Cuma 4 Jam dari Jakarta, Kamu Bisa Menikmati Indahnya Sunrise dan Wisata Astronomi

Kamis 08 Agustus 2024, 20:00 WIB
Sunan Ibu Sunrise Point terletak di kawasan wisata Kawah Putih, Ciwidey, Bandung. (Sumber : Instagram/@fayagung).

Sunan Ibu Sunrise Point terletak di kawasan wisata Kawah Putih, Ciwidey, Bandung. (Sumber : Instagram/@fayagung).

SUKABUMIUPDATE.com - Menikmati sunrise yang indah diatas gunung tak perlu jauh-jauh ke luar pulau maupun luar negeri. Pasalnya, di dekat Ibu Kota Jakarta sendiri ada tempat yang bisa kamu kunjungi untuk mendapatkannya.

Tempat ini bernama Sunan Ibu Sunrise Point, salah satu destinasi wisata yang tak kalah menarik untuk didatangi selain Ciwidey.

Tentunya bagi Anda yang tinggal di sekitar Jakarta dan ingin menikmati keindahan matahari terbit tanpa harus jauh-jauh, Sunan Ibu Sunrise Point bisa menjadi pilihan yang tepat.

Terletak di kawasan Kabupaten Bandung, tempat ini menawarkan pemandangan sunrise yang memukau dengan latar belakang alam yang masih asri.

Sunan Ibu Sunrise Point adalah bagian dari Wisata Kawah Putih yang menawarkan pengalaman tak terlupakan yakni menyaksikan matahari terbit dari ketinggian puncak gunung (2.227 meter di atas permukaan laut).

Sunan Ibu Sunrise Point. |Sunan Ibu Sunrise Point. | perhutani.co.id.

Lokasi tempat wisata ini sangat mudah dicapai yakni di Desa Sugihmukti, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung Selatan, Provinsi Jawa Barat. Ini merupakan spot menarik bagi kamu dari Jakarta yang ingin menikmati sunrise sambil healing di alam terbuka.

Mengutip laman perhutani, bagi wisatawan yang ingin menuju Sunan Ibu Sunrise Point, perjalanan berjarak sekitar 50 km dari kota Bandung atau sekitar 2 jam perjalanan. Menggunakan kendaraan pribadi roda 4 akan lebih cepat karena akan langsung mengakses jalan tol Soroja hingga Soreang.

Jalur selanjutnya dari Soreang menuju Ciwidey, lalu menuju Rancabali hingga mencapai Kawah Putih.

Sesampainya di pintu masuk Kawah Putih, wisatawan dapat memarkir mobilnya di bagian bawah parkiran dengan membeli tiket seharga 64 ribu termasuk transportasi ontang anting. Lalu dilanjutkan dengan menggunakan kendaraan khusus ke Kawah Putih yang disebut ontang-anting.

Ontang Anting ini tidak hanya menjadi alat transportasi saja, namun juga menjadi bagian pemberdayaan masyarakat sekitar tempat wisata. Jika tidak ingin memakai ontang anting, pengunjung dapat membeli tiket khusus melintasi Kawah Putih hingga ke parkiran atas Kawah Putih.

Setibanya di gerbang bertuliskan Sunan Ibu, kamu akan diminta membayar tiket masuk sebesar Rp11.000. Dari sini, perjalananmu akan berlanjut dengan menaiki anak tangga selama kurang lebih 15 menit.

Meskipun sedikit melelahkan, namun perjuanganmu akan terbayar lunas saat disuguhi panorama Kawah Putih yang begitu luas dan indah dari puncak.

Selain menikmati keindahan matahari terbit, pengunjung juga bisa menikmati berbagai fasilitas. Salah satunya adalah Glamping Apache Camp, wisata menginap bagi Anda yang menyukai petualangan alam terbuka.

Milkyway di Sunan Ibu Sunrise Point. | Instagram/@fayagungMilkyway di Sunan Ibu Sunrise Point. | Instagram/@fayagung.

Pada malam hari, saat langit cerah, pengunjung dapat naik ke puncak untuk menikmati terangnya bintang atau mengabadikannya dengan kamera melalui astrofotography.

Bagi pecinta astronomi, tersedia juga paket wisata astronomi yang memungkinkan mereka mempelajari dan memahami benda-benda langit. Pengalaman Astrotourism di Kawah Putih meliputi astrofotography dan observasi langsung dengan teropong.

