14 Pantai Indah di Kawasan Ujunggenteng Sukabumi, Wajib Kesini Saat Liburan!

Jumat 09 Agustus 2024, 16:30 WIB
Pantai Pasir Putih - Ujung Genteng adalah destinasi wisata yang sangat lengkap dan menawarkan keindahan alam. (Sumber : Instagram/@ega6141).

Pantai Pasir Putih - Ujung Genteng adalah destinasi wisata yang sangat lengkap dan menawarkan keindahan alam. (Sumber : Instagram/@ega6141).

SUKABUMIUPDATE.com - Ujunggenteng memang menjadi salah satu destinasi wisata pantai yang sangat populer di Sukabumi, Jawa Barat. Keindahan alamnya yang masih asri, ditambah dengan beragam aktivitas yang bisa dilakukan, membuat Ujunggenteng menjadi tujuan favorit bagi para wisatawan.

Salah satu daya tarik utama Ujunggenteng adalah hamparan pasir putihnya yang luas dan bersih. Sangat cocok untuk bersantai, bermain pasir, atau sekadar menikmati deburan ombak.

Selain itu, bagi para peselancar, Ujunggenteng menawarkan ombak yang cukup menantang. Beberapa pantai di Ujunggenteng menjadi spot surfing yang populer. Ujung Genteng juga menawarkan berbagai aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan bersama keluarga atau teman-teman.

Jika kamu mencari tempat untuk melepas penat dan menikmati suasana pantai yang tenang, Ujunggenteng adalah pilihan yang tepat. Berikut adalah beberapa pilihan pantai indah di kawasan Ujunggenteng yang wajib kamu kunjungi.

1. Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong yang berada di perbatasan Kecamatan Cibitung dan Surade, Kabupaten Sukabumi, kini terdapat spot kamping nan eksotis yang patut dikunjungiPantai Karang Bolong yang berada di perbatasan Kecamatan Cibitung dan Surade, Kabupaten Sukabumi, kini terdapat spot kamping nan eksotis yang patut dikunjungi. | Sukabumiupdate.com

Pantai Karangbolong terletak di Desa Sukatani, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi. Lokasinya yang strategis menjadi salah satu destinasi wisata pantai yang patut dikunjungi.

Pantai Karangbolong memiliki hamparan rumput yang luas dan dua perbukitan yang menghadap langsung ke laut lepas. Dari atas bukit Pantai Karangbolong merupakan tempat yang ideal untuk menyaksikan sensasi panorama sunrise atau matahari terbit. Disana juga sudah banyak warung, tersedia MCK dan mushola.

Untuk ke pantai ini, ada beberapa pilihan akses menuju Pantai Karangbolong. Pertama bisa menyusuri pesisir pantai, mulai dari Pantai Minajaya Desa Buniwangi Kecamatan Surade menuju Pantai Ratu Cimandala dan Pantai Karangbolong, Desa Sukatani, Kecamatan Sukatani. Jarak yang ditempuh sekitar 12 kilometer, biasanya menggunakan sepeda motor.

Bisa juga lewat jalur tengah dengan patokan kantor Kecamatan Surade kemudian melalui jalan Cibarehong, maupun jalan Cibungur- Buniwangi, jarak sekitar 8 kilometer. Motor dan mobil bisa langsung ke lokasi.

Satu lagi akses dari Jalan Nasional Cikaso - Tegalbuleud, patokan Kampung Pasekon, Desa Cidahu masuk ke kawasan hutan jati, arak sekitar 8 kilometer dengan kondisi jalan berupa batu makadam.

2. Pantai Cicaladi

Pantai Cicaladi. | Instagram/@biondasinchlairPantai Cicaladi. | Instagram/@biondasinchlair

Nama pantai ini memang terdengar sedikit asing oleh wisatawan lokal, Pantai Cicaladi sangat berbeda dengan kebanyakan pantai lainnya yang ada di sukabumi. Keunikan dari Pantai Cicaladi adalah lautannya berada di bawah tebing batu.

