CPNS 2023 Akan Dibuka, Ini Formasi Lulusan SMA Tanpa Syarat Tinggai Badan

Kamis 23 Februari 2023, 11:00 WIB
CPNS 2023 Akan Dibuka, Ini Formasi Lulusan SMA Tanpa Syarat Tinggai Badan (Sumber : Dok. Kemenkumham)

CPNS 2023 Akan Dibuka, Ini Formasi Lulusan SMA Tanpa Syarat Tinggai Badan (Sumber : Dok. Kemenkumham)

SUKABUMIUPDATE.com - CPNS 2023 sudah dipastikan akan dibuka, bahkan Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Aparatur Kementerian PANRB, Alex Denni pada akhir Januari lalu mengatakan jika formasi lengkap akan diumumkan pada bulan April mendatang.

"Sudah ada kalender. Target kita April sudah ada mulai penetapan formasi (CPNS 2023). Jadi target kita lebih awal dari tahun lalu. Tahun lalu kan baru Oktober Q3, sekarang Q2 masuk formasi sudah ditetapkan, dan Q3 baru kita sudah mulai eksekusi,” terang Alex seperti mengutip dari infocpns.id.

Selain itu pada akhir Desember 2022 lalu Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Abdullah Azwar Anas mengungkapkan jika pemerintah memutuskan akan membuka rekrutmen CPNS dan PPPK 2023.

Baca Juga: Siapkan Dokumennya! Simak Syarat CPNS 2023 untuk Lulusan SMA dan S1

"Pemerintah sudah memutuskan untuk melakukan rekrutmen CPNS dan PPPK pada tahun 2023," ungkapnya, seperti dikutip dari laman MenPANRB Jumat, 20 Desember 2022.

Pada rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil kali ini, para lulusan SMA diprediksi akan kembali mendapatkan peluang yang sama di rekrutmen CPNS 2023 mendatang.

Ada banyak peluang menjadi ASN bagi lulusan SMA, salah satunya melalui sekolah kedinasan yang dibuka pemerintah.

Baca Juga: Formasi Lengkap CPNS 2023 Diumumkan Bulan April, Jangan Sampai Ketinggalan!

Namun, melansir dari Suara.com, seringkali formasi CPNS 2023 lulusan SMA mengharuskan pelamarnya memenuhi syarat tinggi badan tertentu. Hal ini seringkali menjadi kendala bagi para lulusan SMA.

Bagi Anda lulusan SMA yang memiliki tinggi badan tidak sesuai syarat tinggi badan masuk sekolah kedinasan, Anda tak perlu berkecil hati. 

Ada beberapa formasi CPNS 2023 lulusan SMA tanpa syarat tinggi badan yang diprediksi akan dibuka pada rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil mendatang.

Baca Juga: Rekrutmen CPNS 2023 Bakal Dibuka! Ini 10 Jurusan yang Berpeluang Besar Diterima

Formasi CPNS 2023 Lulusan SMA Tanpa Tinggi Badan

1. Badan SAR Nasional (Basarnas)

Bagi lulusan SMA yang berminat bergabung dengan Badan SAR Nasional, biasanya instansi ini membuka formasi CPNS 2023 untuk mengisi sebagai Rescuer atau penyelamat.

Persyaratan utama yang dibutuhkan untuk mengisi formasi ini adalah sertifikat selam atau sertifikat renang atau sertifikat pelatihan SAR.

Baca Juga: Seleksi Penerimaan CPNS 2023 Lulusan S1, Lengkapi Dokumen Persyaratannya

2. Kementerian Pertahanan (Kemenhan)

Kementerian Pertahanan biasanya juga membuka formasi CPNS lulusan SMA. Seperti pada CPNS 2021 lalu, formasi Unit Organisasi terbuka untuk dilamar oleh lulusan SMA.

Ada 1.456 formasi yang dibuka untuk mengisi Unit Organisasi Kementerian Pertahanan, Mabes TNI, TNI AD, TNI AU hingga TNI AL.

Baca Juga: CPNS 2023 Segera Dibuka, Simak 5 Situs dan Aplikasi Latihan CAT CPNS Gratis

3. Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham)

Kementerian Hukum dan HAM yang berada di bawah naungan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly menjadi salah satu instansi pemerintah yang langganan membuka formasi CPNS lulusan SMA.

Ada dua formasi CPNS yang biasanya diperuntukkan bagi lulusan SMA atau sederajat, yakni penjaga tahanan dan pemeriksa keimigrasian.

Baca Juga: Soal dan Pembahasan Tes Seleksi CPNS Persamaan Kata, Yuk Latihan!

4. Kejaksaan

Selain Kementerian Hukum dan HAM, Kejaksaan juga sering membuka peluang bagi lulusan SMA untuk mengisi formasi CPNS di Kejaksaan.

Merujuk pada formasi CPNS 2022 lalu, lulusan SMA akan diproyeksikan untuk mengisi posisi sebagai pengawal tahanan dan pengadministrasi penanganan perkara.

Syarat khusus yang dibutuhkan untuk kedua formasi tersebut adalah memiliki SIM A dan SIM C, sertifikat komputer dan sertifikat beladiri diutamakan.

Baca Juga: Contoh Soal dan Pembahasan SKD CPNS Terbaru, Yuk Latihan!

