Refleksi Milad ke-58, Memaknai Gerakan Sosial Kahmi Sukabumi

Selasa 17 September 2024, 23:24 WIB
Taopik Wahidin, Kordinator Presidium Kahmi Sukabumi | Foto : Sukabumi Update

Taopik Wahidin, Kordinator Presidium Kahmi Sukabumi | Foto : Sukabumi Update

Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) memperingati milad pada tanggal 17 September setiap tahunnya. Tahun ini, tepat pada 17 September 2024, KAHMI merayakan hari lahirnya yang ke-58. Pada titik ini, perjalanan panjang serta kontribusi Kahmi kepada masyarakat sejak didirikan pada 17 September 1966, perlu kembali dimaknai.

Setiap entitas (termasuk manusia dan juga organisasi) dalam prosesnya senantiasa menuju pada ketinggian (hiking), dan anggap saja, Kahmi baru sampai di shelter (peristirahatan) ke-58 dari ribuan shelter yang yang akan dilewati dalam perjalanan Kahmi ke depan. Seperti halnya mendaki, disini, kita perlu beristirahat sejenak, dan merenung.

Sekedar mengingatkan, tujuan KAHMI sebagaimana tercantum dalam AD Kahmi pasal 6 adalah "terwujudnya cendekiawan muslim yang mampu menjalin hubungan kemitraan dengan berbagai pihak, dalam rangka perjuangan mewujudkan Masyarakat adil dan Makmur yang diridhoi Allah SWT”. Sebagai organisasi yang telah berdiri selama lebih dari lima dekade, milad Kahmi kali ini menjadi momen refleksi, evaluasi, untuk memastikan bahwa visi dan misi organisasi tetap relevan dan efektif dalam konteks saat ini.

Mendefinisikan peran KAHMI di tingkat daerah

Tanpa menghilangkan eksistensi dan peran organisasi lainnya di tingkat lokal, MD KAHMI Sukabumi sebenarnya cukup memiliki peran strategis dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat di tingkat daerah. Di bidang sosial, misalnya, KAHMI Sukabumi dapat berfungsi sebagai jembatan antara masyarakat dan berbagai inisiatif sosial. Demikian juga dalam bidang lainnya, pendidikan, politik dan ekonomi.

Namun, untuk tetap efektif, Kahmi harus terus beradaptasi dengan kebutuhan dan harapan anggota serta masyarakat. Ini termasuk memperbarui pendekatan dan strategi yang sesuai dengan perkembangan terkini.

Baca Juga: Kahmi Sukabumi Gelar Halal Bihalal dan Launching Program Kahmi Menyapa

Baca Juga: Wabup Iyos Apresiasi Kontribusi Kahmi dalam Membangun Sukabumi Lewat Badan Wakaf

Oleh karenanya, KAHMI Sukabumi perlu terus berupaya untuk melahirkan inovasi, meningkatkan keterlibatan dan partisipasi anggotanya dalam berbagai program dan kegiatan. Keterlibatan aktif dari anggota sangat penting untuk keberhasilan setiap inisiatif dan untuk memastikan bahwa tujuan organisasi tercapai.

Melembagakan gerakan sosial Kahmi Sukabumi

Dengan segala keterbatasan, KAHMI Sukabumi terus menunjukan komitmennya dalam memberikan kontribusi kepada masyarakat melalui berbagai program, yang terbaru pada 21 Juni 2024 dan 1 Juli 2024, Kahmi Sukabumi menginisiasi pendirian lembaga zakat dan wakaf, sebuah program yang sebenarnya tidak asing di kalangan muslim. Selain itu, Kahmi juga menginisiasi program ekonomi kolektif.

Lembaga wakaf dan zakat yang dikelola oleh KAHMI Sukabumi diharapkan menjadi salah satu pilar penting dalam upaya melembagakan pemberdayaan masyarakat dan penanggulangan persoalan sosial ke depan.

Melalui lembaga wakaf KAHMI Sukabumi berharap dapat menyediakan sumber daya yang berkelanjutan untuk berbagai kebutuhan masyarakat. Sementara melalui zakat, KAHMI Sukabumi diharapkan dapat mengumpulkan dan menyalurkan zakat untuk membantu mereka yang benar-benar kekurangan.

Keberhasilan dalam mengelola dana wakaf dan zakat dengan baik, serta dampak positif yang dihasilkan untuk masyarakat, menunjukkan dedikasi dan komitmen Kahmi Sukabumi dalam perjuangan mewujudkan Masyarakat adil dan Makmur yang diridhoi Allah SWT

Pengelolaan wakaf dan zakat yang baik, pada gilirannya tidak hanya memberikan manfaat langsung bagi penerima zakat dan wakaf, tetapi juga akan menjadi model bagi lembaga-lembaga lain dalam upaya pemberdayaan masyarakat dan pembangunan sosial. Semoga Kahmi Sukabumi bisa mewujudkannya.

