Curug Cigamea Bogor, Pesona Dua Air Terjun di Kaki Gunung Salak

Rabu 28 Agustus 2024, 20:00 WIB
Tersembunyi di tengah rimbunnya hutan Bogor, Curug Cigamea menawarkan pesona alam yang begitu memukau. (Sumber : Instagram/@ardigouw_/@ur_memey).

Tersembunyi di tengah rimbunnya hutan Bogor, Curug Cigamea menawarkan pesona alam yang begitu memukau. (Sumber : Instagram/@ardigouw_/@ur_memey).

SUKABUMIUPDATE.com - Curug Cigamea adalah salah satu destinasi wisata alam yang wajib dikunjungi bagi para pencinta air terjun di Bogor. Tersembunyi di tengah hutan yang rimbun, curug ini menawarkan keindahan alam yang masih sangat alami dan menyegarkan.

Keunikan Curug Cigamea terletak pada air terjunnya yang ada dua dan saling bersebelahan. Setiap air terjun memiliki keindahannya masing-masing, sehingga pengunjung dapat menikmati pemandangan yang berbeda-beda.

Aliran air terjun pertama sangat menawan dengan air yang menuruni bebatuan hitam berlumut, menciptakan pemandangan yang asri. Debit airnya tergolong sedang, begitu pula dengan kolam penampungannya yang berukuran kecil.

Berbeda dengan yang pertama, air terjun kedua memiliki aliran yang deras dan suara gemuruh yang menggelegar. Kolam alami yang cukup luas di bawahnya menjadi favorit pengunjung untuk bermain air.

Untuk keselamatan, disarankan menghindari area di sekitar jatuhnya air terjun kedua karena derasnya aliran air. Air di kolamnya yang jernih dan bersih sangat cocok untuk menyegarkan badan.

Curug Cigamea dan Urban Legend di Dalamnya

Dikelilingi oleh hijaunya pepohonan dan dialiri air yang bening, Curug Cigamea menyuguhkan pemandangan alam yang begitu menawan dan masih alami.

Bagi jiwa yang lelah, suara gemericik air dan udara segar di sekitar curug ini menjadi obat mujarab untuk menyegarkan kembali pikiran dan raga.

Masyarakat setempat meyakini bahwa Curug Cigamea adalah kerajaan bagi para kera. Bahkan, ada mitos yang mengatakan bahwa mereka yang beruntung akan bertemu dengan monyet putih sebagai pertanda keberuntungan.

Monyet-monyet kerap terlihat berkeliaran di sekitar Curug Cigamea, mulai dari gerbang masuk hingga ke air terjunnya.

Monyet-monyet tersebut merupakan penghuni asli hutan Gunung Salak. Asalkan kamu tidak membuat mereka merasa terancam, mereka akan membiarkanmu menikmati keindahan alam.

Keindahan Curug Cigamea Bogor. |Keindahan Curug Cigamea Bogor. | Instagram/@@daden.cokor/bogorkotahijau.

Lokasi, Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Curug Cigamea Bogor

Curug Cigamea berada di Desa Gunungsari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Buka setiap hari selama 24 jam, untuk kamu yang ingin kesana bisa menggunakan Google Maps sebagai penunjuk arah.

Untuk menikmati keindahan Curug Cigamea, kamu perlu menyiapkan biaya masuk Taman Nasional sebesar Rp12.500 per orang, tiket masuk curug sebesar Rp10.000 per orang, serta biaya parkir mobil Rp10.000 atau motor Rp5.000.

Daya Tarik Curug Cigamea

Keindahan alam Curug Cigamea tidak hanya terletak pada air terjunnya. Hutan di sekitarnya juga sangat kaya akan flora dan fauna. Pengunjung dapat menikmati trek ringan menyusuri hutan sambil menghirup udara segar dan mendengarkan kicauan burung.

Selain keindahan alamnya, Curug Cigamea juga menawarkan pengalaman yang unik bagi pengunjung. Anda dapat berenang di kolam alami yang terbentuk di bawah air terjun, bersantai di atas batu-batu besar sambil menikmati pemandangan, atau sekadar duduk-duduk santai di tepi sungai.

Bagi yang hobi fotografi, Curug Cigamea adalah surga bagi Anda. Setiap sudut dari tempat ini sangat instagramable dan cocok untuk dijadikan latar belakang foto.

