan pilihan jasa yang tepat, iklan viral marketing Anda tentu bisa terkenal. Jangan lupa untuk mengikuti panduan contoh viral marketing diatas agar hasilnya lebih optimal. (ADV)

contoh

contoh

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Entertainment23 Oktober 2024, 16:30 WIB

Resmi Jadi Utusan Khusus Presiden, Berapakah Gaji yang Diterima Raffi Ahmad?

Presenter Raffi Ahmad resmi dilantik sebagai Utusan Khusus Presiden Bidang Pembinaan Generasi Muda dan Pekerja Seni di Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Selasa, 22 Oktober 2024 kemarin.
Resmi Jadi Utusan Khusus Presiden, Berapakah Gaji yang Diterima Raffi Ahmad? (Sumber : Instagram/@raffinagita1717)
Sukabumi23 Oktober 2024, 16:14 WIB

Respons Pemalakan Sopir Truk, Kapolres Siap Tindak Tegas Premanisme di Sukabumi

Samian mengimbau warga untuk segera melapor jika menjadi korban premanisme.
Kapolres Sukabumi AKBP Samian. | Foto: Istimewa/Okezone
Food & Travel23 Oktober 2024, 16:00 WIB

Batu Quran Banten: Wisata Religi yang Erat Kaitannya dengan Syekh Maulana Mansyuruddin

Batu Al-Quran Banten merupakan salah satu destinasi wisata religi yang menarik untuk dikunjungi.
Batu Al-Quran Banten merupakan salah satu destinasi wisata religi yang menarik untuk dikunjungi. (Sumber : Google/Foto theo sena.).
Inspirasi23 Oktober 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Server Minimal Lulusan SMK Perhotelan/Sederajat, Penempatan di Kota Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi. Lowongan Kerja Server Minimal Lulusan SMK Perhotelan/Sederajat, Penempatan di Kota Sukabumi (Sumber : Freepik)
Entertainment23 Oktober 2024, 14:57 WIB

Paula Verhoeven dan Baim Wong Hadiri Sidang Perdana Perceraian

Paula Verhoeven akhirnya menghadiri sidang perdana perceraiannya dengan Baim Wong di Pengadilan Agama Jakarta Selatan, pada Rabu 23 Oktober 2024.
Paula Verhoeven dan Baim Wong Hadiri Sidang Perdana Perceraian (Sumber : Instagram/@paula_verhoeven)
Nasional23 Oktober 2024, 14:56 WIB

Jurnalis dan Pembela HAM Tuntut Pengungkapan Kasus Molotov di Kantor Redaksi Jubi

Jurnalis dan Pembela HAM gelar aksi demonstrasi damai mendesak Polda Papua segera mengungkap kasus pelemparan molotov di Kantor Redaksi Jubi.
Ketua AWP Elisa Sekenyap saat orasi mendesak Polda Papua segera mengungkap kasus pelemparan molotov di Kantor Redaksi Jubi. (Sumber Foto: Istimewa)
Sukabumi23 Oktober 2024, 14:45 WIB

Pemalakan Sopir Truk di Parungkuda Sukabumi Berujung Surat Pernyataan, Polisi: Salah Paham

Polisi menyebut peristiwa dalam video viral aksi pemalakan sopir truk di Parungkuda Sukabumi ini dipicu kesalahpahaman.
Dua pria yang tampangnya viral dalam video dugaan aksi pemalakan terhadap sopir truk di Parungkuda Sukabumi saat berada di Kantor Polisi. Keduanya tandatangani surat pernyataan (Sumber : Istimewa)
Inspirasi23 Oktober 2024, 14:38 WIB

Ceria Mart SMK Islam Penguji Sukabumi, Projek Kreatif dan Kewirausahaan Pelajar

Ceria mart yang berada masih satu bangunan dengan fasilitas pendidikan SMK Islam Penguji Kota Sukabumi diresmikan Rabu (23/10/2024).
Pelajari di Cerita Mart, Projek kreatif dan wirausaha Ceria Mart SMK Islam Penguji Kota Sukabumi (Sumber: su/fit)
Entertainment23 Oktober 2024, 14:30 WIB

Rambut Raisa yang Berdiri Seperti Kesetrum Viral Saat Nyanyi di Festival Musik

Penyanyi Raisa tengah menjadi pembicaraan karena video yang memperlihatkan rambutnya berdiri seperti kesetrum saat bernyanyi dalam salah satu festival musik di Bali.
Rambut Raisa yang Berdiri Seperti Kesetrum Viral Saat Nyanyi di Festival Musik (Sumber : instagram/@raisa6690)
Sukabumi23 Oktober 2024, 14:26 WIB

Bangunan BPK Penabur dan Yuwati Bhakti di Kota Sukabumi Diteliti Tim Cagar Budaya

Kedua bangunan ini sudah dikaji melalui beberapa tahapan.
Pemkot Sukabumi melakukan diseminasi atau sosialisasi dan sidang penetapan objek diduga cagar budaya menjadi cagar budaya di salah satu hotel pada Selasa, 22 Oktober 2024. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi