Hutan Mycelia: Menikmati Perpaduan Keindahan Alam dan Teknologi di Lembang Bandung

Jumat 18 Oktober 2024, 16:00 WIB
Hutan Mycelia Lembang menawarkan perpaduan antara keindahan alam dan edukasi, memberikan pengalaman yang berbeda dari destinasi wisata biasa. (Sumber : Instagram/@mia_kh95/@officialgrafika).

Hutan Mycelia Lembang menawarkan perpaduan antara keindahan alam dan edukasi, memberikan pengalaman yang berbeda dari destinasi wisata biasa. (Sumber : Instagram/@mia_kh95/@officialgrafika).

SUKABUMIUPDATE.com - Hutan Mycelia Lembang adalah destinasi wisata yang menawarkan kombinasi keindahan alam, seni, dan teknologi secara unik.

Berlokasi di Grafika Cikole, Lembang, Bandung, tempat ini memberikan pengalaman wisata malam yang berbeda, dengan suasana magis yang mengingatkan pada dunia film Avatar.

Mengusung konsep hutan ajaib, Hutan Mycelia menyajikan perpaduan alam dengan visual memukau, instalasi seni yang menarik, serta suara alam yang menenangkan.

Pengunjung akan merasa seperti berada di dunia fantasi, dengan elemen seperti jamur, pohon bercahaya, dan rumah-rumah ikonik yang menghiasi area tersebut.

Nama "Mycelia" diambil dari istilah ilmiah "miselium", jaringan akar jamur yang ditemukan di batang pohon yang membusuk, yang menggambarkan tema utama wisata ini yang berfokus pada alam.

Selain visual yang memikat, Hutan Mycelia juga memiliki unsur edukasi tentang dunia jamur, sehingga tidak hanya menyenangkan, tetapi juga memberi pengetahuan tambahan bagi pengunjung.

Hutan Mycelia serasa mengajak pengunjung bermain-main di dunia Avatar. | Instagram/@mia_kh95/@officialgrafikaHutan Mycelia serasa mengajak pengunjung bermain-main di dunia Avatar. | Instagram/@mia_kh95/@officialgrafika

Lokasi dan Rute Hutan Mycelia

Wisata satu ini berada di Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Untuk menuju kesini, pengunjung yang datang dari pusat Kota Bandung dapat ditempuh sekitar 1 jam 3 menit atau 21,0 km.

Rute menuju Hutan Mycelia cukup mudah. Dari Lembang, lanjutkan perjalanan ke arah Ciputri lalu belok kanan ke Jalan Nyampay. Setelah itu, ikuti petunjuk jalan menuju Grafika Cikole. Hutan Mycelia terletak di dalam kawasan wisata ini.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Hutan Mycelia

Hutan Mycelia buka lebih lama di akhir pekan. Pada hari kerja, Hutan Mycelia buka dari jam 18.00 sampai 22.00 malam. Sedangkan di akhir pekan, buka dari jam 18.00 sore sampai 23.00 malam.

Untuk menikmati keindahan Hutan Mycelia, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp50.000 per-orang. Anak-anak di bawah lima tahun tidak perlu membayar tiket masuk. Sementara untuk memasuki kawasan Wisata Grafika Cikole, pengunjung juga perlu membeli tiket tambahan seharga Rp20.000 per orang.

Fasilitas yang Tersedia

Fasilitas yang tersedia di area ini meliputi area parkir, sejumlah tenant makanan dan minuman, kafe, mushola, wahana permainan, toilet, area perkemahan, restoran, dan penginapan atau villa.

Hutan Mycelia menyajikan perpaduan keindahan alam dan permainan visual. | Instagram/@mia_kh95/@officialgrafikaHutan Mycelia menyajikan perpaduan keindahan alam dan permainan visual. | Instagram/@mia_kh95/@officialgrafika

Daya Tarik Hutan Mycelia

1. Edukasi tentang Mycelium

Hutan Mycelia adalah tempat yang bagus untuk belajar tentang jamur. Ide wisata seperti ini sangat unik dan menarik.

Di Hutan Mycelia, kita bisa mengenal berbagai jenis rumah jamur yang unik, seperti Rumah Ras Jalar, Rumah Ras Jaga, Rumah Ras Tata, Rumah Ras Daur, Rumah Ras Semai dan Portal Sakrabaha

Penjelasan tentang jamur di Hutan Mycelia sangat seru dan menyenangkan, sehingga anak-anak pasti akan sangat menyukainya.

2. Spot Fotografi Alam

Seperti banyak destinasi alam di Lembang, Hutan Mycelia juga memiliki banyak spot yang cocok untuk fotografi. Keindahan pohon-pohon dan jamu-jamur yang bercahaya, serta permainan visual membuat tempat ini sangat Instagramable dan menarik bagi fotografer.

3. Wisata Grafika Cikole

Karena Hutan Mycelia baru buka di sore hari, manfaatkan waktu luangmu dengan mencoba beragam wahana di Grafika Cikole. Ada banyak pilihan menarik seperti Fauna Land untuk pecinta hewan, Flying Fox bagi yang suka tantangan, atau Rumah Pohon untuk bersantai sambil menikmati pemandangan.

4. Seperti Masuk Dunia Pandora Avatar

Sama seperti di Pandora, Hutan Mycelia menawarkan pemandangan alam yang memukau dengan pencahayaan yang berasal dari tumbuhan dan jamur. Cahaya-cahaya ini menciptakan suasana magis dan seolah-olah kita sedang berada di sebuah planet asing.

