Mengenal Paras Nusantara MNI: AI Bandingkan Wajah dengan 78 Lukisan Tahun 1935

Senin 28 Oktober 2024, 10:30 WIB
Fitur Mengenal Paras Nusantara di Museum Nasional Indonesia, Jakarta. Foto: IG/@museumnasionalindonesia

Fitur Mengenal Paras Nusantara di Museum Nasional Indonesia, Jakarta. Foto: IG/@museumnasionalindonesia

SUKABUMIUPDATE.com - Fitur Mengenal Paras Nusantara di Museum Nasional Indonesia adalah salah satu program interaktif yang menarik minat pengunjung.

Fitur Mengenal Paras Nusantara di Museum Nasional Indonesia, Jakarta. Foto: IG/@museumnasionalindonesiaFitur Mengenal Paras Nusantara di Museum Nasional Indonesia, Jakarta. Foto: IG/@museumnasionalindonesia

Museum Nasional Indonesia atau MNI, atau dikenal sebagai Museum Gajah, adalah salah satu museum terbesar di Asia Tenggara yang terletak di Jalan Medan Merdeka Barat No. 12, Jakarta.

Dilihat di Instagram/@museumnasionalindonesia, Fitur Mengenal Paras Nusantara tak pernah sepi pengunjung. Banyak wisatawan yang datang dan rela antri untuk mencoba fitur MNI satu ini.

Baca Juga: Emma Poeradiredja, Perempuan Sunda Pertama yang Jadi Dewan Kota Bandung

Bagaimana Cara Kerja Fitur Mengenal Paras Nusantara di Museum Nasional Indonesia? Berikut ulasannya!

Cara Kerja Fitur Mengenal Paras Nusantara di MNI

Fitur Mengenal Paras Nusantara di Museum Nasional Indonesia, Jakarta. Foto: IG/@museumnasionalindonesiaFitur Mengenal Paras Nusantara di Museum Nasional Indonesia, Jakarta. Foto: IG/@museumnasionalindonesia

Pemindaian Wajah

  • Pengunjung MNI akan memindai wajah dengan menggunakan kamera kecil.

Menggunakan AI

  • Fitur Mengenal Paras Nusantara menggunakan teknologi AI atau Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan) untuk membandingkan wajah pengunjung dengan 78 lukisan karya Raden Pirngadie tahun 1935, seperti merujuk Media Indonesia.

Hasil Pencocokan

Setelah pemindaian wajah, Fitur Mengenal Paras Nusantara akan menampilkan kemiripan antara wajah pengunjung dengan salah satu lukisan, serta memberikan deskripsi mengenai asal-usul, ras, dan suku berdasarkan kemiripan tersebut.

Tak hanya itu, pengunjung akan mendapatkan deskripsi tentang kemiripan mereka dengan suku tertentu di Indonesia. Misalnya, wajah pengunjung A mirip dengan wajah Suku Sunda.

Baca Juga: HTM Mulai Rp15 Ribu, Museum Nasional Indonesia di Jakarta Kembali Dibuka!

Apakah Hasil Foto Fitur Mengenal Paras Nusantara di MNI Bisa Diunduh?

Jangan khawatir, pengunjung bisa mengunduh foto yang dipindai dengan lukisan yang dianggap cocok.

Petugas di museum juga menawarkan pencetakan hasil fotonya dengan kode batang (barcode) yang dapat diakses melalui ponsel. Tapi ada biaya cetak foto yang harus di bayar pengunjung. Namun, khusus di bulan Oktober, harga cetak foto hanya Rp10 Ribu saja, sementara setelah masa promo harga kembali normal sekitar Rp20 Ribu.

Tujuan Fitur Mengenal Paras Nusantara di Museum Gajah

Fitur Mengenal Paras Nusantara dirancang untuk menunjukkan bahwa setiap orang memiliki kemiripan dengan ciri khas wajah salah satu suku di Indonesia, menegaskan semangat Bhinneka Tunggal Ika.

Baca Juga: Sejarah Volksraad, DPR Versi Hindia Belanda yang Lahir di Batavia

Sebagai informasi, Museum Nasional Indonesia atau Museum Gajah di Jakarta ini buka mulai hari Selasa hingga Kamis pukul 08.00-16.00 WIB, dan Jumat hingga Minggu pukul 08.00-20.00 WIB.

