Apakah Kacamata Anti Radiasi Benar Memblokir Cahaya Biru? Ini Kata Ahli!

Selasa 27 Agustus 2024, 13:00 WIB
Ilustrasi. Lensa kacamata. Apakah Kacamata Anti Radiasi Benar Memblokir Cahaya Biru? Ini Kata Ahli! (Sumber : Pexels/AnnaShvets)

Ilustrasi. Lensa kacamata. Apakah Kacamata Anti Radiasi Benar Memblokir Cahaya Biru? Ini Kata Ahli! (Sumber : Pexels/AnnaShvets)

SUKABUMIUPDATE.com - Kacamata anti radiasi adalah jenis kacamata yang dirancang khusus untuk melindungi mata dari radiasi atau cahaya berbahaya, terutama dari perangkat elektronik seperti komputer, smartphone, tablet, dan televisi.

Kacamata anti radiasi biasanya dilengkapi dengan lensa khusus yang memiliki lapisan atau filter anti-radiasi, yang berfungsi untuk menyaring cahaya biru (blue light) dan radiasi ultraviolet (UV) yang bisa menyebabkan ketegangan mata dan masalah penglihatan lainnya jika terpapar dalam jangka waktu lama.

Namun, apakah kacamata anti radiasi benar memblokir cahaya biru? Simak penjelasannya berikut ini sebagaimana dilansir dari University Hospital!

Baca Juga: Heboh Megathrust, Riset Ungkap 2 Wilayah di Palabuhanratu Ini Tidak Terdampak Tsunami

Kacamata dan lensa kontak pemblokir cahaya biru banyak dibicarakan sebagai solusi untuk mengatasi ketegangan mata akibat teknologi digital dan juga untuk mengurangi gangguan tidur. Sebab, cahaya biru dapat mengganggu melatonin, hormon yang mengatur tidur, menghalangi cahaya biru yang dipancarkan oleh layar digital dapat membantu Anda tidur lebih baik.

Meski begitu, hingga artikel ini ditayangkan belum ada hasil yang pasti mengenai apakah lensa penyaring efektif dalam mengurangi ketegangan mata akibat penggunaan perangkat digital. Hal itu diungkap oleh Direktur Layanan Optometri di University Hospitals, Thomas Stokkermans, OD.

Kelelahan Mata Akibat Penggunaan Perangkat Digital

“Meskipun sebelumnya ketegangan mata digital (DES) sudah menjadi masalah, kondisi ini menjadi lebih buruk sejak pandemi,” kata Dr. Stokkermans, dikutip dari University Hospital, Selasa (27/8/2024).

“Sebuah studi menunjukkan bahwa rata-rata waktu yang dihabiskan orang di perangkat digital meningkat selama pandemi dengan rata-rata 1 jam sehari, meningkat menjadi 17,5 jam sehari bagi pengguna berat dan menjadi 4,3 jam sehari bagi pengguna non-berat.”

Baca Juga: Lewat Tol Bogor Ciawi Sukabumi, Cek 6 Destinasi Wisata Sekitar Bocimi Ini!

Gejala kelelahan mata akibat perangkat digital meliputi penglihatan kabur, mata kering, kepekaan terhadap cahaya, sakit kepala, mata gatal, nyeri leher dan bahu, atau kesulitan berkonsentrasi.

Beberapa hal terjadi pada mata saat menggunakan perangkat digital, kata Dr. Stokkermans. Salah satunya adalah mata menjadi lebih jarang berkedip, sehingga bisa menyebabkan mata kering.

“Satu penelitian menunjukkan bahwa frekuensi kedipan mata menurun tiga kali lipat, dari rata-rata 22 kedipan per menit menjadi 7,6 kedipan per menit saat melihat layar,” ungkapnya.

Pengguna perangkat digital juga mungkin mengalami ketegangan dan kelelahan mata karena otot pemfokus (otot siliaris) di mata harus bekerja ekstra untuk fokus pada objek yang dekat, katanya.

Masalah penglihatan ini menjadi lebih buruk di usia 40-an, yang merupakan usia di mana banyak orang mulai membutuhkan kacamata baca atau kacamata bifokal.

