Libur Long Weekend ke Sukabumi Aja! 7 Destinasi Wisata yang Cocok Dikunjungi Bersama Keluarga

Jumat 13 September 2024, 13:00 WIB
Sukabumi memang menjadi pilihan yang tepat untuk menghabiskan waktu long weekend. (Sumber : Instagram/@wisataalamoasis/@nengria60).

Sukabumi memang menjadi pilihan yang tepat untuk menghabiskan waktu long weekend. (Sumber : Instagram/@wisataalamoasis/@nengria60).

SUKABUMIUPDATE.com - Akhir pekan ini terdapat libur panjang atau long weekend Maulid Nabi Muhammad SAW, dari tanggal 14,15 dan 16 September 2024. Untuk menyambutnya, kita bisa berlibur dan bercengkrama bersama keluarga.

Nah, kalau kamu belum tahu mau ngapain selama long weekend nanti? Mengunjungi wisata Sukabumi adalah pilihan menarik. Sukabumi menawarkan keindahan alam yang beragam, mulai dari pantai, kolam air, wisata anak, gunung, hingga air terjun.

Selain itu, suasana yang tenang dan jauh dari hiruk pikuk kota besar membuat Sukabumi menjadi destinasi yang sempurna untuk melepas penat. Yuk langsung saja, berikut kami bagikan rekomendasi tempat wisata untuk dikunjungi bersama keluarga saat long weekend.

1. Wisata Alam Oasis

Suasana malam di Wisata Alam Oasis Sukabumi.Suasana malam di Wisata Alam Oasis Sukabumi. | SU/Asep Awaludin.

Wisata ini terbilang cukup baru di Sukabumi, dibuka pada 23 April 2023, Wisata Alam Oasis menghadirkan sensasi baru dengan gaya ala Eropa. Berlokasi di Jalan Mayor Mahmud no.9 Babakan Kiara, Kecamatan Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, tempat ini wajib kamu kunjungi saat libur long weekend.

Wisata Alam Oasis merupakan tempat wisata yang kini sedang hits di Sukabumi dan banyak dikunjungi oleh pengunjung. Pasalnya, wisata ini dekat Kota Sukabumi dan akses ke tempat ini pun sangat mudah.

Jika kamu mau berlibur ke tempat ini, hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp15.000 untuk harga Tiket Masuk, Rp10.000 Wahana Perahu dan Rp10.000 Wahana Waterpark. Jam buka Senin-Minggu pukul 09.00-17.00.

Dengan harga terjangkau, kamu bisa menikmati bangunan-bangunan unik gaya eropa yang Instagramable. Selain banyak spot foto kece, kamu juga bisa menikmati kuliner yang ada di wahana Oasis ini.

2. Goalpara Tea Park

Goalpara Tea Park - Sukabumi, salah satu kota di Jawa Barat, menawarkan berbagai destinasi wisata yang wajib dikunjungi, menjanjikan petualangan seru dan tak terlupakan bagi anak-anak.Goalpara Tea Park - Sukabumi, salah satu kota di Jawa Barat, menawarkan berbagai destinasi wisata yang wajib dikunjungi, menjanjikan petualangan seru dan tak terlupakan bagi anak-anak. | Instagram/@goalparateapark.

Goalpara Tea Park merupakan destinasi wisata baru di Sukabumi, yang lokasinya tak jauh dari pusat Kota Sukabumi. Destinasi wisata ini menyuguhkan pemandangan luar biasa dengan udara pegunungan yang sejuk.

Wisata Goalpara Tea Park berlokasi di utara Kota Sukabumi atau tepatnya di desa Cisarua, Kec. Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Namun, untuk menuju ke sini, pengunjung harus melewati Jl. Goalpara.

Tempat ini merupakan destinasi yang sempurna untuk liburan keluarga, liburan bersama teman, atau liburan romantis bersama pasangan. Tiket masuk Goalpara Tea Park yakni anak-anak (3-10 tahun) dikenakan biaya Rp 30.000 dan dewasa Rp 40.000.

