5 Pemandian Air Panas di Sukabumi, Relaksasi Bersama Keluarga Saat Libur Long Weekend

Jumat 13 September 2024, 20:00 WIB
Banyak pemandian air panas di Sukabumi yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti kolam renang, restoran, penginapan, hingga taman bermain anak. (Sumber : Instagram/@@imanfsy/@badilmorrison).

Banyak pemandian air panas di Sukabumi yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti kolam renang, restoran, penginapan, hingga taman bermain anak. (Sumber : Instagram/@@imanfsy/@badilmorrison).

SUKABUMIUPDATE.com - Mengunjungi pemandian air panas di Sukabumi adalah pilihan yang sangat tepat untuk melepas penat dan menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga saat libur long weekend.

Sukabumi memiliki beberapa pilihan pemandian air panas dengan suasana yang berbeda-beda, sehingga pengunjung bisa memilih yang paling sesuai dengan preferensi keluarga.

Apalagi Sukabumi dikelilingi oleh pegunungan dan pemandangan alam yang hijau, sehingga pengunjung bisa menikmati keindahan alam sambil berendam di air panas.

Berendam di air panas memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti merelaksasi otot, mengurangi stres, dan meningkatkan sirkulasi darah.

Nah, daripada libur long weekend bingung mau kemana, mending kunjungi pemandian air panas di Sukabumi ini. Berikut rekomendasinya untuk Anda.

1. Pemandian Air Panas Cikundul

Pemandian Air Panas Cikundul. | Foto: IstimewaPemandian Air Panas Cikundul. | Foto: Istimewa

Terkenal sebagai salah satu destinasi wisata favorit di Sukabumi, Pemandian Air Panas Cikundul selalu ramai pengunjung, terutama saat musim liburan. Kepopulerannya ini tak lepas dari lokasinya yang sangat strategis, tidak jauh dari pusat Kota Sukabumi.

Tepatnya berada di Jalan Proklamasi No. 242, Kelurahan Cikundul, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi, Jawa Barat, pemandian ini buka dari pukul 08.00 - 00.00 WIB dan sangat mudah diakses oleh wisatawan.

Pengunjung dapat menikmati berbagai fasilitas yang tersedia, mulai dari kolam air panas dan dingin untuk merelaksasi tubuh, hingga penginapan dan kamar mandi pribadi bagi yang ingin berlama-lama menikmati suasana tenang.

Untuk menikmati fasilitas pemandian, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp6.000 untuk anak-anak dan Rp8.000 untuk dewasa. Bagi yang ingin privasi, tersedia kamar rendam dengan tarif Rp30.000 per jam, maksimal untuk tiga orang.

Jika Anda berencana menginap, cottage dapat disewa dengan harga Rp110.000 per 12 jam pada hari biasa, dan Rp125.000 per 12 jam pada hari libur.

2. Pemandian Air Panas 3D

Pemandian Air Panas 3D. |Pemandian Air Panas 3D. | Instagram/@badilm.

Selain Pemandian Air Panas Cikundul, ada juga Pemandian Air Panas 3D yang menawarkan pengalaman berendam yang tak kalah menyegarkan. Keduanya berada di lokasi yang berdekatan yakni di Kelurahan Cikundul, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi, Jawa Barat.

Letaknya yang strategis membuat pemandian ini mudah diakses, namun suasana yang tenang dan jauh dari kebisingan kota tetap terjaga, sehingga cocok untuk bersantai setelah seharian beraktivitas.

Untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung, Pemandian Air Panas 3D menyediakan dua pilihan fasilitas, yaitu kamar pemandian pribadi yang menawarkan privasi dengan tarif Rp 50.000 per jam, atau kolam umum untuk pengalaman berendam bersama.

Selain kolam pribadi, terdapat pula kolam umum yang dapat dinikmati dengan harga tiket Rp15.000 per orang. Kolam umum ini sangat cocok bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi berendam bersama orang-orang terdekat.

