Curug Cilember Bogor: Pesona 7 Air Terjun Bertingkat yang Mitosnya Bisa Bikin Awet Muda

Kamis 24 Oktober 2024, 13:00 WIB
Curug Cilember merupakan salah satu destinasi wisata alam yang paling populer di Bogor. (Sumber : Instagram/@binn_1407/@richie_kevin).

Curug Cilember merupakan salah satu destinasi wisata alam yang paling populer di Bogor. (Sumber : Instagram/@binn_1407/@richie_kevin).

SUKABUMIUPDATE.com - Curug Cilember adalah destinasi wisata air terjun di kawasan Puncak Bogor yang terletak di ketinggian 900 meter diatas permukaan laut. Berada di dataran tinggi, curug ini memiliki udara yang sejuk dengan suhu berkisar antara 18 hingga 23 derajat Celcius.

Area wisata Curug Cilember dikelilingi oleh hutan pinus yang lebat dan memiliki luas sekitar 7 hektar. Lalu yang membuat Curug Cilember berbeda dengan air terjun lainnya adalah adanya 7 air terjun di lokasi ini, yang masing-masingnya memiliki ketinggian yang berbeda.

Curug yang paling dekat dengan pintu masuk adalah Curug 7, yang biasanya paling ramai dikunjungi. Semakin kecil nomor curug, semakin jauh lokasinya, tetapi pengunjung hanya diperbolehkan trekking sampai Curug 2 saja karena akses ke Curug 1 terlalu ekstrem.

Di Curug Cilember, pengunjung bisa menikmati empat pengalaman utama, yaitu Fresh, Fun, Education, dan Adventure. Fresh karena pengunjung disuguhkan suasana hutan pinus dengan udara segar serta air terjun yang menyegarkan.

Fun karena tersedia berbagai wahana permainan seperti flying fox, sepeda gantung, taman kelinci, dan panahan. Education didapatkan dari taman konservasi kupu-kupu, dimana pengunjung bisa melihat beragam spesies kupu-kupu di dalam taman berbentuk kubah.

Untuk pengalaman adventure, pengunjung dapat melakukan trekking sambil menikmati pemandangan indah di sepanjang jalur menuju Curug Cilember.

Curug Cilember memiliki air yang dingin dan menyegarkan dan cocok untuk berendam sambil relaksasi. | Instagram/@pasguntripCurug Cilember memiliki air yang dingin dan menyegarkan dan cocok untuk berendam sambil relaksasi. | Instagram/@pasguntrip.

Jam Buka, Lokasi dan Harga Tiket Masuk Curug Cilember

Curug Cilember buka setiap hari selama 24 jam dan terletak di Jl. Raya Puncak Gadog, Cilember, Kecamatan Megamendung, Bogor, Jawa Barat. Harga tiket masuknya berkisar Rp25.000 per orang, dengan biaya parkir motor Rp10.000 dan mobil Rp20.000.

Daya Tarik Curug Cilember

1. 7 Air Terjun

Curug Cilember memiliki tujuh air terjun dengan berbagai ketinggian dan lokasi yang berbeda. Air terjun tertinggi mencapai ketinggian 40 meter. Biasanya, Curug 7 menjadi pilihan favorit para pengunjung karena letaknya paling dekat dengan pintu masuk.

2. Taman Kupu-Kupu

Di sepanjang perjalanan menuju Curug 7, terdapat Taman Kupu-Kupu seluas sekitar 500 meter persegi. Area konservasi berbentuk kubah besar ini dipenuhi berbagai jenis bunga dan tanaman, serta belasan spesies kupu-kupu.

3. Wahana Permainan

Wana wisata Curug Cilember juga menyediakan sejumlah wahana permainan, seperti flying fox, panahan, dan sepeda gantung yang menambah keseruan bagi para pengunjung.

4. Playground

Curug Cilember memiliki area playground untuk anak-anak yang dilengkapi dengan berbagai permainan menarik, seperti ayunan, jembatan gantung, dan jaring laba-laba, yang dapat dinikmati oleh anak-anak.

5. Rumah Hobbit & Taman Kelinci

Jika membawa anak-anak, pengunjung juga bisa mengunjungi Rumah Hobbit yang berada di belakang Taman Kupu-Kupu serta Taman Kelinci yang ada di area wisata Curug Cilember.

6. Camping

Bagi yang ingin berkemah, Curug Cilember menyediakan area perkemahan. Pengunjung dapat membawa tenda dan perlengkapan camping sendiri untuk menikmati pengalaman alam yang menyegarkan.

7. Penginapan

Curug Cilember juga menawarkan penginapan berbahan bambu yang berada di tengah hutan pinus. Suara gemericik air terjun menambah nuansa alami yang mendamaikan selama menginap di sana.

Suasana yang sejuk dan menyegarkan, Curug Cilember cocok untuk wisata akhir pekan bersama keluarga.Suasana yang sejuk dan menyegarkan, Curug Cilember cocok untuk wisata akhir pekan bersama keluarga. | Instagram/@seccna16_/@evander_kapahang

Mitos dan Urban Legend Curug Cilember

Tempat Pemandian Putri Kerajaan Siliwangi


Curug Cilember dipercaya sebagai lokasi pemandian para putri dari Kerajaan Siliwangi. Mitos ini mengatakan bahwa siapa saja yang mandi di air terjun ini akan mendapatkan khasiat untuk awet muda, seperti para putri kerajaan di masa lampau.

