5 Destinasi Wisata di Jawa Barat yang Menarik di Kunjungi, Yuk Liburan!

Jumat 06 September 2024, 20:00 WIB
Jawa Barat memang punya pesona yang sulit ditolak untuk dijadikan destinasi liburan. (Sumber : Instagram/@nimohighland/@puncakpeuyeum.id).

Jawa Barat memang punya pesona yang sulit ditolak untuk dijadikan destinasi liburan. (Sumber : Instagram/@nimohighland/@puncakpeuyeum.id).

SUKABUMIUPDATE.com - Jawa Barat memang surganya wisata dengan beragam pesona yang siap memanjakan mata dan pikiran. Dari alam yang hijau hingga perkotaan yang modern, daerah ini punya semuanya.

Tanah Pasundan ini memang punya pesona yang tak terbantahkan dan menjadi tujuan liburan favorit banyak orang. Ada banyak alasan kenapa Anda harus mempertimbangkan untuk berlibur di Jawa Barat

Nah, bagi Anda yang berniat liburan dan berwisata ke Sukabumi, berikut kami bagikan rekomendasi wisata-wisata yang menarik untuk dikunjungi.

1. Nimo Highland Bandung

Nimo Highland terdapat bianglala raksasa dan penginapan glamping. | Instagram/@nimohighlandNimo Highland terdapat bianglala raksasa dan penginapan glamping. | Instagram/@nimohighland.

Nimo Highland, yang namanya diambil dari Gunung Nini, adalah sebuah destinasi wisata pegunungan yang menawarkan panorama menakjubkan dari ketinggian. Terletak di atas hamparan kebun teh yang hijau subur, tempat ini menyuguhkan pemandangan yang menyegarkan mata.

Dengan ketinggian sekitar 1.400 mdpl, Gunung Nini memberikan pemandangan yang sangat istimewa. Hamparan kebun teh yang hijau sejauh mata memandang dan langit yang cerah menjadi pemandangan yang tak terlupakan, terutama saat matahari terbit.

Keindahan alam Nimo Highland yang luar biasa membuat tempat ini menjadi tujuan wisata yang sangat populer. Banyak pengunjung yang datang ke sini hanya untuk mengabadikan momen-momen indah dengan kamera mereka. Selain itu, berbagai fasilitas yang tersedia membuat liburan Anda semakin menyenangkan.

Nimo Highland berlokasi di Banjarsari, Kec. Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Jika menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil, jarak dari Kota Bandung ke lokasi sekitar 2 jam 25 menit (55,6 km) lewat Jl. Tol Soreang - Pasir Koja/Jl. Tol Soroja dan Jl. Raya Pangalengan.

Sementara jika dari Kota Jakarta ke lokasi ini akan ditempuh sekitar 3 jam 59 menit (191,6 km) lewat Jl. Tol Cipularang. Dan bagi pengunjung dari Sukabumi ke lokasi ini sekitar 5 jam 42 mnt (140,1 km). 

Jam Buka Nimo Highland

  • Weekday: Senin–Jumat: Pukul 12.00 WIB–18.00 WIB
  • Weekend: Sabtu – Minggu: Pukul 09.00 WIB–18.00 WIB

Harga Tiket Masuk dan Penginapan Nimo Highland

  • Harga tiket masuk dewasa: Rp35.000
  • Harga tiket masuk anak: Rp25.000
  • Harga tiket Bundling: Rp65.000 Tiket Masuk sudah termasuk Glass Sky Bride dan Virtual Reality
  • Harga tiket Paintball: Rp50.000-Rp100.000
  • Harga tiket Bioskop Virtual Reality: Rp30.000-Rp35.000
  • Harga tiket ATV: Rp110.000–Rp175.000
  • Harga tiket Flying Fox:  Rp55.000–Rp65.000
  • Harga tiket Parkir motor: Rp5.000
  • Harga tiket Parkir mobil: Rp10.000
  • Harga tiket Parkir bus: Rp20.000

Harga Penginapan Nimo Highland Per Malam

  • Harga Shinta Corner tipe Pinus: Rp855.000–Rp1,240.000
  • Harga Penginapan Shinta Corner tipe Mahoni: Rp385.000 – Rp632.500
  • Harga Penginapan Shinta Corner tipe Jati: Rp975.000 – Rp1.370.000
  • Harga Penginapan Shinta Corner tipe Cemara: Rp1.075.000 – Rp1.860.000
  • Harga Penginapan Shinta Corner tipe Palm: Rp690.000 – Rp972.000
  • Harga Penginapan Shinta Corner tipe Family Room: Rp2.890.000 – Rp3.480.000
  • Harga Penginapan Kyoomi: Rp420.000 – Rp570.000
  • Harga Penginapan Bungalow Suite: Rp1.300.000 – Rp1.960.000
  • Harga Penginapan Bungalow VIP: Rp860.000 – Rp1.770.000

2. Curug Cigamea Bogor

Tersembunyi di tengah rimbunnya hutan Bogor, Curug Cigamea menawarkan pesona alam yang begitu memukau.Tersembunyi di tengah rimbunnya hutan Bogor, Curug Cigamea menawarkan pesona alam yang begitu memukau. | Instagram/@ardigouw_/@ur_memey.