Akhirnya, segenap jajaran MD Kahmi Sukabumi mengucapkan Selamat ulang tahun yang ke-58 untuk KAHMI! Semoga kiprah dan kontribusi Kahmi mendapat ridho dan balasan terbaik dari Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT.

Penulis : Taopik Wahidin (Koordinator Presidium MD Kahmi Sukabumi)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel19 September 2024, 13:00 WIB

HTM Hanya 10 Ribu, Gunung Lembu dengan View Waduk Jatiluhur dan Legenda Mbah Jongrang

Gunung Lembu cocok untuk para pecinta alam yang ingin menikmati suasana alam terbuka tanpa harus mendaki gunung dengan ketinggian ekstrem.
Gunung Lembu cocok untuk para pecinta alam yang ingin menikmati suasana alam terbuka tanpa harus mendaki gunung dengan ketinggian ekstrem. (Sumber : Instagram/@aaldaa.___).
Entertainment19 September 2024, 12:45 WIB

IShowSpeed Raih 1 Juta Penonton saat Live di Jakarta, Nangis sampai Ingusnya Keluar

Youtuber game asal Amerika, IShowSpeed sedang menjadi di trending ketika mendatangi Kota Tua, Jakarta, Indonesia, pada Rabu, 18 September 2024 kemarin sambil melakukan siaran langsung.
IShowSpeed Raih 1 Juta Penonton saat Live di Jakarta, Nangis sampai Ingusnya Keluar (Sumber : Youtube | IShowSpeed)
Sukabumi Memilih19 September 2024, 12:43 WIB

Timses Calon Pilkada di Haornas Kota Sukabumi 2024: Ini Penjelasan Pj Wali Kota, Kadisporapar, dan Muraz

Panitia diduga mengundang bakal calon Wali Kota Sukabumi Mohamad Muraz.
Pj Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji saat membuka Haornas 2024 di Lapang Merdeka, Kamis (19/9/2024) (Sumber: dokpim kota sukabumi)
Sukabumi19 September 2024, 12:43 WIB

Kabar Duka, M Solihin Mantan Kadisdik Kabupaten Sukabumi Meninggal Dunia

Muhammad Solihin mantan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi meninggal dunia pada Kamis (19/9/2024), siang di RSUD R Syamsudin.
M Solihin Mantan Kadisdik Kabupaten Sukabumi (Sumber: istimewa)
Bola19 September 2024, 12:00 WIB

Persib Bandung vs Port FC di AFC Champions League Two: Susunan Pemain dan Prediksi Skor

Persib Bandung akan menghadapi Port FC di AFC Champions League Two malam ini.
Persib Bandung akan menghadapi Port FC di AFC Champions League Two malam ini. (Sumber : Twitter/@persib/Instagram/@portfc_official).
Kecantikan19 September 2024, 11:00 WIB

10 Manfaat Day Cream untuk Perawatan Kulit, Bisa Mencegah Penuaan Dini

Day cream dengan kandungan anti-aging dapat membantu mengurangi tampilan garis halus dan kerutan, sehingga kulit tampak lebih halus dan muda.
Ilustrasi. Manfaat Daycream untuk Perawatan Kulit (Sumber : Freepik/@freepik)
Jawa Barat19 September 2024, 10:46 WIB

BPBD Jabar: 2 Ribu Rumah Rusak Akibat Gempa Bandung, 700-an Warga Mengungsi

Kabupaten Bandung mengalami dampak kerusakan terbanyak.
Kondisi kerusakan bangunan pasca-gempa bumi Bandung dan Garut. | Foto: Istimewa
Life19 September 2024, 10:00 WIB

Semua Orang Mau, Tapi Ini Langkahnya! 7 Cara Menjadi Kaya di Usia Muda

Menjadi kaya di usia muda adalah impian banyak orang, tetapi membutuhkan kombinasi dari strategi keuangan yang tepat, mindset, dan disiplin.
Ilustrasi - Menjadi kaya di usia muda adalah impian banyak orang, tetapi membutuhkan kombinasi dari strategi keuangan yang tepat, mindset, dan disiplin. (Sumber : pixabay.com/@ArbazKhan)
Jawa Barat19 September 2024, 09:53 WIB

Update Gempa Bandung, Pemerintah Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana

Penetapan status tanggap darurat dilakukan untuk mempermudah pemberian bantuan.
Kondisi kerusakan bangunan pasca-gempa bumi Bandung dan Garut. | Foto: Istimewa
Inspirasi19 September 2024, 09:52 WIB

Link Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS Kabupaten Sukabumi 2024

Pelamar CPNS Kabupaten Sukabumi 2024 bisa mengunjungi situs resmi atau melalui portal SSCASN untuk mengetahui apakah namanya tertera di Hasil Memenuhi Syarat (MS) atau Tidak Memenuhi Syarat (TMS).
Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS Kabupaten Sukabumi 2024 (Sumber : Ist)