Pantai Gunung Geder: Wisata Gratis di Garut yang Tawarkan Pesona Sunset Memukau

Jumat 04 Oktober 2024, 18:30 WIB
Sunset - Wisata Garut Pantai Gunung Geder memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. (Sumber : Google/Foto Milik Dhany Dhans).

Sunset - Wisata Garut Pantai Gunung Geder memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. (Sumber : Google/Foto Milik Dhany Dhans).

SUKABUMIUPDATE.com - Pantai Gunung Geder terletak di Kecamatan Cikelet, tepatnya di Desa Cijambe Kabupaten Garut, Jawa Barat. Pantai ini menawarkan keindahan yang tak kalah menawan dengan pantai-pantai lainnya di kawasan selatan.

Meskipun nama pantainya mengandung kata "gunung," ini hanyalah nama yang diberikan untuk pantai, bukan gunung.

Pantai ini memiliki air laut yang biru jernih dan pasir putih yang lembut. Keindahan alamnya yang begitu eksotis, menjadikannya tempat yang sempurna untuk menikmati matahari terbenam.

Di sekitar pantai, ada gazebo yang sering digunakan pengunjung untuk beristirahat. Wisata Garut Pantai Gunung Geder ini juga dikenal sebagai spot memancing, sehingga wisatawan yang datang kemungkinan akan bertemu banyak pemancing di area pantai.

Pasir putih kecoklatan yang halus di Pantai Gunung Geder. | Google/Foto Milik Zinu HitPasir putih kecoklatan yang halus di Pantai Gunung Geder. | Google/Foto Milik Zinu Hit.

Harga Tiket Masuk Pantai Gunung Geder

Mengutip infogarut, pengunjung yang ingin menikmati Pantai Gunung Geder tidak perlu membayar tiket masuk, alias gratis. Cukup hanya membayar biaya parkir kendaraan saja sebesar Rp 5.000 untuk mobil dan Rp 3.000 untuk motor.

Daya Tarik Pantai Gunung Geder

1. Sensasi Pantai Pribadi

Pantai ini terasa sepi dan tenang, terutama di hari-hari biasa, menciptakan pengalaman seolah berada di pantai pribadi. Dengan lokasinya yang jauh dari pemukiman, dikelilingi bukit dan pepohonan, tempat ini cocok bagi mereka yang mencari ketenangan.

2. Pasir Putih Eksotis

Pasir di pantai ini berwarna putih kecokelatan dan halus, menciptakan pemandangan yang indah berpadu dengan laut biru. Pasir ini aman untuk berbagai kegiatan, seperti bermain bola atau membuat istana pasir bagi anak-anak.

Fasilitas Gazebo Pantai Gunung Geder. | Google/Foto Wisata Gunung Geder.Fasilitas Gazebo Pantai Gunung Geder. | Google/Foto Wisata Gunung Geder.

3. Air Laut Jernih dan Hangat

Air di Pantai Gunung Geder sangat jernih dengan gradasi biru yang semakin pekat dari kejauhan. Ombaknya yang rendah membuat pantai ini aman untuk berenang, baik untuk dewasa maupun anak-anak.

4. Calon Ikon Wisata Bahari

Pantai ini sempat diajukan sebagai calon ikon wisata bahari Jawa Barat pada tahun 2011. Letaknya yang strategis membuatnya menjadi penghubung antara beberapa destinasi pantai lain di Garut.

5. Udara Sejuk

Meski terletak di pantai selatan yang biasanya panas, Pantai Gunung Geder memiliki udara sejuk karena dikelilingi oleh bukit dan sawah yang masih alami.

6. Perpaduan Warna Alam yang Memukau

Dari bukit di sekitar pantai, pengunjung bisa menikmati perpaduan warna alam yang menakjubkan: hijau dari pepohonan dan sawah, pasir putih, serta laut biru. Pemandangan ini jarang ditemukan di pantai lain.

