Indahnya Tak Terlupakan, 8 Spot Menarik untuk Berburu Sunset di Sukabumi

Jumat 06 September 2024, 13:00 WIB
Ilustrasi - Sukabumi memang memiliki banyak spot yang menawarkan pemandangan sunset yang memukau. (Sumber : pexels.com/@Pixabay).

Ilustrasi - Sukabumi memang memiliki banyak spot yang menawarkan pemandangan sunset yang memukau. (Sumber : pexels.com/@Pixabay).

SUKABUMIUPDATE.com - Menikmati sunset di Sukabumi adalah pilihan yang sangat tepat. Sukabumi memang memiliki banyak spot yang menawarkan pemandangan matahari terbenam yang memukau.

Pemandangan alamnya yang indah, mulai dari pantai, perbukitan, hingga pegunungan, menjadi latar belakang yang sempurna untuk menyaksikan keindahan saat matahari perlahan tenggelam.

Nah, berikut ini kami bagikan spot-spot menarik nan indah untuk berburu sunset di Sukabumi.

1. Bukit Durian Sagara

Bukit Durian Sagara menjadi salah satu destinasi wisata dan surga pecinta durian ketika berlibur di SukabumiBukit Durian Sagara menjadi salah satu destinasi wisata dan surga pecinta durian ketika berlibur di Sukabumi. | Instagram/bukitsagara.

Bukit Durian Sagara terletak di Kecamatan Cikakak, sebuah daerah di Sukabumi yang terkenal dengan lumbung buah duriannya. Tempat wisata ini sudah sangat populer, tidak hanya di kalangan wisatawan lokal tapi juga dari luar Sukabumi.

Alamat lengkap Bukit Durian Sagara adalah di Kampung Sumur Bandung, Desa Sukamaju, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi. Jam bukanya cukup fleksibel, setiap hari mulai dari jam 9 pagi sampai 9 malam.

Hal yang paling menarik di sini adalah kita bisa makan durian sambil menikmati indahnya sunset dengan pemandangan pantai yang cantik. Sungguh perpaduan yang sempurna.

Suasana di Bukit Durian Sagara semakin nyaman dengan semilir angin yang sejuk. Selain durian yang menjadi bintang utama, pengunjung juga bisa menikmati beragam menu makanan dan minuman lainnya.

Salah satu minuman favorit pengunjung adalah Durian Float. Minuman ini perpaduan sempurna antara rasa manis durian, es krim lembut, dan susu segar.

Saat cuaca terik, Durian Float adalah pilihan yang tepat untuk menghilangkan dahaga dan lelah setelah perjalanan.

2. Bukit Sunset Hill

Bukit Sunset Hills menjadi salah satu lokasi wisata baru yang hadir di Sukabumi dengan menawarkan pemandangan alam menakjubkanBukit Sunset Hills menjadi salah satu lokasi wisata baru yang hadir di Sukabumi dengan menawarkan pemandangan alam menakjubkan. | Instagram/bukitsunsethill.

Bukit Sunset Hill adalah destinasi wisata terbaru di kawasan Geopark Ciletuh, Sukabumi, yang baru dibuka untuk umum pada tanggal 17 Agustus 2023.

Terletak di Kampung Cisantri, Desa Sangrawayang, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, Bukit Sunset Hill menawarkan pemandangan matahari terbenam yang sangat indah di Teluk Palabuhanratu.

Di sini, pengunjung dapat bersantai di balkon sambil menyantap makanan dan minuman yang lezat. Apalagi menikmati secangkir kopi sambil memandang keindahan alam adalah cara sempurna untuk menghilangkan penat.

Bagi pengunjung yang ingin menikmati makanan atau minuman, Bukit Sunset Hill juga menyediakan kafe dan restoran yang nyaman.

3. Pantai Minajaya

Sunset di pantai minajaya, Surade Kabupaten Sukabumi Jawa BaratSunset di pantai minajaya, Surade Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. | istimewa/kang baban.

Pantai Minajaya menjadi salah satu pantai favorit di pesisir selatan Jawa Barat, tepatnya Kabupaten Sukabumi. Salah satu daya tariknya adalah hamparan batu karang yang unik dan ombak yang relatif tenang, ditambah saat cuaca bagus menjadi lukisan alam yang indah dengan sunset yang merona.

Pantai Minajaya yang merupakan bagian dari Geopark Ciletuh Palabuhanratu, terletak di Desa Buniwangi dan Desa Pasiripis, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi.

Pantai yang berjarak sekitar 125 kilometer dari Kota Sukabumi ini mudah diakses oleh wisatawan. Akses lumayan bagus sehingga tak sulit menemukan pantai ini, patokannya tujuh kilometer dari pusat keramaian atau pusat pemerintahan Surade.

