Patilasan Prabu Siliwangi, Gunung Padang Cianjur Piramida Tertua Di Dunia

Rabu 25 September 2024, 12:30 WIB
Disebut Piramida Tertua Di Dunia, Ini Patilasan Prabu Siliwangi di Gunung Padang Cianjur. Foto: YouTube/ESGE Enterntainment

Disebut Piramida Tertua Di Dunia, Ini Patilasan Prabu Siliwangi di Gunung Padang Cianjur. Foto: YouTube/ESGE Enterntainment

SUKABUMIUPDATE.com - Penemuan Situs Gunung Padang di Cianjur Jawa Barat ratusan tahun lalu masih menyimpan banyak misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini.

Situs yang berada di perbatasan Dusun Gunungpadang dan Panggulan, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur ini bahkan santer disebut menjadi "piramida tertua di dunia". Sebab, tumpukan batu zaman purba persegi panjang yang berserakan di area Gunung Padang, membentuk punden dengan lima teras atau undak.

Tumpukan Batu Berserakan di Gunung Padang Cianjur. Foto: YouTube/ESGE EnterntainmentTumpukan Batu Berserakan di Gunung Padang Cianjur. Foto: YouTube/ESGE Enterntainment

Selain populer sebagai piramida tertua di dunia yang mengalahkan Piramida Giza di Mesir, Gunung Padang identik dengan Patilasan Prabu Siliwangi di zaman prasejarah. Narasi inilah yang menjadikan Gunung Padang populer secara Internasional maupun Lokal Jawa Barat.

Baca Juga: Menguak Tragedi Takokak 1948: Pembantaian Sadis Terlupa di Perbatasan Sukabumi

Gunung Padang Patilasan Prabu Siliwangi

Menariknya, dari lima teras Gunung Padang Cianjur Jawa Barat, Singgasana Prabu Siliwangi berada di puncak, yaitu teras kelima. Bukan tanpa alasan, keberadaan Singgasana di teras tertinggi Gunung Padang, menjadi cermin penghormatan terhadap nama Prabu Siliwangi yang tersohor hingga mancanegara.

Teras Lima, Patilasan Prabu Siliwangi Berada di Puncak Gunung Padang Cianjur. Foto: YouTube/ESGE EnterntainmentTeras Lima, Puncak Gunung Padang Cianjur.

Tak hanya itu, Singgasana Prabu Siliwangi di Gunung Padang diketahui menghadap ke arah Gunung Gede. Dahulu, Gunung Gede disebut juga Gunung Agung, sehingga bebatuan Eyang Siliwangi dianggap menghadap ke yang maha besar untuk memohon doa.

Menurut penuturan Mang Dadi, Juru Kunci Gunung Padang, batu yang diduga menjadi Patilasan Prabu Siliwangi itu digunakan untuk pemujaan (kini: disebut berdoa). Saat ini pun, kata Mang Dadi, pengunjung Gunung Padang banyak yang melangitkan doa ketika berada di area bebatuan Singgasana Prabu Siliwangi.

Patilasan Prabu Siliwangi di Teras Lima Gunung Padang Cianjur. Foto: YouTube/ESGE EnterntainmentSinggasana Prabu Siliwangi di Teras Lima Gunung Padang Cianjur.

"Tempat ini (Singgasana) pernah digunakan Eyang Siliwangi" ungkap Mang Dadi selaku Juru Kunci Gunung Padang, seperti dikutip dari kanal YouTube/ESGE Enterntainment, Rabu (25/9/2024).

Baca Juga: Sejarah Kerajaan Sukapura, Raden Wirawangsa dan Wangsadikusuma: Pemberontakan Dipati Ukur

Gunung Padang Cianjur Piramida Tertua Di Dunia

Para peneliti yang terdiri dari arkeolog, geofisikawan, geolog, dan paleontologi, menemukan bukti bahwa bangunan megalitik raksasa yang terletak di lanskap hijau Cianjur Jawa Barat ini adalah piramida tertua di dunia. 

Disebut Piramida Tertua Di Dunia, Ini Patilasan Prabu Siliwangi di Gunung Padang Cianjur. Foto: YouTube/ESGE EnterntainmentGunung Padang Cianjur

Dipimpin oleh ahli geologi Danny Hilman Natawidjaja dan timnya di Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Indonesia, penelitian menunjukkan bahwa Gunung Padang berasal dari Zaman Es terakhir, sekitar 25.000 hingga 14.000 tahun yang lalu.

Konstruksi piramida tertua di Gunung Padang kemungkinan "berasal dari bukit lava alami sebelum dipahat dan kemudian diselimuti arsitektur". Melansir arkeonews.net, tim peneliti mengungkap hal ini membuat Gunung Padang berusia setidaknya 16.000 tahun.

Bukti lain yang mendukung bahwa Gunung Padang adalah piramida tertua di dunia yakni lava yang dipahat mengukir bentuk-bentuk di puncak gunung berapi kecil yang sudah mati.

Peneliti turut menemukan beberapa upaya yang jika digabungkan dari waktu ke waktu, menghasilkan struktur piramida yang lengkap.

