Indonesia Banget! Mirip Pasar, Ternyata Ada 20-an Warung di Gunung Gede Pangrango

Senin 08 Juli 2024, 16:40 WIB
Parorama dan lokasi kamping serta warung-warung makanan dan minuman di sepanjang jalur pendakian gunung gede pangrango (Sumber: @basecamp_gununggedeviaputri & @bbtn_gn_gedepangrango)

Parorama dan lokasi kamping serta warung-warung makanan dan minuman di sepanjang jalur pendakian gunung gede pangrango (Sumber: @basecamp_gununggedeviaputri & @bbtn_gn_gedepangrango)

SUKABUMIUPDATE.com - Gunung Gede Pangrango, selain pesona alamnya yang indah kini dikenal sebagai gunung dengan warung terbanyak di Indonesia. Jadi nggak perlu repot, cukup bawa uang yang banyak aja, pas hiking ke puncak gede dan alun-alun suryakencana.

Gunung Gede Pangrango Jawa Barat yang mencakup tiga kabupaten; Bogor, Sukabumi dan Cianjur dikenal sebagai salah satu puncak ketinggian yang punya pemandangan alam yang menakjubkan, flora dan fauna beragam, serta pendakian yang memacu adrenalin. Berada di kawasan TNGGP yang merupakan salah satu taman nasional tertua di Indonesia, diresmikan sejak tahun 1980.

Gunung Gede dan Gunung Pangrango adalah dua puncak yang berbeda namun berdekatan. Gunung Gede memiliki ketinggian 2.958 meter di atas permukaan laut, sedangkan Gunung Pangrango sedikit lebih tinggi dengan ketinggian 3.019 meter.

Dibalik nama besarnya, salah satu hal yang unik dari Gunung Gede Pangrango adalah keberadaan pedagang makanan dan minuman di sepanjang jalur pendakian. Mereka membangun warung-warung dengan terpal seadanya, menjajakan gorengan, snack, mie rebus, nasi goreng dan berbagai minuman baik panas maupun dingin.

Keberadaan warung-warung di sepanjang jalur pendakian salah satunya terekam dalam konten media sosial dari akun faceboook basecamp_gununggedeviaputri. Warung-warung ini membantu para wisatawan khususnya pendaki memenuhi kebutuhan makan dan minumnya. Jadi selalu sediakan uang cash saat melakukan pendakian agar memudahkan proses transaksi beberapa warung tersebut.

Sang konten kreator menghitung satu persatu warung yang ada dan lokasinya. Ternyata ada 20 warung yang tersebar di sepanjang jalur pendakian gede pangrango.

Mungkin juga jumlahnya bisa berkurang bahkan bertambah tergantung musim pendakian. Untuk itu pilihlah waktu yang tepat ketika ingin melakukan pendakian, seperti musim kemarau guna memastikan keselamatan perjalanan. Meminimalkan risiko hujan deras atau kabut tebal yang dapat mengganggu pendakian dan mengurangi visibilitas.

Selain itu, sebelum melakukan pendakian, penting untuk mendapatkan izin resmi dari pengelola TNGGP yang bisa diperoleh dari situs resmi taman nasional. Adapun rute perjalanan yang bisa dilalui pendaki yaitu jalur Cibodas, Gunung Putri dan Selabintana.

Baca Juga: Clash of Champions, Kompetisi Adu Kepintaran Mahasiswa Terbaik di Indonesia

Tarif tiket pendakian melalui Instagram @bttn_gn_gedepangrango dari ketiga rute tersebut yaitu:

Umum: Weekday Rp.29.000 , Weekend Rp.34.000 2 Hari 1 Malam
Pelajar: Weekday Rp.17.500 , Weekend Rp.20.500 2 Hari 1 Malam
Umum (WNA): Weekday Rp.320.000 , Weekend Rp.470.000 2 Hari 1 Malam
Pelajar (WNA): Weekday Rp.211.500 , Weekend Rp.311.500 2 Hari 1 Malam

Selain sebagai destinasi wisata alam yang menarik, Gunung Gede juga mengajarkan pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian alam. Para pendaki diajak untuk tidak meninggalkan sampah di sepanjang jalur pendakian serta menghargai keberadaan warung-warung lokal yang menjadi bagian tak terpisahkan dari pengalaman mendaki Gunung Gede.

