Leuwi Buleud: Kolam Renang Tengah Sungai di Sukabumi, Spot Wisata Alam Musiman

Jumat 27 September 2024, 14:54 WIB
Anak-anak kampung Cikupa berenang di kolam tengah sungai. Spot alam musiman di Sukabumi (Sumber: su/ragil)

Anak-anak kampung Cikupa berenang di kolam tengah sungai. Spot alam musiman di Sukabumi (Sumber: su/ragil)

SUKABUMIUPDATE.com - Potensi wisata alam Sukabumi Jawa Barat memang tidak ada habisnya. Banyak spot yang tersembunyi bahkan hanya muncul keindahan dan manfaatnya di musim-musim tertentu, seperti leuwi buleud, kolam renang ‘tengah sungai’ di Surade Kabupaten Sukabumi.

Kolam renang eksotik alam ini hanya muncul saat musim kemarau. Leuwi buleud adalah cekungan alam yang berada di tengah sungai Cikarang, berjarak kurang lebih 20 meter kurang lebih dari pinggir sungai.

Baca Juga: Melihat Puluhan Kincir Air di Lengkong Sukabumi, Tradisi Pertanian Anti Kemarau yang Tetap Terjaga

Lokasinya tak jauh dari Kampung Cikupa Desa Kadaleman, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi. Dengan dimensi sekitar 6 kali 6 meter dan paling dalam 2 meter, leuwi buleud saat kemarau menjadi kolam eksotik, karena airnya jernih.

Airnya tetap mengalir menuju hilir dengan volume yang tidak deras melalui celah-celah batuan dasar sungai. Kondisi ini membuat kesegaran dan kebersihan air leuwi buleud tetap terjaga walaupun sepanjang hari selama musim kemarau selalu dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk berenang.

Anak-anak kampung Cikupa berenang di kolam tengah sungai. Spot alam musiman di SukabumiAnak-anak kampung Cikupa berenang di kolam tengah sungai. Spot alam musiman di Sukabumi

Regi (18 tahun) warga Cikupa menjelaskan bahwa khusus untuk leuwi buleud hanya digunakan untuk mandi atau berenang, biasanya oleh anak-anak walaupun orang tua juga sering. Sementara untuk mencuci atau kegiatan lain, selama kemarau warga Cikupa juga memanfaatkan sisah aliran sungai cikarang di sudut yang lain.

"Kami biasanya sore hari pergi ke sungai pada sore hari, karena cuaca sudah teduh," ucap Regi.

Baca Juga: Wisata Budaya Kampung Naga Tasikmalaya Jawa Barat, Banyak Spot Foto & HTM Gratis!

Sepanjang kemarau Leuwi buleud ‘seakan’ menjadi private pool atau kolam renang privat warga Cikupa. “Ada juga yang dari luar cikupa, biasanya diajak oleh orang Cikupa karena belum banyak yang tahu,” beber Regi.

Saat sukabumiupdate.com, berkunjung ke sana pada 23 September 2024 petang, aliran sungai cikarang yang mengering dipenuhi oleh warga Cikupa dan sekitarnya. Selain berenang di leuwi buleud, ada yang mencuci piring, pakaian, bahkan kendaraan seperti motor.

sungai cikarang mengering akibat kemarau, muncul cekungan air bersih yang dimanfaatkan warga Sukabumisungai cikarang mengering akibat kemarau, muncul cekungan air bersih yang dimanfaatkan warga Sukabumi

Tentu untuk melihat serta menikmati kesegaran air leuwi buleud dan leuwi-leuwi lain di aliran sungai cikarang harus disaat musim kemarau. Jika musim penghujan datang, dan aliran sungai cikarang dalam kondisi normal, tidak ada leuwi atau cekungan dasar sungai yang terlihat apalagi bisa dinikmati untuk berenang dan berendam.

Untuk mencapai spot leuwi buleud ini, bisa diakses melalui jalan kabupaten ruas Surade - Waluran. Jalan yang menghubungkan Desa Kadaleman Kecamatan Surade dan Desa Caringinnunggal Kecamatan Waluran. Masuk dari arah Bunderan Surade melalui Eyang Santri Dalem menuju ke Desa Kadaleman.