Harga Tiket Masuk atau HTM Museum Nasional Indonesia berbeda untuk setiap kategori. HTM MNI anak-anak (3-12 tahun) hanya sekitar Rp 15.000, Dewasa Rp 25.000, dan untuk Wisatawan Asing Rp 50.000.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Science29 Oktober 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 29 Oktober 2024, Sukabumi Potensi Hujan di Siang dan Malam Hari

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan hujan ringan pada 29 Oktober 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan hujan ringan pada 29 Oktober 2024. (Sumber : Pixabay.com/@_Alicja_)
Sukabumi28 Oktober 2024, 23:34 WIB

Hujan Angin Terjang Sukabumi Utara, Pohon Tumbang Hambat Akses Jalan di Cidahu

Hujan deras disertai angin kencang melanda wilayah Sukabumi Utara pada Senin (28/10/2024) sore, menyebabkan sebuah pohon besar tumbang dan patah di Kampung Babakanjampang, RT 6/9, Desa Jayabakti, Kecamatan Cidahu
Pohon tumbang di Cidahu Sukabumi | Foto : Istimewa
Sukabumi Memilih28 Oktober 2024, 23:00 WIB

Iyos dan Asjap Sepaham Soal Solusi Rutilahu, Dibebankan ke Orang Kaya Sukabumi

Dalam debat perdana Pilkada Kabupaten Sukabumi yang berlangsung di Auditorium Universitas Nusa Putra, dua pasangan calon, Iyos Somantri - Zainul dan Asep Japar - Andreas, sepakat untuk mengatasi masalah rumah tidak layak huni
2 Calon Bupati yang bersaing di Pikada Kabupaten Sukabumi, Iyos Somantri (kiri), Asep Japar (kanan) | Foto : Colase Sukabumiupdate
DPRD Kab. Sukabumi28 Oktober 2024, 22:10 WIB

HSP ke-96, Ketua DPRD Sukabumi Ajak Pemuda Berperan Aktif dalam Pembangunan

Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Budi Azhar Mutawali, menjadi inspektur upacara dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-96 yang digelar di Alun-Alun Palabuhanratu, Senin, (28/10/2024).
Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Budi Azhar Mutawali saat menjadi inspektur ucapara pada Hari Sumpah Pemuda ke-96 di Palabuhanratu | Foto : Istimewa
Sukabumi28 Oktober 2024, 21:58 WIB

Kantongi Identitas Pelaku, Polisi Kejar Penyerang Komunitas Vespa di Kota Sukabumi

Kepolisian Polres Sukabumi Kota mengaku telah mengantongi identitas para pelaku penyerangan komunitas vespa yang terjadi di Jalan A Yani Kota Sukabumi pada Minggu (27/10/2024) sekira pukul 01:00 WIB.
Petugas Kepolisian saat melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) di Jalan A Yani Kota Sukabumi | Foto : Dok Polisi
Bola28 Oktober 2024, 21:30 WIB

Hasil Persik Vs Persib: Maung Bandung Menang 2-0

Dua gol Persib Bandung dicetak melalui bunuh diri Dede Sapari menit 49 dan tendangan keras Tyronne Del Pino menit 79.
Gelandang Persib Tyrone Del Pino menendang bola ke arah gawang Persik pada pertandingan pekan kesembilan Liga 1 2024/25 di Stadion Brawijaya Kediri, Senin, 28 Oktober 2024. (Sumber : PERSIB.co.id)
Jawa Barat28 Oktober 2024, 21:08 WIB

Gempa Terkini M3,8 Guncang Pangandaran, Berpusat di Laut

BMKG melaporkan gempa tektonik mengguncang Pangandaran, Jawa Barat pada Senin, (28/10/2024) pukul 20:29:22 WIB.
Episenter gempa M3,8 di laut Pangandaran Jawa Barat, Senin, (28/10/2024) pukul 20:29:22 WIB. (Sumber : BMKG)
Sukabumi Memilih28 Oktober 2024, 21:04 WIB

Asep Japar Ajak Pendukung AA Bersikap Santun, Demi Kemenangan Pilbup Sukabumi

Calon Bupati Sukabumi, Asep Japar, mengingatkan para pendukungnya untuk menjalankan kampanye yang santun dan tidak merugikan orang lain. Pesan ini disampaikan dalam kata penutupnya pada debat Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024
Asep Japar - Andreas, pasangan calon bupati - wakil bupati Sukabumi | Foto : Sukabumiupdate
Life28 Oktober 2024, 21:00 WIB

5 Ciri-ciri Anak yang Akan Tumbuh Menjadi Pribadi Introvert

Anak yang cenderung tumbuh menjadi pribadi introvert umumnya menunjukkan beberapa ciri khas sejak dini.
Ilustrasi - Anak yang cenderung tumbuh menjadi pribadi introvert umumnya menunjukkan beberapa ciri khas sejak dini. (Sumber : Unsplash.com/@Sebastian Pandelache)
Film28 Oktober 2024, 20:00 WIB

Ada Kang Nae On dan Kim Woo Seok, Sinopsis Drama Korea Social Savvy Class 101

Social Savvy Class 101 adalah drama korea web terbaru dengan mengusung tema romantis anak SMA yang akan tayang pada Minggu, 10 November 2024 mendatang.
Ada Kang Nae On dan Kim Woo Seok, Sinopsis Drama Korea Social Savvy Class 101 (Sumber : X/@kdrama_menfess)