Curug Cigamea adalah salah satu destinasi wisata alam yang wajib dikunjungi bagi para pencinta air terjun di Bogor. Tersembunyi di tengah hutan yang rimbun, curug ini menawarkan keindahan alam yang masih sangat alami dan menyegarkan.

Keunikan Curug Cigamea terletak pada air terjunnya yang ada dua dan saling bersebelahan. Setiap air terjun memiliki keindahannya masing-masing, sehingga pengunjung dapat menikmati pemandangan yang berbeda-beda.

Aliran air terjun pertama sangat menawan dengan air yang menuruni bebatuan hitam berlumut, menciptakan pemandangan yang asri. Debit airnya tergolong sedang, begitu pula dengan kolam penampungannya yang berukuran kecil.

Berbeda dengan yang pertama, air terjun kedua memiliki aliran yang deras dan suara gemuruh yang menggelegar. Kolam alami yang cukup luas di bawahnya menjadi favorit pengunjung untuk bermain air.

Untuk keselamatan, disarankan menghindari area di sekitar jatuhnya air terjun kedua karena derasnya aliran air. Air di kolamnya yang jernih dan bersih sangat cocok untuk menyegarkan badan.

Lokasi, Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Curug Cigamea Bogor

Curug Cigamea berada di Desa Gunungsari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Buka setiap hari selama 24 jam, untuk Anda yang ingin kesana bisa menggunakan Google Maps sebagai penunjuk arah.

Untuk menikmati keindahan Curug Cigamea, Anda perlu menyiapkan biaya masuk Taman Nasional sebesar Rp12.500 per orang, tiket masuk curug sebesar Rp10.000 per orang, serta biaya parkir mobil Rp10.000 atau motor Rp5.000.

3. Puncak Guha Garut

Dengan segala keindahan dan daya tariknya, Puncak Guha menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi.Dengan segala keindahan dan daya tariknya, Puncak Guha menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi. | Instagram/@rendip.0/@rivaldi_penzol.

Keindahan alam Puncak Guha di Bungbulang, Garut, mampu memikat hati para wisatawan, terutama bagi mereka yang menyukai petualangan alam. Tempat ini adalah destinasi yang sempurna untuk melepas penat bersama teman-teman di akhir pekan.

Bukit hijau yang menjulang di atas gua, lengkap dengan rerumputan hijau, membuat pemandangan semakin indah. Letaknya yang dekat dengan laut lepas menambah keunikan tempat ini.

Perpaduan antara warna hijau bukit, biru laut, dan langit yang cerah menciptakan pemandangan yang sangat memukau. Bagi para pecinta fotografi, Puncak Guha adalah surga untuk mendapatkan hasil jepretan yang instagramable.

Harga Tiket Masuk dan Harga Camping di Puncak Guha Garut

Liburan hemat tapi tetap berkesan? Puncak Guha adalah jawabannya. Dengan biaya yang jauh lebih murah dibandingkan destinasi wisata lainnya, Anda bisa menikmati keindahan alam yang tak kalah mempesona.

  • Harga Tiket Masuk: Rp7.500
  • Harga Camping: Rp5.000

Lokasi, Jam Buka dan Rute Puncak Guha Garut

Puncak Guha Garut berada di Kampung Sinarjaya, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat dan buka setiap hari selama 24 jam. 

Untuk menuju ke lokasi wisata ini dapat ditempuh sekitar 3 jam 10 menit atau sekitar 93,9 km dari pusat Kota Garut. Pengunjung bisa menggunakan layanan Google Maps untuk menuju lokasi Puncak Guha Garut. 

5. Toga Hill Sumedang

Toga Hill di Sumedang semakin dikenal sebagai wisata hits yang menawarkan pengalaman lengkap untuk rekreasi dan relaksasi.Toga Hill di Sumedang semakin dikenal sebagai wisata hits yang menawarkan pengalaman lengkap untuk rekreasi dan relaksasi. | Instagram/@togahill.

Dengan panorama alam yang menakjubkan, udara segar, dan beragam aktivitas yang ditawarkan, Toga Hill menjadi pilihan tepat untuk melepas penat dan menikmati keindahan alam.