Melintasi jalan provinsi ruas Surade - Ujunggenteng, di persimpangan Cibungur Desa Buniwangi belok kiri, masuk jalan kabupaten.

Pantai ini membentang sepanjang 3,5 kilometer, mulai dari tempat penyimpanan perahu sekaligus Tempat Pelelangan Ikan (TPI), hingga Muara Cipamarangan yang berbatasan dengan Pantai Ratu Cimandala Desa Cipeundeuy, Kecamatan Surade, serta berbatasan dengan perairan laut di Kecamatan Ciracap.

4. Puncak Peuyeum

Puncak Peuyeum adalah destinasi wisata alam di Sukabumi yang wajib Anda kunjungi jika Anda mencari ketenangan dan keindahan alam yang masih asli.Puncak Peuyeum adalah destinasi wisata alam di Sukabumi yang wajib Anda kunjungi jika Anda mencari ketenangan dan keindahan alam yang masih asli. | Instagram/@ikyrizkystya/@puncakpeuyeum.id.

Puncak Peuyeum, yang sering disebut "Negeri di Atas Awan," adalah salah satu destinasi wisata tersembunyi di Sukabumi yang menawarkan pemandangan alam memukau. Disini pengunjung bisa menyaksikan sunset maupun sunrise.

Berada di Desa Ciengang, Kecamatan Gegerbitung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, lokasi ini terkenal dengan panorama awan yang menutupi perbukitan, menciptakan kesan berada di atas awan.

Puncak Peuyeum, sebuah permata tersembunyi di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, menawarkan pengalaman mendaki yang tak terlupakan.

Dengan ketinggian sekitar 900 mdpl, Puncak Peuyeum menjadi tujuan favorit para pendaki dan pecinta alam yang cukup menantang dengan panorama alam yang memukau.

Setibanya di puncak, Anda akan disuguhkan pemandangan yang sangat menakjubkan. Hamparan awan putih yang seolah menyentuh kaki seolah membuat Anda merasa berada di atas langit.

Pegunungan yang menjulang tinggi dan lembah hijau yang terbentang luas menjadi latar belakang yang sempurna untuk mengabadikan momen.

Perjalanan menuju Puncak Peuyeum dari Pusat Kota Sukabumi berjarak 53 mnt (20,6 km). Karena jalan menuju ke lokasi masih ada beberapa yang kurang mulus, disarankan untuk menggunakan kendaraan yang sesuai.

Petunjuk jalan menuju Puncak Peuyeum masih sangat minim. Kamu disarankan untuk mengandalkan Google Maps atau bertanya langsung kepada warga sekitar untuk menemukan lokasinya.

Kamu bisa membawa motor hingga ke puncak. Ini sangat memudahkan bagi para pendaki yang ingin berkemah karena motor bisa diparkir dekat dengan tenda.

Puncak Peuyeum beroperasi penuh selama 7 hari seminggu, 24 jam. Pengunjung yang ingin berkemah dikenakan biaya masuk sebesar Rp10.000 per orang dan biaya parkir motor sebesar Rp5.000.

5. Pantai Gopalo

Suasana sore Pantai Gopalo di Kampung Cipatuguran, Kelurahan/Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Ilyas SupendiSuasana sore Pantai Gopalo di Kampung Cipatuguran, Kelurahan/Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Ilyas Supendi.

Sukabumi sepertinya tidak kehabisan tempat menarik untuk dikunjungi. Salah satu yang belum banyak dikenal masyarakat adalah Pantai Gopalo. Spot wisata ini berada di Kampung Cipatuguran, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.

Pantai Gopalo menawarkan keindahan alam, terutama saat sore. Wisatawan dapat menikmati matahari tenggelam atau sunset, ditemani debur ombak.

Selain menikmati sunset, Pantai Gopalo menawarkan fasilitas seperti spot berfoto dan lahan parkir. Lokasi ini pun dapat menjadi tempat bermain pasir, bola, atau berenang. Ada pula penginapan untuk memenuhi keperluan wisatawan yang letaknya tidak terlalu jauh dari pantai.

6. Pantai Karang Panganten

Pantai Karang Panganten di Ciracap Sukabumi | Foto : Ragil GilangPantai Karang Panganten di Ciracap Sukabumi | Foto : Ragil Gilang.

Spot selanjutnya adalah Pantai Karang Penganten yang berada di Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, menjadi salah satu daerah yang indah untuk menikmati sunset di Sukabumi.

