Culinary Night HCS 2024 di Pantai Karanghawu Sukabumi Disambut Antusias Pengunjung

Senin 29 Juli 2024, 23:17 WIB
Culinary Night dalam rangka memeriahkan HCS 2024, pengunjung padati area objek wisata Pantai Karanghawu Sukabumi. (Sumber : SU/Ilyas)

Culinary Night dalam rangka memeriahkan HCS 2024, pengunjung padati area objek wisata Pantai Karanghawu Sukabumi. (Sumber : SU/Ilyas)

SUKABUMIUPDATE.com - Digelarnya acara Culinary Night membuat suasana malam di objek wisata Pantai Karanghawu, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, ramai dihadiri pengunjung.

Acara yang berlangsung sejak pukul 15.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB ini menarik perhatian masyarakat hingga peserta Healthy Cities Summit (HCS) ke-6 tahun 2024. Mereka antusias menikmati beragam kuliner, seni budaya, dan musik live.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman merasa bersyukur setilah melihat antusiasme para peserta HCS 2024 dan masyarakat di rangkaian culinary night yang diselenggarakan di area pantai Karanghawu tersebut.

"Alhamdulillah saya secara pribadi ini sangat sukses, bisa dilihat dari para peserta dan antusias masyarakat, mudah mudahan untuk kuliner ini bukan hanya di acara HCS tapi bisa dikembangkan di acara acar lain," ujar Ade Suryaman kepada awak media di lokasi.

Menurutnya dengan adanya acara HCS ini bisa memberikan dampak kepada para pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah).

"UMKM yang terdaftar di angka 30 stand dengan berbagai kuliner yang disediakan. Alhamdulillah penuh semua, apalagi tamu yang dari luar daerah kabupaten Sukabumi terutama luar pulau jawa saya lihat pada senang, ini dari kemenkes masih pada makan, pak direktur kemenkes, dirjen kemendagri, tadi pada hadir, kelihatan pada senang," ucapnya.

Baca Juga: HCS 2024, Kemendagri Apresiasi Terobosan Pemkab Sukabumi di Bidang Kesehatan

Setelah terselenggaranya kegiatan HCS ini, Ade berharap kedepannya bazar kuliner ini bisa terus dilaksanakan secara rutin.

"Sebetulnya selalu diadakan di wilayah kota, kuliner pada waktu ramadan, kelihatannya nanti harus bergeser ke wilayah selatan juga sehingga pemberdayaannya kelihatan seperti saat ini," paparnya.

"Bahkan tadi saya sempat ngobrol sama harapan masyarakat Cisolok, pak Camat, mudah mudahan suatu waktu ada pagelaran disini, terus alun alun gadobangkong kelihatan kalau selesai, kan ada tempat tempat untuk musik dan kuliner kelihatan cukup bagus, nanti harus dijadwal disini, Palabuhanratu dan Utara," sambungnya.

Semntara itu, salah satu peserta HCS ke VI tahun 2024, Nyoman Dana dari Dinas Kesehatan Kota Denpasar, mengungkapkan kekagumannya terhadap keanekaragaman kuliner di Kabupaten Sukabumi.

"Acara ini sangat bagus untuk memperkenalkan keunggulan Sukabumi. Saya terkesan dengan ragam kuliner yang ada, dan ini menunjukkan kesuksesan acara HCS ke-6 tahun 2024," ungkap Nyoman.

"Apalagi acara Culinary saya lihat banyak ragam, apa yang kita inginkan ada, banyak pilihan, makanya kita kesini sama panitia penyelenggara, untuk kita menikmati kuliner khas sukabumi, saya jadinya tahu ternyata banyak kuliner khas Sukabumi," sambungnya.

Nyoman juga menyoroti keindahan dan kebersihan Pantai Karanghawu yang bisa menjadi daya tarik wisatawan jika kegiatan kuliner terus dikembangkan.

"Saran saya, jika ada event seperti ini lagi, lebih banyak melibatkan kelompok masyarakat pelaku usaha kecil agar variasi menunya lebih beragam. Kehadiran masyarakat yang banyak juga menambah kemeriahan acara dan meningkatkan perekonomian lokal," tandasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Keuangan18 Oktober 2024, 18:25 WIB

Berlaku 1 Januari 2025, Ini Daftar Barang dan Jasa yang Terkena PPN 12 Persen

Pemerintah Indonesia mengumumkan bahwa Pajak Pertambahan Nilai (PPN) akan meningkat dari 11 persen menjadi 12 persen, efektif mulai Rabu, 1 Januari 2025
Ilustrasi barang yang terkena pajak penghasilan (PPN) 12 persen | Foto : Freepik)
Jawa Barat18 Oktober 2024, 18:08 WIB

