5 Curug di Sukabumi yang Memiliki Panorama Indah Nan Mempesona

Sabtu 10 Agustus 2024, 13:00 WIB
Curug Larangan dan Curug Bibijilan - Nikmati Keindahan Alam dengan mengunjungi 5 Curug Terindah di Sukabumi. (Sumber : Instagram/@sintiaumrah/@hadjukemal).

Curug Larangan dan Curug Bibijilan - Nikmati Keindahan Alam dengan mengunjungi 5 Curug Terindah di Sukabumi. (Sumber : Instagram/@sintiaumrah/@hadjukemal).

SUKABUMIUPDATE.com - Sukabumi memang menyimpan pesona alam yang luar biasa, terutama dengan beragam curug yang tersebar di wilayahnya. Keindahan alamnya yang masih asri dan sejuk menjadikannya destinasi wisata yang sangat menarik.

Jika Anda mencari tempat wisata yang menyegarkan dan ingin menikmati keindahan alam, berkunjung ke curug-curug di Sukabumi adalah pilihan yang tepat. Jangan lupa untuk membawa perlengkapan yang lengkap, seperti pakaian ganti, handuk, dan kamera untuk mengabadikan momen indah Anda di sana.

Berikut ini ada beberapa rekomendasi curug-curug eksotis dengan panorama menawan yang ada di Sukabumi.

1. Curug Larangan

Curug LaranganCurug Larangan. | SU/Ragil.

Curug Larangan adalah salah satu objek wisata terkenal di kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu. Air terjun yang terletak di Kampung Cisaar, Desa Girimukti, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, ini menjadi alternatif wisata bagi para pengunjung.

Akses menuju Curug Larangan dimulai dari jalan provinsi, dilanjutkan dengan jalan lingkungan berplester sepanjang 300 meter. Setelah itu, pengunjung perlu berjalan kaki sekitar 500 meter dari tempat parkir menuju lokasi air terjun.

Baca Juga: Bukit Jamur Ciwidey, Wisata Alam Unik dan Romantis untuk Berburu Foto Instagramable

Terletak di tengah hutan dan dikelilingi perbukitan batu, Curug Larangan menyajikan keindahan air terjun setinggi lebih dari 30 meter yang mengalir di tebing batu hitam, dikelilingi oleh pepohonan rimbun.

Curug Larangan bersumber dari aliran Sungai Cisaar, dengan hulu berada di Kampung Cijambe yang berada dibalik Gunung Tumpeng atau Bukit Tumpeng yang terkenal dengan legenda Eyang Lamping.

2. Curug Nangsi

Pesona Curug Nangsi atau Curug Three In One di Waluran Sukabumi.Pesona Curug Nangsi atau Curug Three In One di Waluran Sukabumi. | Istimewa.

Curug Nangsi berlokasi di Desa Sukamukti, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi. Curug Nangsi yang juga memiliki sebutan Curug Three In One, pertama kali dibuka pada tahun 2014 oleh para pemuda di Kecamatan Waluran yang tergabung dalam salah satu komunitas lokal.

Memiliki ketinggian sekitar 40 meter, air dari Curug Nangsi ini bersumber dari aliran Sungai Lebak Nangsi. Air tersebut juga mengaliri dua curug lainnya lagi, yaitu Curug Cibenda ketinggian 30 meter dan Curug Cikupa yang tingginya kurang lebih 25 meter.

Baca Juga: 14 Pantai Indah di Kawasan Ujunggenteng Sukabumi, Wajib Kesini Saat Liburan!

Sehingga masyarakat sekitar menyebut ketiga curug tersebut dengan istilah Curug Three In One, karena masing-masing berada dalam satu aliran sungai yang sama dan cukup berdekatan lokasinya.

Keberadaan curug inipun jaraknya tak jauh dari Kantor Desa Sukamukti, atau jalan nasional. Cukup dekat lokasinya, hanya sekitar 1,5 Kilometer, dari wilayah pedesaan. Namun akses jalan menuju lokasi berupa aspal yang sudah rusak kalau dari tempat parkir mobil jaraknya sekitar satu kilometer dan parkir motor kurang lebih 500 meter serta bisa ditempuh dengan berjalan kaki melewati pesawahan.

Begitu masuk ke kawasan curug, tersaji suasana pemandangan alami dengan sejuknya udara segar, terhampar pematang sawah berundak di sekitar lokasi.

