Goa Gunung Kunci Sumedang, Kisah Penjara Zaman Belanda Hingga Misteri Suara Tak Kasat Mata

Jumat 25 Oktober 2024, 16:30 WIB
Goa Gunung Kunci adalah salah satu tempat penuh sejarah dan misteri yang terletak di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. (Sumber : Instagram/@sianturimawar).

Goa Gunung Kunci adalah salah satu tempat penuh sejarah dan misteri yang terletak di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. (Sumber : Instagram/@sianturimawar).

SUKABUMIUPDATE.com - Goa Gunung Kunci adalah destinasi wisata alam yang menyimpan banyak cerita sejarah. 

Tempat ini kaya akan kisah masa lalu yang berhubungan erat dengan masa penjajahan Belanda, penuh dengan misteri yang hingga kini masih sering dibicarakan.

Berlokasi di Cagar Budaya Taman Raya Gunung Kunci Palasari, Sumedang, Jawa Barat, Goa Gunung Kunci merupakan peninggalan kolonial Belanda yang berfungsi sebagai bunker atau benteng pertahanan. 

Lokasi ini dikaitkan dengan berbagai mitos dan cerita mistis yang masih terus diceritakan oleh masyarakat setempat.

Di balik fungsi utamanya sebagai tempat perlindungan, Goa Gunung Kunci juga menyimpan kisah kelam di salah satu ruangannya. 

Pada bagian tangga dari lantai dua ke lantai tiga, ada sebuah ruang kecil berukuran sekitar 1 meter lebar dan 7 meter panjang yang dulu digunakan sebagai penjara bagi para pejuang. Banyak dari mereka konon tewas di tempat itu.

Bangunan zaman Belanda yang memiliki kisah historis yang sangat tinggi. | Google/Foto Raynardthan Pontoh.Bangunan zaman Belanda yang memiliki kisah historis yang sangat tinggi. | Google/Foto Raynardthan Pontoh.

Tidak hanya ruang penjara, beberapa area lainnya di Goa Gunung Kunci juga dianggap memiliki aura magis. 

Tempat ini sekarang dibuka untuk umum sebagai objek wisata sejarah, di mana pengunjung dapat menjelajahi lorong-lorong bunker yang dahulu berfungsi sebagai benteng pertahanan Belanda.

Dari catatan sejarah, diketahui bahwa Gunung Kunci sebelumnya adalah dataran yang rata, namun Belanda mengubahnya menjadi benteng pertahanan sekitar tahun 1914 hingga 1917. Benteng ini dulunya merupakan salah satu yang terbesar di wilayah tersebut.

Banyak kisah aneh yang terjadi di sekitar tempat ini hingga saat ini. Penampakan makhluk gaib sering dikabarkan terlihat, dan penduduk setempat juga sering mendengar suara tanpa asal yang jelas.

Beberapa pengunjung menceritakan pengalaman misterius saat berada di dalam Goa Gunung Kunci, seperti mendengar suara minta tolong atau melihat sosok anak kecil dan seorang perempuan noni Belanda yang muncul tiba-tiba dan menghilang. 

Pada tahun 2016, pengalaman serupa dialami oleh Mbah Mijan saat ia pingsan di dalam goa ketika syuting, dan merasa bertemu sosok perempuan cantik.

Meskipun demikian, Goa Gunung Kunci tetap menarik minat wisatawan, baik yang tertarik dengan sejarahnya maupun cerita mistis yang mengelilinginya. 

Selain menyimpan nilai sejarah, Goa ini juga menjadi daya tarik bagi mereka yang penasaran dengan kisah-kisah supranatural.



Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel25 Oktober 2024, 19:00 WIB

Situ Lengkong Panjalu Ciamis, Kisah Air Zamzam yang Berubah Menjadi Danau

Situ Lengkong Panjalu adalah sebuah danau indah yang terletak di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.
Situ Lengkong Panjalu adalah sebuah danau indah yang terletak di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. (Sumber : Instagram/@kancrakayaking).
Sukabumi25 Oktober 2024, 18:38 WIB

Tertipu Kartu BPJS Kesehatan Palsu, Sejumlah Warga Sukabumi Lapor Polisi

Kasus ini bermula saat Pak RT di Loji Sukabumi tergoda jasa pembuatan Kartu BPJS Kesehatan di Medsos.
Erwan Suhenda, korban kartu BPJS Palsu di Loji Sukabumi membuat laporan polisi atas kasus dugaan penipuan yang menimpanya. (Sumber : SU/Ilyas)
Life25 Oktober 2024, 18:00 WIB

Doa Agar Usaha Lancar dan Dagangan Laris Banyak yang Beli

Selain mendekatkan diri kepada Allah SWT, berdoa juga memiliki manfaat yang sangat besar bagi kehidupan kita, termasuk dalam hal rezeki dan usaha.
Selain mendekatkan diri kepada Allah SWT, berdoa juga memiliki manfaat yang sangat besar bagi kehidupan kita, termasuk dalam hal rezeki dan usaha. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi Memilih25 Oktober 2024, 17:39 WIB

Bobby Maulana: Pendidikan Vokasi Kunci Sukses Masa Depan SDM Kota Sukabumi

Bobby Maulana menekankan pentingnya pendidikan vokasi sebagai fokus dalam pengembangan keterampilan teknis dan aplikatif untuk generasi muda.
Ayep Zaki - Bpbby Maulana, Calon Walikota - Wakil Walikota Sukabumi pada Pilkada 2024 | Foto : Istimewa
Musik25 Oktober 2024, 17:00 WIB

#3rd Song, Ini Lirik Terjemahan Lagu Over Each Other Linkin Park

Video Musik Lagu Over Each Other sudah ditonton lebih dari 1,4 juta kali di YouTube meski baru dirilis pada Kamis, 24 Oktober 2024.
Official Video Lagu Over Each Other Linkin Park. Foto: YouTube/Linkin Park
Food & Travel25 Oktober 2024, 16:30 WIB

Goa Gunung Kunci Sumedang, Kisah Penjara Zaman Belanda Hingga Misteri Suara Tak Kasat Mata

Goa Gunung Kunci adalah salah satu tempat penuh sejarah dan misteri yang terletak di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.
Goa Gunung Kunci adalah salah satu tempat penuh sejarah dan misteri yang terletak di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. (Sumber : Instagram/@sianturimawar).
Food & Travel25 Oktober 2024, 16:00 WIB

Wisata Curug Pangeran Bogor: Surga Alam di Kaki Gunung Bunder TNGHS

Terletak di kawasan Wisata Gunung Bunder TNGHS, Curug Pangeran Bogor adalah tempat yang sempurna untuk bersantai dan menikmati keindahan alam.
Ilustrasi. Air Terjun. (Sumber : Pexels/Pixabay)
Nasional25 Oktober 2024, 15:58 WIB

Kejaksaan Tangkap Eks Pejabat MA, Diduga Terlibat Suap Kasus Pembunuhan Wanita Sukabumi

Kepala Kejaksaan Tinggi Bali Ketut Sumedana membenarkan penangkapan ini.
(Foto Ilustrasi) Kejaksaan menangkap eks pejabat MA yang diduga terlibat kasus dugaan suap Ronald Tannur. | Foto: Istimewa
Musik25 Oktober 2024, 15:30 WIB

Prediksi Setlist Taemin SHInee di Konser World Tour [Ephemeral Gaze] Jakarta

Taemin SHINee akan menjadi idol K-Pop selanjutnya yang menggelar konser di Jakarta bertajuk World Tour [Ephemeral Gaze] in Jakarta pada 26 Oktober 2024, di Tennis Senayan Indoor.
Prediksi Setlist Taemin SHInee di Konser World Tour [Ephemeral Gaze] Jakarta (Sumber : Instagram/@xoalsox)
Inspirasi25 Oktober 2024, 15:00 WIB

Loker Minimal SMA/SMK Sebagai Sales Executive/Pramuniaga, Penempatan Kota Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi. Loker Minimal SMA/SMK Sebagai Sales Executive/Pramuniaga, Penempatan Kota Sukabumi (Sumber : Freepik)