3. De'Tani Waterpark

Kolam Renang De'Tani Waterpark.Kolam Renang De'Tani Waterpark. | Instagram/@detaniwaterpark.

De'Tani Waterpark Sukabumi adalah sebuah taman air dan pusat rekreasi yang terletak di Desa Sukamekar, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia. Ini adalah tujuan populer bagi keluarga yang ingin menikmati hari yang menyenangkan di bawah sinar matahari.

De'Tani Waterpark juga memiliki area taman edukasi di mana pengunjung dapat belajar tentang berbagai jenis tanaman dan wisata kerajinan. Buka dari senin - Minggu pukul 08.00 WIB - 18.00 WIB, harga tiketnya Weekday Rp. 20.000/org sudah include dengan Waterpark dan Weekend Rp. 25.000/org, sudah include dengan Waterpark.

4. Santa Sea Waterpark

Santa Sea Waterpark - Wisata kolam renang di Sukabumi sangat cocok dikunjungi saat liburan sekolah bersama anak-anak.Santa Sea Waterpark - Wisata kolam renang di Sukabumi sangat cocok dikunjungi saat liburan sekolah bersama anak-anak. | Instagram/@santaseawaterpark.

Diresmikan pada 5 Juni 2016, Santa Sea Theme Park berdiri di lahan seluas 2,5 hektar. Wisata air ini cocok untuk kamu yang ingin berliburan bersama teman maupun keluarga.

Pengunjung yang hadir dapat menikmati beragam fasilitas menarik seperti ombak buatan, air terjun buatan, seluncuran dan lainnya. Wisatawan yang ingin berlibur di Santa Sea Theme Park, hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 35.000 weekday, Rp 50.000 weekend dan Rp 50.000 tanggal merah dan musim liburan.

Ketika mengunjungi tempat wisata ini, pengunjung dijamin akan merasakan ketenangan jiwa dan pikiran. Buka dari pukul 10.00 - 15.00 weekday dan pukul 09.00 - 15.00 weekend, lokasi Santa Sea Theme Park berada di Jalan Lio, Santa, Gedong Panjang,Citamiang,Sukabumi, Jawa Barat.

5. Pantai Cibangban dan Pantai Karang Haji

Pantai Cibangban. | Instagram/@co2palabuhanratuPantai Cibangban. | Instagram/@co2palabuhanratu. 

Pantai Cibangban dan Pantai Karang Haji memang menjadi magnet bagi wisatawan, terutama saat akhir pekan. Pesona alamnya yang memukau membuat siapa pun yang berkunjung betah berlama-lama.

Lokasi Pantai Cibangban dan Pantai Karang Haji berada di Desa Pasirbaru, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Pantai Cibangban menawarkan pesona pasir coklat kehitaman yang lembut, bersebelahan dengan keindahan Pantai Karang Haji. Pantai yang saling bersebelahan ini menambah daya tarik pengunjung yang datang.

Untuk tiket masuk lokasi Pantai Cibangban dan Karang Haji mulai Rp.10.000 per-orang dan sudah termasuk biaya Parkir motor. Di lokasi ini juga banyak warung jajanan dan terdapat perahu nelayan yang bisa dinaiki dengan membayar Rp.10.000-Rp.15000 per-orang.

Selain Karang Hawu, Pantai Cibangban dan Karang Haji menawarkan alternatif liburan yang tak kalah menarik. Ombak yang tenang dan suasana yang lebih santai membuatnya menjadi pilihan ideal untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

Pantai Cibangban Sukabumi memiliki jam buka selama 24 jam setiap harinya. Pantai ini langsung menghadap ke arah matahari terbit, menjadikannya lokasi yang ideal untuk berburu foto sunrise.

Banyak fotografer yang sengaja menginap atau berkemah untuk mendapatkan hasil foto yang bagus dan di saat yang tepat.