Baca Juga: Kampung Wisata Hanya 25 Menit Lewat Tol Bocimi, Ada Curug hingga Tracking!

Kelelahan Mata

Uji critical flicker fusion frequency (CFF) mendeteksi seberapa cepat cahaya harus berkedip agar kita berhenti menyadari bahwa cahaya itu berkedip dan tampak solid.

Saat mata mengalami kelelahan, CFF turun dan cahaya yang berkedip lebih lambat masih terlihat solid.

“CFF digunakan untuk menguji bagaimana berbagai jenis kacamata dapat mengurangi ketegangan mata,” kata Dr. Stokkermans.

“Dengan menggunakan CFF, terbukti bahwa kacamata pemblokir biru membantu mengurangi kelelahan dan ketegangan mata, dan semakin banyak pemblokir biru yang ada di kacamata, semakin besar manfaatnya.”

Namun, hasil penelitian tentang kelelahan mata ini beragam. Penelitian dari State University of New York menemukan bahwa lensa pemblokir cahaya biru baik sebagian maupun penuh tidak memberikan efek menguntungkan pada ketegangan mata setelah membaca di perangkat digital selama 30 menit.

“Peneliti ini berteori bahwa ketegangan mata akibat fokus pada objek yang dekat dan mengaktifkan otot pemfokus dalam jangka waktu lama adalah penyebab sebenarnya, bukan cahaya biru,” kata Dr. Stokkermans.

Tips untuk Mencegah Kelelahan Mata

  • Gunakan air mata buatan untuk mencegah mata kering.
  • Ikuti aturan “20-20-20”: Beristirahatlah selama 20 detik setiap 20 menit dengan melihat sejauh 20 kaki. Cara kerja ini membantu memfokuskan kembali mata dan dapat meningkatkan frekuensi kedipan untuk sementara.
  • Pastikan posisi tubuh optimal saat menggunakan komputer. Layar harus berjarak 20-28 inci dari mata dan bagian atas layar harus sedikit di bawah level horizontal mata, kata American Optometric Association.
  • Periksakan mata secara teratur.
  • Pilih jenis kacamata yang tepat, meliputi kacamata bifokal dengan garis
  • Lensa tambahan progresif (juga dikenal sebagai lensa progresif), lensa kantor dan kacamata baca.

Dr. Stokkermans mengatakan bahwa lensa kantor dirancang untuk penggunaan perangkat digital dan menyediakan area yang jauh lebih luas untuk membaca layar dengan jelas daripada lensa bifokal atau progresif.

“Menggunakan resep yang tepat pada kacamata Anda, termasuk jenis kacamata yang tepat, mungkin lebih penting daripada apakah Anda menggunakan lensa pemblokir biru atau tidak.”

Baca Juga: 12 Kebiasaan Sepele yang Membuat Orang Lain Merendahkan Kita

Cahaya Biru Sebelum Tidur

Karena cahaya biru dari layar digital dapat mengganggu melatonin, sebaiknya hentikan penggunaan perangkat digital setidaknya dua jam sebelum tidur. Namun, kebanyakan orang tidak menghentikan penggunaan perangkat digital sebelum tidur.

Maka dari itu, kacamata anti radiasi pemblokir cahaya biru dapat memberikan manfaat dalam situasi tersebut.

"Satu penelitian menunjukkan bahwa kacamata pemblokir cahaya biru, jika dipakai dua jam sebelum tidur, membantu meningkatkan kualitas tidur dan kinerja yang lebih baik di tempat kerja pada hari berikutnya," kata Dr. Stokkermans.

Sumber: uhhospitals.org

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life18 September 2024, 12:09 WIB

Jati Diri Sunda, 3 Makna Si Cepot Wayang Golek Menurut Millenial Gen Z

Si Cepot tak hanya merupakan bagian dari kesenian wayang golek melainkan juga sebagai jati diri orang Sunda sekaligus sejarah budaya.
Ilustrasi. Astrajingga atau Si Cepot adalah anak tertua Semar yang identik dengan Ki lurah Bagong. Foto: Instagram/@saung_padmanegara
Bola18 September 2024, 12:00 WIB

Final Sepakbola Putra PON 2024: Jawa Barat vs Jawa Timur, Klik Disini untuk Link Streamingnya!