5. Kementerian Perhubungan (Kemenhub)

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang mengepalai Kementerian Perhubungan juga kerap membuka formasi CPNS lulusan SMA tanpa syarat tinggi badan. Pelamar hanya perlu mempersiapkan sertifikat bahasa Inggris atau komputer untuk nilai tambah.

Beberapa formasi CPNS yang selalu dibuka hampir di tiap tahun antara lain aviation security, Petugas Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran, teknisi sarana dan prasarana, serta teknisi peralatan listrik dan elektronika.

itulah beberapa formasi CPNS lulusan SMA tanpa syarat tinggi badan yang biasanya dibuka. Tunggu informasi terkini terkait daftar formasi CPNS 2023 selengkapnya.

Sumber: Suara.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi08 September 2024, 09:00 WIB

Loker Marketing Manager di Jakarta Timur, Syarat: Mahir Ms. Office

Loker Marketing Manager di Jakarta Timur. Rekrutmen Pegawai Tetap masih dibuka hingga 5 November 2024 mendatang.
Loker Marketing Manager di Jakarta Timur, Syarat: Mahir Ms. Office (Sumber : Istimewa)
Food & Travel08 September 2024, 07:00 WIB

Resep Sup Durian Keju Mozzarella, Hidangan Pencuci Mulut yang Lezat!

Sup Durian Keju Mozzarella adalah perpaduan unik antara manisnya durian dan kelezatan keju, menciptakan hidangan penutup yang creamy dan meleleh di mulut.
Ilustrasi - Taman durian Hauma Ni Opung atau Hauma Ni Opung Farm and Plantation merupakan destinasi wisata yang harus dikunjungi oleh para penggemar buah durian (Sumber : iStock)
Science08 September 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 8 September 2024, Sukabumi Pagi Cerah Berawan dan Siang Potensi Hujan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 8 September 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 8 September 2024. (Sumber : Freepik.com/@fanjianhua)
DPRD Kab. Sukabumi07 September 2024, 22:57 WIB

Sekretariat DPRD Sosialisasikan Peran Dewan Kepada Masyarakat di Sukabumi Expo 2024

Sekretariat DPRD menyuguhkan konsep yang berbeda pada pameran pembangunan di Sukabumi Expo tahun ini.
Stand Sekretariat DPRD Kabupaten Sukabumi di Sukabumi Expo 2024. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi07 September 2024, 22:21 WIB

Niat Jemput Istri, Cerita di Balik Kecelakaan Maut Warga Sukabumi Akibat Motor Tersangkut Kabel

Berikut cerita di balik kecelakaan maut yang menimpa ayah anak di Cicurug Sukabumi akibat motor tersangkut kabel di Jalan Raya Sukabumi-Bogor.
Kecelakaan maut di jalan raya Sukabumi-Bogor, seorang anak tewas terlindas truk usai motor yang ditumpanginya terjatuh akibat tersangkut kabel internet. (Sumber : Istimewa)
Kecantikan07 September 2024, 21:00 WIB

5 Manfaat Masker Mentimun untuk Mengurangi Kantung Mata

Masker mentimun efektif untuk mengurangi kantung mata karena sifatnya yang menghidrasi, menenangkan, dan mendinginkan.
Ilustrasi. Menggunakan masker. Efek pendingin alami mentimun juga dapat membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan di area sekitar mata. (Sumber : Freepik/freepik)
Keuangan07 September 2024, 20:58 WIB

Perumda BPR Hadir di Sukabumi Expo 2024, Tawarkan Beragam Produk Tabungan dan Kredit

Tawarkan Beragam Produk Tabungan dan Kredit, Stand BPR Sukabumi disambut antusias pengunjung Sukabumi Expo 2024.
Stand Perumda BPR Sukabumi di Sukabumi Expo 2024, Lapang Canghegar Palabuhanratu. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi07 September 2024, 20:34 WIB

Perahu Terbalik Dihantam Badai, Nelayan Sukabumi Selamatkan Diri dengan Berenang ke Tepian

Berikut kronologi perahu nelayan Sukabumi terbalik dihantam ombak dan angin kencang di perairan Tegalbuleud Sukabumi.
Kondisi perahu nelayan yang sempat terbaik dihantam badai di perairan Tegalbuleud Sukabumi dievakuasi usai mendarat di tepian. (Sumber Foto: Istimewa)
Life07 September 2024, 20:00 WIB

Sleep Training Hacks: 9 Cara Agar Anak Cepat Tidur di Malam Hari

Sleep Training Hacks: Ciptakan rutinitas yang menenangkan sebelum tidur. Aktivitas seperti membaca buku, mendengarkan cerita, mandi air hangat, atau bermain dengan mainan lembut bisa membuat anak rileks sebelum tidur.
Ilustrasi. Cara Agar Anak Cepat Tidur di Malam Hari, Parenting Hacks untuk Ayah Bunda! (Sumber : Freepik/pvproductions)
Sukabumi07 September 2024, 19:35 WIB

Kabel Menjuntai Picu Kecelakaan Maut di Sukabumi, Saksi sebut Akibat Tersangkut Truk Kontainer

Saksi ungkap penyebab kabel menjuntai di Jalan Raya Sukabumi-Bogor yang picu kecelakaan maut, anak tewas terlindas truk.
Polisi saat olah TKP kecelakaan maut di Jalan Raya Sukabumi-Bogor tepatnya di Cicurug Sukabumi. Serang anak tewas terlindas truk usai motor yang diboncengnya terjatuh akibat tersangkut kabel. (Sumber : Istimewa)