Transformasi Digital: Mengenalkan Teknologi bagi Masyarakat Daerah Menuju Kemajuan Ekonomi

Kamis 08 Agustus 2024, 17:59 WIB
Ilustrasi transformasi digital (Sumber: freepik)

Ilustrasi transformasi digital (Sumber: freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Digital umumnya dikenal oleh masyarakat berkaitan dengan komputer atau handphone, di mana penggunaan digital pada kegiatan sehari-hari tidak terlepas dari adanya penilaian masyarakat. Khususnya bagi masyarakat Indonesia, kebiasaan pesan makanan melalui aplikasi Go-Food, Shopee-Food, Grab-Food, menghubungi rekan kerja, dan mengirim hasil tugas atau pekerjaan kantor dengan email.

Seiring waktu perkembangan digitalisasi, tidak sedikit masyarakat mengeluhkan adanya penggunaan digital saat melakukan transaksi pembayaran, atau mendaftarkan berkas administrasi. Sangat disayangkan kemajuan digitalisasi, tidak semua masyarakat terutama di daerah terbelakang siap dengan adanya perubahan atau penggunaan digital di dalam kehidupan sehari-hari, padahal digital jika dimanfaatkan dengan baik akan memberikan keuntungan besar bagi masyarakat.

Baca Juga: Roadshow Jatim Media Summit 2024 di Bojonegoro: Jurus Produksi Konten Digital dengan AI

Digitalisasi sebenarnya telah berkembang di negara-negara barat sejak tahun awal 2000-an, masyarakat barat sudah mengenal menggunakan aplikasi pembayaran online seperti Paypal atau memanfaatkan komputer untuk menyelesaikan pekerjaannya. Tetapi, di Indonesia perkembangan digitalisasi hanya dapat dirasakan di beberapa wilayah, dengan catatan itu pun tidak semua terjangkau oleh masyarakat di pedesaan atau daerah.

Membutuhkan waktu lama bagi masyarakat untuk mendapatkan akses digital, pemerintah masih berproses mengadakan proyek digitalisasi di daerah-daerah. Sejauh ini, pemerintah pusat bersama pemerintah daerah tingkat kota/kabupaten sudah merumuskan kebijakan digitalisasi baik mengadakan jaringan komunikasi dan internet, dan memperbaiki infrastruktur yang mendukung.

Baca Juga: Layanan Iklan Digital Terbaik di Jombang? Cek lantarandigital.co.id!

Masalah digitalisasi di atas, pemerintah merespon dengan membentuk kerja sama, di mana mengajak negara-negara maju dalam membantu percepatan digitalisasi di Indonesia. Proses digitalisasi yang telah berlangsung, bisa mendapatkan bantuan dan pengaruh melalui pemanfaatan kerjasama seperti sister city atau kerja sama antar kota negara satu sama lain.

Penerapan kerja sama antar kota tesebut, bisa melibatkan pemdes atau pemerintah setingkat desa dan desa adat di bawah koordinasi dan bantuan pemerintah daerah tingkat kota / kabupaten. Pendekatan dalam aspek sosial dan budaya yang dimiliki oleh daerah lokal, memiliki peluang dalam menarik minat investasi asing untuk membantu pembangunan infrastruktur digitalisasi di daerah-daerah, khususnya daerah terpencil.

Baca Juga: Buka Konferwil ke-3 AMSI Jatim, Wahyu Dhyatmika Tekankan Pentingnya Ekosistem Media Digital

Lalu percepatan digitalisasi disini juga melibatkan Pemerintah desa atau pemdes dalam melaksanakan proses kerja sama yang melibatkan investor asing, bisa melalui program desa yang dilakukan rutin di balai desa. Program yang dibentuk desa berupa diskusi dan pertemuan melibatkan masyarakat setempat, terutama pemuda-pemuda desa dengan konteks pembahasan digital merujuk kepada pengaruh digital dalam membantu pekerjaan di desa seperti perangkat komputer untuk menyelesaikan administrasi pekerjaan aparatur desa, memperkenalkan handphone sebagai sarana komunikasi dan bisnis untuk mempromosikan perdagangan produk desa, mengembangkan industri kreatif melalui konsep virtual pariwisata desa untuk menarik turis asing mengunjungi desa tersebut.

Pentingya pengembangan digitalisasi bagi masyarakat daerah dapat dirasakan dan berdampak besar bagi pertumbuhan ekonomi di daerah, seperti memanfaatkan digital dalam membuka lapangan pekerjaan yang melibatkan pengiriman online oleh industri rumahan, membuka akses pembelajaran online bertujuan dalam membantu meningkatkan kualitas sumber daya manusia di desa agar dapat mengembangkan daerahnya dan menekan angka penumpukan pengangguran di suatu daerah, juga mendorong minat daya beli masyarakat untuk membantu pertumbuhan ekonomi nasional melalui akses informasi dan transaksi digital yang bisa dilakukan di mana saja. Keberadaan digitalisasi bagi ekonomi, bagi UMKM sangat membantu yakni meningkatkan angka produktivitas dan mengurangi biaya operasional bagi pelaku usaha di daerah. Di mana digital dengan adanya platform aplikasi seperti catatan online, lalu aplikasi pembukuan dan akuntansi yang dapat menyederhanakan peran akuntan dan mengurangi kesalahan dalam perhitungan data.

