Melihat Batuan Unik di Balik Aliran Curug Cimarinjung Geopark Ciletuh Sukabumi

Rabu 25 September 2024, 10:08 WIB
Kondisi Curug Cimarinjung di Kampung Ciporeang, Desa Ciemas, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Ragil Gilang

Kondisi Curug Cimarinjung di Kampung Ciporeang, Desa Ciemas, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Musim kemarau di wilayah Sukabumi selatan berdampak pada sejumlah objek wisata alam air terjun. Salah satunya adalah Curug Cimarinjung di Kampung Ciporeang, Desa Ciemas, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Spot setinggi sekitar 97 meter ini mengalami penurunan debit air.

Meski begitu, air masih mengalir dengar latar belakang batuan indah pada dinding curug yang berada di zona inti Ciletuh-Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGGp). Sebagai informasi, kawasan CPUGGp tersebar di delapan kecamatan yakni Cisolok, Cikakak, Palabuhanratu, Simpenan, Waluran, Ciemas, Ciracap, dan Surade.

Memiliki sumber air dari berbagai aliran sungai di Simpenan dan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Curug Cimarinjung menjadi salah satu tujuan menarik bagi wisatawan. Tempat ini juga tidak terlalu jauh dari Pantai Palangpang. Pantauan beberapa waktu lalu, air yang bersih terlihat masih mengalir di balik tebing batuan.

Baca Juga: Ekspedisi Canyoneering, Kenalkan Potensi Wisata Alam Baru di Jampangtengah Sukabumi

Deni, warga Kecamatan Ciracap, bersama istri dan anak perempuannya menyempatkan mampir ke Curug Cimarinjung sehabis berkegiatan di Desa Ciemas. "Ada kegiatan baksos di Desa Ciemas, pulangnya mampir dulu ke sini," kata dia di Curug Cimarinjung kepada sukabumiupdate.com, Senin, 23 September 2024.

Deni bersama keluarga mengabadikan kunjungannya dengan berfoto berlatar belakang air terjun dan batuan. "Batunya unik-unik, airnya meski kecil, tapi jernih dan bersih," ujarnya.

Menurut informasi dari pengelola Curug Cimarinjung, hulu curug ini berada di Gunung Hanjuang Kiaradua, Kecamatan Simpenan. Curug Cimarinjung menjadi muara beberapa sungai di Ciemas dan Simpenan seperti Cihaur, Ganitri, Cicurug, Cigembong, dan Cibatu. Sejumlah sungai tersebut mengalir ke Sungai Cimarinjung.

Penurunan debit air juga tidak mengganggu aktivitas petani di sekitar curug yakni di Kampung Cimarinjung, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas. Bahkan mereka mulai melakukan tanam padi yang ketiga kali.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Entertainment25 September 2024, 13:30 WIB

YG Konfirmasi BLACKPINK akan Comeback dan World Tour Tahun Depan

YG Entertainment secara resmi mengumumkan bahwa BLACKPINK akan comeback dengan merilis album baru dan menggelar world tour tahun depan.
YG Konfirmasi BLACKPINK akan Comeback dan World Tour Tahun Depan (Sumber : Instagram /@blackpinkofficial)
Food & Travel25 September 2024, 13:00 WIB

HTM Cuma Rp5 Ribu, Curug Munding Lebak Banten Destinasi Wisata Liburan Murah Meriah

Curug Munding, yang terletak di Lebak, Banten, merupakan salah satu destinasi alam tersembunyi yang menawarkan daya tarik luar biasa bagi pecinta alam dan wisata petualangan.
Curug Munding, yang terletak di Lebak, Banten, merupakan salah satu destinasi alam tersembunyi yang menawarkan daya tarik luar biasa bagi pecinta alam dan wisata petualangan. (Sumber : Facebook/@msaroni11/2@Wow Banten).
Food & Travel25 September 2024, 12:30 WIB