PLN UID Jabar Dorong Pembangunan Berkelanjutan di Desa Adat Kampung Kuta Lewat TJSL

Dengan bantuan listrik, masyakat dapat menggunakannya untuk belajar dan lain-lain.
Program TJSL di Karangpaningal, Kecamatan Tambaksari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. | Foto: PLN
Jawa Barat18 Oktober 2024, 18:05 WIB

Buruh Pabrik di Sukabumi Tertimpa Kontainer, Deretan Fakta Kecelakaan Maut di Cianjur

Kanit Gakkum Satlantas Polres Cianjur, Ipda Ika Cakra Mustika kepada awak media menjelaskan bahwa kecelakaan ini terjadi sekitar pukul 17.30 WIB. Kondisi lalu lintas di lokasi kejadian, kawasan Ciwalen Warungkondang cukup padat.
Motor yang dikendarai buruh pabrik di Sukabumi tertimpa kontainer di jalan raya Ciwalen Cianjur (Sumber: video warganet)
Life18 Oktober 2024, 18:00 WIB

Doa Mandi Wajib Lengkap dengan Adabnya yang Diajarkan Imam Al-Ghazali

Mandi wajib atau mandi junub merupakan syarat untuk menghilangkan hadast besar.
Ilustrasi mandi wajib - Mandi wajib atau mandi junub merupakan syarat untuk menghilangkan hadast besar. | (Sumber : Pixabay.com)
Sukabumi18 Oktober 2024, 17:58 WIB

Papan Larangan Melintas di Dermaga Tegalbuleud Sukabumi, Buntut Nelayan Tewas dan Terjebak

Kasus meninggalnya tiga nelayan masih dalam proses penyelidikan polisi.
Forkopimcam Tegalbuleud memasang papan larangan melintasi dermaga SBP di Desa Buniasih, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, Jumat (18/10/2024). | Foto: SU/Ragil Gilang
Life18 Oktober 2024, 17:30 WIB

Layung Beureum, Mitos Merah Jingga di Langit Senja Jelang Matahari Terbenam

Banyak mitos, warna merah jingga di langit senja itu membuat fenomena langit Lembayung disebut "Layung Beureum" oleh orang Sunda.
Suasana sunset di Pantai Cijeruk Indah yang semakin syahdu. | Layung Beureum, Mitos Merah Jingga di Langit Senja Jelang Matahari Terbenam. Instagram/@ihsanzen.9 (Sumber : Instagram/@ihsanzen.9)
Musik18 Oktober 2024, 17:00 WIB

Terjemahan Lagu Night Changes One Direction, Viral Usai Tribute 1D To Liam Payne

Tak hanya Night Changes, sejumlah Lagu One Direction pun kembali ramai didengarkan untuk mengenang musisi Inggris itu, seperti Story Of My Life dan You & I. Lagu For You milik Liam Payne juga turut menggema di media sosial.
Penampilan Accoustic Lagu Night Changes One Direction. Foto: YouTube/OneDirection
Entertainment18 Oktober 2024, 16:30 WIB

Temukan Narkoba di Kamar Hotel, Polisi Rilis Investigasi Kematian Liam Payne

Kabar meninggalnya mantan anggota One Direction, Liam Payne menjadi duka yang begitu dalam. Baik untuk para penggemar maupun anggota lain grup musik tersebut.
Temukan Narkoba di Kamar Hotel, Polisi Rilis Investigasi Kematian Liam Payne (Sumber : Istimewa)
Food & Travel18 Oktober 2024, 16:00 WIB

Hutan Mycelia: Menikmati Perpaduan Keindahan Alam dan Teknologi di Lembang Bandung

Hutan Mycelia Lembang menawarkan perpaduan antara keindahan alam dan edukasi, memberikan pengalaman yang berbeda dari destinasi wisata biasa.
Hutan Mycelia Lembang menawarkan perpaduan antara keindahan alam dan edukasi, memberikan pengalaman yang berbeda dari destinasi wisata biasa. (Sumber : Instagram/@mia_kh95/@officialgrafika).
Sukabumi Memilih18 Oktober 2024, 15:56 WIB

Dipanggil Bawaslu, Penjelasan Camat di Sukabumi Soal Menyukai Postingan Paslon Pilkada

Firman menyebut yang bersangkutan telah dipanggil dan dimintai klarifikasi.
Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa pada Bawaslu Kota Sukabumi Firman Alamsyah (tengah). | Foto: SU/Asep Awaludin