Perbedaan CV Kreatif dan ATS Friendly, Jobseeker Sebaiknya Pakai Yang Mana?

Jumat 20 Januari 2023, 10:45 WIB
Ilustrasi. Perbedaan CV Kreatif dan ATS Friendly, Jobseeker Sebaiknya Pakai Yang Mana? (Sumber : Freepik)

Ilustrasi. Perbedaan CV Kreatif dan ATS Friendly, Jobseeker Sebaiknya Pakai Yang Mana? (Sumber : Freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Curriculum Vitae atau Daftar Riwayat Hidup tak pernah absen menjadi syarat lamaran kerja.

Jobseeker terkadang kebingungan jenis CV seperti apa yang dibutuhkan oleh para perusahaan guna bersaing dengan kandidat lain dalam tahap seleksi berkas administrasi.

Saat ini, ada dua jenis Curriculum Vitae yang umum digunakan yakni CV Kreatif dan CV Applicant Tracking System atau CV ATS Friendly.

Lantas apa perbedaan antara CV Kreatif dan CV ATS Friendly?

Melansir dari cxomedia.id, berikut sederet Perbedaan Antara CV Kreatif dan CV ATS Friendly!

Baca Juga: Selalu Gagal Saat Melamar Pekerjaan? Simak 5 Poin CV yang Wajib Kamu Ketahui

1. Template dan Desain Curriculum Vitae (CV)

Penggunaan Template dan Desain Curriculum Vitae (CV) kreatif cenderung bebas. Artinya CV Maker atau jobseeker yang membuat CV bebas warna, gambar hingga tata letak tulisan yang digunakan.

Sesuai namanya, CV Kreatif. Kreativitas dituntut dalam pembuatan CV jenis ini, sehingga semakin menarik desainnya, semakin besar peluang CV tersebut dilirik oleh recruiter atau HRD.

Sementara untuk CV ATS Friendly, desain biasanya lebih sederhana dengan warna dasar hitam putih serta dibuat tanpa grafis atau gambar.

Hal ini dikarenakan CV ATS Friendly bertujuan hanya menunjukkan ragam kualitas diri untuk menarik perekrut.

2. Jenis Font Curriculum Vitae (CV)

CV kreatif selalu mengedepankan unsur kreativitas, sehingga jobseeker bebas memilih font yang paling sesuai dengan jenis desain.

Berbeda dengan CV ATS, jenis-jenis font justru harus yang mudah terbaca oleh sistem komputer. Rekomendasi Font untuk CV ATS Friendly diantaranya Arial, Times New Roman, dan Helvetica.

Baca Juga: Daftar Poin Perppu Cipta Kerja yang Disorot: Dari Outsourcing, PKWT hingga Upah

3. Penggunaan Keywords dalam Curriculum Vitae (CV)

Relevansi penggunaan keywords dengan posisi yang dilamar tentunya sama-sama penting baik dalam CV kreatif maupun CV ATS Friendly.

Akan tetapi, karena CV ATS Friendly menggunakan sistem komputer untuk membaca informasi, maka penggunaan keywords cenderung lebih diutamakan.

Sehingga sebaiknya pada CV ATS Friendly gunakanlah kata kunci sebanyak mungkin sesuai dengan persyaratan dan kualifikasi yang dicari oleh perusahaan.

Contohnya posisi yang dilamar adalah Staff Administrasi maka usahakan cantumkan kata yang berkaitan dengan kualifikasi Staff Administrasi, seperti kemampuan manajemen, skill software tertentu dan hal lain yang dicantumkan dalam persyaratan perusahaan.

Baca Juga: Berniat Melamar Pekerjaan? Simak Waktu yang Tepat Kirim CV, Langsung Dipanggil Interview

Lantas, Jobseeker Sebaiknya Pakai CV kreatif atau CV ATS Friendly?

Jawabannya adalah penggunaan CV kreatif dan CV ATS Friendly wajib disesuaikan dengan jenis perusahaan yang dilamar oleh Jobseeker.

Jika jobseeker melamar melalui website perusahaan dan job portal (contoh: LinkedIn) maka jenis CV yang direkomendasikan adalah CV Applicant Tracking System atau CV ATS Friendly.

Kemudian perusahaan besar lain seperti Perusahaan Swasta, BUMN, korporasi multinasional, atau instansi pemerintahan lain juga sebaiknya menggunakan CV ATS Friendly.

Sementara itu, CV Kreatif menjadi alternatif ketika jobseeker mengirim lamaran langsung kepada recruiter seperti dikirim berkas fisik atau Walk In Interview.