Sementara, Pantai Karang Haji setiap harinya tak pernah sepi dari para pemancing yang terpesona oleh keindahan batu karang dan luasnya lautan.

Keasrian pantai ini semakin lengkap dengan kebersihannya yang terjaga. Pemandangan deburan ombak yang menghantam karang menjadi suguhan istimewa bagi setiap pengunjung.

Ditambah dengan deretan batu karang yang menjulang gagah, membuat siapa pun tergoda untuk mengabadikan momen di sini dengan berfoto-foto.

6. Jembatan Gantung dan Danau Situ Gunung

Situ Gunung. |Jembatan Situ Gunung. | | Foto: Instagram/@situgunungpark

Danau Situ Gunung dekat Kota Sukabumi, wisata ini di Desa Sukamanis, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi. Tempat wisata ini cocok kamu kunjungi untuk tempat healing bersama keluarga saat libur long weekend.

Untuk masuk ke kawasan Situ Gunung, wisatawan hanya perlu mengeluarkan uang Rp 15.000 saja. Danau Situ Gunung menyuguhkan panorama alam yang indah yang bikin wisatawan yang datang ketempat ini merasa tenang.

Disini juga terdapat Jembatan Gantung Situ Gunung yang memegang rekor sebagai jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara, membentang sejauh 243 meter di tengah hutan. Dengan lebar 1,8 meter dan ketinggian 121 meter, jembatan ini menawarkan pengalaman yang memacu adrenalin bagi pengunjung.

Terletak di Taman Wisata Alam Situ Gunung, Sukabumi, Jawa Barat, jembatan ini menjadi salah satu daya tarik utama bagi para wisatawan. Sebagai bagian dari Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, jembatan gantung ini menawarkan pengalaman alam yang tak terlupakan.

7. Pantai Ujunggenteng

Pantai Pasir Putih - Ujung Genteng adalah destinasi wisata yang sangat lengkap dan menawarkan keindahan alam.Pantai Ujunggenteng adalah destinasi wisata yang sangat lengkap dan menawarkan keindahan alam. | Instagram/@ega6141.

Meskipun lokasinya cukup jauh, pantai Ujunggenteng yang berada di Desa Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat ini, sangat cocok untuk menjadi tempat liburan long weekend bersama keluarga di Sukabumi

Jika kamu datang dari Kota Sukabumi, waktu tempuh untuk sampai ke pantai Ujunggenteng sekitar 3 jam 54 menit. Untuk menuju tempat ini kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil.

Lokasi pantai ini sangat jauh dari keramaian, oleh karenanya pantai Ujunggenteng sangat cocok bagi kamu yang ingin menikmati suasana ketenangan. Meskipun lokasinya terpencil, pantai Ujunggenteng menawarkan panorama indah dengan nuansa pepohonan yang menyejukan.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi Memilih19 September 2024, 17:19 WIB

Bawaslu Masih Temukan Data Warga Meninggal Masuk dalam Daftar Pemilih di Kota Sukabumi

Dengan adanya catatan ke KPU Kota Sukabumi ini, Bawaslu sebut ada potensi Pleno ulang dalam Penetapan Daftar Pemilih Tetap atau DPT Pilkada 2024.
(Foto Ilustrasi) Bawaslu Kota Sukabumi beri catatan untuk KPU dalam proses penetapan DPT Pilkada 2024. | Foto: Istimewa
Sehat19 September 2024, 17:15 WIB

Mengenal Phantosmia, Mencium Bau Melati Pertanda Kuntilanak?