Baca Juga: Cuma 4 Jam dari Jakarta, Kamu Bisa Menikmati Indahnya Sunrise dan Wisata Astronomi

Salah satu keistimewaan curug ini adalah airnya masih mampu bertahan, kendati kemarau panjang, ujar perangkat Desa Sukamukti, M. Husni. Bahkan di sekitar curug, warga masih bisa melakukan aktivitas bercocok tanam padi dan Palawija, dengan mengandalkan air dari curug tersebut.

3. Curug Bibijilan

Curug Bibijilan menjadi salah satu air terjun unik di Sukabumi yang harus masuk ke dalam list kunjungan saat liburan nantiCurug Bibijilan menjadi salah satu air terjun unik di Sukabumi yang harus masuk ke dalam list kunjungan saat liburan nanti. | Ist via Facebook.

Curug Bibijilan merupakan salah satu destinasi wisata alam yang populer di Sukabumi. Dengan keindahan alam yang masih asli dan fasilitas yang lengkap, tempat ini menawarkan pengalaman wisata yang tak terlupakan.

Keunikan dari air terjun ini adalah pengunjung dapat menikmati keindahannya dari berbagai sudut pandang. Akses yang mudah dan harga tiket yang terjangkau menjadikan Curug Bibijilan sebagai pilihan yang menarik bagi wisatawan.

Baca Juga: Menikmati Keindahan Alam di Talaga Bodas Garut Sambil Berendam Air Panas

Curug Bibijilan berlokasi di Kampung Lebaknangka, Desa Kertaangsana, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi. Lokasinya tidak jauh dari objek wisata Goa Buniayu.

Tempat wisata ini berjarak sekitar satu jam perjalanan dari pusat Kota Sukabumi ke arah Selatan.

Untuk menikmati keindahan air terjun ini, pengunjung harus membayar harga tiket masuk (HTM) sebesar Rp 8.000 per orang. Kemudian untuk biaya parkir sebesar Rp Rp 5.000 (motor) dan Rp 10.000 (mobil).

Di sini telah disediakan berbagai fasilitas untuk menunjang kenyamanan mulai dari lokasi parkir, mushola, toilet, warung, camping ground dan lainnya.

4. Curug Caweni

Curug Caweni. | Instagram/@syaiful631Curug Caweni. | Instagram/@syaiful631.

Curug Caweni merupakan salah satu obyek wisata yang ada di wilayah Kabupaten Sukabumi, tepatnya di Kampung Cilutung, Kecamatan Cidolog atau sekitar 70 KM dari Kota Sukabumi.

Selain memiliki keindahan yang mempesona, curug setinggi 20 meter ini juga tersimpan cerita legenda. Tak hanya itu, airnya pun tak pernah surut meski musim kemarau melanda.

Salah satu ciri khas Curug Caweni adalah sebuah curug yang menyerupai wajah manusia yang sedang menangis dan ada sebuah batu fosil setinggi 7 M yang terdapat di tengah-tengah air terjun yang terlihat sedang merunduk, konon batu tersebut adalah Arca Caweni.

5. Curug Sodong

Pemandangan Curug Sodong di kawasan Geopark Ciletuh Sukabumi setelah musim kemarau. | Foto: IstimewaPemandangan Curug Sodong di kawasan Geopark Ciletuh Sukabumi. Foto: Istimewa

Curug Sodong berlokasi di Kampung Cikanteh, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Untuk menikmati keindahan Curug Sodong, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 12.000 per orang (dewasa), dan Rp 7.000 per orang (anak-anak).

Air terjun Curug Sodong bersumber dari beberapa sungai, diantaranya Sungai Cikanteh, Cikawung, dan Ciateul. Terlihat dua aliran di air terjun tersebut, bentuknya khas, seolah-olah curug yang berbeda. Tak heran, banyak yang menyebut curug ini dengan sebutan Curug Pengantin atau Curug Kembar.

Curug Sodong sendiri menjadi salah satu air terjun unggulan di kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu. Air terjun ini seolah menjadi spot wajib yang masuk list kunjungan wisatawan saat pergi ke Geopark Ciletuh.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi19 September 2024, 08:30 WIB

Lulusan Baru Jadi Pegawai Tetap? Cek Info Loker D3 Berikut!

Lulusan Baru Jadi Pegawai Tetap, Loker D3 Berikut dibuka hingga 17 November 2024 mendatang.
Ilustrasi Lowongan Kerja Indofood Lulusan SMA Sederajat (Sumber : Freepik)
Kecantikan19 September 2024, 08:00 WIB

Bagaimana Cara Membuat Bulu Mata Lentik Alami? Coba 8 Tips Ini!