Di tempat ini ada banyak spot wisata dengan nama berbeda seperti Muara Cibolodog, Muara Cikalapa, Muara Cibanteng, Keusik Luhur, Karang Ciburial serta Karang Sidomba. Lokasi ini juga sering dijadikan tempat berburu ikan, selain itu, banyak pengunjung yang sengaja datang pada sore hari untuk berburu sunset.

Pantai ini berbatasan dengan Desa Purwasedar di sebelah timur dan sebelah barat berbatasan Desa Ujung Genteng. Pantai Karang Panganten tidak jauh dari Pantai Taman Pandan, hanya dibatasi Muara Cikalapa yang masih masuk ke daerah administrasi Desa Cikangkung.

Untuk menuju ke tempat wisata tersebut yaitu dari arah Surade menuju arah Ujunggenteng. Sampai di Kampung Cijoho RT 001/003, Desa Cikangkung perjalanan dilanjutkan ke jalan berupa batu dan tanah yang jauhnya sekitar 1 kilometer.

7. Gunung Tumpeng

Gunung Tumpeng di Dusun Cikondang 2 RT 04, Desa Girimukti, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. | Foto: IstimewaGunung Tumpeng di Dusun Cikondang 2 RT 04, Desa Girimukti, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa.

Gunung Tumpeng lokasinya ada di Dusun Cikondang 2 RT 04, Desa Girimukti, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, adalah spot selanjutnya yang wajib dikunjungi.

Bukit yang berada di kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu ini dikenal sebagai spot favorit bagi pengunjung untuk berburu sunset atau matahari terbenam. Kenapa dinamakan Gunung Tumpeng, karena bukit-bukit di sana bentuknya kerucut seperti nasi tumpeng.

Gunung Tumpeng memang menawarkan pemandangan yang indah, di mana perbukitan hijau, lembah dan lautan tampak dari kejauhan. Karena keindahan panorama alamnya itu, Gunung Tumpeng banyak dikunjungi oleh wisatawan, khususnya saat akhir pekan yaitu hari Sabtu dan Minggu atau tanggal merah.

Untuk menuju Gunung Tumpeng, patokannya adalah Kantor Desa Girimukti. Dari kantor desa ini jaraknya sekitar 5-6 kilometer. Karena patokannya kantor desa, maka ada dua rute yang bisa dilalui.

Pertama bisa melalui jalan provinsi ruas Palangpang -Puncak Darma kemudian jalan kabupaten ruas Ciemas- Girimukti. Apabila sudah sampai di Kantor Desa Girimukti, lanjutkan perjalanan melewati jalan kabupaten ke Kampung Cimanggu tempat Gunung Tumpeng itu berada.

8. Puncak Aher

Puncak Aher di Sukabumi adalah salah satu destinasi wisata alam yang menawarkan pemandangan menakjubkan dan suasana yang menenangkan.Puncak Aher di Sukabumi adalah salah satu destinasi wisata alam yang menawarkan pemandangan menakjubkan dan suasana yang menenangkan. | Screenshot Video Instagram/@eko_syrt.

Salah satu daya tarik Puncak Aher adalah pemandangan matahari terbit dan terbenamnya. Bagi para pemburu sunrise dan sunset, tempat ini menawarkan pemandangan matahari yang muncul atau tenggelam, serasa menciptakan momen yang sangat indah dan tak terlupakan.

Puncak Aher di Geopark Ciletuh, tepatnya di Kampung Pamoyanan, Kedusunan Mekarsari I Desa/Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, tak pernah sepi dari pengunjung karena pesona alamnya yang luar biasa.

Selain panorama alam yang menakjubkan, Puncak Aher yang memiliki ketinggian sekitar 350 Mdpl juga menyuguhkan pesona gemerlap lampu perahu nelayan di malam hari yang menambah keindahannya.

Sebelum dikenal sebagai Puncak Aher, warga setempat menyebut lokasi ini dengan nama Puncak Pamoyanan atau Puncak Awan. Nama Puncak Aher sendiri diambil dari nama mantan Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan.

Jalan menuju lokasi ini sangat mudah diakses, baik melalui jalur Ciateul-Muaratilu maupun Palangpang-Puncak Darma via Batu Cakup. Pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk untuk menikmati keindahan alamnya.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi16 September 2024, 13:43 WIB

2 Kali Gempa di Laut Sukabumi, Tak Pengaruhi Pengunjung Bermain di Pantai Minajaya

Meskipun sempat diguncang 2 kali gempa bumi, objek wisata pantai Minajaya di Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, masih tetap dikunjungi para wisatawan untuk menikmati keindahan laut serta pantai dengan batu putih menghampar.
Wisatawan saat beraktivitas di Pantai Minajaya Surade Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Kecantikan16 September 2024, 13:00 WIB

