Geopark Ciletuh Sukabumi dan 6 Keajaiban Alam yang Suguhkan Pesona Memukau

Kamis 15 Agustus 2024, 20:00 WIB
Geopark Ciletuh, yang terletak di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, adalah sebuah kawasan dengan keindahan alam yang menakjubkan. (Sumber : Instagram/@dea.kariza).

Geopark Ciletuh, yang terletak di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, adalah sebuah kawasan dengan keindahan alam yang menakjubkan. (Sumber : Instagram/@dea.kariza).

SUKABUMIUPDATE.com - Geopark Ciletuh di Sukabumi, Jawa Barat, merupakan destinasi wisata alam yang menawarkan keindahan alam yang luar biasa.

Kawasan ini dikenal dengan bentang alamnya yang unik dan beragam, termasuk formasi geologi yang spektakuler, air terjun yang menakjubkan, serta pantai yang eksotis.

Geopark Ciletuh bukan hanya sekedar tempat wisata, namun juga merupakan kawasan konservasi yang penting, menggabungkan pendidikan, penelitian, dan pariwisata berkelanjutan.

Destinasi ini menawarkan pengalaman alam yang kaya dan mendalam bagi setiap pengunjungnya. Berikut adalah 6 keajaiban alam yang ada di Geopark Ciletuh Sukabumi.

1. Tebing Panenjoan

Tebing Panenjoan. | Foto: Instagram/@dedymullTebing Panenjoan. | Foto: Instagram/@dedymull.

Tebing ini adalah tempat yang pas untuk menikmati pemandangan dari atas ketinggian. Dengan ketinggian 300 mdpl di atas permukaan laut, Anda bisa melihat sekeliling dengan jelas.

Tenang saja, ada pagar pengaman kok, jadi Anda bisa menikmati pemandangan dengan aman.

Dengan latar belakang tulisan "Panenjoan" yang besar, Anda bisa mengambil foto yang keren sambil menikmati pemandangan Pantai Palangpang.

Masuk ke kawasan tebing ini gratis, jadi Anda bisa menikmati pemandangan tanpa mengeluarkan biaya.

2. Pantai Palangpang

Pantai Palangpang di kawasan Geopark Ciletuh, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. | Foto: IstimewaPantai Palangpang di kawasan Geopark Ciletuh, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa.

Pantai Palangpang di Desa Ciwaru Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, adalah destinasi wisata paling populer di Ciletuh. Biasanya, wisatawan akan mengunjungi pantai ini terlebih dahulu sebelum menjelajahi tempat-tempat wisata lainnya di kawasan tersebut.

Fasilitas di Pantai Palangpang cukup lengkap, mulai dari penginapan, tempat pelelangan ikan, hingga warung makan yang berjejer di sepanjang pantai. Bagi yang ingin menikmati suasana pantai dengan lebih tenang, villa Balekambang yang terletak di ujung pantai bisa menjadi pilihan yang tepat.

3. Curug Cimarinjung

Curug Cimarinjung di kawasan Geopark Ciletuh Sukabumi. | Foto: IstimewaCurug Cimarinjung di kawasan Geopark Ciletuh Sukabumi. | Foto: Istimewa.

Tersembunyi di kawasan Geopark Ciletuh, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, terdapat sebuah air terjun yang memukau bernama Curug Cimarinjung. Dengan ketinggian sekitar 50 meter, air terjun ini menawarkan pemandangan alam yang sangat menakjubkan.

Deburan air yang jatuh dari ketinggian menciptakan suara yang menenangkan dan semilir angin sejuk yang menyegarkan.

4. Curug Sodong

Pemandangan Curug Sodong di kawasan Geopark Ciletuh Sukabumi setelah musim kemarau. | Foto: IstimewaPemandangan Curug Sodong di kawasan Geopark Ciletuh Sukabumi setelah musim kemarau. | Foto: Istimewa.

Curug Sodong berlokasi di Kampung Cikanteh, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Untuk menikmati keindahan Curug Sodong, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 12.000 per orang (dewasa), dan Rp 7.000 per orang (anak-anak).

