Curug Cibulao di Megamendung Bogor: HTM Cuma 15.000 Serunya Berenang di Air Terjun Bening

Minggu 13 Oktober 2024, 16:00 WIB
Serunya bermain air di curug cibulao bogor. (Sumber : Instagram/@curugcibulao.official)

Serunya bermain air di curug cibulao bogor. (Sumber : Instagram/@curugcibulao.official)

SUKABUMIUPDATE.com - Curug Cibulao adalah salah satu destinasi wisata alam yang populer di kawasan Puncak, Bogor. Air terjun yang satu ini menawarkan pesona alam yang menyegarkan dan menjadi tempat yang tepat untuk melepas penat.

Curug Cibulao berasal dari bahasa Sunda, di mana "Curug" berarti air terjun, "Ci" berarti air, dan "Bulao" bermakna biru. Nama ini menggambarkan keunikan Curug Cibulao, yakni air terjunnya yang berwarna biru.

Ini memang benar, kolam alami di Curug Cibulao memiliki warna biru dan sangat jernih. Bahkan, pengunjung dapat melihat hingga dasar kolam. Namun, perlu berhati-hati karena kedalaman kolam ini cukup dalam, sehingga disarankan untuk selalu memakai pelampung.

Curug Cibulao memiliki dua tingkat air terjun dan dua kolam penampungan. Meskipun tinggi air terjunnya tidak terlalu besar, air yang mengalir di sini sangat jernih dan bersih.

Kedalaman kolam pada tiap tingkatan berbeda. Kolam di tingkat atas memiliki kedalaman sekitar 5 meter, sedangkan di bagian bawah kedalamannya mencapai 8 meter.

Untuk mencapai bagian atas Curug Cibulao, pengunjung harus melewati bebatuan di dekat aliran air dari bagian bawah air terjun, sambil memegang tali yang dipasang di tepi kolam.

Bagian atas Curug Cibulao dikelilingi oleh tebing batu yang tinggi, dengan kolam yang tidak terlalu luas. Saat berada di sana, suasananya begitu tenang, seolah sedang menikmati kolam pemandian alami pribadi, hanya ditemani oleh keindahan alam.
Lokasi Curug Cibulao

Lokasi Curug Cibulao terletak di kaki Gunung Hambalang Barat, tepatnya di Desa Megamendung, Kecamatan Megamendung, Bogor, Jawa Barat.

Curug Cibulao adalah salah satu air terjun tersembunyi yang berada di kawasan Puncak, Bogor.Curug Cibulao adalah salah satu air terjun tersembunyi yang berada di kawasan Puncak, Bogor. | Instagram/@curugcibulao.official

Rute Menuju Curug Cibulao

Rute menuju Curug Cibulao dapat ditempuh dengan mengarahkan kendaraan menuju Puncak, baik melalui tol Jagorawi maupun via Curug Panjang. Setelah tiba di Jl. Raya Puncak, belok kiri menuju Desa Cilember, lalu belok kiri lagi ke Jl. Pesantren.

Setelah memarkir kendaraan, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 400 meter melalui jalan setapak yang terdiri dari batuan padat. Jalurnya umumnya datar, meskipun ada beberapa bagian yang cukup curam dan menurun.

Mendekati curug, pengunjung perlu menuruni beberapa anak tangga hingga sampai di loket masuk Curug Cibulao.

Harga Tiket Masuk Curug Cibulao

Berikut adalah tarif tiket masuk Curug Cibulao:

  • Tiket masuk untuk wisatawan lokal: Rp15.000/orang
  • Tiket masuk untuk wisatawan asing: Rp50.000/orang
  • Sewa pelampung: Rp10.000/pelampung

Daya Tarik Curug Cibulao

1. Air yang Sangat Jernih

Curug Cibulao terkenal dengan kejernihan airnya. Airnya yang bening dengan warna kebiruan membuatnya tampak memukau dan sering diibaratkan seperti kolam alami yang menenangkan. Pengunjung bisa dengan jelas melihat dasar sungai dan batuan di bawahnya.

2. Lokasi yang Asri dan Sejuk

Curug ini dikelilingi oleh pepohonan hijau yang rimbun, menciptakan suasana alam yang segar dan sejuk. Udara di sekitar curug sangat bersih, cocok untuk melepas penat dari hiruk-pikuk kota. Keasrian alam di sekitar Curug Cibulao membuat tempat ini sangat cocok untuk bersantai.

3. Kolam Alami untuk Berenang

Di bawah air terjun, terdapat kolam alami yang cukup dalam sehingga memungkinkan pengunjung untuk berenang atau sekadar bermain air.