Dengan segala keindahan alam yang ditawarkan, Curug Cigamea adalah destinasi wisata yang wajib dikunjungi bagi Anda yang ingin melepas penat dan menikmati keindahan alam.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Musik14 September 2024, 09:00 WIB

Single Season Rilis Single Baru Berjudul "Dari Hati" Pada 13 September 2024

Single Season rilis single terbaru berjudul Dari Hati.
Single Season rilis single terbaru berjudul Dari Hati. (Sumber : Istimewa).
Sehat14 September 2024, 08:00 WIB

10 Kebiasaan Sehat Agar Tulang Tidak Cepat Keropos, Yuk Olahraga!

Jika Anda berisiko mengalami osteoporosis, seperti memiliki riwayat keluarga dengan osteoporosis, menopause dini, atau kondisi kesehatan tertentu, lakukan pemeriksaan kepadatan tulang (bone density test) secara berkala untuk memantau kesehatan tulang.
Ilustrasi. Olahraga. Kebiasaan Sehat Agar Tulang Tidak Cepat Keropos (Sumber : Freepik/freepik)
Food & Travel14 September 2024, 07:00 WIB

Resep Donat Singkong Sederhana, Camilan Simpel untuk Weekend di Rumah

Yuk Intip Resep Donat Singkong Sederhana, Inspirasi Camilan Simpel untuk Weekend di Rumah!
Ilustrasi. Resep Donat Singkong Sederhana, Camilan Simpel untuk Weekend di Rumah (Sumber : Freepik/freepik)
Science14 September 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 14 September 2024, Akhir Pekan Potensi Cerah Berawan Sepanjang Hari

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada 14 September 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada 14 September 2024. (Sumber : Pixabay.com)
Sukabumi14 September 2024, 01:21 WIB

Koramil Jampangtengah Sukabumi Berikan Pelatihan Penguatan Pelajar Pancasila

Koramil 2207 Jampangtengah memberikan pelatihan projek penguat profil Pelajar Pancasila kepada siswa-siswi kelas 13, SMAN 1 Jampangtengah, Kabupaten Sukabumi. Pelatihan berlangsung selama dua hari, 12-13 September 2024
Danramil saat memberikan pemaparan wawasan kebangsaan dihadapan siswa siswi SMAN Jampangtengah Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Inspirasi13 September 2024, 23:28 WIB

Peringatan Maulid Nabi: Sarana Peningkatan Spiritualitas - Kepedulian Sosial di Lingkungan Kampus

Maulid Nabi Muhammad SAW adalah momen penting yang diperingati oleh umat Islam di seluruh dunia
Aqila Zayyan dan Abdul Muiz (Kahim Wakahmim Adiministrasi Bisnis UMMI 2024).(Sumber : Ist)
Sukabumi13 September 2024, 22:44 WIB

Jenazah Korban TPPO Meninggal di Kamboja Tiba di Sukabumi, Disambut Tangis Keluarga

Jenazah WNI yang meninggal di Kamboja diduga korban TPPO tiba di rumah duka di Kampung Parungseah Berong, Rt 01/04, Desa Parungseah, Kecamatan Sukabumi, Kabupaten Sukabumi pada Jumat (13/9/2024) sekira pukul 19:00 WIB
Suasana kedatangan jenazah Syamsul Diana Ahmad (30 tahun) korban TPPO yang meninggal di Kamboja saat tiba rumah duka di Sukabumi pada Jumat (13/9/2024) sekira pukul 19:00 WIB | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi13 September 2024, 22:13 WIB

Warung Sembako di Palabuhanratu Ludes Terbakar, 2 Unit Sepeda Motor Hangus

Kebakaran hebat melanda sebuah warung sembako di Kampung Cangehgar, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi pada Jumat (13/9/2024) malam, sekitar pukul 19.20 WIB.
Proses pemadaman kekabaran warung sembako di Palabuhanratu Sukabumi, Jumat (13/9/2024) | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi13 September 2024, 21:49 WIB

Komunitas Pangauban Prihatin Kerusakan Kawasan di Hulu Sungai Cimandiri

Kondisi lingkungan di kawasan hulu Sungai Cimandiri yang terletak di perbatasan Sukabumi-Cianjur, tepatnya di Gunung Siang, mendapat sorotan dari komunitas pencinta alam Pangauban Cicatih Cimandiri Gunung Salak
Komunitas Pangauban Cicatih Cimandiri Gunung Salak saat meninjau kondisi Gunung Siang sebagai hulu sungai Cimandiri | Foto : Ibnu Sanubari
Inspirasi13 September 2024, 20:51 WIB

Distan Gelar Pelatihan Budidaya Tanaman Pala di Cidolog Sukabumi

Dalam kegiatan Bimtek Distan tersebut, 150 bibit tanaman pala diberikan kepada para petani Cidolog Sukabumi peserta pelatihan.
Pelatihan budidaya tanaman pala di Cidolog Sukabumi yang digelar Distan dan diikuti sejumlah petani. (Sumber : Istimewa)