Danau Lido Cigombong: Jejak Ratu Wilhelmina Hingga Mitos Buaya Putih dan Ular Naga yang Menjaganya

Sabtu 21 September 2024, 12:00 WIB
Danau Lido - Danau Lido tidak hanya menawarkan keindahan alam, tetapi juga menyimpan jejak sejarah dan mitos yang menyelimutinya. (Sumber : lidolakeresort.com).

Danau Lido - Danau Lido tidak hanya menawarkan keindahan alam, tetapi juga menyimpan jejak sejarah dan mitos yang menyelimutinya. (Sumber : lidolakeresort.com).

SUKABUMIUPDATE.com - Danau Lido, merupakan salah satu dari sekian banyak danau di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, adalah destinasi wisata penuh sejarah yang
menjadi favorit wisatawan lokal.

Danau Lido adalah sebuah danau buatan yang terletak di Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Jaraknya lokasi ini berkisar 70 km dari Jakarta dengan waktu tempuh yang dibutuhkan sekitar 2 jam.

Dengan luas mencapai 1.700 hektar dan dikelilingi oleh pegunungan yang menawan, danau ini menawarkan pemandangan alam yang sangat indah dan menyegarkan.

Keindahan alamnya yang memesona, udara sejuk, dan berbagai aktivitas menarik menjadi daya tarik utama bagi wisatawan. Keindahan alamnya yang mempesona, ditambah dengan berbagai aktivitas menarik, membuat danau ini menjadi tujuan wisata favorit banyak orang.

Ada banyak aktivitas seru yang bisa di lakukan di Danau Lido, mulai dari bersepeda santai di sekitar danau, memancing ikan, hingga bermain perahu. Untuk memenuhi kebutuhan pengunjung, Danau Lido menyediakan berbagai fasilitas seperti hotel, restoran, dan taman bermain.

Harga tiket masuk Danau Lido sangat terjangkau yakni Rp5.000 per orang, sehingga pengunjung bisa mengajak keluarga atau teman untuk menikmati keindahan alamnya tanpa perlu khawatir mengeluarkan biaya yang besar.

Misteri Buaya Putih dan Ular Naga

Buaya putih dan ular naga. | Istimewa.Buaya putih dan ular naga. | Istimewa.

Meskipun banyak dikunjungi wisatawan, Danau Lido ternyata menyimpan cerita mistis yang dipercaya oleh warga setempat. Konon, danau ini dijaga oleh seekor ular naga dan buaya putih.

Masyarakat sekitar meyakini bahwa danau tersebut dihuni oleh makhluk mistis seperti naga dan buaya putih. Konon, ular naga berukuran besar dan buaya putih sewaktu-waktu kenampakan diri di permukaan danau.

Menurut mitos yang beredar di kalangan masyarakat, danau seluas 1,7 hektar tersebut dipercaya dijaga oleh seekor naga dan seekor buaya putih yang sewaktu-waktu menampakan diri di kawasan danau.

Konon, penampakan ular naga raksasa dan buaya putih seringkali menghantui danau ini saat masyarakat sedang memancing. Dikisahkan, bahwa naga itu kerap muncul dari kedalaman danau, terutama saat malam 1 Suro dan malam-malam bulan purnama.

Dibuat Pada Zaman Belanda

Wisata danau Lido dibuat pada zaman kolonial Belanda sekitar tahun 1898. Ketika itu mereka sedang membangun Jalan Raya Bogor-Sukabumi, dan tempat tersebut menjadi peristirahatan bagi para pejabat tinggi dan pemilik perkebunan yang terlibat dalam proyek tersebut.

Danau Lido terbentuk dari hasil aliran sungai dan mata air alami yang dibendung. Konon, bendungan tersebut awalnya terbuat dari kaca yang sangat tebal, namun kini sudah tertimbun oleh tanah di wilayah Kampung Tambakan.

Danau Lido, dengan panorama alamnya yang menakjubkan, menjadi permata tersembunyi di antara lembah Cijeruk dan Cigombong. Keindahannya semakin lengkap dengan keberadaan air terjun Curug Cikaweni.

Dibuka Tahun 1940 dan Dikunjungi Ratu Wilhelmina

Ratu Wihelmina. | royal-house.nlRatu Wihelmina. | royal-house.nl.

Kawasan ini baru bisa diakses oleh publik pada tahun 1940, setelah Ratu Wilhelmina mengunjungi dan beristirahat di Lido pada tahun yang sama. Saat itu, sebuah restoran pertama kali dibuka untuk melengkapi fasilitas wisata sekaligus menyambut kedatangan sang ratu. Restoran tersebut kini dikenal sebagai Oranje Lido.

