Potensi Datangkan Wisatawan, Dispar Sukabumi Dukung Perahu Fest jadi Agenda Tahunan

Minggu 11 Agustus 2024, 13:43 WIB
Salah satu perahu hias yang mengikuti event Perahu Fest dalam rangkaian HJKS ke-154 di Muara Ciletuh, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (10/8/2024). (Sumber : SU/Ragil)

Salah satu perahu hias yang mengikuti event Perahu Fest dalam rangkaian HJKS ke-154 di Muara Ciletuh, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (10/8/2024). (Sumber : SU/Ragil)

SUKABUMIUPDATE.com - Puluhan perahu hias dan lomba perahu dayung memeriahkan Perahu Fest Bupati Cup 2024 di Muara Sungai Ciletuh, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Sabtu 10 Agustus 2024. Festival Perahu digelar sebagai ajang menyambut peringatan Hari Jadi Kabupaten Sukabumi (HJKS) ke 154 yang jatuh setiap tanggal 10 September.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi, Jujun Juaeni didaulat menjadi juri penilai dalam acara lomba perahu yang diikuti 29 peserta dari nelayan Desa Ciwaru, Desa Mekarsakti, serta Desa Mandrajaya Kecamatan Ciemas tersebut.

Dari pantauan sukabumiupdate.com, Jujun turun langsung menggunakan perahu, mengadakan penilaian dengan memghampiri peserta perahu hias, berkeliling Muara Ciletuh, mengamati dan menilai secara detail.

Baca Juga: 29 Perahu Hias Adu Cantik di Muara Ciletuh, HJKS ke-154 di Pajampangan Sukabumi

Bahkan setelah dilakukan penilaian, sejumlah perahu hias melakukan manuver di Muara Ciletuh dan pawai defile melintas panggung utama, di mana Bupati Sukabumi Marwan Hamami, anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Fraksi PPP Andri Hidayana, para OPD dan para camat, berdiri menyaksikan pawai yang langsung dipimpin langsung oleh Jujun tersebut.

"Kami melihat mereka para peserta (nelayan), juga warga, baik yang ikut di perahu hias maupun melihat dipinggir Muara Sungai Ciletuh sangat antusias mengikuti perlombaan perahu hias. Ini yang pertama kali diadakan, jadi cukup menarik, kendati waktunya mepet," kata Jujun.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi, Jujun Juaeni.Plt Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi, Jujun Juaeni (paling kanan).

Menurut Jujun, event Perahu Fest yang digelar di kawasan Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGGp) ini bila dikemas dengan lebih menarik berpotensi mendatangkan wisatawan. Oleh karena itu pihaknya menyebut event yang memanfaatkan sumber daya alam ini kedepan berpotensi dijadikan agenda tahunan.

"Ini sebuah kerjasama yang bagus, kolaborasi antara Pemda, panitia lokal, serta dukungan dari anggota DPRD fraksi PPP. Semoga ini bisa menjadi agenda tahunan," harapnya. (ADV).

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel19 September 2024, 09:29 WIB

Cerita Warga Cisaat Rela ke Parungkuda Buat Jogging di Tol Bocimi Sukabumi

Deni biasanya berangkat dari rumah sekira pukul 05.30 WIB.
Suasana olahraga dan jogging di pintu keluar Tol Bocimi Seksi 2 di Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sehat19 September 2024, 09:00 WIB

5 Cara Hidup Sehat Usia 40 Tahun, Bahagia dan Tetap Fit Menjalani Aktivitas

Memasuki usia 40 tahun, gaya hidup sehat menjadi sangat penting untuk menjaga vitalitas dan mencegah berbagai penyakit.
Ilustrasi - Memasuki usia 40 tahun, gaya hidup sehat menjadi sangat penting untuk menjaga vitalitas dan mencegah berbagai penyakit. (Sumber : Freepik.com/@diana.grytsku)
Sukabumi19 September 2024, 08:50 WIB

Kota Sukabumi Raih Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2023

Nirwasita Tantra merupakan bentuk apresiasi pemerintah pusat kepada kepala daerah.
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji menerima penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2023 dari KLHK. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Inspirasi19 September 2024, 08:30 WIB

Lulusan Baru Jadi Pegawai Tetap? Cek Info Loker D3 Berikut!

Lulusan Baru Jadi Pegawai Tetap, Loker D3 Berikut dibuka hingga 17 November 2024 mendatang.
Ilustrasi Lowongan Kerja Indofood Lulusan SMA Sederajat (Sumber : Freepik)
Kecantikan19 September 2024, 08:00 WIB

Bagaimana Cara Membuat Bulu Mata Lentik Alami? Coba 8 Tips Ini!

Dengan perawatan rutin dan penggunaan bahan-bahan alami, bulu mata bisa menjadi lebih lentik, kuat, dan terlihat lebih panjang tanpa perlu alat atau produk kimia yang berlebihan.
Ilustrasi. Dengan perawatan rutin dan penggunaan bahan-bahan alami, bulu mata bisa menjadi lebih lentik, kuat, dan terlihat lebih panjang tanpa perlu alat atau produk kimia yang berlebihan. (Sumber : Freepik/freepik)
Life19 September 2024, 07:00 WIB

10 Gaya Hidup Minimalis yang Bisa Membuat Cepat Kaya, Hindari Hutang!

Gaya hidup minimalis mendorong seseorang untuk hanya membeli barang-barang yang benar-benar diperlukan dan berguna, bukan yang sekadar diinginkan.
Ilustrasi. Menyisihkan lebih banyak uang untuk investasi memungkinkan uang tumbuh dan berlipat ganda dalam jangka panjang, yang merupakan kunci untuk membangun kekayaan. (Sumber : GhasoubAlaeddin)
Food & Travel19 September 2024, 06:00 WIB

Resep Mochi Isian Kacang Khas Sukabumi, Oleh-Oleh Liburan yang Nikmat!

Mochi Sukabumi terkenal dengan isi kacang yang manis dan gurih. Intip Resep Mochi Isian Kacang Khas Sukabumi, Oleh-Oleh Liburan yang Nikmat!
Ilustrasi. Mochi telah menjadi simbol kuliner tradisional Sukabumi. Foto:Instagram/@detikviliana
Science19 September 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 19 September 2024, Sukabumi Cerah Berawan Sepanjang Hari

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 19 September 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 19 September 2024. (Sumber : Pixabay.com/@MabelAmber)
Inspirasi19 September 2024, 00:37 WIB

Keteladanan Rasulullah SAW, Inspirasi Bagi Generasi Muda

Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW, yang diperingati oleh umat Islam setiap tahun, merupakan momen penting untuk mengenang kelahiran sosok yang membawa risalah Islam ke dunia.
Peringatan Maulid Nabi Muhammad 12 Rabiul Awal 1445 H / 16 September 2024 | Foto : Pixabay
Sukabumi19 September 2024, 00:13 WIB

Dibeli Murah hingga Intimidasi, Warga Ungkit Soal Tanah Harry Cader di Tegalbuleud Sukabumi

Warga Desa Buniasih dan Desa Tegalbuleud, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi terutama ahli waris tanah merek mengungkit proses penjualan tanah pada beberapa tahun Harry Cader
Tanah Harry Cader di Desa Buniasih Tegalbuleud Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang