Situ Lengkong Panjalu Ciamis, Kisah Air Zamzam yang Berubah Menjadi Danau

Jumat 25 Oktober 2024, 19:00 WIB
Situ Lengkong Panjalu adalah sebuah danau indah yang terletak di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. (Sumber : Instagram/@kancrakayaking).

Situ Lengkong Panjalu adalah sebuah danau indah yang terletak di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. (Sumber : Instagram/@kancrakayaking).

SUKABUMIUPDATE.com - Kabupaten Ciamis memiliki banyak daya tarik wisata alam, salah satunya adalah Situ Lengkong Panjalu. Danau seluas 57,95 hektar ini menjadi favorit karena menawarkan berbagai keunggulan, seperti wisata air, hutan lindung, dan bangunan bersejarah.

Berdasarkan sejarah, Situ Lengkong merupakan hasil buatan leluhur dari masa Kerajaan Hindu Panjalu. Pada abad ke-7, seorang raja Panjalu ingin agar putra mahkotanya memiliki ilmu yang sempurna. 

Maka putra mahkota bernama Borosngora memulai perjalanannya, yang membawanya hingga ke Tanah Suci Mekah. Di sana, ia mendalami agama Islam dan mengucapkan dua kalimat syahadat.

Setelah cukup lama di Mekah, Borosngora kembali ke Panjalu membawa air zamzam, pakaian kesultanan, dan pedang sebagai perlengkapan. Setelah menjadi raja, ia mengubah agama Kerajaan Panjalu dari Hindu menjadi Islam, diikuti oleh seluruh rakyatnya. 

Konon, air zamzam yang dibawanya ditumpahkan ke lembah hingga membentuk danau yang kini dikenal sebagai Situ Lengkong.

Terlepas dari kisah legenda tersebut, Situ Lengkong telah lama memberi banyak manfaat bagi masyarakat sekitar. Di masa lalu, danau ini digunakan untuk irigasi sawah dan mencari ikan sebagai sumber makanan.

Pulau Nusa Gede. | Dinas Pariwisata Kabupaten CiamisPulau Nusa Gede. | Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis.

Situ Lengkong tetap menjadi tempat wisata populer hingga kini, bahkan sejak masa pemerintahan Hindia Belanda. 

Selain wisata alam, Situ Lengkong juga menjadi destinasi religi bagi pengunjung yang ingin berziarah ke Makam Prabu Hariang Kancana, Raja Panjalu, yang terletak di pulau tengah danau bernama Nusa Gede.

Makam Prabu Hariang Kencana yang terletak di tengah pulau kecil, menjadi daya tarik utama bagi peziarah dari berbagai daerah di Indonesia yang datang untuk berziarah.

Selain nilai religiusnya, keindahan alam Situ Lengkong juga memikat hati para wisatawan. Banyak yang menjadikan danau ini sebagai tempat untuk relaksasi dan menikmati keindahan alam yang masih asri.

Situ Lengkong dikelilingi pepohonan hijau yang rimbun dan hutan alam yang asri, menciptakan suasana sejuk dan tenang. Air di danau ini cukup jernih, memberikan pemandangan alam yang indah dan cocok untuk bersantai atau sekadar melepas penat.

Disini, pengunjung juga bisa menikmati wisata air dengan menyewa perahu kecil untuk berkeliling danau. Aktivitas ini memungkinkan wisatawan menikmati keindahan danau dari berbagai sudut dan menyaksikan keindahan alam sekitar lebih dekat.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi25 Oktober 2024, 20:49 WIB

Heboh Babi Hutan Masuk Permukiman Bikin Panik Warga Citepus Sukabumi

Peristiwa babi hutan masuk permukiman di Kampung Citepus Kebon Kalapa Palabuhanratu Sukabumi ini bikin panik warga.
Momen seekor babi hutan tersudut di dalam gang buntu di Citepus Palabuhanratu Sukabumi usai dikejar warga. (Sumber : Tangkapan layar video/Istimewa)
Film25 Oktober 2024, 20:00 WIB

Diangkat dari Cerita Viral di X, Sinopsis dan Daftar Pemain Film Perewangan

Satu lagi film horor terbaru yang akan memenuhi layar lebar Tanah Air, yakni Perewangan yang telah tayang di seluruh bioskop Indonesia pada Kamis, 24 Oktober 2024.
Diangkat dari Cerita Viral di X, Sinopsis dan Daftar Pemain Film Perewangan (Sumber : Instagram/@perewanganfilm)
Sukabumi Memilih25 Oktober 2024, 19:48 WIB

Pendukung Paslon Dibatasi 48 Orang, Ini Tema & Segmen Debat Pertama Pilbup Sukabumi 2024

Anggota KPU Kabupaten Sukabumi, Rudini, menjelaskan bahwa setiap pasangan calon hanya diperbolehkan membawa 48 pendukung, ditambah pasangan calon, sehingga total mencapai total 50 orang
Poster debat publik pertama Pilbup Sukabumi 2024. (Sumber : KPU Kab. Sukabumi)
Sukabumi25 Oktober 2024, 19:46 WIB

21 Pengedar Narkoba di Sukabumi Ditangkap dalam Sebulan, Barbuk Senilai Rp652 Juta Disita

Dari pengungkapan kasus ini, Polres Sukabumi Kota berhasil menyelamatkan masyarakat sebanyak lebih dari 10 ribu jiwa dari jeratan narkoba.
Kapolres Sukabumi Kota AKBP Rita Suwadi dan jajarannya saat menunjukan barang bukti dan ke-21 tersangka pengedar narkoba. (Sumber : Humas Polda Jabar)
Food & Travel25 Oktober 2024, 19:00 WIB

Situ Lengkong Panjalu Ciamis, Kisah Air Zamzam yang Berubah Menjadi Danau

Situ Lengkong Panjalu adalah sebuah danau indah yang terletak di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.
Situ Lengkong Panjalu adalah sebuah danau indah yang terletak di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. (Sumber : Instagram/@kancrakayaking).
Sukabumi25 Oktober 2024, 18:38 WIB

Tertipu Kartu BPJS Kesehatan Palsu, Sejumlah Warga Sukabumi Lapor Polisi

Kasus ini bermula saat Pak RT di Loji Sukabumi tergoda jasa pembuatan Kartu BPJS Kesehatan di Medsos.
Erwan Suhenda, korban kartu BPJS Palsu di Loji Sukabumi membuat laporan polisi atas kasus dugaan penipuan yang menimpanya. (Sumber : SU/Ilyas)
Life25 Oktober 2024, 18:00 WIB

Doa Agar Usaha Lancar dan Dagangan Laris Banyak yang Beli

Selain mendekatkan diri kepada Allah SWT, berdoa juga memiliki manfaat yang sangat besar bagi kehidupan kita, termasuk dalam hal rezeki dan usaha.
Selain mendekatkan diri kepada Allah SWT, berdoa juga memiliki manfaat yang sangat besar bagi kehidupan kita, termasuk dalam hal rezeki dan usaha. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi Memilih25 Oktober 2024, 17:39 WIB

Bobby Maulana: Pendidikan Vokasi Kunci Sukses Masa Depan SDM Kota Sukabumi

Bobby Maulana menekankan pentingnya pendidikan vokasi sebagai fokus dalam pengembangan keterampilan teknis dan aplikatif untuk generasi muda.
Ayep Zaki - Bpbby Maulana, Calon Walikota - Wakil Walikota Sukabumi pada Pilkada 2024 | Foto : Istimewa
Musik25 Oktober 2024, 17:00 WIB

#3rd Song, Ini Lirik Terjemahan Lagu Over Each Other Linkin Park

Video Musik Lagu Over Each Other sudah ditonton lebih dari 1,4 juta kali di YouTube meski baru dirilis pada Kamis, 24 Oktober 2024.
Official Video Lagu Over Each Other Linkin Park. Foto: YouTube/Linkin Park
Food & Travel25 Oktober 2024, 16:30 WIB

Goa Gunung Kunci Sumedang, Kisah Penjara Zaman Belanda Hingga Misteri Suara Tak Kasat Mata

Goa Gunung Kunci adalah salah satu tempat penuh sejarah dan misteri yang terletak di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.
Goa Gunung Kunci adalah salah satu tempat penuh sejarah dan misteri yang terletak di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. (Sumber : Instagram/@sianturimawar).