Ada Lulusan SMANSA Sukabumi, Ini Daftar 13 Calon Rektor Universitas Indonesia

Senin 26 Agustus 2024, 11:30 WIB
Prof. Dr. Ir. Heri Hermansyah, S.T., M.Eng., IPU adalah 1 dari 13 Calon Rektor UI Lulusan Sukabumi (Sumber : Instagram/@univ_indonesia)

Prof. Dr. Ir. Heri Hermansyah, S.T., M.Eng., IPU adalah 1 dari 13 Calon Rektor UI Lulusan Sukabumi (Sumber : Instagram/@univ_indonesia)

SUKABUMIUPDATE.com - Daftar 13 Kandidat Terpilih Calon Rektor Universitas Indonesia diumumkan secara terbuka di media sosial resmi Instagram/@univ_indonesia. Terlihat satu diantara 13 calon rektor UI tersebut adalah seseorang guru besar atau profesor lulusan Sukabumi, Heri Hermansyah.

Prof. Dr. Heri Hermansyah, S.T., M.Eng., IPU. Calon Rektor Universitas Indonesia periode 2024-2029 | Foto : SU/SyamsProf. Dr. Heri Hermansyah, S.T., M.Eng., IPU. Calon Rektor Universitas Indonesia periode 2024-2029 | Foto : SU/Syams

Prof. Dr. Ir. Heri Hermansyah, S.T., M.Eng., IPU adalah alumni SMAN 1 Kota Sukabumi (SMANSA), yang menjabat sebagai Dekan Fakultas Teknik UI. Prestasi akademik ini juga termasuk namanya yang tercatat sebagai salah satu peraih gelar profesor termuda di tahun 2013 lalu, tepatnya saat berusia 37 tahun.

Ada lulusan SMANSA Sukabumi, berikut daftar 13 Kandidat Terpilih Calon Rektor Universitas Indonesia: 

Prof. Dr. Ir. Heri Hermansyah adalah 1 dari 13 Calon Rektor UI Lulusan SukabumiProf. Dr. Ir. Heri Hermansyah adalah 1 dari 13 Calon Rektor UI Lulusan Sukabumi

  1. Agus Setiawan, S. Kp., M.N., D.N.
  2. Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP, FACG
  3. Prof. Dr. Ario Sunar Baskoro, ST., MT., M.Eng
  4. Dr. Ir. H Baskoro Abie Pandowo, M.T.
  5. Prof. Dr. Ir. Heri Hermansyah, S.T., M.Eng., IPU
  6. Prof. Dr. Ibnu Hamad, M.Si.
  7. Dr. Iwan Adhicandra, ST, MSc, PhD, SMIEE
  8. Prof. Kemas Ridwan Kurniawan, S.T., M.Sc., Ph.D.
  9. Prof. Khreshna Imaduddin Ahmad Syuhada, S.Si., M.Si., M.Sc., Ph.D.
  10. Padang Wicaksono, Ph.D.
  11. Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari, M.Sc., M.M., IPU
  12. Teguh Dartanto, Ph.D.
  13. Prof. Dr. dr Yuwono, M.Biomed.

Baca Juga: Profesor Termuda Lulusan SMANSA Sukabumi Jadi Kandidat Rektor Universitas Indonesia

Prof. Dr. Ir. Heri Hermansyah adalah 1 dari 13 Calon Rektor UI Lulusan SukabumiCalon Rektor UI 

Lantas, apa itu jabatan rektor dalam institusi pendidikan khususnya kampus? Simak ulasannya berikut ini!

Mengenal Jabatan Rektor di Kampus

Rektor adalah pemimpin tertinggi di sebuah universitas atau perguruan tinggi, seperti Universitas Indonesia (UI).

Rektor bertanggung jawab atas keseluruhan manajemen dan operasional institusi tersebut, termasuk aspek akademik, administrasi, keuangan, dan hubungan eksternal.

Rektor biasanya diangkat oleh dewan pengurus atau lembaga pengawas universitas, dan mereka sering memiliki latar belakang akademis yang kuat, biasanya dengan gelar doktor serta pengalaman luas dalam bidang pendidikan tinggi.