Menurut cerita mitos yang beredar, bunga melati adalah bunga beraroma wangi yang amat disukai Nyi Roro Kidul. Apakah Itu Phantosmia?
Ilustrasi. Bunga Melati. Halusinasi mencium bau sesuatu disebut dengan Phantosmia. (Sumber : Freepik/freepik)
Sukabumi19 September 2024, 17:02 WIB

Kandang di Citepus Sukabumi Ludes Terbakar, Ratusan Ekor Ayam Mati Terpanggang

Berikut kronologi kebakaran kandang ayam di Citepus Palabuhanratu Sukabumi. Akibat kejadian ini ratusan ekor ayam mati terpanggang.
Petugas Damkar saat proses pendinginan kandang ayam yang ludes terbakar di Citepus Sukabumi. (Sumber : SU/Ilyas)
Musik19 September 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Symphony Clean Bandit feat Zara Larsson

Salah satu penggalan Lirik Lagu Symphony Clean Bandit feat Zara Larsson yang membekas di ingatan adalah "I just wanna be part of your symphony. Will you hold me tight and not let go?", sehingga banyak dicari warganet.
Official Audio Lagu Symphony Clean Bandit feat Zara Larsson. Foto: Ist
Sukabumi19 September 2024, 16:43 WIB

Pemimpin yang Bijaksana, Sosok Almarhum M Solihin di Mata Ketua PGRI Kabupaten Sukabumi

Almarhum M Solihin di Mata Ketua PGRI Kabupaten Sukabumi Tubagus Wahid Ansor adalah pemimpin yang bijaksana.
Sosok almarhum Muhammad Solihin, mantan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi. (Sumber : istimewa)
Entertainment19 September 2024, 16:30 WIB

Agensi Jennie BLACKPINK Klarifikasi Terkait Nama Fandom dan Rumor Kencan

Hal ini menimbulkan berbagai spekulasi di kalangan penggemar bahwa Rubies mungkin adalah nama fandom resmi Jennie. Tentu saja mereka senang mendengar panggilan yang akan disematkan pada mereka.
Agensi Jennie BLACKPINK Klarifikasi Terkait Nama Fandom dan Rumor Kencan (Sumber : Instagram.com/jennierubyjane)
Entertainment19 September 2024, 16:15 WIB

Usai Dijemput, Nikita Mirzani Akan Bawa Lolly ke Polres Metro Jakarta Selatan

Nikita Mirzani akan membawa putrinya, Laura Meizani Mawardi atau Lolly ke Polres Metro Jakarta Selatan usai dijemput di apartemennya tadi siang.
Usai Dijemput, Nikita Mirzani Akan Bawa Lolly ke Polres Metro Jakarta Selatan (Sumber : Instagram/@yosepsinudarsono)
Keuangan19 September 2024, 16:13 WIB

DPR Sahkan UU APBN 2025 Tahun Pertama Pemerintahan Prabowo, Ini Rinciannya

Berikut rincian postur anggaran UU APBN 2025 yang disahkan DPR RI untuk tahun pertama pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.
Suasana Rapat Paripurna DPR RI terkait UU APBN 2025. (Sumber Foto: Youtube TV Parlemen)
Entertainment19 September 2024, 16:00 WIB

Usia Sudah 49 Tahun Tapi Wajahnya Seperti Gadis Remaja, Lure Hsu Bikin Geger Warganet!

Selebgram Lure Hsu bikin geger warganet karena wajahnya masih muda meski sudah berkepala empat.
Selebgram Lure Hsu bikin geger warganet karena wajahnya masih muda meski sudah berkepala empat. (Sumber : Instagram/@lurehsu).
Life19 September 2024, 15:53 WIB

5 Mitos Larangan Pamali Duduk di Atas Meja, "Bisi Loba Hutang"?

Banyak pamali dalam budaya Sunda sebenarnya bertujuan untuk mendidik anak-anak agar berperilaku baik dan menjaga tata krama, salah satunya soal larangan Duduk di Atas Meja.
Ilustrasi - Orang yang duduk sambil marah-marah. Soal Mitos Larangan Pamali Duduk di Atas Meja yang Dianggap "Bisi Loba Hutang". (Sumber : Freepik.com/@luis_molinero)