Asesmen Lapangan Akreditasi Nasional BAN-PT Program Studi Ilmu Hukum Nusa Putra

Kamis 03 Oktober 2024, 10:20 WIB
Plt. Ketua Program Studi Ilmu Hukum sekaligus Dekan Fakultas Bisnis, Hukum, dan Pendidikan CSA Teddy Lesmana dampingi tim BAN PT bertemu mahasiswa Nusa Putra University (Sumber: dok nusa putra)

Plt. Ketua Program Studi Ilmu Hukum sekaligus Dekan Fakultas Bisnis, Hukum, dan Pendidikan CSA Teddy Lesmana dampingi tim BAN PT bertemu mahasiswa Nusa Putra University (Sumber: dok nusa putra)

SUKABUMIUPDATE.com - Program Studi Ilmu Hukum Nusa Putra University sukses menjalani proses asesmen lapangan akreditasi nasional oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Proses ini guna memberikan pendidikan terbaik dan memastikan bahwa Program Studi Ilmu Hukum telah memenuhi standar kualitas.

Kegiatan tersebut berlangsung pada 30 September hingga 2 Oktober 2024 di kampus Nusa Putra University, Cisaat-Sukabumi. Plt. Ketua Program Studi Ilmu Hukum sekaligus Dekan Fakultas Bisnis, Hukum, dan Pendidikan Nusa Putra University, CSA Teddy Lesmana, menjelaskan persiapan yang dilakukan untuk akreditasi meliputi sinkronisasi dokumen dan pencatatan setiap langkah yang telah dilakukan.

"Akreditasi ini bukan ajang untuk mengada-ada prestasi, tetapi untuk mengukur kelayakan program studi hukum di mata para ahli di bidang hukum," ungkapnya. Ia juga menambahkan bahwa program studi ilmu hukum Nusa Putra University memiliki keunikan tersendiri, yaitu internasionalisasi yang berbasis pada nilai-nilai kearifan lokal, yang mendapat perhatian positif dari para assessor.

Baca Juga: Dibutuhkan 1.147 Formasi, PPPK Kabupaten Sukabumi 2024 Resmi Dibuka!

Tidak hanya peran kaprodi dan dosen, pelaksanaan akreditasi ini juga melibatkan Quality Assurance Unit (SPMI) Nusa Putra University. Samsul Fahmi, Direktur SPMI, menjelaskan bahwa unit ini berperan dalam mengkoordinasikan stakeholder yang terlibat, mempersiapkan dokumen, serta mengumpulkan data yang dibutuhkan.

“Kami melakukan berbagai langkah untuk memaksimalkan proses akreditasi ini, dan tahun depan kami juga akan melaksanakan akreditasi untuk Program Studi Teknik Elektro dan Teknik Mesin,” jelas Samsul.

Rektor Nusa Putra University Dr Kurniawan bersama tim BAN PTRektor Nusa Putra University Dr Kurniawan bersama tim BAN PT

Selain itu, mahasiswa pun turut memberikan respons positif terhadap pelaksanaan akreditasi ini. Syifa, mahasiswa Program Studi Ilmu Hukum, menyampaikan bahwa kegiatan akreditasi ini sangat penting untuk kemajuan program studi. “Saya berharap hasil akreditasi ini dapat memuaskan dan membawa Program Studi Ilmu Hukum Nusa Putra University semakin maju ke depannya,” ujar Syifa

Baca Juga: Media Lokal Harus Memberikan Dampak Bagi Masyarakat, Salah Satunya Kolaborasi Desa Wisata

Kegiatan Asesmen lapangan akreditasi tersebut, tentu tidak hanya menjadi bukti komitmen Program studi maupun Universitas dalam menjaga kualitas pendidikan, tetapi juga sebagai langkah nyata dalam meningkatkan daya saing di tingkat nasional hingga internasional. Melalui persiapan matang dan dukungan berbagai pihak, Nusa Putra University optimistis untuk terus berinovasi dan meraih predikat terbaik dalam setiap program studi yang diakreditasi. (adv)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi05 Oktober 2024, 17:23 WIB

Sudah 2 Hari, Nelayan Pancing Hilang Kontak di Laut Ujunggenteng Sukabumi

Perahu nelayan Setia Jaya 37 yang dinahkodai Iwan (45 tahun) asal Kampung Pasirpogor Desa Loji, Kecamatan Simpenan, dan ABK Ekih (46 tahun) asal Palabuhanratu dikabarkan  hilang kontak sejak dua hari lalu di laut Ujunggenteng.
Perahu Setia Jaya 37 yang di nahkodai Iwan dan ABK Ekih hilang kontak di laut Ujunggenteng Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Musik05 Oktober 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Yummy Justin Bieber yang Viral di Medsos