Sekitar tahun 7900 dan 6100 SM, ada penambahan lapisan batu bata dan tiang-tiang batu serta lapisan tanah ke bagian bukit, menutupi beberapa pekerjaan sebelumnya. Hingga antara tahun 2000 dan 1100 SM, piramida tertua di dunia ini selesai dibangun, ditandai dengan kelompok lain yang menambahkan lapisan tanah atas tambahan, teras batu, dan elemen-elemen lainnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Fashion25 September 2024, 15:30 WIB

Bentuknya Begitu Khas, Mengenal Boneka Labubu yang Viral Karena Lisa BLACKPINK

Saat ini media sosial Indonesia tengah dihebohkan dengan sebuah boneka unik berbentuk monster lucu dan menggemaskan yang dikenal bernama Labubu.
Bentuknya Begitu Khas, Mengenal Boneka Labubu yang Viral Karena Lisa BLACKPINK (Sumber : X/@labubuoffcial)
Nasional25 September 2024, 15:26 WIB

Hadirkan Pembicara Internasional, LMS 2024 akan Pertemukan Ratusan Pengelola Media Lokal

Local Media Summit (LMS) 2024 mengangkat tema 'Technological Transformation in Local Media: Serving The Audience Tomorrow'.
Peserta Local Media Summit tahun 2022. (Sumber : Istimewa)
Nasional25 September 2024, 15:18 WIB

Jokowi: Indonesia Kutuk Serangan Israel ke Lebanon, Minta Respons Cepat PBB

Presiden Jokowi menegaskan dirinya sudah berkoordinasi dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi terkait kondisi WNI di Lebanon pasca serangan Israel.
Presiden Joko Widodo. (Sumber : Youtube Setkab RI)
Inspirasi25 September 2024, 15:00 WIB

Loker Sebagai Kasir dengan Penempatan di Kota Sukabumi, Yuk Cek Kualifikasinya

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Loker Sebagai Kasir dengan Penempatan di Kota Sukabumi, Yuk Cek Kualifikasinya. (Sumber : Freepik/pressfoto)
Nasional25 September 2024, 14:25 WIB

Lawan Kotak Kosong, Daftar 37 Paslon Tunggal di Pilkada Serentak 2024

KPU mencatat ada 37 paslon yang nantinya akan melawan kotak kosong.
(Foto Ilustrasi) KPU telah menetapkan daftar paslon yang akan maju dalam Pilkada 2024. | Foto: Istimewa
Bola25 September 2024, 14:00 WIB

Prediksi Timnas Indonesia U-20 vs Maladewa di Kualifikasi Piala Asia U-20 2025

Timnas Indonesia U-20 vs Maladewa akan tersaji malam ini dalam laga Perdana Kualifikasi Piala Asia U-20 2025.
Timnas Indonesia U-20 vs Maladewa akan tersaji malam ini dalam laga Perdana Kualifikasi Piala Asia U-20 2025. (Sumber : X@TimnasIndonesia).
Entertainment25 September 2024, 13:30 WIB

YG Konfirmasi BLACKPINK akan Comeback dan World Tour Tahun Depan

YG Entertainment secara resmi mengumumkan bahwa BLACKPINK akan comeback dengan merilis album baru dan menggelar world tour tahun depan.
YG Konfirmasi BLACKPINK akan Comeback dan World Tour Tahun Depan (Sumber : Instagram /@blackpinkofficial)
Food & Travel25 September 2024, 13:00 WIB

HTM Cuma Rp5 Ribu, Curug Munding Lebak Banten Destinasi Wisata Liburan Murah Meriah

Curug Munding, yang terletak di Lebak, Banten, merupakan salah satu destinasi alam tersembunyi yang menawarkan daya tarik luar biasa bagi pecinta alam dan wisata petualangan.
Curug Munding, yang terletak di Lebak, Banten, merupakan salah satu destinasi alam tersembunyi yang menawarkan daya tarik luar biasa bagi pecinta alam dan wisata petualangan. (Sumber : Facebook/@msaroni11/2@Wow Banten).
Food & Travel25 September 2024, 12:30 WIB

Patilasan Prabu Siliwangi, Gunung Padang Cianjur Piramida Tertua Di Dunia

Selain populer sebagai piramida tertua di dunia yang mengalahkan Piramida Giza di Mesir, Gunung Padang identik dengan Patilasan Prabu Siliwangi di zaman prasejarah.
Disebut Piramida Tertua Di Dunia, Ini Patilasan Prabu Siliwangi di Gunung Padang Cianjur. Foto: YouTube/ESGE Enterntainment
Bola25 September 2024, 12:00 WIB

Manajemen dan Panpel Persib Dipanggil LIB Imbas Kerusuhan Suporter, Bakal Kena Sanksi?

PT LIB berencana hari ini Rabu (25/09/2024) akan memanggil Manajemen dan Panpel Persib terkait kerusuhan suporter.
Ilustrasi - Manajemen dan Panpel Persib Dipanggil LIB Imbas Kerusuhan Suporter Pukuli Steward. | (Sumber : persib.co.id)