Baca Juga: Lulusan SMANSA Sukabumi Jadi Profesor Termuda, Mengenal Apa Itu Guru Besar

Secara umum, tugas utama seorang rektor meliputi:

  • Kepemimpinan Akademik

Rektor bertanggung jawab untuk mengarahkan visi dan misi universitas, termasuk pengembangan program studi, peningkatan kualitas pendidikan, dan promosi penelitian.

  • Manajemen Operasional

Rektor bertanggung jawab untuk mengawasi operasional harian universitas, termasuk manajemen staf, anggaran, dan infrastruktur.

  • Perwakilan Eksternal

Rektor bertanggung jawab berfungsi sebagai perwakilan universitas di hadapan pemerintah, industri, dan masyarakat umum. Rektor sering berperan dalam menjalin kerjasama dan kemitraan dengan berbagai pihak.

  • Pengambilan Keputusan

Rektor bertanggung jawab untuk membuat keputusan strategis yang mempengaruhi masa depan universitas. Keputusan ini termasuk kebijakan akademik, alokasi sumber daya, dan pengembangan kampus.

  • Pengawasan Administratif

Rektor bertanggung jawab untuk mengawasi berbagai unit administratif di universitas, termasuk fakultas, departemen, dan layanan pendukung lainnya.

Rektor juga bertanggung jawab atas kesejahteraan mahasiswa, dosen, dan staf universitas, serta berusaha untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pembelajaran, penelitian, dan inovasi.

Baca Juga: Dewan Pers Minta Jurnalis Tetap Independen saat Pilkada 2024

Sebelumnya diberitakan, Heri Hermansyah, profesor kelahiran Sukabumi adalah calon terpilih dalam pemilihan rektor Universitas Indonesia (UI) untuk periode 2024-2029. Pengumuman ini disampaikan oleh Panitia Penjaringan dan Penyaringan Calon Rektor (P3CR) UI, pada Jumat, 23 Agustus 2024.

Profil Singkat Heri Hermansyah

Prof. Dr. Heri Hermansyah, S.T., M.Eng., IPU., lahir di Sukabumi pada 18 Januari 1976. Ia adalah seorang akademisi di bidang Teknik dan Guru Besar dalam Ilmu Rekayasa Proses Bioreaksi. Heri diangkat sebagai Dekan Fakultas Teknik UI pada 7 Januari 2022. Sebelumnya, ia meraih gelar profesor termuda di FT UI pada 19 Juni 2013.

Di bawah kepemimpinan Heri, FT UI meraih predikat sebagai kampus teknik terbaik dari Times Higher Education (THE) pada tahun 2023 dan 2024. Program studi Teknik Kimia, Arsitektur, Teknik Mesin, dan Teknik Elektro UI juga menjadi yang terbaik di Indonesia berdasarkan ranking QS selama masa jabatannya.

Heri juga memprakarsai pembangunan infrastruktur penting di Fakultas Teknik, termasuk gedung InterDisciplinary Engineering (IDE) untuk penelitian interdisipliner dan departemen baru, Departemen Interdisiplin Keteknikan (DIK).

Karir akademisnya dimulai sebagai staf di perusahaan perdagangan internasional sebelum bergabung dengan Universitas Indonesia sebagai dosen pada 1 Maret 1999. Dosen lulusan Sukabumi ini juga pernah menjabat di berbagai posisi struktural di tingkat fakultas dan universitas serta di Kementerian Riset dan Teknologi-Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek–BRIN).

Suami dari Isri Nur Asri itu menyelesaikan pendidikan S2 dan S3 di Universitas Tohoku, Jepang, dengan beasiswa dari Panasonic dan Hitachi.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi16 September 2024, 23:43 WIB

Kompor Ditinggal saat Memasak, Rumah Warga di Cicurug Sukabumi Hangus Terbakar

Berikut kronologi kebakaran rumah di Cicurug Sukabumi. Api diduga berasal dari kompor yang ditinggal saat memasak oleh penghuni.
Tim Damkar saat memadamkan api di rumah warga Cicurug Sukabumi yang terbakar. (Sumber : SU/Ibnu)
Sukabumi16 September 2024, 21:03 WIB

Pemotor di Palabuhanratu Sukabumi Kaget Disetop Polisi, Tahunya Dapat Helm Gratis

