Kerja Sama Lintas Negara, PT Azaki Food Internasional Sambut Lieutenant Governor of Nebraska-USA

Sabtu 20 Juli 2024, 14:10 WIB
PT. Azaki Food Internasional (PT. AFI) bersama Lieutenant Governor of Nebraska, Joe Kelly, dan Director at Nebraska Department of Agriculture, Sherry Vinton, serta Agriculture Atase U.S. Embassy Jakarta. | Foto: Istimewa

PT. Azaki Food Internasional (PT. AFI) bersama Lieutenant Governor of Nebraska, Joe Kelly, dan Director at Nebraska Department of Agriculture, Sherry Vinton, serta Agriculture Atase U.S. Embassy Jakarta. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - PT. Azaki Food Internasional (PT. AFI) menyambut hangat kunjungan Lieutenant Governor of Nebraska, Joe Kelly, dan Director at Nebraska Department of Agriculture, Sherry Vinton, serta Agriculture Atase U.S. Embassy Jakarta ke Rumah Tempe Azaki Bogor, Jumat, 19 Juli 2024.

Rombongan Nebraska yang berasal dari berbagai sektor, termasuk Nebraska Department of Agriculture, Nebraska Farm Bureau, Nebraska Soybean Board, Tyson Foods, Wholestone Food, Halal Transactions of Omaha, dan University of Nebraska-Lincoln turut didampingi oleh perwakilan dari U.S. Embassy Jakarta, Jasmine Osinski, Country Director USSEC Indonesia, Ibnu Edy Wiyono, serta Perwakilan Pemerintahan Kota Bogor yaitu Kepala Dinas KUKM Perindustrian dan Perdagangan Kota Bogor, Drs. Firdaus M.Si, Pengawas Forum Komunikasi Doa Bangsa, Luthfi Nur Hanfan, Ketua Gakoptindo, Ayip Saripudin, dan para tamu terhormat dari berbagai sektor pemerintahan dan industri swasta.

"Selamat datang di Tempe Azaki Bogor dan terima kasih telah memilih Tempe Azaki sebagai salah satu tujuan kunjungan di Indonesia ini," ujar Cucup Ruhiyat.

Dalam sambutannya, Direktur PT. AFI, Cucup Ruhiyat, mengungkapkan bahwa kunjungan ini seperti kunjungan balasan setelah perwakilan Tempe Azaki berkunjung ke Nebraska pada tahun 2017 dalam rangkaian acara Trade Team & Farm Visit to the U.S. yang difasilitasi oleh USSEC Indonesia.

Baca Juga: PT Azaki Food Internasional Ikuti Pameran Makanan Terbesar Dunia SIAL Shanghai 2024

Dalam perkenalannya dihadapan rombongan Nebraska, Cucup menyampaikan bahwa Tempe Azaki Bogor adalah bagian dari usaha binaan Forum Komunikasi Doa Bangsa (FKDB) yang didirikan oleh H. Ayep Zaki pada tahun 2006 di Sukabumi, Jawa Barat,. Dimana Pabrik Tempe Azaki Bogor ini diresmikan oleh Duta Besar AS untuk Indonesia, Mr. Song Yung Kim, pada bulan September 2023 dan merupakan salah satu pabrik tempe terbesar di dunia dengan kapasitas produksi mencapai 135 ton per bulan.

"Pabrik ini telah menerapkan sistem jaminan mutu keamanan pangan dan sistem keberlanjutan, termasuk penggunaan pencahayaan alami dan sistem pengolahan limbah dengan digester biogas. Pabrik ini juga dibangun untuk memenuhi permintaan ekspor yang terus meningkat. Saat ini, Tempe Azaki secara rutin mengekspor tempe ke Jepang, Korea Selatan, Hong Kong, Taiwan, Thailand, dan Amerika Serikat," jelas Cucup.

Wakil Gubernur Nebraska, Joe Kelly menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Tempe Azaki dan semua pihak yang telah mengundang delegasi dari Nebraska. "Terima kasih banyak telah mengundang saya dan Sherry Vinton, Departemen Pertanian kami, dan seluruh delegasi kami dari Nebraska. Kami di sini bertujuan untuk belajar dari Anda semua dan memperluas hubungan perdagangan antar negara kita," ujar Joe Kelly.