Sumber: faceboook basecamp_gununggedeviaputri & instagram @bbtn_gn_gedepangrango

Penulis: Salwa

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi Memilih06 Oktober 2024, 15:26 WIB

Mulai di Karamat! Merangkul Sukabumi Bagi Susu hingga Internet Gratis, Juga Kenalkan Program Fahmi-Dida

Merangkul Warga edisi Karamat dilaksanakan di wilayah RW 04.
Kegiatan Merangkul Warga di Kelurahan Karamat, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi, Sabtu, 5 Oktober 2024. | Foto: Tim Fahmi-Dida
Sukabumi Memilih06 Oktober 2024, 15:04 WIB

Dukung Pemekaran Sukabumi Utara Demi Kesejahteraan Rakyat, Cagub Jeje: Terbukti di Pangandaran

Kampanye di Nagrak, Cagub Jabar nomor urut 2 Jeje Wiradinata dukung pemekaran Sukabumi Utara, siap jadi pengampu jika resmi dimekarkan.
Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 2, Jeje Wiradinata saat berkampanye di Lapangan Sepak Bola Sangkuriang Jelegong, Desa Balekambang, Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi, Minggu (6/10/2024). (Sumber : SU/Ibnu)
Entertainment06 Oktober 2024, 15:00 WIB

Gus Zizan Menikah dengan Influencer Berusia 16 Tahun Tuai Kegeraman Netizen

Nama Gus Zizan saat ini tengah menjadi sorotan netizen usai ia memposting foto dirinya yang menikah dengan influencer, Kamila Asy Syifa di instagram pada Jumat, 4 Oktober 2024.
Gus Zizan Menikah dengan Influencer Berusia 16 Tahun Tuai Kegeraman Netizen (Sumber : Instagram/@zannnsrn)
Nasional06 Oktober 2024, 14:07 WIB

Alasan Pemindahan ASN ke IKN Kembali Ditunda: Jokowi Minta Semua Perkantoran dan Hunian Siap

Menteri Basuki beberkan alasan pemindahan ASN ke IKN pada September ditunda lagi. Presiden Jokowi minta semua perkantoran dan hunian siap.
Presiden Jokowi saat memberikan keterangan terkait perpindahan Aparatur Sipil Negara (ASN) ke Ibu Kota Nusantara (IKN), kepada media usai meresmikan Flyover Djuanda, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur, pada Jumat (06/09/2024). (Sumber Foto : Setkab.go.id)
Film06 Oktober 2024, 14:00 WIB

Film How To Make Millions Before Grandma Dies Wakili Thailand di Piala Oscar 2025

Film asal Thailand How To Make Millions Before Grandma Dies atau Lanma secara resmi masuk ke dalam kategori Best International Feature Film pada Piala Oscar 2025 mewakili negaranya.
Film How To Make Millions Before Grandma Dies Wakili Thailand di Piala Oscar 2025 (Sumber : Istimewa)
Jawa Barat06 Oktober 2024, 13:45 WIB

Akhirnya Jalur Ganda KA Paledang Cicurug Sukabumi Rp2,2 Triliun Selesai Dibangun

Akhirnya proyek jalur ganda Bogor Paledang-Cicurug Sukabumi selesai setelah 10 tahun, dengan anggaran Rp 2,2 triliun.
Pembangunan Jalur ganda kereta api atau double track lintas Bogor-Sukabumi sudah rampung. (Sumber : Dok. DJKA Kemenhub/BTP Bandung)
Entertainment06 Oktober 2024, 13:00 WIB

Rose BLACKPINK Umumkan Album Solo Terbaru yang Dirilis Desember 2024

Rose BLACKPINK secara resmi akan comeback sebagai penyanyi solo dengan merilis album pertamanya bertajuk rosie pada Jumat, 6 Desember 2024 nanti.
Rose BLACKPINK Umumkan Album Solo Terbaru yang Dirilis Desember 2024 (Sumber : Instagram/@rose_are_rosie)
Sukabumi06 Oktober 2024, 12:39 WIB

2 Nelayan Pancing Ditemukan Selamat Setelah 3 Hari Terombang-ambing di Laut Ujunggenteng

Kedua nelayan tersebut terombang-ambing di Laut Ujunggenteng Sukabumi hingga hilang kontak dua hari akibat perahu yang ditumpangi mereka terbakar.
Dua nelayan pancing yang hilang kontak di Laut Ujunggenteng Sukabumi ditemukan selamat dan kini mendapatkan perawatan medis di RSUD Palabuhanratu. (Sumber : Dok. Polairud Polres Sukabumi)
Entertainment06 Oktober 2024, 12:00 WIB

Coldplay Akan Pensiun Usai Rilis Album ke-12, Chris Martin Ungkap Alasannya

Kabar kurang menyenakan datang dari band Coldplay yang dikabarkan akan pensiun dari dunia musik setelah merilis album ke-12 nanti. Tentunya kabar ini mengejutkan penggemar.
Coldplay Akan Pensiun Usai Rilis Album ke-12, Chris Martin Ungkap Alasannya (Sumber : Instagram/@coldplay)
Inspirasi06 Oktober 2024, 11:36 WIB

5 Tahun Kepemimpinan Erick Thohir, Ini Langkah PLN Sukabumi Guna Dukung Sektor Pertanian

Dukung sektor pertanian, PLN UP3 Sukabumi lakukan langkah ini sebagai bentuk komitmen selama 5 tahun kepemimpinan Erick Thohir.
PLN UP3 Sukabumi resmi melakukan pemasangan baru untuk PT Banna Raya Sejahtera pada Rabu 2 Oktober 2024. (Sumber : Istimewa)