Meski Lagu Yummy kembali viral, hingga artikel ini ditayangkan, desas desus hubungan Justin Bieber dengan kasus P Diddy masih belum mendapat konfirmasi dari pihak manapun.
Official Video Klip Lagu Yummy Justin Bieber. Foto: YouTube/JustinBieber
Life05 Oktober 2024, 16:00 WIB

6 Mitos Masyarakat Sunda yang Sering Dianggap Pamali Jika Dilakukan

Sejak dulu kala, masyarakat Sunda telah mengembangkan beragam kepercayaan dan mitos yang diwariskan dari generasi ke generasi.
Ilustrasi - Sejak dulu kala, masyarakat Sunda telah mengembangkan beragam kepercayaan dan mitos yang diwariskan dari generasi ke generasi. (Sumber : pexels.com/@Kun Fotografi).
Life05 Oktober 2024, 15:00 WIB

Jangan Dulu Dikawinkan! Ini 7 Cara Mengatasi Kucing Betina Birahi

Dengan menerapkan langkah-langkah ini, pemilik kucing dapat membantu mengurangi perilaku dan gejala birahi pada kucing betina.
Dengan menerapkan langkah-langkah ini, pemilik kucing dapat membantu mengurangi perilaku dan gejala birahi pada kucing betina. | Foto: Pixabay/TeamK
Sukabumi05 Oktober 2024, 14:53 WIB

Dibangun! Rutilahu Milik Lansia di Lengkong Sukabumi yang Dihuni Bersama Anak-Cucu

Pemerintah dan kepolisian setempat membangun kembali rumah Emak Juariah.
Rutilahu milik Emak Juariah (75 tahun) di Kampung Cipongpok RT 10/04 Desa Tegallega, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sukabumi05 Oktober 2024, 13:29 WIB

Kearifan Lokal dan Teknologi: Pelatihan Inovatif untuk Guru SD oleh Kelompok PKM Nusa Putra

Kegiatan ini dipimpin oleh tiga dosen Nusa Putra University.
PKM Pelatihan Desain Bahan Ajar Matematika dengan Implementasi Kearifan Lokal dan Virtual Reality, Nusa Putra University, 4 Oktober 2024 (Sumber: dok nusa putra)
Food & Travel05 Oktober 2024, 13:00 WIB

Pendakian Terfavorit: 5 Gunung di Jawa Barat yang Menawarkan Keindahan Alam yang Tak Terlupakan

Banyak gunung di Jawa Barat yang mudah dijangkau dari kota-kota besar seperti Bandung dan Bogor.
Banyak gunung di Jawa Barat yang mudah dijangkau dari kota-kota besar seperti Bandung dan Bogor. (Sumber : Instagram/@kholisohhasanah).
Life05 Oktober 2024, 12:00 WIB

Takut Gagal dan Mudah Menyerah, 10 Ciri Orang yang Rendah Diri

Orang dengan rasa rendah diri sering kali membatasi potensi mereka sendiri, baik dalam hubungan sosial maupun di tempat kerja.
Ilustrasi. Orang dengan rasa rendah diri sering kali membatasi potensi mereka sendiri, baik dalam hubungan sosial maupun di tempat kerja. (Sumber : pixabay.com/@EnginAkyurt)
Nasional05 Oktober 2024, 11:23 WIB

ICW: 174 Anggota DPR 2024-2029 Terindikasi Terhubung dengan Dinasti Politik

Temuan ini merujuk pada jabatan-jabatan oleh para keluarga anggota legislatif.
(Foto Ilustrasi) ICW mengungkap 174 anggota DPR 2024-2029 terindikasi memiliki keterkaitan dengan dinasti politik. | Foto: Istimewa
Motor05 Oktober 2024, 11:00 WIB

5 Tanda Motor Harus Turun Mesin dan Cara Terbaik untuk Menghindarinya

Dengan melakukan perawatan yang baik dan rutin, Anda dapat memperpanjang usia pakai mesin motor dan menghindari biaya perbaikan yang mahal akibat turun mesin.
Dengan melakukan perawatan yang baik dan rutin, Anda dapat memperpanjang usia pakai mesin motor dan menghindari biaya perbaikan yang mahal akibat turun mesin. | (Sumber : Freepik.com/@ pressfoto)