Baca Juga: Curug Cigumawang yang Mempesona, HTM Rp10.000 Berjarak 30 Km dari Pusat Kota Serang Banten

Jika dari arah Caringinnunggal, melalui jalan Mareleng - Ciracap, masuk jalan aspal di kampung Mareleng. Akses ke lokasi memang belum mulus, masih banyak jalan rusak. Leuwi Buleud bisa masuk daftar spot wisata alam jabar yang bisa dikunjungi pas musim kemarau, saat wisata alam lainnya khususnya tirtawisata di Sukabumi mengering.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life27 September 2024, 18:00 WIB

Termaktub dalam Al-Quran, Doa Mohon Perlindungan dari Orang-orang Zalim

Orang zalim adalah mereka yang bertindak semena-mena dan tidak adil. Dalam Islam, perbuatan zalim sangat dilarang dan akan mendapat balasan.
Ilustrasi berdoa - Sebagai umat Islam, kita harus sabar jika mengalami kezaliman dan terus berdoa agar Allah melindungi kita. | (Sumber : Pixabay.com)
Musik27 September 2024, 17:30 WIB

Prediksi Setlist Konser Tunggu Aku Di Bandung Sheila On 7 Besok

Grup band Sheila On 7 akan menggebarakan panggung Bandung dengan menggelar konser bertajuk ‘Tunggu Aku Di Bandung’ pada Sabtu, 28 September 2024, di Stadion Si Jalak Harupat.
Prediksi Setlist Konser Tunggu Aku Di Bandung Sheila On 7 Besok (Sumber : Instagram/@sheilaon7)
Nasional27 September 2024, 17:02 WIB

Ada Masalah Gaji! Hakim se-Indonesia Cuti Massal 7-11 Oktober, Simak 5 Tuntutannya

Seruan aksi cuti bersama ini disampaikan gerakan yang menamakan diri Solidaritas Hakim Indonesia.
(Foto Ilustrasi) Sejumlah hakim dari berbagai daerah di Indonesia berniat melakukan gerakan cuti bersama pada 7-11 Oktober 2024. | Foto: Freepik
Musik27 September 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Asumsi Adrian Khalif dan Bernadya yang Baru Rilis, Galau Abis!

Makna Lagu Asumsi Adrian Khalif dan Bernadya menceritakan tentang sibuknya pikiran di kepala yang kebenarannya belum tentu.
Official Video Lagu Asumsi Adrian Khalif dan Bernadya. Foto: YouTube/EmotionEnterntainment
Produk27 September 2024, 16:35 WIB

Transformasi Digital 5 Tahun Erick Thohir, Layanan Catat Meter Mandiri PLN Mobile Beri Kemudahan

Fitur di PLN Mobile ini dapat membantu pelanggan untuk mengetahui perkiraan tagihan listrik setiap bulannya dan mengontrol pemakaian listrik bulanan pada rumah pelanggan.
Produk layanan PLN. | Foto: PLN
Life27 September 2024, 16:30 WIB

Pertama dan Tertua di Indonesia, Pembangunan Tol Jagorawi Banyak Makan 'Tumbal'

Ide pembangunan jalan bebas hambatan berbayar, Tol Jagorawi, bermula dari kondisi ekonomi Jakarta usai pembangunan Jalan Soedirman dan M.H. Thamrin, yang membutuhkan anggaran sangat besar.
Jalan Tol Jagorawi. Sumber: Instagram/bogorkeun
Sukabumi27 September 2024, 16:22 WIB

Berjarak 414 Km, Sukabumi dan Lalu Lintas Imigran-Pengungsi Menuju Christmas Island

Banyak nelayan yang mengenal Christmas Island karena terbawa badai ke pulau ini.
Tangkapan layar peta jarak Sukabumi dengan Christmas Island. | Foto: Google Maps
Bola27 September 2024, 16:11 WIB

PT LIB Ungkap Biang Kerok Kericuhan usai Laga Persib Vs Persija

Terkait dengan kericuhan yang terjadi, Ferry Paulus mengatakan PT LIB tidak bisa memberikan sanksi karena itu ranahnya Komisi Disiplin PSSI.
Tangkapan layar video kericuhan di pertandingan Persib vs Persija Jakarta dalam lanjutan Liga 1 2024/2025 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin sore, 23 September 2024. |  Foto: Indonesia Hooligans
Life27 September 2024, 16:00 WIB

Sungai Ciliwung Dahulu Kala: Paling Bersih di Dunia Hingga Dijuluki “Ratu dari Timur

Sungai Ciliwung memang pernah memiliki masa kejayaan di mana airnya begitu jernih dan bersih sehingga dianggap sebagai salah satu sungai terbersih di dunia.
Sungai Ciliwung memang pernah memiliki masa kejayaan di mana airnya begitu jernih dan bersih sehingga dianggap sebagai salah satu sungai terbersih di dunia. (Sumber : wikimedia/Universiteit Leiden).
Inspirasi27 September 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sebagai Chef/Cook dengan Penempatan di Kota Sukabumi, Cek Kualifikasinya!

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, yuk segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Sebagai Chef/Cook dengan Penempatan di Kota Sukabumi, Cek Kualifikasinya! (Sumber : Freepik.com/@wirestock)