Salah satu daya tarik utama Toga Hill adalah pemandangan alamnya yang sangat indah. Bukit-bukit hijau yang berundak-undak, udara sejuk, dan panorama city light dari ketinggian menjadi perpaduan yang sempurna untuk memanjakan mata.

Toga Hill di Sumedang, Jawa Barat, merupakan destinasi wisata alam yang semakin populer berkat keindahan alamnya yang menakjubkan, terutama dengan adanya amphitheater alam. 

Terletak di area perbukitan, Toga Hill menawarkan pemandangan panorama yang sangat Instagramable, membuatnya menjadi magnet bagi para wisatawan, terutama para penggemar fotografi dan pecinta alam.

Rute dan Lokasi Toga Hill

Toga Hill berlokasi di Jl. Kampung Toga KM. 25, Kelurahan Sukajaya, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Akses menuju Toga Hill sangat mudah, baik menggunakan sepeda motor maupun mobil. Jalannya sudah bagus dan bisa langsung mencapai area parkir.

Jarak Toga Hill dari pusat kota Sumedang sangat dekat, hanya sekitar 5 kilometer. Dengan waktu tempuh sekitar 19 menit, Anda sudah bisa menikmati keindahan alamnya.

Jalur menuju Toga Hill cukup menantang dengan banyak tanjakan dan tikungan. Meski begitu, jalannya sudah diaspal dengan baik.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Toga Hill

Toga Hill buka setiap hari dari Senin hingga Minggu, mulai pukul 09.00 hingga 22.00 WIB. Harga tiket masuknya sangat terjangkau, yaitu Rp10.000 per orang, dan sudah mendapatkan sebotol air mineral. Untuk kendaraan, biaya parkir motor adalah Rp5.000 dan mobil Rp10.000.

5. Puncak Peuyeum Sukabumi

City Light Puncak Peuyeum. | Instagram/@puncakpeuyeum.idCity Light Puncak Peuyeum. | Instagram/@puncakpeuyeum.id.

Puncak Peuyeum, yang sering disebut "Negeri di Atas Awan," adalah salah satu destinasi wisata tersembunyi di Sukabumi yang menawarkan pemandangan alam memukau. 

Berada di Desa Ciengang, Kecamatan Gegerbitung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, lokasi ini terkenal dengan panorama awan yang menutupi perbukitan, menciptakan kesan berada di atas awan. 

Puncak Peuyeum, sebuah permata tersembunyi di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, menawarkan pengalaman mendaki yang tak terlupakan. 

Dengan ketinggian sekitar 900 mdpl, Puncak Peuyeum menjadi tujuan favorit para pendaki dan pecinta alam yang cukup menantang dengan panorama alam yang memukau.

Keindahan Alam yang Memanjakan Mata

Setibanya di puncak, Anda akan disuguhkan pemandangan yang sangat menakjubkan. Hamparan awan putih yang seolah menyentuh kaki seolah membuat Anda merasa berada di atas langit. 

Pegunungan yang menjulang tinggi dan lembah hijau yang terbentang luas menjadi latar belakang yang sempurna untuk mengabadikan momen.

Rute Menuju Puncak Peuyeum Sukabumi

Perjalanan menuju Puncak Peuyeum dari Pusat Kota Sukabumi berjarak 53 mnt (20,6 km). Karena jalan menuju ke lokasi masih ada beberapa yang kurang mulus, disarankan untuk menggunakan kendaraan yang sesuai.

Petunjuk jalan menuju Puncak Peuyeum masih sangat minim. Anda disarankan untuk mengandalkan Google Maps atau bertanya langsung kepada warga sekitar untuk menemukan lokasinya.

Anda bisa membawa motor hingga ke puncak. Ini sangat memudahkan bagi para pendaki yang ingin berkemah karena motor bisa diparkir dekat dengan tenda.

Jam Buka dan Harga Tiket Puncak Peuyeum

Puncak Peuyeum beroperasi penuh selama 7 hari seminggu, 24 jam. Pengunjung yang ingin berkemah dikenakan biaya masuk sebesar Rp10.000 per orang dan biaya parkir motor sebesar Rp5.000.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi16 September 2024, 17:03 WIB

Jembatan dan Jalan di Cidadap Sukabumi ini Memprihatinkan, Warga Minta Perbaikan

Warga dambakan perbaikan permanen jembatan gantung Cibodas di Cidadap Sukabumi yang kondisinya puluhan tahun rusak.
Kondisi jembatan gantung Cibodas di Cidadap Sukabumi yang memprihatinkan. (Sumber : Istimewa)
Musik16 September 2024, 17:00 WIB

