10 Rekomendasi Makanan Olahan Ubi yang Mudah Dibuat, Hui Areuy Memang Juara!

Selasa 08 Oktober 2024, 16:00 WIB
Ilustrasi. Ubi Jalar Ungu. Ubi jalar dalam bahasa Sunda disebut hui areuy, sering diolah menjadi aneka makanan, mulai dari menu bakery hingga gorengan hui boled. (Sumber : Freepik/@azerbaijan_stockers)

Ilustrasi. Ubi Jalar Ungu. Ubi jalar dalam bahasa Sunda disebut hui areuy, sering diolah menjadi aneka makanan, mulai dari menu bakery hingga gorengan hui boled. (Sumber : Freepik/@azerbaijan_stockers)

SUKABUMIUPDATE.com - Ubi, khususnya ubi jalar, adalah bahan yang sangat fleksibel untuk diolah menjadi berbagai makanan lezat.

Ubi jalar dalam bahasa Sunda disebut hui areuy, sering diolah menjadi aneka makanan, mulai dari menu bakery hingga gorengan hui boled.

Nah, merangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa rekomendasi makanan olahan ubi yang mudah dibuat di rumah!

Rekomendasi Makanan Olahan Ubi

1. Bola-Bola Ubi Goreng

Ubi jalar yang dihaluskan, dibentuk menjadi bola-bola, lalu digoreng hingga renyah. Anda bisa menambahkan tepung tapioka untuk mendapatkan tekstur yang lebih kenyal atau kopong seperti yang populer di Bandung.

Cara Membuat: Cukup kukus ubi, haluskan, campurkan dengan gula dan tepung tapioka, bentuk bola-bola, dan goreng hingga kecokelatan.

Baca Juga: Hardcore dan Metal Ternyata Beda! Genre Musik Rock Keras yang Epic & Unik

2. Kolak Ubi

Hidangan ubi jalar yang dimasak bersama santan, gula merah, dan daun pandan, yang memberikan rasa manis dan gurih khas makanan tradisional Indonesia.

Cara Membuat: Ubi dipotong-potong, dimasak dalam air kelapa atau santan bersama gula merah dan pandan. Sajikan hangat atau dingin.

3. Keripik Ubi

Ubi yang diiris tipis-tipis kemudian digoreng hingga renyah. Rasanya bisa bervariasi, dari manis hingga asin dan gurih.

Cara Membuat: Iris ubi jalar tipis-tipis (bisa menggunakan mandolin untuk hasil yang lebih tipis dan merata), rendam dalam air garam sebentar, lalu goreng hingga renyah. Bisa ditambahkan bumbu sesuai selera.

4. Ubi Rebus Sederhana

Ubi yang direbus dengan kulitnya hingga empuk, kemudian dimakan langsung. Ini adalah cara yang paling sederhana dan sehat untuk menikmati ubi.

Cara Membuat: Cukup rebus ubi utuh sampai matang. Anda bisa menyantapnya dengan parutan kelapa atau hanya garam sedikit untuk menambah rasa.

Baca Juga: Resep Membuat Sushi Daging Ayam, Menu Jepang Versi Murah Meriah!

5. Donat Ubi

Donat yang dibuat dari campuran ubi jalar dan tepung terigu. Teksturnya lembut dengan rasa manis alami dari ubi.

Cara Membuat: Kukus ubi, haluskan, campur dengan tepung terigu, ragi, gula, dan telur, lalu bentuk seperti donat dan goreng hingga matang. Bisa ditambahkan gula halus di atasnya.

6. Ubi Panggang dengan Keju

Ubi yang dipanggang hingga matang dan lembut, kemudian diberi topping keju leleh atau krim keju. Kombinasi rasa manis ubi dan gurih keju sangat cocok.

Cara Membuat: Bungkus ubi dengan aluminium foil, panggang di oven sampai empuk. Setelah matang, belah bagian tengahnya dan tambahkan keju atau mentega.

7. Cendol Ubi

Minuman segar yang dibuat dengan bahan dasar ubi jalar yang dibentuk menjadi cendol (bulir-bulir kenyal), disajikan dengan santan, gula merah cair, dan es.

Cara Membuat: Ubi jalar kukus dihaluskan dan dicampur dengan tepung tapioka, lalu dibentuk menjadi cendol dan disajikan dengan kuah gula merah serta santan.

Baca Juga: Potensi Peredaran Hoaks Lokal di Pilkada 2024, Cek Fakta Sebelum Percaya!

8. Pie Ubi Jalar

Versi ubi jalar dari pie labu yang biasa ditemui di Barat. Rasanya lembut, manis, dan cocok sebagai dessert.

Cara Membuat: Ubi jalar yang dihaluskan dicampur dengan susu kental manis, telur, dan gula, kemudian dipanggang di atas kulit pie hingga matang dan mengental.

9. Brownies Ubi

Brownies dengan bahan dasar ubi jalar, yang memberikan tekstur lebih lembut dan moist. Ubi juga bisa menggantikan sebagian besar gula untuk rasa manis alami.

Cara Membuat: Haluskan ubi kukus, campur dengan cokelat leleh, tepung, gula, dan telur, lalu panggang dalam oven seperti membuat brownies biasa.

10. Puding Ubi Ungu

Puding berbahan dasar ubi ungu yang memiliki tekstur lembut dan warna alami yang menarik.