Sepakbola PON putra 2024 akan mempertemukan Jawa Barat dan Jawa Timur di Final.
Sepakbola PON putra 2024 akan mempertemukan Jawa Barat dan Jawa Timur di Final. | (Sumber : Instagram/@pssi.jabar/@pssijatim).
Sukabumi Memilih18 September 2024, 11:43 WIB

ASN Sukabumi Hati-hati! Bakal Diberhentikan Sementara Jika Tak Netral di Pilkada 2024

Netralitas ini harus dijaga dari mulai proses kampanye.
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji (kiri) dan Pj Sekda Kota Sukabumi Hasan Asari (kanan) di Ecovention Ancol Jakarta, Selasa, 17 September 2024. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Jawa Barat18 September 2024, 11:27 WIB

Geliat Sesar Garsela, BMKG Ungkap Pemicu Gempa Darat Dangkal M5.0 di Bandung

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG mengungkap pemicu gempa dangkal berkekuatan M5.0 yang mengguncang Bandung dan sekitarnya, Rabu pagi (18/9/2024) pukul 09.41 WIB.
Parameter gempa darat M5.0 di Bandung (18/9/2024) (Sumber: dok BMKG)
Sukabumi Memilih18 September 2024, 10:53 WIB

Bawaslu Ingatkan Hukuman Pidana Jika Calon Kepala Daerah Libatkan ASN dan Kades

Anggota Bawaslu RI Puadi mengingatkan ada ancaman pidana bagi yang melanggar.
(Foto Ilustrasi) Bawaslu RI mengimbau calon kepala daerah tidak melibatkan ASN dan Kades selama Pilkada 2024. | Foto: Menpan.go.id
Sukabumi18 September 2024, 10:43 WIB

Terapung di Laut, Jenazah Pelajar yang Terseret Ombak Pantai Cipatuguran Sukabumi

Suryo menjelaskan penemuan korban bermula dari laporan nelayan.
Proses evakuasi jenazah Lang Lang Buana (17 tahun) dari perairan Pantai Cipatuguran, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Rabu (18/9/2024). | Foto: Istimewa
Jawa Barat18 September 2024, 10:37 WIB

Gempa Darat M5.0 Guncang Bandung: Kedalaman 10 KM, Cek Episentrumnya

BMKG mencatat, gempa ini berlokasi di darat 24 KM tenggara Kabupaten Bandung Jawa Barat, dengan kekuatan M5.0 dan kedalaman 10 KM
BMKG mencatat, gempa ini berlokasi di darat 24 KM tenggara Kabupaten Bandung Jawa Barat, dengan kekuatan M5.0 dan kedalaman 10 KM. (Sumber: bmkg - google maps)
Life18 September 2024, 10:28 WIB

5 Fakta Saki Tamogami, Wanita Jepang yang Hidup Hemat Ekstrem Demi Beli Rumah 7M

Wanita Jepang Hidup Hemat Ekstrem untuk Beli Rumah 7M, Saki Tamogami memiliki motto hidup anti beli barang tidak obral alias pecinta diskon.
Saki Tamogami, Wanita Jepang yang Hidup Hemat Ekstrem Demi Beli Rumah 7M (Sumber : Istimewa)
Sukabumi18 September 2024, 10:14 WIB

Pengerjaan Pelat Beton di Pabuaran Sukabumi Disorot Warga, UPTD PU Jelaskan Begini

Pengerjaan pelat beton untuk menutup saluran air ini dilaksanakan pihak ketiga.
Pelat beton di jalan kabupaten ruas Ancaen-Bojonghaur, tepatnya di Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life18 September 2024, 10:00 WIB

6 Cara Menjodohkan Teman Agar Bisa Jadi Sepasang Kekasih

Menjodohkan teman agar bisa menjadi sepasang kekasih membutuhkan strategi yang hati-hati, agar tidak menimbulkan rasa canggung atau tekanan di antara mereka.
Ilustrasi. Menjalin hubungan asmara antara dua orang teman membutuhkan pendekatan yang cermat agar tidak menimbulkan tekanan psikologis. (Sumber : pixabay.com)