Air terjun Curug Sodong bersumber dari beberapa sungai, diantaranya Sungai Cikanteh, Cikawung, dan Ciateul. Terlihat dua aliran di air terjun tersebut, bentuknya khas, seolah-olah curug yang berbeda. Tak heran, banyak yang menyebut curug ini dengan sebutan Curug Pengantin atau Curug Kembar.

Curug Sodong sendiri menjadi salah satu air terjun unggulan di kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu. Air terjun ini seolah menjadi spot wajib yang masuk list kunjungan wisatawan saat pergi ke Geopark Ciletuh.

5. Curug Cikanteh

Curug Cikanteh. - Bebatuan di sekitar Curug Cikanteh memiliki tekstur kasar dan bentuk yang unik, seolah-olah telah terbentuk selama jutaan tahun.Curug Cikanteh. - Bebatuan di sekitar Curug Cikanteh memiliki tekstur kasar dan bentuk yang unik, seolah-olah telah terbentuk selama jutaan tahun. | Instagram/@canro.simarmata.

Curug Cikanteh atau air terjun satu ini masih berada dalam lingkup kawasan Geopark Ciletuh, yang merupakan salah satu dari tujuh taman di bumi (geopark) yang diakui UNESCO.

Lokasi Curug Cikanteh berada di Dusun Cikanteh, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Curug Cikanteh ini masih berada satu tempat dengan Curug Sodong dan berada di kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu Sukabumi.

Curug dari aliran Sungai Cikanteh tersebut masih asri, air jernih dan sejuk. Untuk menuju objek wisata alam tersebut patokannya adalah Curug Sodong

Menikmati keindahan Curug Cikanteh membutuhkan sedikit perjuangan, karena pengunjung harus berjalan kaki sekitar 350 meter dari pintu masuk utama Curug Sodong.

6. Curug Awang

Kondisi Curug Awang Geopark Ciletuh Kabupaten Sukabumi yang kini terbengkalai.Curug Awang Geopark Ciletuh Kabupaten Sukabumi.

Berbeda dengan air terjun-air terjun lainnya, Curug Awang memiliki debit air yang lebih deras dan lebar. Bentuknya yang mirip dengan Air Terjun Niagara membuat banyak orang menjulukinya sebagai "Niagara Mini".

Dengan ketinggian sekitar empat puluh meter dan lebar enam puluh meter, Curug Awang menyajikan pemandangan yang sangat mengesankan.

Aliran air yang deras memenuhi seluruh lebar air terjun, menciptakan pemandangan yang mirip dengan Air Terjun Niagara dalam skala yang lebih kecil.

7. Puncak Darma

Spot Patah Hati, lokasi swafoto teranyar di Puncak Darma Geopark Ciletuh Sukabumi.Spot Patah Hati, lokasi swafoto teranyar di Puncak Darma Geopark Ciletuh Sukabumi. | SU/Ragil

Puncak Darma adalah salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi ketika Anda berada di Sukabumi, khususnya di kawasan Geopark Ciletuh. Terletak di ketinggian sekitar 230 meter di atas permukaan laut, bukit ini menawarkan panorama alam yang sangat menakjubkan.

Dari puncaknya, Anda dapat menikmati pemandangan Teluk Ciletuh yang berbentuk tapal kuda, perbukitan hijau, serta hamparan samudra yang luas.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi19 September 2024, 16:43 WIB

Pemimpin yang Bijaksana, Sosok Almarhum M Solihin di Mata Ketua PGRI Kabupaten Sukabumi

Almarhum M Solihin di Mata Ketua PGRI Kabupaten Sukabumi Tubagus Wahid Ansor adalah pemimpin yang bijaksana.
Sosok almarhum Muhammad Solihin, mantan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi. (Sumber : istimewa)
Entertainment19 September 2024, 16:30 WIB