Presiden Soekarno Menulis Buku Berjudul Sarinah di Lido

Selain Ratu Wilhelmina, Presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno, juga sering beristirahat di kawasan ini. Menurut beberapa sumber, di tempat inilah Soekarno menulis salah satu karya terkenalnya, "Sarinah," sebuah buku yang menggambarkan sosok perempuan Indonesia yang menjadi inspirasinya.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Arena21 September 2024, 14:30 WIB

Mahasiswa Nusa Putra University Kembali Berprestasi di PON 2024 Aceh-Sumut

Prestasi ini tidak hanya menjadi kebanggaan bagi Provinsi Jawa Barat, tetapi juga mengukuhkan posisi Nusa Putra University.
Mahasiswa Nusa Putra University Abdan Syakuuro dan Aulia Suci Nurfadila. | Foto: Istimewa
Keuangan21 September 2024, 14:13 WIB

Ditunjuk Jadi Pilot Project, UMMI Sukabumi Gelar Sosialisasi Keuangan Inklusif

Program ini diharapkan dapat menekan angka masyarakat yang mengakses keuangan ilegal.
Sosialisasi keuangan inklusif di Aula Kampus UMMI pada Jumat (20/9/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Entertainment21 September 2024, 14:09 WIB

Tingginya Mencapai 2,26 Meter, Wanita Cantik Asal Tiongkok Ini Kesulitan Cari Pacar

Xiao Mai wanita cantik dengan tinggi 2,26 meter ini kesulitan untuk mencari pasangan.
Xiao Mai wanita cantik dengan tinggi 2,26 meter ini kesulitan untuk mencari pasangan. (Sumber : odditycentral.com).
Nasional21 September 2024, 13:41 WIB

Politikus Kelahiran Sukabumi, Profil Kang Aher yang Ditunjuk Jadi Plh Presiden PKS

Kang Aher sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua Majelis Syura PKS.
PKS menunjuk Kang Aher sebagai Plh Presiden PKS. | Foto: pks.id
Kecantikan21 September 2024, 13:00 WIB

9 Kelebihan Lip Matte Dibandingkan Lip Tint, Tahan Lama!

Lip Matte vs Lip Tint. Karena hasil akhirnya yang matte, lip matte tidak membuat bibir terlihat berminyak atau mengkilap.
Ilustrasi. Meskipun lip matte memiliki banyak kelebihan, perlu diingat bahwa beberapa formula lip matte dapat membuat bibir terasa kering. (Sumber : Freepik/@freepik)
Food & Travel21 September 2024, 12:00 WIB

Danau Lido Cigombong: Jejak Ratu Wilhelmina Hingga Mitos Buaya Putih dan Ular Naga yang Menjaganya

Danau Lido tidak hanya menawarkan keindahan alam, tetapi juga berbagai aktivitas menarik yang dapat Anda nikmati.
Danau Lido - Danau Lido tidak hanya menawarkan keindahan alam, tetapi juga menyimpan jejak sejarah dan mitos yang menyelimutinya. (Sumber : lidolakeresort.com).
Sukabumi21 September 2024, 11:49 WIB

Revolver Kaliber Peluru 32 Cm, Senjata Tersangka Penembakan Pemilik Warkop di Sukabumi

Tersangka sempat curhat soal utang piutang dengan korban di dalam mobil miliknya.
Barang bukti senjata api rakitan jenis revolver dalam kasus penembakan pemilik warkop di Kota Sukabumi. Senjata ini diperlihatkan saat konferensi pers di Mapolres Sukabumi Kota pada 20 September 2024. | Foto: SU/Asep Awaludin
Mobil21 September 2024, 11:00 WIB

Goyang-goyang Mobil Saat Isi Bensin Apakah Dianjurkan? Simak Mitos dan 4 Dampaknya

Menggoyang-goyangkan mobil saat mengisi bensin bukan hanya sia-sia, tetapi juga sangat berbahaya.
Ilustrasi - Menggoyang-goyangkan mobil saat mengisi bensin bukan hanya sia-sia, tetapi juga sangat berbahaya. (Sumber : Pixabay.com/@Engin_Akyurt).
Bola21 September 2024, 10:00 WIB

Jelang Big Match Persib vs Persija di Liga 1 Pekan ke-6: Jakmania Dilarang datang ke Bandung!

Suporter Persija atau Jakmania dilarang datang ke Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung.
Suporter Persija atau Jakmania dilarang datang ke Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung. (Sumber : X/@Persija_Jkt/@persib).
Sukabumi Memilih21 September 2024, 09:50 WIB

Relawan Politik

Pemilihan Umum merupakan momentum lima tahunan yang selalu menarik perhatian banyak kalangan. Selain menjadi panggung utama bagi aktor politik seperti kandidat dan partai politik, juga relawan politik
Relawan politik | Foto : Pixabay