Suhu air yang segar memberikan pengalaman relaksasi tersendiri. Namun, karena kolam di Curug Cibulao cukup dalam, pengunjung diharuskan menyewa pelampung demi keamanan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Gadget13 Oktober 2024, 19:00 WIB

Performa Lemot, 10 Tanda-tanda HP Harus Ganti dengan yang Baru

Memiliki HP yang mumpuni merupakan kebutuhan di era digital seperti sekarang. Namun, seiring waktu, performa HP akan menurun dan tidak lagi optimal dalam menunjang aktivitas.
Memiliki HP yang mumpuni merupakan kebutuhan di era digital seperti sekarang. Namun, seiring waktu, performa HP akan menurun dan tidak lagi optimal dalam menunjang aktivitas.(Sumber : Freepik.com/@Racool_studio)
Life13 Oktober 2024, 18:00 WIB

Gampang Untuk Dihafal! Doa-doa Pendek yang Memiliki Pahala Luar Biasa Apabila Diamalkan

Doa pendek yang memiliki pahala luar biasa bagi siapapun yang mengamalkannya.
Ilustrasi - Doa pendek yang memiliki pahala luar biasa bagi siapapun yang mengamalkannya. (Sumber : pexels.com/@Muhammad Adil)
Sukabumi13 Oktober 2024, 17:57 WIB

Hujan-Angin Kencang, Pohon Tumbang Sempat Tutup 2 Akses Jalan di Sagaranten Sukabumi

Dua kejadian pohon tumbang akibat hujan disertai angin kencang terjadi di Sagaranten Sukabumi.
Pohon kibesi tumbang menimpa ruas jalan provinsi ruas Ancaen Sagaranten Sukabumi usai wilayah tersebut dilanda hujan disertai angin kencang. Minggu sore (13/10/2024) (Sumber : Istimewa)
Sukabumi13 Oktober 2024, 17:29 WIB

Pererat Silaturahmi, Reuni ke-4 Alumni SMANDAK Angkatan 86 Berlangsung Meriah

Ketua Alumni SMAN 1 Cibadak Angkatan 86, Asep Abdulqodir mengatakan, sekitar 200 orang alumni hadir di acara reunian tersebut.
Alumni SMAN 1 Cibadak (SMANDAK) Sukabumi Angkatan 86 menggelar reuni ke-4 di Hotel Augusta Cikukulu, Minggu (13/10/2024). (Sumber : Istimewa)
Sukabumi13 Oktober 2024, 17:04 WIB

2 Pemotor Remaja Tewas Kecelakaan di Simpang Cigodeg Sukabumi, Berikut Kronologinya

Berikut kronologi kecelakaan maut di Simpang Cigodeg Citamiang Kota Sukabumi. Dua pemotor remaja tewas usai tabrakan dengan mobil Kijang.
Tempat kejadian perkara kecelakaan maut di Jalan RH Didi Sukardi (Simpang Cigodeg) Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi. Minggu (13/10/2024). (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Musik13 Oktober 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Jangan Pernah Kembali Lyodra dan Andi Rianto di Album Melangkah

Lirik Lagu Jangan Pernah Kembali Lyodra dan Andi Rianto di Album Melangkah. Sebelumnya, mereka juga pernah berkolaborasi di lagu Sang Dewi, yang dulu sempat dipopulerkan oleh sang Diva Titi DJ.
Cover Visualizer Video Lagu Jangan Pernah Kembali Lyodra dan Andi Rianto. Foto: YouTube/LyodraOfficial
Food & Travel13 Oktober 2024, 16:00 WIB

Curug Cibulao di Megamendung Bogor: HTM Cuma 15.000 Serunya Berenang di Air Terjun Bening

Curug Cibulao adalah salah satu air terjun tersembunyi yang berada di kawasan Puncak, Bogor.
Serunya bermain air di curug cibulao bogor. (Sumber : Instagram/@curugcibulao.official)
Sukabumi13 Oktober 2024, 15:07 WIB

5 Hari Hilang, Ini Identitas Mayat Mengambang Di Cikembar Sukabumi

Identitas mayat yang ditemukan mengambang di aliran sungai Cilangkap, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi adalah Aja (74 tahun) seorang lansia yang sudah mengalami pikun dan linglung
Penemuan mayat di Sungai Cilangkap Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi | Foto : Istimewa
Inspirasi13 Oktober 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sebagai Quality Control Staff, Penempatan di Pabrik Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi. Lowongan Kerja Sebagai Quality Control Staff, Penempatan di Pabrik Sukabumi(Sumber : Freepik)
Sukabumi Memilih13 Oktober 2024, 14:39 WIB

Kunjungi Pabrik Garmen, Iyos Janjikan Dukungan Terhadap Industri Padat Karya

Calon Bupati Sukabumi dari nomor urut 1, Iyos Somantri mengunjungi pabrik garmen PT Muara Tunggal di Jalan Perintis Kemerdekaan No.126, Kecamatan Cibadak, Rabu (9/10/2024)
Calon Bupati Sukabumi, Iyos Somantri saat berkunjung ke PT Muara Tunggal, Cibadak | Foto : Istimewa