Pantai Cicaladi lokasinya berada di Desa Sukatani, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, dan berdekatan dengan pantai Karang Bolong yang sudah lebih dulu populer.

Meskipun masuk ke tempat ini gratis, wisatawan masih bisa menikmati fasilitas yang tersedia seperti Saung, Mushola dan Warung makan. Daya tarik dari Pantai Cicaladi adalah tebing batu yang berlubang di sekitar pantai dan menjadi spot foto favorit pengunjung.

Pantai ini juga menjadi menyuguhkan panorama indah dengan keindahan sunrise dan sunset yang terlihat menawan. Nah, pemandangan cantik inilah yang jadi nilai plus bagi para pengunjung.

3. Pantai Minajaya

Sunset di pantai minajaya, Surade Kabupaten Sukabumi Jawa BaratSunset di pantai minajaya, Surade Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. | Istimewa/kang baban.

 

Jika kamu mencari lokasi pantai yang tidak terlalu banyak pengunjung, Pantai Minajaya bisa menjadi pilihan.

Pantai ini berada di Kecamatan Surade Kabupaten Sukabumi, tidak jauh dari Pantai Amanda Ratu.

Pantai dengan warna pasir kecoklatan ini masih asri dan alami karena belum banyak dijamah. Di Bibir pantai ini terhampar batu karang yang cukup luas, kamu bisa berjalan-jalan di hamparan batu karang ini jika air sedang surut.

Selain itu, pemandangan sunset disini sangat memukau serta warna air laut yang hijau kebiruan menjadi daya tarik tersendiri.

4. Pantai Sodong/ Goa Walet

Pantai Sodong. | Google/Foto Milik Sob AriPantai Sodong. | Google/Foto Milik Sob Ari

Pantai selanjutnya yang wajib dikunjungi saat ke Ujunggenteng Sukabumi adalah Pantai Sodong. Pantai ini memiliki daya tarik utama seperti suasana yang tenang dan damai.

Pantai Sodong berlokasi di Jl. Citaritih Jl. Surade-Ujunggenteng, Ujung, Genteng, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat 43179. Tempat ini sangat cocok bagi pengunjung yang ingin healing dan melepaskan penat dengan ketenangan.

5. Pantai Karang Gantungan

Pantai Karang Gantungan - Libur panjang di bulan Mei ini mending dimanfaatkan untuk liburan ke pantai yang ada di Sukabumi.Pantai Karang Gantungan. | Instagram/@a_pennn.

Mirip seperti tanah lot Bali, Pantai Karang Gantungan adalah pantai yang memiliki keindahan berupa karang-karang yang terlihat jela menggantung di atas air. Letak pantai tersebut berada di Jalan Surade-Ujunggenteng, Desa Pasiripis, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Tempat itu juga sangat cocok untuk spot foto instagramable dengan bentuk pantai yang mirip piramida, atau orang Jampang sendiri menyebutnya bentuk Aseupan. Deburan ombak yang menyentuh karang dan pasir pantai membuat Pantai Karang Gantungan semakin menarik untuk dinikmati.

6. Pantai Solokan Saat

Pantai Karang Gantungan yang disebut sebagai salah satu Hidden Gem Sukabumi bisa menjadi alternatif liburan akhir pekan | Foto: Instagram/@infoujunggenteng_Pantai Solokan Saat. | Foto: Instagram/@infoujunggenteng_.

Pantai Solokan Saat adalah salah satu destinasi wisata pantai yang masih tersembunyi di Sukabumi, Jawa Barat. Keindahan alamnya yang masih alami dan suasana yang tenang menjadikannya tempat yang sempurna untuk melepas penat dan menikmati keindahan pantai.

Pantai ini berlokasi Pasiripis, Kec. Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, dan cocok bagi kamu yang berburu spot foto instagramable.

7. Pantai Batu Panganten

Pantai Batu Panganten, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil GilangPantai Batu Panganten, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang.

Pantai Batu Panganten berlokasi di Desa Purwasedar, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. Selain menjadi lokasi favorit untuk mancing, pantai Batu Panganten sangat cocok direkomendasikan untuk kemping.