Dengan luas dan kebersihan yang terjaga, pengalaman berendam di sini dijamin menyenangkan. Pemandian Air Panas 3D beroperasi setiap hari mulai pukul 07.30 pagi hingga 22.00 malam.

3. Geyser Cisolok

Pengunjung Geyser Cisolok Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas SupendiPengunjung Geyser Cisolok Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi.

Pemandian air panas Geyser Cisolok di Sukabumi menawarkan pengalaman unik yang tidak akan Anda temukan di tempat lain. Air panas di sini dipercaya memiliki khasiat penyembuhan.

Dengan suhu yang cukup tinggi, sekitar 40-50 derajat Celcius, air panas ini dipercaya efektif dalam meredakan berbagai penyakit, termasuk rematik, asam urat, dan penyakit kulit.

Anda dapat menemukan Geyser Cisolok di Desa Wangunsari, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Jika berangkat dari Pelabuhan Ratu, jarak tempuhnya sekitar 17 kilometer atau sekitar 35 menit.

Pemandian air panas ini beroperasi setiap hari mulai pukul 06.00 pagi hingga pukul 17.00 sore. Dengan harga tiket masuk yang sangat ramah di kantong, yaitu hanya Rp5.000, siapa pun dapat menikmati keindahan alam dan khasiat air panasnya.

4. Pemandian Air Panas Sukarame

Pemandian Air Panas Sukarame. | Sukabumiupdate.comPemandian Air Panas Sukarame. | Sukabumiupdate.com.

Ternyata, kekayaan alam Kecamatan Cisolok tidak hanya sebatas Geyser Cipanas Cisolok. Tersembunyi di Kampung Cipanas, Desa Sukarame, sekitar 27 kilometer dari pusat kota Palabuhanratu, terdapat sumber mata air panas alami yang menarik untuk dikunjungi.

Meskipun menawarkan keindahan alam yang menawan, akses menuju lokasi sumber air panas Sukarame masih belum sepenuhnya memadai. Perjalanan dari pertigaan Cimaja (Jalan Cirenik) membutuhkan waktu sekitar setengah jam.

Setibanya di lokasi, mata kita dimanjakan oleh hamparan sawah yang hijau sejauh mata memandang. Aroma belerang yang khas semakin menambah suasana alami tempat ini. Uap air panas yang mengepul dari sumbernya menjadi pertanda akan kehangatan yang menanti.

Suhu air di sumbernya sangat tinggi, mencapai lebih dari 60 derajat Celcius. Oleh karena itu, pengunjung dianjurkan untuk menikmati kehangatan air panas di Sungai Sukarame yang berada di seberang. Air di sungai ini dipercaya memiliki khasiat yang luar biasa, seperti menghilangkan pegal-pegal, mengurangi kelelahan, serta mengatasi berbagai masalah kulit seperti gatal-gatal.

5. Pemandian Air Panas Cibuni

Pemandian air panas CibuniPemandian air panas Cibuni. | SU/Ragil/

Anda bisa menemukan Pemandian Air Panas Cibuni di Kampung Cipanas, Desa Cidadap, Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi.

Lokasinya yang strategis, dekat dengan Jembatan Cibuni yang menghubungkan Kabupaten Cianjur dan Sukabumi, membuat pemandian ini mudah diakses.

Uniknya, sumber air panas di sini berasal dari aliran Sungai Cibungur yang kemudian mengalir menuju Sungai Cibuni.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Life18 September 2024, 12:09 WIB

Jati Diri Sunda, 3 Makna Si Cepot Wayang Golek Menurut Millenial Gen Z

Si Cepot tak hanya merupakan bagian dari kesenian wayang golek melainkan juga sebagai jati diri orang Sunda sekaligus sejarah budaya.
Ilustrasi. Astrajingga atau Si Cepot adalah anak tertua Semar yang identik dengan Ki lurah Bagong. Foto: Instagram/@saung_padmanegara
Bola18 September 2024, 12:00 WIB

Final Sepakbola Putra PON 2024: Jawa Barat vs Jawa Timur, Klik Disini untuk Link Streamingnya!