5. Sensasi Petualangan

Dengan jalur setapak yang berkelok-kelok dan suasana yang misterius, Hutan Mycelia mengajak pengunjung untuk menjelajahi hutan seperti seorang penjelajah yang tengah mencari dunia baru.

 

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Keuangan18 Oktober 2024, 18:25 WIB

Berlaku 1 Januari 2025, Ini Daftar Barang dan Jasa yang Terkena PPN 12 Persen

Pemerintah Indonesia mengumumkan bahwa Pajak Pertambahan Nilai (PPN) akan meningkat dari 11 persen menjadi 12 persen, efektif mulai Rabu, 1 Januari 2025
Ilustrasi barang yang terkena pajak penghasilan (PPN) 12 persen | Foto : Freepik)
Jawa Barat18 Oktober 2024, 18:08 WIB

PLN UID Jabar Dorong Pembangunan Berkelanjutan di Desa Adat Kampung Kuta Lewat TJSL

Dengan bantuan listrik, masyakat dapat menggunakannya untuk belajar dan lain-lain.
Program TJSL di Karangpaningal, Kecamatan Tambaksari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. | Foto: PLN
Jawa Barat18 Oktober 2024, 18:05 WIB

Buruh Pabrik di Sukabumi Tertimpa Kontainer, Deretan Fakta Kecelakaan Maut di Cianjur

Kanit Gakkum Satlantas Polres Cianjur, Ipda Ika Cakra Mustika kepada awak media menjelaskan bahwa kecelakaan ini terjadi sekitar pukul 17.30 WIB. Kondisi lalu lintas di lokasi kejadian, kawasan Ciwalen Warungkondang cukup padat.
Motor yang dikendarai buruh pabrik di Sukabumi tertimpa kontainer di jalan raya Ciwalen Cianjur (Sumber: video warganet)
Life18 Oktober 2024, 18:00 WIB

Doa Mandi Wajib Lengkap dengan Adabnya yang Diajarkan Imam Al-Ghazali

Mandi wajib atau mandi junub merupakan syarat untuk menghilangkan hadast besar.
Ilustrasi mandi wajib - Mandi wajib atau mandi junub merupakan syarat untuk menghilangkan hadast besar. | (Sumber : Pixabay.com)
Sukabumi18 Oktober 2024, 17:58 WIB

Papan Larangan Melintas di Dermaga Tegalbuleud Sukabumi, Buntut Nelayan Tewas dan Terjebak

Kasus meninggalnya tiga nelayan masih dalam proses penyelidikan polisi.
Forkopimcam Tegalbuleud memasang papan larangan melintasi dermaga SBP di Desa Buniasih, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, Jumat (18/10/2024). | Foto: SU/Ragil Gilang
Life18 Oktober 2024, 17:30 WIB

Layung Beureum, Mitos Merah Jingga di Langit Senja Jelang Matahari Terbenam

Banyak mitos, warna merah jingga di langit senja itu membuat fenomena langit Lembayung disebut "Layung Beureum" oleh orang Sunda.
Suasana sunset di Pantai Cijeruk Indah yang semakin syahdu. | Layung Beureum, Mitos Merah Jingga di Langit Senja Jelang Matahari Terbenam. Instagram/@ihsanzen.9 (Sumber : Instagram/@ihsanzen.9)
Musik18 Oktober 2024, 17:00 WIB

Terjemahan Lagu Night Changes One Direction, Viral Usai Tribute 1D To Liam Payne

Tak hanya Night Changes, sejumlah Lagu One Direction pun kembali ramai didengarkan untuk mengenang musisi Inggris itu, seperti Story Of My Life dan You & I. Lagu For You milik Liam Payne juga turut menggema di media sosial.
Penampilan Accoustic Lagu Night Changes One Direction. Foto: YouTube/OneDirection
Entertainment18 Oktober 2024, 16:30 WIB

Temukan Narkoba di Kamar Hotel, Polisi Rilis Investigasi Kematian Liam Payne

Kabar meninggalnya mantan anggota One Direction, Liam Payne menjadi duka yang begitu dalam. Baik untuk para penggemar maupun anggota lain grup musik tersebut.
Temukan Narkoba di Kamar Hotel, Polisi Rilis Investigasi Kematian Liam Payne (Sumber : Istimewa)
Food & Travel18 Oktober 2024, 16:00 WIB

Hutan Mycelia: Menikmati Perpaduan Keindahan Alam dan Teknologi di Lembang Bandung

Hutan Mycelia Lembang menawarkan perpaduan antara keindahan alam dan edukasi, memberikan pengalaman yang berbeda dari destinasi wisata biasa.
Hutan Mycelia Lembang menawarkan perpaduan antara keindahan alam dan edukasi, memberikan pengalaman yang berbeda dari destinasi wisata biasa. (Sumber : Instagram/@mia_kh95/@officialgrafika).
Sukabumi Memilih18 Oktober 2024, 15:56 WIB

Dipanggil Bawaslu, Penjelasan Camat di Sukabumi Soal Menyukai Postingan Paslon Pilkada

Firman menyebut yang bersangkutan telah dipanggil dan dimintai klarifikasi.
Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa pada Bawaslu Kota Sukabumi Firman Alamsyah (tengah). | Foto: SU/Asep Awaludin