Hamparan rumput hijau, pohon pandan, pesawahan, dan kebun kelapa menjadi warna tersendiri menghiasi sekitar areal lokasi pantai. Sejumlah warung, mushola, dan toilet juga sudah tersedia. Semakin mempesona dengan batu karang yang unik, dan pemandangan laut yang eksotis.

Untuk menuju lokas ini kalau dari arah Surade menuju Ujunggenteng, sekitar 8,5 kilometer ada patokan perkebunan kelapa Kampung Warungjati Dusung Warung Waru, Desa Purwasedar.

Dari situ, kita akan bertemu permukiman. Dari permukiman hanya berjarak kurang lebih satu kilometer ke pantai dengan akses jalan tanah, dan batu.

Menuju ke Pantai Batu Panganten, selain melintasi perkebunan kelapa, juga ada sawah dan perbukitan. Bahkan banyak saung milik perajin gula kelapa.

8. Pantai Taman Pandan

Ceuceu, seorang pengunjung Pantai Taman Pandan saat membuat konten untuk berbagai platform | Foto : Ragil GilangCeuceu, seorang pengunjung Pantai Taman Pandan saat membuat konten untuk berbagai platform | Foto : Ragil Gilang.

Pantai Taman Pandan berada di Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, kini menjadi lokasi favorit bagi kaum muda untuk membuat konten di berbagai platform.

Pantai Taman Pandan menawarkan pemandangan berkarang, pasir, hamparan padang rumput, perkebunan kelapa, dan sawah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para remaja untuk "ngonten".

Pantai Taman Pandan berbatasan dengan Desa Purwasedar di timur dan Desa Ujunggenteng di barat. Untuk mencapai pantai ini, pengunjung harus melintasi jalan provinsi dari Surade menuju Ujunggenteng dengan tujuan wisata pantai Desa Cikangkung.

Tidak sulit menemukan Pantai Taman Pandan karena letaknya di pinggir jalan dan terdapat papan petunjuk. Dari jalan raya, perjalanan dilanjutkan ke pantai sejauh 500 meter dengan jalan aspal.

9. Pantai Tenda Biru

Pantai Tenda Biru. | Sukabumiupdate.comPantai Tenda Biru. | Sukabumiupdate.com.

Tak banyak orang yang tahu bahwa di Ujunggenteng, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat ada spot menarik yang dinamakan Pantai Tenda Biru.

Jika dilihat melalui Google Maps, posisi Pantai Tenda Biru menjorok ke laut. Warga setempat biasa menyebutnya dengan nama Jojongor Ujunggenteng.

Pantai ini sangat sejuk karena dekat dengan hutan, apalagi masih banyak pohon-pohon yang berukuran besar. Lalu disini juga terdapat tower mercusuar dengan tinggi 40 meter yang dibangun tahun 2007.

Lalu ada juga bangunan peninggalan Belanda bernama Gedong Papak. Pantai ini berlokasi di Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

10. Pantai Ujunggenteng

Pantai Ujung Genteng. | Instagram/@kemanaa.idPantai Ujung Genteng. | Instagram/@kemanaa.id

Pantai Ujunggenteng yang berlokasi di Desa Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat ini, sangat cocok untuk menjadi destinasi wisata untuk mengisi waktu libur.

Jika kamu datang dari Jakarta, waktu tempuh untuk sampai ke pantai Ujunggenteng sekitar 4 jam. Untuk menuju tempat ini kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil.

Lokasi pantai ini sangat jauh dari keramaian, oleh karenanya pantai Ujunggenteng sangat cocok bagi kamu yang ingin menikmati suasana ketenangan. Meskipun lokasinya terpencil, pantai Ujunggenteng menawarkan panorama indah dengan nuansa pepohonan yang menyejukan.


Untuk masuk ke pantai Ujunggenteng, pengunjung hanya harus mengeluarkan biaya sebesar Rp 10.000 rupiah saja. Lalu jika kamu membawa kendaraan pribadi, biaya parkirnya hanya sebesar Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Saat berkunjung ke tempat ini, kamu bisa melakukan berbagai kegiatan seperti surfing, berenang, bermain pasir dan berswafoto yang instagramable.