Sepakbola PON putra 2024 akan mempertemukan Jawa Barat dan Jawa Timur di Final.
Sepakbola PON putra 2024 akan mempertemukan Jawa Barat dan Jawa Timur di Final. | (Sumber : Instagram/@pssi.jabar/@pssijatim).
Sukabumi Memilih18 September 2024, 11:43 WIB

ASN Sukabumi Hati-hati! Bakal Diberhentikan Sementara Jika Tak Netral di Pilkada 2024

Netralitas ini harus dijaga dari mulai proses kampanye.
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji (kiri) dan Pj Sekda Kota Sukabumi Hasan Asari (kanan) di Ecovention Ancol Jakarta, Selasa, 17 September 2024. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Jawa Barat18 September 2024, 11:27 WIB

Geliat Sesar Garsela, BMKG Ungkap Pemicu Gempa Darat Dangkal M5.0 di Bandung

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG mengungkap pemicu gempa dangkal berkekuatan M5.0 yang mengguncang Bandung dan sekitarnya, Rabu pagi (18/9/2024) pukul 09.41 WIB.
Parameter gempa darat M5.0 di Bandung (18/9/2024) (Sumber: dok BMKG)
Sukabumi Memilih18 September 2024, 10:53 WIB

Bawaslu Ingatkan Hukuman Pidana Jika Calon Kepala Daerah Libatkan ASN dan Kades

Anggota Bawaslu RI Puadi mengingatkan ada ancaman pidana bagi yang melanggar.
(Foto Ilustrasi) Bawaslu RI mengimbau calon kepala daerah tidak melibatkan ASN dan Kades selama Pilkada 2024. | Foto: Menpan.go.id
Sukabumi18 September 2024, 10:43 WIB

Terapung di Laut, Jenazah Pelajar yang Terseret Ombak Pantai Cipatuguran Sukabumi

Suryo menjelaskan penemuan korban bermula dari laporan nelayan.
Proses evakuasi jenazah Lang Lang Buana (17 tahun) dari perairan Pantai Cipatuguran, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Rabu (18/9/2024). | Foto: Istimewa
Jawa Barat18 September 2024, 10:37 WIB

Gempa Darat M5.0 Guncang Bandung: Kedalaman 10 KM, Cek Episentrumnya

BMKG mencatat, gempa ini berlokasi di darat 24 KM tenggara Kabupaten Bandung Jawa Barat, dengan kekuatan M5.0 dan kedalaman 10 KM
BMKG mencatat, gempa ini berlokasi di darat 24 KM tenggara Kabupaten Bandung Jawa Barat, dengan kekuatan M5.0 dan kedalaman 10 KM. (Sumber: bmkg - google maps)
Life18 September 2024, 10:28 WIB

5 Fakta Saki Tamogami, Wanita Jepang yang Hidup Hemat Ekstrem Demi Beli Rumah 7M

Wanita Jepang Hidup Hemat Ekstrem untuk Beli Rumah 7M, Saki Tamogami memiliki motto hidup anti beli barang tidak obral alias pecinta diskon.
Saki Tamogami, Wanita Jepang yang Hidup Hemat Ekstrem Demi Beli Rumah 7M (Sumber : Istimewa)
Sukabumi18 September 2024, 10:14 WIB

Pengerjaan Pelat Beton di Pabuaran Sukabumi Disorot Warga, UPTD PU Jelaskan Begini

Pengerjaan pelat beton untuk menutup saluran air ini dilaksanakan pihak ketiga.
Pelat beton di jalan kabupaten ruas Ancaen-Bojonghaur, tepatnya di Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life18 September 2024, 10:00 WIB

6 Cara Menjodohkan Teman Agar Bisa Jadi Sepasang Kekasih

Menjodohkan teman agar bisa menjadi sepasang kekasih membutuhkan strategi yang hati-hati, agar tidak menimbulkan rasa canggung atau tekanan di antara mereka.
Ilustrasi. Menjalin hubungan asmara antara dua orang teman membutuhkan pendekatan yang cermat agar tidak menimbulkan tekanan psikologis. (Sumber : pixabay.com)