Cara Membuat: Kukus ubi ungu, haluskan, campurkan dengan agar-agar bubuk, santan, gula, dan sedikit vanili. Masak hingga mendidih, lalu tuang ke dalam cetakan dan dinginkan.

Baca Juga: HOAKS! Surat Pemanggilan Pelantikan dan Pengangkatan Perangkat Daerah di Jawa Barat

Semua olahan ubi ini mudah dibuat dengan bahan-bahan yang sederhana, dan Anda bisa menyesuaikan rasa serta variasi sesuai selera.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat08 Oktober 2024, 19:27 WIB

Bupati & Dinkes Sukabumi Sambut Positif Rencana Kerja Sama Layanan Radioterapi di RSUD

Bupati Sukabumi Marwan Hamami dan Dinkes menyambut positif rencana kerja sama layanan radioterapi kanker dan cuci darah di RSUD Sekarwangi.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami dan jajaran Dinkes saat menghadiri acara presentasi layanan Radioterapi Kanker dan Hemodialisa di RSUD Sekarwangi. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Food & Travel08 Oktober 2024, 19:00 WIB

Pantai Goa Langir di Wisata Banten, HTM Rp5.000 dan Hanya 1 Jam dari Palabuhanratu

Pantai Goa Langir, yang terletak di Sawarna, Banten, adalah salah satu destinasi wisata pantai yang wajib dikunjungi.
Pantai Goa Langir, yang terletak di Sawarna, Banten, adalah salah satu destinasi wisata pantai yang wajib dikunjungi. (Sumber : Google/Foto Suryo Adi).
Sukabumi08 Oktober 2024, 18:58 WIB

Cerita Nelayan Jodang, Menantang Ombak Ganas Karang Gantung Sukabumi Demi Mengais Rezeki

Dirman telah beberapa tahun berkawan dengan ganasnya deburan ombak Pantai Karang Gantung, dengan menjadi nelayan Jodang, demi mengais rezeki untuk menghidupi keluarganya.
Dirman (50 tahun), nelayan Jodang di Pantai Karang Gantung Surade Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Film08 Oktober 2024, 18:30 WIB

Sinopsis Film Laut Tengah, Diadaptasi dari Novel dengan Latar Indonesia dan Korea

Laut Tengah adalah film drama religi terbaru yang telah menghiasi layar lebar Tanah Air begitu ditayangkan di seluruh bioskop Indonesia pada Kamis, 3 Oktober 2024.
Sinopsis Film Laut Tengah, Diadaptasi dari Novel dengan Latar Indonesia dan Korea (Sumber : Instagram/@lauttengahfilm)
Life08 Oktober 2024, 18:00 WIB

Bacaan Doa Mohon Dimudahkan Segala Urusan dan Terlepas dari Kesusahan

Doa ini mengandung makna yang sangat mendalam dan memiliki banyak manfaat bagi kehidupan kita.
Ilustrasi - Doa Mohon Dimudahkan Segala Urusan dan Terlepas dari Kesusahan merupakan doa yang dianjurkan dipanjatkan oleh umat muslim. (Sumber : Pexels.com/@Pavel Danilyuk)
Sukabumi Memilih08 Oktober 2024, 17:56 WIB

Kadisporapar Langgar Netralitas ASN, Pj Wali Kota Sukabumi Belum Bisa Berkomentar

Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji mengaku belum mendapat rekomendasi pasti dari Bawaslu yang menangani kasus tersebut.
Penjabat (Pj) Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji. (Sumber Foto : Istimewa)
DPRD Kab. Sukabumi08 Oktober 2024, 17:31 WIB

DPRD Sebut Banyak Perkebunan di Sukabumi Nganggur, Mayoritas HGU Belum Sisihkan Lahan

Mayoritas perusahaan perkebunan di Kabupaten Sukabumi belum mengoptimalkan lahan yang mereka kelola, dari luasan lahan yang masing-masing perusahaan miliki sesuai izin, belum semua lahan digarap secara produktif.
Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi saat Rakor dengan sejumlah mitra kerja, Senin (7/10/2024) | Foto : Sukabumi Update
Life08 Oktober 2024, 17:30 WIB

Kereta Hantu Manggarai, Cerita Urban di Jalur Perlintasan Jakarta Bogor

Menyimpan Kisah Mistis Kereta Hantu, Stasiun Manggarai dikenal sebagai salah satu stasiun kereta api terbesar dan tersibuk di Indonesia.
Ilustrasi. Mitos Kereta Hantu Manggarai. Foto: Instagram/keretaapikita
Sukabumi Memilih08 Oktober 2024, 17:08 WIB

Respons Kadisporapar Kota Sukabumi Usai Dinyatakan Melanggar Netralitas

Kadisporapar Kota Sukabumi memberikan respons usai dinyatakan melanggar netralitas ASN jelang Pilkada 2024 Sentra Gakkumdu setempat.
Kepala Disporapar Kota Sukabumi Tejo Condro Nugroho. | Foto: Istimewa
Musik08 Oktober 2024, 17:00 WIB

Viral Video Joker: Folie Deux, Ini Lirik Terjemahan Lagu I Forgive You Sia!

I Forgive You Sia, lagu bergenre pop ini memiliki durasi musik selama 4 menit 20 detik, dengan lirik yang viral di penggalan "I, I forgive you. You are not what you have done".
Tangkapan Layar Video Klip Joker di Lagu I Forgive You Sia. Foto: YouTube/GerardoSuntasig