Curug Sanghyang Taraje, Pesona Alam Indah di Kabupaten Garut

Rabu 21 Agustus 2024, 21:00 WIB
Curug Sanghyang Taraje adalah salah satu objek wisata alam di Garut, Jawa Barat, yang menawarkan pesona alam yang menakjubkan. (Sumber : Screenshot YouTube/  Sonya Update).

Curug Sanghyang Taraje adalah salah satu objek wisata alam di Garut, Jawa Barat, yang menawarkan pesona alam yang menakjubkan. (Sumber : Screenshot YouTube/ Sonya Update).

SUKABUMIUPDATE.com - Curug Sanghyang Taraje adalah salah satu destinasi wisata alam yang memukau di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Tersembunyi di balik bukit, air terjun ini menawarkan pesona alam yang masih sangat alami dan menyegarkan.

Nama "Sanghyang Taraje" sendiri memiliki makna yang dalam, yaitu "tangga para dewa". Hal ini merujuk pada bentuk air terjun yang berundak-undak, seolah-olah menjadi tangga menuju langit.

Wisata satu ini berlokasi di Kampung Kombongan, Pakenjeng, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Ini merupakan salah satu rekomendasi tempat wisata yang harus dikunjungi jika ke Garut.

Curug Sanghyang Taraje

Curug Sanghyang Taraje di Garut merupakan destinasi wisata alam yang populer dan selalu ramai pengunjung. Dengan ketinggian lebih dari 80 meter, keindahannya begitu memukau.

Selain tingginya, keunikan lain dari curug ini adalah adanya dua aliran air yang mengalir berdampingan, membuatnya semakin menarik untuk dikunjungi.

Sumber air Curug Sanghyang Taraje berasal dari Sungai Cibatarua, salah satu anak sungai Cikandang yang bermuara di Samudra Hindia.

Debit air curug ini sangat deras, terutama saat musim hujan tiba. Selain menjadi tujuan wisata, air dari Curug Sanghyang juga dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk pertanian, perikanan, dan keperluan sehari-hari.

Sanghyang Taraje dan keindahan alamnya yang mempesona. | Instagram/@kaka.auliaa_/@curug_sanghyangtarajeSanghyang Taraje dan keindahan alamnya yang mempesona. | Instagram/@kaka.auliaa_/@curug_sanghyangtaraje.

Rute Curug Sanghyang Taraje

Jarak dari kota Bandung ke Curug Sanghyang Taraje adalah sekitar 112,0 km dengan waktu tempuh sekitar 3 jam 31 menit menggunakan mobil. Pengunjung yang ingin ke lokasi ini bisa menggunakan petunjuk arah dari Google Maps.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Curug Sanghyang Taraje

Curug Sanghyang Taraje buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Untuk menikmati keindahan air terjun ini, Anda cukup membayar tiket masuk sebesar Rp10.000. Selain itu, terdapat biaya parkir sebesar Rp5.000 untuk mobil dan motor.
Daya Tarik Curug Sanghyang Taraje

1. Keindahan Air Terjun

Curug Sanghyang Taraje memiliki air terjun kembar yang memukau dengan ketinggian sekitar 80 meter. Air terjun ini mengalir deras dari tebing yang tinggi, menciptakan pemandangan spektakuler dan suara gemuruh yang menenangkan.

Lanskap sekitarnya yang hijau serta kejernihan air menambah pesona alamnya. Air terjun ini juga dikelilingi oleh hutan alami yang membuat suasana terasa sejuk dan asri.

2. Tempat Healing

Curug Sanghyang Taraje sering dijadikan tempat healing atau pemulihan diri oleh pengunjung. Udara segar, suara gemuruh air terjun, dan pemandangan alam yang hijau menciptakan suasana yang sangat menenangkan.

Para pengunjung dapat bersantai di sekitar curug, mendengarkan suara air, dan menikmati ketenangan alam. Ini adalah tempat yang cocok untuk melepaskan stres dari rutinitas sehari-hari dan merasakan ketenangan jiwa.

3. Berenang di Kolam

Terdapat kolam aman yang disediakan untuk berenang atau sekadar bermain air. Meskipun airnya dingin, hal ini justru menambah kesegaran bagi siapa saja yang ingin merasakan langsung kesejukan air terjun.

4. Legenda Sangkuriang

Curug Sanghyang Taraje juga erat kaitannya dengan legenda lokal, terutama cerita Sangkuriang. Menurut mitos, tangga-tangga di air terjun ini dipercaya sebagai tempat Sangkuriang melangkah untuk mengambil bintang dari langit.