CV Kreatif sangat direkomendasikan terutama saat jobseeker melamar untuk posisi yang berkaitan dengan bidang kreatif seperti Digital Marketing, Creative Officer dan Video Editor.

Sumber : cxomedia.id

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 20:29 WIB

Pelaku UMKM dan Pengusaha Jasa Konstruksi Sukabumi Dukung Iyos Somantri di Pilkada

Puluhan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) serta pengusaha jasa di Kabupaten Sukabumi menyatakan dukungannya kepada Iyos Somantri sebagai bakal calon Bupati Sukabumi.
Pengusaha dukung Iyos Somantri di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 | Foto : Istimewa
Film06 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Rekomendasi Anime Sci-Fi yang Seru dan Layak Ditonton Kembali

Anime Sci-Fi, atau singkatan dari Science Fiction, adalah genre anime yang mengangkat cerita-cerita fiksi ilmiah dengan berbagai macam tema dan subgenre.
Gintama -  Anime Sci-Fi, atau singkatan dari Science Fiction, adalah genre anime yang mengangkat cerita-cerita fiksi ilmiah dengan berbagai macam tema dan subgenre. (Sumber : crunchyroll.com).
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 19:26 WIB

Muraz-Andri Deklarasi Awal Agustus 2024, Koalisi Demokrat Golkar di Pilkada Kota Sukabumi

Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami, dikabarkan akan mengadakan deklarasi pasangan calon pada awal Agustus 2024
Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami | Foto : Istimewa
Entertainment06 Juli 2024, 19:00 WIB

Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli

Memasuki bulan Juli tentu saja disambut dengan sederet konser dan fanmeeting dari Idol Kpop maupun aktor atau aktris ternama dari Korea Selatan. Promotor Indonesia telah mengumumkan siapa saja yang akan datang kemari di bulan ini
Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli (Sumber : Instagram@/bohyunahn, @/d.o.hkyungsoo,@/xodiacofficial)
Sukabumi06 Juli 2024, 18:19 WIB

Goa Gelam Cidolog Sukabumi, Wisata Alam Bebatuan Unik yang Sarat Cerita

Goa Gelam, terletak di Kampung Cimapag, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi, menawarkan keindahan dan keunikan bebatuan alam yang tak biasa
Goa Gelam, terletak di Kampung Karangbentang, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life06 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Akhir dan Awal Tahun Baru Islam 1446 H, Jangan Lupa Baca!

Doa akhir dan awal tahun baru Islam ini dapat diamalkan dengan tujuan memohon rahmat, perlindungan dan ampunan dari Allah SWT.
Doa akhir dan awal tahun baru Islam ini dapat diamalkan dengan tujuan memohon rahmat, perlindungan dan ampunan dari Allah SWT. | Foto : Pixabay
Musik06 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Terjemahan Lagu La La La Thats How It Goes Honne, Viral Jadi Backsound

Lagu La La La Thats How It Goes viral di TikTok terutama potongan lirik "La la la, la la la la la, Ooh, ooh, That's how it goes" yang dijadikan backsound video di aplikasi media sosial Instagram.
Ilustrasi. Gitar | Chord Gitar Before You Go Lewis Capaldi, Cover Lagu Galau Malam Minggu (Sumber : pixabay.com/@pvproductions)
Sukabumi06 Juli 2024, 16:09 WIB

Ojek di Parungkuda Sukabumi Ditipu, Anak Korban: Motor Itu Modal Nafkah Keluarga

Motor bebek supra x yang menjadi satu-satunya alat mencari nafkah keluarga hilang, ditipu oleh pelaku curanmor modus minta tolong.
Ilustrasi, Motor milik ojek di Parungkuda Sukabumi hilang ditipu pelaku curanmor (Sumber: istimewa)
Life06 Juli 2024, 16:00 WIB

12 Tips Menghangatkan Hubungan Bersama Pasangan yang Sudah Menikah Belasan Tahun

Luangkan waktu untuk berbicara secara terbuka dan jujur satu sama lain untuk meraih kebahagiaan bersama pasangan.
Ilustrasi. Tips Menghangatkan Hubungan Bersama Pasangan yang Sudah Menikah Belasan Tahun (Sumber : Pexels/JCarter)
Food & Travel06 Juli 2024, 15:22 WIB

Sisi Gelap Wisata di Geopark Ciletuh Sukabumi yang Katanya Tercipta Saat Tuhan Tersenyum

Geopark Ciletuh, sering digambarkan sebagai salah satu mahakarya alam Sukabumi yang "tercipta saat Tuhan tersenyum,".
Sisi gelap obyek wisata di kawasan geopark ciletuh Sukabumi | Foto : Istimewa