Patilasan Prabu Siliwangi, Gunung Padang Cianjur Piramida Tertua Di Dunia

Selain populer sebagai piramida tertua di dunia yang mengalahkan Piramida Giza di Mesir, Gunung Padang identik dengan Patilasan Prabu Siliwangi di zaman prasejarah.
Disebut Piramida Tertua Di Dunia, Ini Patilasan Prabu Siliwangi di Gunung Padang Cianjur. Foto: YouTube/ESGE Enterntainment
Bola25 September 2024, 12:00 WIB

Manajemen dan Panpel Persib Dipanggil LIB Imbas Kerusuhan Suporter, Bakal Kena Sanksi?

PT LIB berencana hari ini Rabu (25/09/2024) akan memanggil Manajemen dan Panpel Persib terkait kerusuhan suporter.
Ilustrasi - Manajemen dan Panpel Persib Dipanggil LIB Imbas Kerusuhan Suporter Pukuli Steward. | (Sumber : persib.co.id)
Nasional25 September 2024, 11:58 WIB

Tito Sebut Banyak Tenaga Honorer Pemda Titipan Timses, Anggaran Daerah Jadi Bengkak

Pemda perlu memotong model rekrutmen pegawai semacam ini.
(Foto Ilustrasi) Mendagri Muhammad Tito Karnavian menyebut banyak pegawai honorer di daerah yang merupakan titipan timses. | Foto: Shutterstock
Entertainment25 September 2024, 11:30 WIB

Permohonan Cerai Andre Taulany kepada Rien Wartia Trigina Ditolak, Ini Alasannya

Majelis hakim pengadilan Agama Tigaraksa, Tangerang, Banten, menolak permohonan talak cerai dari komedian Andre Taulany kepada istrinya, Rien Wartia Trigina atau Erin.
Majelis hakim pengadilan Agama Tigaraksa, Tangerang, Banten, menolak permohonan talak cerai dari komedian Andre Taulany kepada istrinya, Rien Wartia Trigina atau Erin (Sumber : Instagram/@erintaulany)
Sukabumi Memilih25 September 2024, 10:30 WIB

Simak Ancamannya, Mendagri Wanti-wanti Kades yang Tak Netral di Pilkada 2024

Tito telah mengimbau berkali-kali agar kades tetap netral selama Pilkada 2024.
(Foto Ilustrasi) Mendagri Muhammad Tito Karnavian mengatakan temuan pelanggaran kades yang tidak netral selama Pilkada 2024 dapat dilaporkan ke Bawaslu. | Foto: Istimewa
Food & Travel25 September 2024, 10:08 WIB

Melihat Batuan Unik di Balik Aliran Curug Cimarinjung Geopark Ciletuh Sukabumi

Lokasi Curug Cimarinjung tidak terlalu jauh dari Pantai Palangpang.
Kondisi Curug Cimarinjung di Kampung Ciporeang, Desa Ciemas, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Ragil Gilang
Fashion25 September 2024, 10:00 WIB

5 Tips Padu Padan Sepatu Boots Wanita Agar Terlihat Modis dan Stylish

Dengan pemilihan yang tepat, boots bisa menjadi statement fashion item yang versatile untuk berbagai acara.
Ilustrasi - Dengan pemilihan yang tepat, boots bisa menjadi statement fashion item yang versatile untuk berbagai acara. (Sumber : Freepik.com/@bristekjegor).
Entertainment25 September 2024, 09:53 WIB

YA, Terdakwa Kasus Kematian Dante Anak Tamara Dituntut Hukuman Mati

Yudha Arfandi alias YA dituntut Hukuman Mati, dalam kasus kematian Raden Andante Khalif Pramudityo, atau lebih dikenal sebagai Dante (6), anak dari aktris FTV Tamara Tyasmara.
YA, Terdakwa Kasus Kematian Dante Anak Tamara Dituntut Hukuman Mati | Foto : YouTube/@Indosiar