Dengan perawatan rutin dan penggunaan bahan-bahan alami, bulu mata bisa menjadi lebih lentik, kuat, dan terlihat lebih panjang tanpa perlu alat atau produk kimia yang berlebihan.
Ilustrasi. Dengan perawatan rutin dan penggunaan bahan-bahan alami, bulu mata bisa menjadi lebih lentik, kuat, dan terlihat lebih panjang tanpa perlu alat atau produk kimia yang berlebihan. (Sumber : Freepik/freepik)
Life19 September 2024, 07:00 WIB

10 Gaya Hidup Minimalis yang Bisa Membuat Cepat Kaya, Hindari Hutang!

Gaya hidup minimalis mendorong seseorang untuk hanya membeli barang-barang yang benar-benar diperlukan dan berguna, bukan yang sekadar diinginkan.
Ilustrasi. Menyisihkan lebih banyak uang untuk investasi memungkinkan uang tumbuh dan berlipat ganda dalam jangka panjang, yang merupakan kunci untuk membangun kekayaan. (Sumber : GhasoubAlaeddin)
Food & Travel19 September 2024, 06:00 WIB

Resep Mochi Isian Kacang Khas Sukabumi, Oleh-Oleh Liburan yang Nikmat!

Mochi Sukabumi terkenal dengan isi kacang yang manis dan gurih. Intip Resep Mochi Isian Kacang Khas Sukabumi, Oleh-Oleh Liburan yang Nikmat!
Ilustrasi. Mochi telah menjadi simbol kuliner tradisional Sukabumi. Foto:Instagram/@detikviliana
Science19 September 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 19 September 2024, Sukabumi Cerah Berawan Sepanjang Hari

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 19 September 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 19 September 2024. (Sumber : Pixabay.com/@MabelAmber)
Inspirasi19 September 2024, 00:37 WIB

Keteladanan Rasulullah SAW, Inspirasi Bagi Generasi Muda

Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW, yang diperingati oleh umat Islam setiap tahun, merupakan momen penting untuk mengenang kelahiran sosok yang membawa risalah Islam ke dunia.
Peringatan Maulid Nabi Muhammad 12 Rabiul Awal 1445 H / 16 September 2024 | Foto : Pixabay
Sukabumi19 September 2024, 00:13 WIB

Dibeli Murah hingga Intimidasi, Warga Ungkit Soal Tanah Harry Cader di Tegalbuleud Sukabumi

Warga Desa Buniasih dan Desa Tegalbuleud, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi terutama ahli waris tanah merek mengungkit proses penjualan tanah pada beberapa tahun Harry Cader
Tanah Harry Cader di Desa Buniasih Tegalbuleud Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi18 September 2024, 22:35 WIB

Pengakuan Korban Penembakan Oknum Pengacara di Sukabumi: Curhat Lalu Todongkan Senpi

Detik-detik sebelum terjadinya peristiwa penembakan pemilik warung kopi (warkop) di Jalan Sriwidari No 27, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi. Pelaku disebut sempat curhat butuh uang untuk berobat sang anak.
MAF (35 tahun) korban penembakan oknum pengacara saat diwawancarai di warkopnya, Rabu (18/9/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi Memilih18 September 2024, 21:34 WIB

Abah Ucok Kirim Kode Keras ke Calon Bupati, Singgung Tata Ruang Ibukota Kab. Sukabumi

Mantan Wakil Bupati Sukabumi, Ucok Haris Maulana Yusup mengungkapkan keluh kesahnya terhadap sejumlah persoalan yang ada di Kabupaten Sukabumi yang menurutnya banyak yang belum terselesaikan
Politisi senior Sukabumi, H. Ucok Haris Maulana Yusup | Foto : Istimewa
Sukabumi18 September 2024, 20:55 WIB

Empat Warga Terjangkit DBD, Puskesmas Bojonggenteng Sukabumi Lakukan Fogging

Puskesmas Bojonggenteng Sukabumi menerima laporan bahwa ada empat warga terjangkit DBD di Kampung Pamatutan.
Puskesmas Bojonggenteng Sukabumi melakukan fogging di Kampung Pamatutan usai menerima laporan adanya 4 warga yang terjangkit DBD. (Sumber : Istimewa)