Joe Kelly juga menyampaikan apresiasinya terhadap motto Tempe Azaki, "when healthy meet tasty". Menurutnya, prinsip ini sangat sejalan dengan visi dan misi delegasi dari Nebraska.

"Ketika Azaki memiliki standar yang tinggi, maka kami akan sangat tertarik dan serius untuk bekerja sama, karena hal itulah yang kami cari," tambah Sherry Vinton.

Kepala Dinas KUKM Perindustrian dan Perdagangan Kota Bogor, Drs. Firdaus M.Si, turut menyampaikan harapannya terhadap kerjasama ini. "Kami berharap kerjasama ini dapat membuka jalan bagi peningkatan produksi dan ekspor Tempe Azaki, sekaligus mempererat hubungan bilateral antara Indonesia dan Amerika Serikat, khususnya dalam sektor pertanian dan industri pangan."

Country Director USSEC Indonesia, Ibnu Edy Wiyono, juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada delegasi Nebraska yang sudah meluangkan waktu untuk datang ke Indonesia dan Rumah Tempe Azaki. "Kami sangat berterima kasih kepada delegasi Nebraska atas waktu dan perhatian yang diberikan untuk mengunjungi Indonesia dan Tempe Azaki. Ini adalah kesempatan yang sangat berharga untuk mempererat hubungan dan menjajaki peluang kerjasama lebih lanjut," kata Ibnu.

Sejak tahun 2015, FKDB menjalin kerjasama dengan Forum Tempe Indonesia (FTI), Gakoptindo, dan US Soybean Export Council (USSEC) Indonesia, dengan dukungan dari pemerintah pusat hingga daerah, untuk meningkatkan pengembangan usaha tempe. Kerjasama ini berhasil mengembangkan usaha Tempe Azaki dengan cabang di seluruh wilayah Indonesia, termasuk Jawa, Kalimantan, Sumatera, Bali, Sulawesi, Ambon, hingga Papua.

Saat ini, Tempe Azaki memiliki 72 rumah produksi, 2 cabang pos pemasaran, dan 2 koperasi kedelai, dengan konsumsi kedelai mencapai 1.860 ton per bulan atau 22.320 ton per tahun, dimana 96,6% untuk pasar domestik dan 3,4% untuk ekspor.

"Kami sangat serius menggarap pasar internasional karena peluangnya sangat besar. Salah satu bukti keseriusan kami adalah pendirian kantor pemasaran di Mumbai, India, untuk meraih pasar di sana yang secara populasi akan menjadi yang terbesar di dunia," kata Cucup Ruhiyat.

Visi Tempe Azaki adalah menjadi produsen tempe terbesar di dunia. "Kami percaya bahwa suatu hari nanti Tempe Azaki akan menjadi The King of Tempe around the world," tambahnya. "Untuk itu, kami memohon doa dan dukungan dari semuanya agar Tempe Azaki dapat terus berkembang dan dikenal di berbagai negara, sehingga tempe yang merupakan warisan budaya Indonesia ini semakin dikenal dan diminati oleh masyarakat dunia."

"Tempe Azaki adalah bukti bahwa produk tradisional Indonesia bisa bersaing di pasar global. Dengan kualitas dan inovasi, kami optimis untuk terus memperluas jangkauan kami," ujar Cucup Ruhiyat.

Kunjungan ini tidak hanya menjadi ajang untuk bertukar pengetahuan dan pengalaman, tetapi juga untuk menjajaki peluang kerjasama yang lebih erat antara kedua belah pihak. Dengan fokus pada kualitas dan keamanan pangan, baik Tempe Azaki maupun delegasi Nebraska menunjukkan komitmen yang kuat untuk menyediakan produk makanan yang sehat dan aman bagi konsumen di seluruh dunia. (ADV)

Sumber: Siaran Pers

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi08 September 2024, 09:00 WIB

Loker Marketing Manager di Jakarta Timur, Syarat: Mahir Ms. Office

Loker Marketing Manager di Jakarta Timur. Rekrutmen Pegawai Tetap masih dibuka hingga 5 November 2024 mendatang.
Loker Marketing Manager di Jakarta Timur, Syarat: Mahir Ms. Office (Sumber : Istimewa)
Food & Travel08 September 2024, 07:00 WIB

Resep Sup Durian Keju Mozzarella, Hidangan Pencuci Mulut yang Lezat!

Sup Durian Keju Mozzarella adalah perpaduan unik antara manisnya durian dan kelezatan keju, menciptakan hidangan penutup yang creamy dan meleleh di mulut.
Ilustrasi - Taman durian Hauma Ni Opung atau Hauma Ni Opung Farm and Plantation merupakan destinasi wisata yang harus dikunjungi oleh para penggemar buah durian (Sumber : iStock)
Science08 September 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 8 September 2024, Sukabumi Pagi Cerah Berawan dan Siang Potensi Hujan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 8 September 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 8 September 2024. (Sumber : Freepik.com/@fanjianhua)
DPRD Kab. Sukabumi07 September 2024, 22:57 WIB

Sekretariat DPRD Sosialisasikan Peran Dewan Kepada Masyarakat di Sukabumi Expo 2024

Sekretariat DPRD menyuguhkan konsep yang berbeda pada pameran pembangunan di Sukabumi Expo tahun ini.
Stand Sekretariat DPRD Kabupaten Sukabumi di Sukabumi Expo 2024. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi07 September 2024, 22:21 WIB

Niat Jemput Istri, Cerita di Balik Kecelakaan Maut Warga Sukabumi Akibat Motor Tersangkut Kabel

Berikut cerita di balik kecelakaan maut yang menimpa ayah anak di Cicurug Sukabumi akibat motor tersangkut kabel di Jalan Raya Sukabumi-Bogor.
Kecelakaan maut di jalan raya Sukabumi-Bogor, seorang anak tewas terlindas truk usai motor yang ditumpanginya terjatuh akibat tersangkut kabel internet. (Sumber : Istimewa)
Kecantikan07 September 2024, 21:00 WIB

5 Manfaat Masker Mentimun untuk Mengurangi Kantung Mata

Masker mentimun efektif untuk mengurangi kantung mata karena sifatnya yang menghidrasi, menenangkan, dan mendinginkan.
Ilustrasi. Menggunakan masker. Efek pendingin alami mentimun juga dapat membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan di area sekitar mata. (Sumber : Freepik/freepik)
Keuangan07 September 2024, 20:58 WIB

Perumda BPR Hadir di Sukabumi Expo 2024, Tawarkan Beragam Produk Tabungan dan Kredit

Tawarkan Beragam Produk Tabungan dan Kredit, Stand BPR Sukabumi disambut antusias pengunjung Sukabumi Expo 2024.
Stand Perumda BPR Sukabumi di Sukabumi Expo 2024, Lapang Canghegar Palabuhanratu. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi07 September 2024, 20:34 WIB

Perahu Terbalik Dihantam Badai, Nelayan Sukabumi Selamatkan Diri dengan Berenang ke Tepian

Berikut kronologi perahu nelayan Sukabumi terbalik dihantam ombak dan angin kencang di perairan Tegalbuleud Sukabumi.
Kondisi perahu nelayan yang sempat terbaik dihantam badai di perairan Tegalbuleud Sukabumi dievakuasi usai mendarat di tepian. (Sumber Foto: Istimewa)
Life07 September 2024, 20:00 WIB

Sleep Training Hacks: 9 Cara Agar Anak Cepat Tidur di Malam Hari

Sleep Training Hacks: Ciptakan rutinitas yang menenangkan sebelum tidur. Aktivitas seperti membaca buku, mendengarkan cerita, mandi air hangat, atau bermain dengan mainan lembut bisa membuat anak rileks sebelum tidur.
Ilustrasi. Cara Agar Anak Cepat Tidur di Malam Hari, Parenting Hacks untuk Ayah Bunda! (Sumber : Freepik/pvproductions)
Sukabumi07 September 2024, 19:35 WIB

Kabel Menjuntai Picu Kecelakaan Maut di Sukabumi, Saksi sebut Akibat Tersangkut Truk Kontainer

Saksi ungkap penyebab kabel menjuntai di Jalan Raya Sukabumi-Bogor yang picu kecelakaan maut, anak tewas terlindas truk.
Polisi saat olah TKP kecelakaan maut di Jalan Raya Sukabumi-Bogor tepatnya di Cicurug Sukabumi. Serang anak tewas terlindas truk usai motor yang diboncengnya terjatuh akibat tersangkut kabel. (Sumber : Istimewa)