Agensi Jennie BLACKPINK Klarifikasi Terkait Nama Fandom dan Rumor Kencan

Hal ini menimbulkan berbagai spekulasi di kalangan penggemar bahwa Rubies mungkin adalah nama fandom resmi Jennie. Tentu saja mereka senang mendengar panggilan yang akan disematkan pada mereka.
Agensi Jennie BLACKPINK Klarifikasi Terkait Nama Fandom dan Rumor Kencan (Sumber : Instagram.com/jennierubyjane)
Entertainment19 September 2024, 16:15 WIB

Usai Dijemput, Nikita Mirzani Akan Bawa Lolly ke Polres Metro Jakarta Selatan

Nikita Mirzani akan membawa putrinya, Laura Meizani Mawardi atau Lolly ke Polres Metro Jakarta Selatan usai dijemput di apartemennya tadi siang.
Usai Dijemput, Nikita Mirzani Akan Bawa Lolly ke Polres Metro Jakarta Selatan (Sumber : Instagram/@yosepsinudarsono)
Keuangan19 September 2024, 16:13 WIB

DPR Sahkan UU APBN 2025 Tahun Pertama Pemerintahan Prabowo, Ini Rinciannya

Berikut rincian postur anggaran UU APBN 2025 yang disahkan DPR RI untuk tahun pertama pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.
Suasana Rapat Paripurna DPR RI terkait UU APBN 2025. (Sumber Foto: Youtube TV Parlemen)
Entertainment19 September 2024, 16:00 WIB

Usia Sudah 49 Tahun Tapi Wajahnya Seperti Gadis Remaja, Lure Hsu Bikin Geger Warganet!

Selebgram Lure Hsu bikin geger warganet karena wajahnya masih muda meski sudah berkepala empat.
Selebgram Lure Hsu bikin geger warganet karena wajahnya masih muda meski sudah berkepala empat. (Sumber : Instagram/@lurehsu).
Life19 September 2024, 15:53 WIB

5 Mitos Larangan Pamali Duduk di Atas Meja, "Bisi Loba Hutang"?

Banyak pamali dalam budaya Sunda sebenarnya bertujuan untuk mendidik anak-anak agar berperilaku baik dan menjaga tata krama, salah satunya soal larangan Duduk di Atas Meja.
Ilustrasi - Orang yang duduk sambil marah-marah. Soal Mitos Larangan Pamali Duduk di Atas Meja yang Dianggap "Bisi Loba Hutang". (Sumber : Freepik.com/@luis_molinero)
Sehat19 September 2024, 15:46 WIB

Monkeypox Muncul Lagi, Dinkes Kota Sukabumi Imbau Warga Cegah Penyebaran Virus

Wita menyatakan Kota Sukabumi masih terbebas dari virus ini.
Kepala Bidang P2P Dinkes Kota Sukabumi drg Wita Darmawanti. | Foto: SU/Asep Awaludin
Sukabumi19 September 2024, 15:45 WIB

Kecelakaan di Tanjakan Baeud Sukabumi, Truk Ekspedisi Tabrak Pemotor Hingga Tewas

Kecelakaan maut terjadi di Tanjakan Baeud Warungkiara Sukabumi, truk ekspedisi tabrak pemotor hingga tewas.
Kecelakaan maut Truk boks ekspedisi tabrak pemotor di Tanjakan Baeud Warungkiara Sukabumi. (Sumber Foto: Istimewa)
Entertainment19 September 2024, 15:15 WIB

Dijemput Nikita Mirzani, Lolly Teriak Histeris Minta Tolong Karena Dipaksa

Nikita Mirzani akhirnya berhasil menjemput sang putri, Laura Meizani Mawardi atau akrab disapa Lolly di apartemennya pada Kamis, 19 September 2024 siang.
Dijemput Nikita Mirzani, Lolly Teriak Histeris Minta Tolong Karena Dipaksa (Sumber : Instagram/@andreaszhu_official)
Inspirasi19 September 2024, 15:00 WIB

Loker Sukabumi Sebagai Maintenance di Rumah Sakit Swasta, Minimal D3 Teknik Electro

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi. Loker Sukabumi Sebagai Maintenance di Rumah Sakit Swasta, Minimal D3 Teknik Electro. (Sumber : Freepik)