Dengan keindahan dan segala yang ditawarkannya, Sunan Ibu Sunrise Point di Kawah Putih menjadi destinasi wajib dikunjungi bagi wisatawan yang ingin merasakan keajaiban alam dan pengalaman tak terlupakan di sela-sela pesona Jawa bagian barat.

 

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Bola19 September 2024, 12:00 WIB

Persib Bandung vs Port FC di AFC Champions League Two: Susunan Pemain dan Prediksi Skor

Persib Bandung akan menghadapi Port FC di AFC Champions League Two malam ini.
Persib Bandung akan menghadapi Port FC di AFC Champions League Two malam ini. (Sumber : Twitter/@persib/Instagram/@portfc_official).
Kecantikan19 September 2024, 11:00 WIB

10 Manfaat Day Cream untuk Perawatan Kulit, Bisa Mencegah Penuaan Dini

Day cream dengan kandungan anti-aging dapat membantu mengurangi tampilan garis halus dan kerutan, sehingga kulit tampak lebih halus dan muda.
Ilustrasi. Manfaat Daycream untuk Perawatan Kulit (Sumber : Freepik/@freepik)
Jawa Barat19 September 2024, 10:46 WIB

BPBD Jabar: 2 Ribu Rumah Rusak Akibat Gempa Bandung, 700-an Warga Mengungsi

Kabupaten Bandung mengalami dampak kerusakan terbanyak.
Kondisi kerusakan bangunan pasca-gempa bumi Bandung dan Garut. | Foto: Istimewa
Life19 September 2024, 10:00 WIB

Semua Orang Mau, Tapi Ini Langkahnya! 7 Cara Menjadi Kaya di Usia Muda

Menjadi kaya di usia muda adalah impian banyak orang, tetapi membutuhkan kombinasi dari strategi keuangan yang tepat, mindset, dan disiplin.
Ilustrasi - Menjadi kaya di usia muda adalah impian banyak orang, tetapi membutuhkan kombinasi dari strategi keuangan yang tepat, mindset, dan disiplin. (Sumber : pixabay.com/@ArbazKhan)
Jawa Barat19 September 2024, 09:53 WIB

Update Gempa Bandung, Pemerintah Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana

Penetapan status tanggap darurat dilakukan untuk mempermudah pemberian bantuan.
Kondisi kerusakan bangunan pasca-gempa bumi Bandung dan Garut. | Foto: Istimewa
Inspirasi19 September 2024, 09:52 WIB

Link Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS Kabupaten Sukabumi 2024

Pelamar CPNS Kabupaten Sukabumi 2024 bisa mengunjungi situs resmi atau melalui portal SSCASN untuk mengetahui apakah namanya tertera di Hasil Memenuhi Syarat (MS) atau Tidak Memenuhi Syarat (TMS).
Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS Kabupaten Sukabumi 2024 (Sumber : Ist)
Food & Travel19 September 2024, 09:29 WIB

Cerita Warga Cisaat Rela ke Parungkuda Buat Jogging di Tol Bocimi Sukabumi

Deni biasanya berangkat dari rumah sekira pukul 05.30 WIB.
Suasana olahraga dan jogging di pintu keluar Tol Bocimi Seksi 2 di Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sehat19 September 2024, 09:00 WIB

5 Cara Hidup Sehat Usia 40 Tahun, Bahagia dan Tetap Fit Menjalani Aktivitas

Memasuki usia 40 tahun, gaya hidup sehat menjadi sangat penting untuk menjaga vitalitas dan mencegah berbagai penyakit.
Ilustrasi - Memasuki usia 40 tahun, gaya hidup sehat menjadi sangat penting untuk menjaga vitalitas dan mencegah berbagai penyakit. (Sumber : Freepik.com/@diana.grytsku)
Sukabumi19 September 2024, 08:50 WIB

Kota Sukabumi Raih Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2023

Nirwasita Tantra merupakan bentuk apresiasi pemerintah pusat kepada kepala daerah.
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji menerima penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2023 dari KLHK. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Inspirasi19 September 2024, 08:30 WIB

Lulusan Baru Jadi Pegawai Tetap? Cek Info Loker D3 Berikut!

Lulusan Baru Jadi Pegawai Tetap, Loker D3 Berikut dibuka hingga 17 November 2024 mendatang.
Ilustrasi Lowongan Kerja Indofood Lulusan SMA Sederajat (Sumber : Freepik)