11. Pantai Cibuaya

Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan dan menjadi daya tarik saat berkunjung ke pantai Pantai Cibuaya SukabumiPantai Cibuaya Sukabumi. | Instagram/vtraputra.

Pantai Cibuaya masih jadi favorit wisatawan untuk dikunjungi. Pantai yang berada di Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi tersebut memiliki hamparan pasir putih, serta batu karang unik yang menjadi daya tarik tersendiri.

Selain itu, kondisi pesisir pantai yang bersih serta banyak spot untuk bisa bermain air, berfoto dan mancing ikan jadi keunggulan tersendiri destinasi wisata tirta ini.

Akses menuju Pantai Cibuaya tidaklah sulit, melalui jalan provinsi Surade-Ujunggenteng sekitar 22 kilometer bisa ditempuh rata rata 30 menit. Untuk masuk ke kawasan Pantai Cibuaya saat ini ada Pos retribusi Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi di sekitar perbatasan dengan Pantai Ujunggenteng. Untuk tiketnya Rp5.000 per orang sesuai dengan Perda No 7 tahun 2018.

12. Pantai Pangumbahan

Aksi peselancar asal Mancanegara taklukan ombak Pantai Pangumbahan Sukabumi.Aksi peselancar asal Mancanegara taklukan ombak Pantai Pangumbahan Sukabumi. | SU/Ragil.

Ombak Turtle, salah satu spot wisata surfing (berselancar) di Pantai Pangumbahan yang berlokasi di Kampung Batununggul, Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi.

Spot surfing di Pantai yang terkenal dengan konservasi penyunya itu memang menawarkan ombak yang menantang bagi para surfer atau peselancar lokal maupun wisatawan dari berbagai belahan dunia.

13. Pantai Pasir Putih

Berikut ini deretan pantai di Sukabumi yang memiliki pemandangan pasir putih selain Pantai Pasir Putih di Ciemas.Pantai Pasir Putih. | Instagram/amazingwestjava.

Pantai Pasir Putih berada di wilayah Cagar Alam Cibanteng (di bawah BKSDA Cikepuh) atau lebih tepatnya di Jl. Ujunggenteng, Gunungbatu, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi.

Sesuai dengan namanya, tempat ini memiliki keindahan pantai dengan pasir putihnya yang memukau. Menikmati suasana pantai sambil berburu spot foto menarik adalah pilihan tepat di pantai pasir putih ini.

14. Pantai Ombak Tujuh

Ilustrasi - Pantai Ombak Tujuh.Ilustrasi - Pantai Ombak Tujuh. | Freepik.com/@wirestock.

Pantai Ombak Tujuh yang berada di wilayah perbatasan Kecamatan Ciracap dengan Kecamatan Ciemas, memiliki keindahan yang memukau. Tak hanya indah, pantai tersebut terkenal dengan tinggi ombaknya yang mencapai 6 meter. Sehingga Pantai Ombak Tujuh pun menjadi lokasi favorit untuk surfing.

Di pantai ini pengunjung dilarang untuk berenang karena tingginya ombak dan dikelilingi batu karang. Masih di pantai ini, terdapat sebuah tempat yang bernama karang Santigi dan Muara Cibuaya, dua tempat yang bisa digunakan untuk memancing.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi19 September 2024, 16:43 WIB

Pemimpin yang Bijaksana, Sosok Almarhum M Solihin di Mata Ketua PGRI Kabupaten Sukabumi

Almarhum M Solihin di Mata Ketua PGRI Kabupaten Sukabumi Tubagus Wahid Ansor adalah pemimpin yang bijaksana.
Sosok almarhum Muhammad Solihin, mantan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi. (Sumber : istimewa)
Entertainment19 September 2024, 16:30 WIB

Agensi Jennie BLACKPINK Klarifikasi Terkait Nama Fandom dan Rumor Kencan

Hal ini menimbulkan berbagai spekulasi di kalangan penggemar bahwa Rubies mungkin adalah nama fandom resmi Jennie. Tentu saja mereka senang mendengar panggilan yang akan disematkan pada mereka.
Agensi Jennie BLACKPINK Klarifikasi Terkait Nama Fandom dan Rumor Kencan (Sumber : Instagram.com/jennierubyjane)
Entertainment19 September 2024, 16:15 WIB

Usai Dijemput, Nikita Mirzani Akan Bawa Lolly ke Polres Metro Jakarta Selatan

Nikita Mirzani akan membawa putrinya, Laura Meizani Mawardi atau Lolly ke Polres Metro Jakarta Selatan usai dijemput di apartemennya tadi siang.
Usai Dijemput, Nikita Mirzani Akan Bawa Lolly ke Polres Metro Jakarta Selatan (Sumber : Instagram/@yosepsinudarsono)
Keuangan19 September 2024, 16:13 WIB

DPR Sahkan UU APBN 2025 Tahun Pertama Pemerintahan Prabowo, Ini Rinciannya

Berikut rincian postur anggaran UU APBN 2025 yang disahkan DPR RI untuk tahun pertama pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.
Suasana Rapat Paripurna DPR RI terkait UU APBN 2025. (Sumber Foto: Youtube TV Parlemen)
Entertainment19 September 2024, 16:00 WIB

Usia Sudah 49 Tahun Tapi Wajahnya Seperti Gadis Remaja, Lure Hsu Bikin Geger Warganet!

Selebgram Lure Hsu bikin geger warganet karena wajahnya masih muda meski sudah berkepala empat.
Selebgram Lure Hsu bikin geger warganet karena wajahnya masih muda meski sudah berkepala empat. (Sumber : Instagram/@lurehsu).
Life19 September 2024, 15:53 WIB

5 Mitos Larangan Pamali Duduk di Atas Meja, "Bisi Loba Hutang"?

Banyak pamali dalam budaya Sunda sebenarnya bertujuan untuk mendidik anak-anak agar berperilaku baik dan menjaga tata krama, salah satunya soal larangan Duduk di Atas Meja.
Ilustrasi - Orang yang duduk sambil marah-marah. Soal Mitos Larangan Pamali Duduk di Atas Meja yang Dianggap "Bisi Loba Hutang". (Sumber : Freepik.com/@luis_molinero)
Sehat19 September 2024, 15:46 WIB

Monkeypox Muncul Lagi, Dinkes Kota Sukabumi Imbau Warga Cegah Penyebaran Virus

Wita menyatakan Kota Sukabumi masih terbebas dari virus ini.
Kepala Bidang P2P Dinkes Kota Sukabumi drg Wita Darmawanti. | Foto: SU/Asep Awaludin
Sukabumi19 September 2024, 15:45 WIB

Kecelakaan di Tanjakan Baeud Sukabumi, Truk Ekspedisi Tabrak Pemotor Hingga Tewas

Kecelakaan maut terjadi di Tanjakan Baeud Warungkiara Sukabumi, truk ekspedisi tabrak pemotor hingga tewas.
Kecelakaan maut Truk boks ekspedisi tabrak pemotor di Tanjakan Baeud Warungkiara Sukabumi. (Sumber Foto: Istimewa)
Entertainment19 September 2024, 15:15 WIB

Dijemput Nikita Mirzani, Lolly Teriak Histeris Minta Tolong Karena Dipaksa

Nikita Mirzani akhirnya berhasil menjemput sang putri, Laura Meizani Mawardi atau akrab disapa Lolly di apartemennya pada Kamis, 19 September 2024 siang.
Dijemput Nikita Mirzani, Lolly Teriak Histeris Minta Tolong Karena Dipaksa (Sumber : Instagram/@andreaszhu_official)
Inspirasi19 September 2024, 15:00 WIB

Loker Sukabumi Sebagai Maintenance di Rumah Sakit Swasta, Minimal D3 Teknik Electro

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi. Loker Sukabumi Sebagai Maintenance di Rumah Sakit Swasta, Minimal D3 Teknik Electro. (Sumber : Freepik)