10 Kelebihan Bedak Padat Dibandingkan Bedak Tabur untuk Makeup Dewasa

Makeup dewasa sering memerlukan penampilan yang rapi sepanjang hari, sehingga bedak padat menjadi pilihan praktis untuk touch-up cepat.
Ilustrasi. Bedak padat biasanya lebih padat pigmentasinya, sehingga sedikit aplikasi sudah cukup untuk menutupi kilap atau meratakan warna kulit. (Sumber : Freepik/@freepik)
Jawa Barat16 September 2024, 12:00 WIB

Favorit Wisatawan, Sejarah Kemacetan Puncak Bogor Sejak Adanya Jalan Tol Jagorawi

Sejak tol Jagorawi beroperasi pada tahun 1978, kunjungan warga Jakarta ke Puncak semakin ramai dan menyebabkan lonjakan jumlah wisatawan ke kawasan tersebut.
Sejak tol Jagorawi beroperasi pada tahun 1978, kunjungan warga Jakarta ke Puncak semakin ramai dan menyebabkan lonjakan jumlah wisatawan ke kawasan tersebut. (Sumber : Screenshot Photo Google Maps Gadog Puncak.).
Keuangan16 September 2024, 11:50 WIB

Penipuan Modus Penggandaan Uang, 7 Pelaku Ditangkap Polres Sukabumi Kota

Satuan Reserse Kriminal Polres Sukabumi Kota menangkap tujuh orang yang diduga menjalankan praktik penipuan dengan modus penggandaan uang. Korban dari komplotan ini diperkirakan mengalami kerugian hingga Rp 1 miliar.
Polisi saat memperlihatkan uang palsu yang tersimpan dalam peti kayu  Foto: SU/Asep Awaludin
Jawa Barat16 September 2024, 11:17 WIB

Macet di Puncak Bogor Makan Korban, Kelelahan Wisatawan Meninggal Dunia

Satu wisatawan meninggal dunia saat terjadi kemacetan parah di Puncak Bogor.
Ilustrasi - Satu wisatawan meninggal dunia saat terjadi kemacetan parah di Puncak Bogor. | Foto : Pixabay
Sukabumi Memilih16 September 2024, 10:55 WIB

Blusukan, Kunjungan Ayep Zaki dan Bobby Disambut Antusias Warga Kota Sukabumi

Kunjungan demi kunjungan yang dilakukan pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Ayep Zaki - Bobby Maulana (AYEUNA) mendapatkan respon yang sangat luar biasa dari masyarakat Kota Sukabumi.
Pasangan Calon Ayep Zaki dan Bobby Maulana (AYEUNA) saat blusukan ke beberapa tempat di Kota Sukabuimi | Foto : Istimewa
Life16 September 2024, 10:00 WIB

12 Ciri Orang yang Suka Ingkar Janji & Tidak Menepati Ucapannya, Banyak Alasan!

Sikap ingkar janji bisa merusak hubungan dan mengurangi rasa kepercayaan dari orang lain.
Ilustrasi. Orang yang sering tidak menepati janji akan mendapatkan reputasi buruk sebagai orang yang tidak bisa dipercaya. (Sumber : Pexels/RDNEStockProject)
Jawa Barat16 September 2024, 09:46 WIB

Macet Horor di Puncak Bogor, Pengendara Terjebak Kemacetan Lebih dari 9 Jam

Puncak Bogor macet parah hingga kendaraan tak bisa bergerak sama sekali.
Puncak Bogor macet parah hingga kendaraan tak bisa bergerak sama sekali. (Sumber : X@Ari_is1to /@baisunn).
Sukabumi16 September 2024, 09:36 WIB

Gempa Lagi, Warga Pesisir Dikagetkan Lini Susulan M4.1 di Laut Sukabumi

Hasil analisa BMKG, gempabumi ini berkekuatan M=4,1. Episenter terletak pada koordinat 7.7 LS dan 106.56 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 79 km Tenggara Kabupatrn Sukabumi - Jabar pada kedalaman 27 kilometer.
Warga pesisir Ujunggenteng kembali dikejutkan gempa kuat Senin pagi (16/9/2024) (Sumber: Su/ragil)
Inspirasi16 September 2024, 09:02 WIB

2 Ribu Lebih Mahasiswa Baru dari 82 Negara Resmi Bergabung dengan Nusa Putra University

Ribuan mahasiswa ini menyelesaikan seluruh rangkaian kegiatan bimbingan yang berlangsung sejak tanggal 9 hingga 14 September 2024. MABIM 2024 berlangsung di lapangan Nusa Putra dan Bumi Mandiri Center-Kadudampit-Sukabumi.
Ribuan mahasiswa baru Nusa Putra University di acara puncak MABIM 2024 (Sumber: Dok nusa putra)