Para pengendara yang melintas di Palabuhanratu Sukabumi dibuat kaget karena disetop polisi. Ternyata diberi helm gratis dan Cokelat. Ini tujuannya
Kapolres Sukabumi AKBP Dr Samian bersama isteri saat memberikan helm gratis bagi pemotor di Palabuhanratu. (Sumber : SU/Ilyas)
Film16 September 2024, 21:00 WIB

Sinopsis Film Malam Keramat, Teror Mistis Mengerikan di Rumah Mewah

Malam Keramat akan menjadi film horor selanjutnya yang akan menghiasi layar lebar pada bulan ini. Film tersebut telah tayang di seluruh bioskop Indonesia pada Kamis, 12 September 2024.
Sinopsis Film Malam Keramat, Teror Mistis Mengerikan di Rumah Mewah (Sumber : Instagram/@helroadfilms)
Jawa Barat16 September 2024, 20:03 WIB

Polisi Ungkap Penyebab Kemacetan Parah di Puncak Bogor saat Libur Maulid Nabi

Berikut penyebab kemacetan parah di Puncak Bogor saat libur maulid nabi menurut kepolisian.
Puncak Bogor macet parah hingga kendaraan tak bisa bergerak sama sekali. (Sumber : X@Ari_is1to /@baisunn)
Entertainment16 September 2024, 20:00 WIB

Tidak Ikut Comeback dan Tur Konser, Jeonghan SEVENTEEN Mulai Wajib Militer September

Jeonghan SEVENTEEN secara resmi akan mulai menjalani wajib militer pada Kamis, 26 September 2024. Pengumuman tersebut diberitahukan langsung oleh agensinya, Pledis Entertainment.
Tidak Ikut Comeback dan Tur Konser, Jeonghan SEVENTEEN Mulai Wajib Militer September (Sumber : Instagram/@jeonghaniyoo_n)
Science16 September 2024, 19:15 WIB

Hanya 5% yang Baru di Eksplorasi, 7 Fakta Sains Menarik Tentang Lautan

Lautan masih menyimpan sejumlah misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini.
Ilustrasi - Lautan masih menyimpan sejumlah misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini. (Sumber : Pixabay.com/@TANK153).
Sukabumi16 September 2024, 19:07 WIB

Pelajar yang Terseret Ombak di Pantai Cipatuguran Sukabumi Belum Ditemukan

Tim SAR gabungan pakai aqua eye hingga drone dalam pencarian pelajar Sukabumi yang hilang terseret ombak di Pantai Cipatuguran.
Proses pencarian oleh tim SAR di tengah laut Pantai Cipatuguran Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Film16 September 2024, 19:00 WIB

Spin Off Hospital Playlist, Wise Resident Life Dipastikan Batal Tayang Tahun Ini

Drama korea Wise Resident Life yang merupakan spin-off dari drakor Hospital Playlist dipastikan tidak akan tayang tahun ini, karena permasalahan dunia medis yang terjadi di Korea Selatan saat ini.
Spin Off Hospital Playlist, Wise Resident Life Dipastikan Batal Tayang Tahun Ini (Sumber : Istimewa)
Entertainment16 September 2024, 18:30 WIB

Hoki! Unggahan Mutia Ayu di Instagram Diposting Ulang Oleh Bruno Mars

Pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan dialami oleh Mutia Ayu yang beruntung ketika Bruno Mars tersenyum ke arahnya sampai postingan yang ia unggah dibagikan ulang oleh pelantun Versace on the Floor
Hoki! Unggahan Mutia Ayu di Instagram Diposting Ulang Oleh Bruno Mars (Sumber : Instagram/@mutia_ayu)
Life16 September 2024, 18:00 WIB

Padamnya Api Keabadian, 5 Peristiwa Luar Biasa Saat Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Kelahiran Nabi Muhammad SAW diiringi dengan sejumlah peristiwa besar yang patut diketahui oleh Umat Muslim.
Ilustrasi - Kelahiran Nabi Muhammad SAW diiringi dengan sejumlah peristiwa besar yang patut diketahui oleh Umat Muslim. (Sumber : Freepik.com/Ist).