7. Menikmati Sunset

Meskipun terletak di pantai selatan, posisi Pantai Gunung Geder memungkinkan pengunjung untuk menikmati matahari terbenam yang indah, menjadikannya lokasi ideal untuk menikmati senja dalam suasana yang tenang.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Jawa Barat04 Oktober 2024, 20:15 WIB

Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin Langsung Tantang Pengurus AMSI Selepas Pelantikan

Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin menantang pengurus Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jabar yang baru dilantik di Bandung, Jumat (4/10/2024). Dia meminta AMSI jadi garda terdepan menyaring informasi akurat dan terpercaya.
Bey Machmudin (Pj) Gubernur Jabar saat menghadiri Pelantikan Pengurus AMSI Jabar Periode 2024-2029 | Foto : Istimewa
Sukabumi04 Oktober 2024, 20:05 WIB

Usai Dilantik, Ini Gaji Fantastis yang Diterima 6 Anggota DPR RI Dari Dapil Sukabumi

Keenam anggota DPR dari Dapil Sukabumi tersebut, yaitu Dewi Asmara dari Golkar, Heri Gunawan dari Gerindra, dr. Slamet dari PKS, Iman Adinugraha dari Demokrat, Desy Ratnasari dari PAN, dan Zainul Munasichin dari PKB.
6 Anggota DPR RI dari Dapil Sukabumi resmi dilantik | Foto: SU
Life04 Oktober 2024, 20:00 WIB

Anak Berjengger, Legenda Urban Mbah Jawer Waduk Jatiluhur Purwakarta

Waduk di Jawa Barat yang memiliki fungsi vital sebagai sumber irigasi, pembangkit listrik, dan pariwisata ini, menyimpan kisah mistis bernama Mbah Jawer.
Waduk Jatiluhur Purwakarta. Foto: Instagram/explorepurwakarta
Jawa Barat04 Oktober 2024, 19:04 WIB

Pengurus AMSI Jabar 2024-2028 Resmi Dilantik, Siap Sinergi untuk Jabar

Pengurus Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wilayah Jawa Barat periode 2024-2028 resmi dilantik pada hari ini Jum’at (4/10/2024) di Hotel Savoy Homann, Bandung
Pelantikan Pengurus AMSI Jabar Periode 2024-2029 | Sumber Foto: Biro Adpim Jabar
Life04 Oktober 2024, 19:00 WIB

Hideung Hate! 14 Dampak Negatif Selalu Iri dan Dengki Pada Hidup Orang

Masyarakat Sunda biasanya menyebut orang iri dengki dengan istilah hideung hate (hati yang hitam). Sebab, orang yang iri, hatinya dipenuhi oleh aura negatif akibat benci dan tidak suka ketika melihat orang lain bahagia.
Ilustrasi. Stres emosional, dampak negatif karena hideung hate atau iri dengki pada orang lain. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi04 Oktober 2024, 18:43 WIB

Upaya Dinsos Bantu Keluarga Penghuni Rumah Tak Layak Huni di Ciracap Sukabumi

Dinsos Kabupaten Sukabumi sudah menerima laporan terkait kondisi keluarga Penghuni Rumah Tak Layak Huni di Ciracap.
Pemdes Cikangkung saat meninjau kondisi rumah panggung bilik bambu milik Timi yang tak layak huni. | Foto: SU/ Ragil Gilang
Food & Travel04 Oktober 2024, 18:30 WIB

Pantai Gunung Geder: Wisata Gratis di Garut yang Tawarkan Pesona Sunset Memukau

Wisata Garut Pantai Gunung Geder memiliki ombak yang tenang sangat cocok untuk bersantai atau bermain air.
Sunset - Wisata Garut Pantai Gunung Geder memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. (Sumber : Google/Foto Milik Dhany Dhans).
Sukabumi04 Oktober 2024, 18:16 WIB

Pemeliharaan Rutin, Dinas PU Sukabumi Perbaiki Jalan Sundawenang-Bojonggenteng

Dinas PU Kabupaten Sukabumi melalui UPTD Wilayah III tengah melakukan pemeliharaan rutin jalan di ruas Sundawenang-Bojonggenteng.
Ruas Jalan Sundawenang-Bojonggenteng diaspal Dinas PU Kabupaten Sukabumi, Jumat (4/10/2024). (Sumber : Istimewa)
Sukabumi04 Oktober 2024, 18:06 WIB

Peduli Kelompok Rentan di Wilayah Selatan, Dinsos Sukabumi Gelar Bimbingan Sosial

Kegiatan bimbingan sosial yang diikuti sebanyak 170 peserta dari warga Desa Gunungbatu, dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi dan Kabid Resos Dinsos Kabupaten Sukabumi
Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi menggelar kegiatan bimbingan sosial di Ciracap | Foto : Ragil Gilang
Life04 Oktober 2024, 18:00 WIB

Doa Memohon Rezeki Halal yang datang dari Segala Penjuru, Yuk Amalkan!

Berdoa adalah cara kita berkomunikasi dengan Allah SWT untuk meminta rezeki.
Berdoa adalah cara kita berkomunikasi dengan Allah SWT untuk meminta rezeki.  | Sumber: Freepik (rawpixel.com).