Mendapatkan Jodoh dan Kesembuhan

Ada kepercayaan bahwa mandi di Curug Cilember dapat mempermudah seseorang untuk mendapatkan jodoh. Selain itu, air dari curug ini juga dipercaya bisa mengobati berbagai penyakit, sehingga banyak orang datang dengan harapan mendapatkan kesembuhan.

Ritual Mandi Malam Jumat Kliwon

Menurut mitos, mandi di Curug Cilember pada tengah malam, terutama pada malam Jumat Kliwon di bulan Muharram atau Maulid, diyakini akan membawa berkah, memberikan kekuatan tambahan, dan membuat seseorang awet muda. Ritual ini memiliki daya tarik mistis bagi mereka yang percaya pada kekuatan spiritual di balik curug tersebut.

 

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Film24 Oktober 2024, 15:30 WIB

Sinopsis Film My Annoying Brother versi Indonesia, Tentang Hubungan Kakak Adik

My Annoying Brother versi Indonesia menjadi salah satu film terbaru yang sangat dinantikan dan telah tayang di seluruh bioskop Tanah Air pada Kamis, 24 Oktober 2024.
Sinopsis Film My Annoying Brother versi Indonesia, Tentang Hubungan Kakak Adik (Sumber : Instagram/@angga)
Inspirasi24 Oktober 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sebagai Cook/Commis 1 Minimal SMK dengan Penempatan di Kota Sukabumi, Cek Kualifikasinya!

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Lowongan Kerja Sebagai Cook/Commis 1 Minimal SMK dengan Penempatan di Kota Sukabumi, Cek Kualifikasinya!(Sumber : Istimewa)
Sukabumi24 Oktober 2024, 14:56 WIB

Bikin Padam Rumah Warga, Dampak Truk Tabrak Angkot dan Tiang Listrik di Sukabumi

Panji awalnya tidak menduga padamnya listrik disebabkan adanya kecelakaan.
Proses evakuasi tiang listrik yang dihantam truk dalam kecelakaan di Jalan Nasional Sukabumi-Cianjur, tepatnya di Kecamatan Sukalarang, Kabupaten Sukabumi, Kamis pagi (24/10/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Musik24 Oktober 2024, 14:30 WIB

Harga Tiket Konser M2M di Jakarta, yang Kembali Setelah Rehat Selama Dua Dekade

Grup pop duo asal Norwegia, Marit Larsen dan Marion Rave atau lebih dikenal sebagai M2M akan kembali ke dunia hiburan dengan menggelar konser dan Jakarta masuk ke dalam daftarnya.
Harga Tiket Konser M2M di Jakarta, yang Kembali Setelah Rehat Selama Dua Dekade (Sumber : Instagram/@marit2marion)
Sukabumi24 Oktober 2024, 14:26 WIB

Usai Tabrak Angkot, Truk Hantam Tiang Listrik hingga Ambruk di Sukalarang Sukabumi

Berikut kronologi kecelakaan maut di Sukalarang Sukabumi, truk boks tabrak angkot dan tiang listrik hingga ambruk. Satu orang tewas, 8 luka-luka akibat kejadian ini.
PLN evakuasi tiang listrik yang ambruk usai dihantam truk dalam kecelakaan maut di Sukalarang Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sukabumi Memilih24 Oktober 2024, 14:07 WIB

Catat Waktunya! Iyos-Zainul dan Asjap-Andreas Bakal Berhadapan di Debat Pilkada Sukabumi

150 personel akan diterjunkan untuk memastikan debat berjalan aman dan lancar.
Dua paslon Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi di Pilkada 2024. | Foto: Istimewa
Life24 Oktober 2024, 14:00 WIB

Sejarah Jakarta: Dari Sunda Kelapa Hingga Jayakarta dan Batavia

Sejarah mencatat, pada masa pendudukan Jepang selama Perang Dunia II, nama Batavia diubah menjadi Djakarta.
Monas, salah satu ikon DKI Jakarta | Foto : Ist
Sukabumi24 Oktober 2024, 13:40 WIB

Khimar dan Kimono Sukabumi Sukses Gelar Acara Ramah ABK

Lebih dari dua ratus pemudi yang terdiri dari pelajar dan mahasiswi memadati tribun GOR Merdeka Kota Sukabumi.
Kegiatan Student Fest 2024 yang digelar Khimar dan Kimono Sukabumi. | Foto: Istimewa
Inspirasi24 Oktober 2024, 13:27 WIB

UMKM Ubi Jalar Ini Rasakan Dampak Positif Pendampingan BRI dan Manfaat Desa BRILiaN

Keripik Ubi Jalar dari Kubu Raya merupakan inovasi lokal yang memanfaatkan sumber daya alam yang melimpah di daerah tersebut.
UMKM binaan BRI yang menghasilkan produk unggulan dari Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, yaitu Keripik Ubi Jalar. | Foto: BRI
Nasional24 Oktober 2024, 13:10 WIB

Masyarakat Sipil Indonesia Desak Pemerintah dukung Agenda Masyarakat Adat di COP 16 CBD

Perwakilan masyarakat sipil Indonesia di Cali meminta pemerintah dan dunia internasional untuk mendukung hak-hak masyarakat adat dan komunitas lokal.
Ilustrasi - Perwakilan masyarakat sipil Indonesia di Cali meminta pemerintah dan dunia internasional untuk mendukung hak-hak masyarakat adat dan komunitas lokal. (Sumber : Pexels.com/@el jusuf).