Kisah legendaris ini menambah daya tarik budaya bagi para pengunjung yang ingin merasakan sentuhan mistis dan sejarah dalam kunjungan mereka. Banyak wisatawan yang tertarik mengunjungi curug ini karena ingin mengetahui lebih jauh cerita rakyat yang terkait dengannya.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi19 September 2024, 16:43 WIB

Pemimpin yang Bijaksana, Sosok Almarhum M Solihin di Mata Ketua PGRI Kabupaten Sukabumi

Almarhum M Solihin di Mata Ketua PGRI Kabupaten Sukabumi Tubagus Wahid Ansor adalah pemimpin yang bijaksana.
Sosok almarhum Muhammad Solihin, mantan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi. (Sumber : istimewa)
Entertainment19 September 2024, 16:30 WIB

Agensi Jennie BLACKPINK Klarifikasi Terkait Nama Fandom dan Rumor Kencan

Hal ini menimbulkan berbagai spekulasi di kalangan penggemar bahwa Rubies mungkin adalah nama fandom resmi Jennie. Tentu saja mereka senang mendengar panggilan yang akan disematkan pada mereka.
Agensi Jennie BLACKPINK Klarifikasi Terkait Nama Fandom dan Rumor Kencan (Sumber : Instagram.com/jennierubyjane)
Entertainment19 September 2024, 16:15 WIB

Usai Dijemput, Nikita Mirzani Akan Bawa Lolly ke Polres Metro Jakarta Selatan

Nikita Mirzani akan membawa putrinya, Laura Meizani Mawardi atau Lolly ke Polres Metro Jakarta Selatan usai dijemput di apartemennya tadi siang.
Usai Dijemput, Nikita Mirzani Akan Bawa Lolly ke Polres Metro Jakarta Selatan (Sumber : Instagram/@yosepsinudarsono)
Keuangan19 September 2024, 16:13 WIB

DPR Sahkan UU APBN 2025 Tahun Pertama Pemerintahan Prabowo, Ini Rinciannya

Berikut rincian postur anggaran UU APBN 2025 yang disahkan DPR RI untuk tahun pertama pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.
Suasana Rapat Paripurna DPR RI terkait UU APBN 2025. (Sumber Foto: Youtube TV Parlemen)
Entertainment19 September 2024, 16:00 WIB

Usia Sudah 49 Tahun Tapi Wajahnya Seperti Gadis Remaja, Lure Hsu Bikin Geger Warganet!

Selebgram Lure Hsu bikin geger warganet karena wajahnya masih muda meski sudah berkepala empat.
Selebgram Lure Hsu bikin geger warganet karena wajahnya masih muda meski sudah berkepala empat. (Sumber : Instagram/@lurehsu).
Life19 September 2024, 15:53 WIB

5 Mitos Larangan Pamali Duduk di Atas Meja, "Bisi Loba Hutang"?

Banyak pamali dalam budaya Sunda sebenarnya bertujuan untuk mendidik anak-anak agar berperilaku baik dan menjaga tata krama, salah satunya soal larangan Duduk di Atas Meja.
Ilustrasi - Orang yang duduk sambil marah-marah. Soal Mitos Larangan Pamali Duduk di Atas Meja yang Dianggap "Bisi Loba Hutang". (Sumber : Freepik.com/@luis_molinero)
Sehat19 September 2024, 15:46 WIB

Monkeypox Muncul Lagi, Dinkes Kota Sukabumi Imbau Warga Cegah Penyebaran Virus

Wita menyatakan Kota Sukabumi masih terbebas dari virus ini.
Kepala Bidang P2P Dinkes Kota Sukabumi drg Wita Darmawanti. | Foto: SU/Asep Awaludin
Sukabumi19 September 2024, 15:45 WIB

Kecelakaan di Tanjakan Baeud Sukabumi, Truk Ekspedisi Tabrak Pemotor Hingga Tewas

Kecelakaan maut terjadi di Tanjakan Baeud Warungkiara Sukabumi, truk ekspedisi tabrak pemotor hingga tewas.
Kecelakaan maut Truk boks ekspedisi tabrak pemotor di Tanjakan Baeud Warungkiara Sukabumi. (Sumber Foto: Istimewa)
Entertainment19 September 2024, 15:15 WIB

Dijemput Nikita Mirzani, Lolly Teriak Histeris Minta Tolong Karena Dipaksa

Nikita Mirzani akhirnya berhasil menjemput sang putri, Laura Meizani Mawardi atau akrab disapa Lolly di apartemennya pada Kamis, 19 September 2024 siang.
Dijemput Nikita Mirzani, Lolly Teriak Histeris Minta Tolong Karena Dipaksa (Sumber : Instagram/@andreaszhu_official)
Inspirasi19 September 2024, 15:00 WIB

Loker Sukabumi Sebagai Maintenance di Rumah Sakit Swasta, Minimal D3 Teknik Electro

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi. Loker Sukabumi Sebagai Maintenance di Rumah Sakit Swasta, Minimal D3 Teknik Electro. (Sumber : Freepik)