Penulis: Harisa Firdaus Pahlawan, Warga Sukabumi yang kini tengah menimba ilmu di Penstudi Universitas Padjadjaran

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi18 September 2024, 18:23 WIB

Pemilik Warkop di Sukabumi Ditembak Oknum Pengacara, Polisi Kejar Pelaku

Berikut kronologi peristiwa penembakan pemilik warkop oleh oknum pengacara di Sukabumi.
Ilustrasi. Seorang pemilik warkop di Kota Sukabumi ditembak oknum pengacara. | Foto : Pixabay
Life18 September 2024, 18:00 WIB

Amalan dari Rasulullah SAW untuk Orang yang Sakit, Insya Allah Sembuh

Tidak hanya mengandalkan obat-obatan, umat Muslim juga percaya pada kekuatan doa untuk mempercepat proses penyembuhan.
Ilustrasi - Tidak hanya mengandalkan obat-obatan, umat Muslim juga percaya pada kekuatan doa untuk mempercepat proses penyembuhan. (Sumber : Freepik)
Figur18 September 2024, 17:24 WIB

Cerita Kegigihan Adi, Driver Ojol di Sukabumi Sukses Raih Gelar Sarjana Dengan IPK Cumlaude

Selama menjalani masa kuliah, Adi harus membagi waktunya antara belajar dan bekerja sebagai driver ojol di Sukabumi.
Adi Nugraha, mahasiswa Sukabumi nyambi jadi driver ojol hingga lulus sarjana dengan predikat cumlaude. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Musik18 September 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Manusia Paling Menyebalkan BIANCADIMAS yang Viral di Medsos

Adapaun penggalan Lirik Lagu Manusia Paling Menyebalkan BIANCADIMAS yang viral di media sosial adalah "Menata lemari kau tak pandai. Menunda-nunda kau paling lihai", sehingga banyak dicari warganet.
Official Video Lagu Manusia Paling Menyebalkan BIANCADIMAS. Foto: Ist
Entertainment18 September 2024, 16:56 WIB

Yura Yunita Pakai Jersey Manchester United saat Manggung, Netizen: Yura Yunited is Real

Nama penyanyi Yura Yunita tidak pernah berhenti menjadi sorotan netizen Indonesia. Kali ini, ketika ia mengenakan jersey Manchester United ketika sedang manggung.
Yura Yunita Pakai Jersey Manchester United saat Manggung, Netizen: Yura Yunited is Real (Sumber : X/@yurayunita)
Jawa Barat18 September 2024, 16:46 WIB

Data BPBD Jabar: 82 Warga Luka-luka dan 700 Rumah Rusak Akibat Gempa Bandung

Gempa Bandung berkekuatan M 5.0 menyebabkan 82 orang luka-luka, 700 rumah rusak hingga membatalkan 14 jadwal kereta cepat Whoosh.
Petugas BPBD saat melakukan asesmen rumah rusak di Garut yang terdampak Gempa Bandung. (Sumber : IG BPBD Jabar)
Life18 September 2024, 16:45 WIB

Gorengan Balatak, Ini Asal Usul Nama Bala-bala "Bakwan Sunda"

Bakwan Sunda yang disebut bala-bala identik dengan istilah "gorengan balatak".
Bakwan Sunda yang disebut bala-bala identik dengan istilah "gorengan balatak". | Foto: Instagram/@inovpelawi
Entertainment18 September 2024, 16:30 WIB

Agnez Mo Berduet dengan Jay Park di Party in Bali Remix, Tampilkan Chemistry Menarik

Penyanyi Agnez Mo secara mengejutkan merilis versi remix dari lagu terbaru berjudul Party in Bali pada Jumat, 13 September 2024. Kali ini, ia berduet dengan musisi hip-hop asal Korea Selatan dan Amerika, yakni Jay Park.
Agnez Mo Berduet dengan Jay Park di Party in Bali Remix, Tampilkan Chemistry Menarik (Sumber : Instagram/@billboard)
Entertainment18 September 2024, 16:15 WIB

Memutuskan Kontrak Secara Sepihak, Ghea Youbi Digugat Rp 4,2 Miliar

Kabar kurang menyenangkan dari penyanyi dangdut Ghea Youbi yang digugat oleh Ruang Artis Manajemen (RAM) yang merupakan manajemen tempatnya bernaung atas tudingan wanprestasi.
Memutuskan Kontrak Secara Sepihak, Ghea Youbi Digugat Rp 4,2 Miliar (Sumber : Instagram/@gheayoubi)
Bola18 September 2024, 16:03 WIB

Daftar 30 Pemain Timnas Indonesia U-20, Siap Hadapi Kualifikasi Piala Asia U-20 2025

Timnas Indonesia U-20 baru saja menyelesaikan pemusatan latihan di Korea Selatan.
Pemain Timnas Indonesia U-20. | Foto: PSSI