Trending Lagi! Ini Lirik dan Terjemahan Lagu All Of Me John Legend

Hingga Senin (16/9/2024), Video Klip Lagu All Of Me John Legend sudah ditonton lebih dari 2,4 Billions Views sejak dirilis 2 Oktober 2013 lalu.
Hingga Senin (16/9/2024), Video Klip Lagu All Of Me John Legend sudah ditonton lebih dari 2,4 Billions Views sejak dirilis 2 Oktober 2013 lalu. Foto: YouTube/JohnLegend
Life16 September 2024, 16:00 WIB

10 Prinsip Hidup Ramah Orang Sunda, Paling Penting "Ngajaga Tata Krama"

Tata krama dalam budaya Sunda sangat penting. Orang Sunda diajarkan untuk berbicara dengan bahasa yang halus, menghormati yang lebih tua, serta menunjukkan sikap rendah hati.
Ilustrasi. Orang Sunda mengajarkan anaknya tata krama dan sikap ramah. (Sumber : Pixabay/SasinTipchai)
Sukabumi16 September 2024, 15:47 WIB

Jasad Pelajar Sukabumi Sempat Muncul Namun Kembali Hilang Tergulung Ombak Pantai Cipatuguran

Warga sempat dibuat heboh dengan penampakan diduga jasad Pelajar Sukabumi yang terseret ombak di Pantai Cipatuguran.
Momen warga setempat melihat jasad pelajar Sukabumi yang tenggelM terseret ombak di Pantai Cipatuguran. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi16 September 2024, 15:08 WIB

Polairud: Korban Pelajar Sukabumi, Kronologi dan Ciri Wisatawan Tenggelam di Pantai Cipatuguran

Kasatpolairud Polres Sukabumi, AKP Tenda Sutenda menjelaskan bahwa satu dari dua wisatawan yang sempet terseret arus laut Cipatuguran ini dinyatakan hilang dan masih dicari.
Petugas di lokasi wisatawan tenggelam dihantam ombak Pantai Cipatuguran Palabuhanratu Sukabumi, Senin (16/9/2024) (Sumber: Istimewa)
Inspirasi16 September 2024, 15:00 WIB

Loker Admin Staff di Perusahaan Makanan, Penempatan Bogasari Jakarta

Loker Admin Staff Bogasari Jakarta. Untuk kamu yang tertarik dengan posisi tersebut, Yuk, Simak Cara Melamar Kerjanya!
Ilustrasi. Pegawai. Rekrutmen Pegawai Kontrak untuk posisi Sales Admin Staff. (Sumber : Freepik/@jcomp)
Sukabumi16 September 2024, 14:27 WIB

Kronologi 7 Anggota Ormas di Sukabumi Ditangkap, Buntut Pengeroyokan versus Pengrusakan

Polres Sukabumi Kota mengamankan tujuh orang dari kedua kubu ormas yang diduga terlibat kasus pengeroyokan, penganiayaan, dan pengrusakan di Sukabumi.
AKBP Rita Suwandi, Kapolres Sukabumi Kota | Foto : Istimewa
Sukabumi16 September 2024, 14:04 WIB

Wisatawan Tenggelam, Hilang Terseret Ombak Pantai Cipatuguran Sukabumi

Satu orang wisatawan asal Kecamatan Kadudampit, dilaporkan hilang terseret ombak di pantai Cipatuguran, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, pada Senin (16/9/2024) sekira pukul 10.30 WIB.
Pemuda asal Kadudampit Sukabumi terseret ombat di laut Cipatuguran, Senin (16/9/2024) | Foto : Ilyas Supendi
Bola16 September 2024, 14:00 WIB

Semifinal Sepakbola Putra PON 2024: Kalimantan Selatan vs Jawa Barat, Klik Disini Link Streamingnya!

Partai Semifinal Sepakbola Putra PON 2024 akan mempertemukan Kalimantan Selatan vs Jawa Barat.
Partai Semifinal Sepakbola Putra PON 2024 akan mempertemukan Kalimantan Selatan vs Jawa Barat. (Sumber : Instagram/@pssi.jabar/@pssikalsel_official).
Sukabumi16 September 2024, 13:43 WIB

2 Kali Gempa di Laut Sukabumi, Tak Pengaruhi Pengunjung Bermain di Pantai Minajaya

Meskipun sempat diguncang 2 kali gempa bumi, objek wisata pantai Minajaya di Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, masih tetap dikunjungi para wisatawan untuk menikmati keindahan laut serta pantai dengan batu putih menghampar.
Wisatawan saat beraktivitas di Pantai Minajaya Surade Sukabumi | Foto : Ragil Gilang