8 Rekomendasi Kuliner Sukabumi yang Cocok Disantap di Cuaca Dingin

Minggu 07 Juli 2024, 12:00 WIB
Ilustrasi - Musim hujan di Sukabumi memang menjadi waktu yang tepat untuk menikmati berbagai hidangan hangat dan lezat. (Sumber : Freepik.com).

Ilustrasi - Musim hujan di Sukabumi memang menjadi waktu yang tepat untuk menikmati berbagai hidangan hangat dan lezat. (Sumber : Freepik.com).

SUKABUMIUPDATE.com - Saat cuaca dingin, tubuh kita membutuhkan lebih banyak energi untuk menjaga suhu tubuh agar tetap hangat. Oleh karena itu, mengonsumsi makanan yang menghangatkan tubuh merupakan pilihan yang tepat untuk membantu tubuh melawan rasa dingin.

Nah, di Sukabumi sendiri terdapat sejumlah makanan dan minuman yang pas dinikmati saat cuaca dingin. Makanan dan minuman ini sangat cocok disantap sambil menikmati dinginnya cuaca di Sukabumi.

Berikut kami telah merangkum dari berbagai sumber, beberapa kuliner Sukabumi yang cocok disantap di cuaca dingin.

1. Bandros Ata Sukabumi

Bandros Ata bisa menjadi cemilan yang pas dikonsumsi di cuaca dingin seperti sekarang ini. Orang-orang Sukabumi biasanya menyantap makanan tersebut pada malam hari bersama sahabat dan orang terkasih.

Sudah terkenal sejak zaman dahulu, membuat Bandros Ata menjadi makanan lezat yang tidak boleh terlewatkan ketika berkunjung ke Sukabumi. Meskipun berada di pinggir jalan tidak mengurangi rasa lezat dari kue bandros itu.

Berbahan dasar santan, tepung beras dan kelapa parut, Bandros Ata sangat enak ketika dimakan saat masih hangat. Bahkan, makanan khas itu terdapat varian yang beragam seperti rasa cokelat, vanila hingga stroberi.

Tips untuk membeli Bandros Ata usahakan datang pada waktu awal buka sekitar pukul 16.00, karena jika kamu datang terlalu malam bisa mendapatkan urutan antrian paling terakhir.

Bandros Ata lokasinya di Jl. Gudang, Kebonjati, Kec. Cikole, Kota Sukabumi 43113, dan harga seporsinya sekitar Rp 17.000 rupiah saja.

2. Bubur Ayam Bunut

Makanan satu ini adalah Bubur Ayam Bunut yang telah terkenal hingga seluruh wilayah Sukabumi. Kuliner ini cocok untuk kamu santap bersama keluarga atau sahabat saat cuaca dingin di pagi hari.

Ketika kamu telah mengunjungi Sukabumi, jangan sampai melewatkan hidangan satu ini karena Bubur Bunut rasanya sangat khas. Dengan tambahan topping istimewa seperti daging ayam, telur, toge dan bawang goreng membuat kamu bisa ketagihan.

Berada di Jl. Siliwangi No.93, RT.01/RW.04, Cikole, Kec. Cikole, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43113, harga Bubur Bunut sekitar Rp 18.000 - 20.000 rupiah per porsi. Dijamin, dengan harga segitu kamu bisa merasakan kelezatan dari makanan khas Sukabumi tersebut.

3. Mie Kocok Mata Sapi

Mie Kocok Mata Sapi adalah salah satu kuliner legendaris yang ada di Sukabumi. Mie kocok tersebut memiliki rasa yang khas serta cara penyajian yang unik. Bahkan, resepnya diturunkan dari generasi ke generasi sejak tahun 1966.

Hidangan ini terdiri atas mie pipih lembut yang disajikan dalam kuah kaldu sapi kental, irisan kikil sapi, toge, jeruk nipis, dan ditaburi irisan daun seledri, daun bawang, serta bawang goreng.

Aroma kaldu sapi nan kental tercium dari sebuah gerobak di Jalan Ahmad Yani, Kota Sukabumi tersebut, membuat siapapun yang berada disitu akan merasakan lapar. Oleh karena itu, Mie Kocok Mata Sapi menjadi kuliner yang pas disantap untuk menghangatkan tubuh.

Kuliner ini buka pukul 08.00 – 15.00 dan tepatnya berada di Jl. A. Yani, Kebonjati, Kec. Cikole, Kota Sukabumi 43111 (seberang Jazz Karaoke). Harga Mie Kocok Mata Sapi dimulai dari Rp20.000.

4. Seblak Apih

Seblak Apih ini berlokasi di Jl. Bhayangkara Gg. Merak No 30 Rt/Rw 03/03 Kelurahan Gunung Puyuh Kecamatan Gunung Puyuh Kota Sukabumi. Seblak ini buka setiap hari dari pukul 10.00 - 23.00 WIB dan kamu bisa memesan seblak bercita rasa pedas ini melalui aplikasi GoFood.

Dikutip via aplikasi GoFood, tempat makan seblak ini memiliki beragam varian menu diantaranya seperti:

  • Seblak Bakso Isi: Rp16.000
  • Seblak Kikil: Rp20.000
  • Seblak Siomay: Rp 16.000
  • Seblak Tahu: 14.500
  • Seblak Kwetiau: 14.500
  • Seblak Campur: Rp16.000
  • Seblak Mie: Rp16.000
  • Seblak Tulang: Rp16.000
  • Seblak Ceker: Rp16.000
  • Seblak Japlak: 16.000
  • Seblak Cilok: 16.000

Nah, cukup terjangkaukan tempat makan Seblak Apih ini. Seblak ini ada di pusat kota, jadi bagi kamu yang ingin makan-makanan yang pedas di cuaca dingin, cobalah Seblak Apih ini dijamin mata langsung melek.

Oh iya, seblak paling recomended di Seblak Apih ini yakni Seblak Kwetiau, Seblak Campur, Seblak Mie, Seblak Tulang dan Seblak Ceker.

5. Bandrek BP

Bandrek memang merupakan minuman hangat yang sangat cocok dinikmati saat cuaca dingin. Minuman tradisional khas Sunda ini terbuat dari campuran rempah-rempah yang menghangatkan tubuh, seperti jahe, kayu manis, cengkeh, dan gula merah.

Nah, bagi kamu yang ingin mencoba minuman ini, Bandrek BP adalah rekomendasinya. Selain murah meriah, kamu bisa menikmati dinginnya Kota Sukabumi, sambil menyeruput hangat minuman bandrek.

Untuk lokasinya ada di Jl. Kenari, Selabatu, Kec. Cikole, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43114. Jam Operasional:15.00 - 23.00. Buka Senin - Sabtu

6. Mie Goreng Mang Udin Nusantara

Rekomendasi terakhir mie enak di Sukabumi yang patut kamu coba adalah Mie Goreng Mang Udin Nusantara. Makanan satu ini lokasinya berada di pusat kota yaitu di Jl. Arif Rahman Hakim, No 76, Nyomplong, Warudoyong, Sukabumi, tepatnya seberang Bank BRI.

Mie Goreng Mang Udin Nusantara ini buka setiap hari dari mulai pukul 15.00 - 23.59 WIB. Dijamin kamu bakal ketagihan jika menyantap mie goreng enak satu ini.

Harga kisaran: Rp 70.000

7. Mie Goreng Acoy

Mie Goreng Acoy adalah makanan yang wajib dicoba jika sedang berkunjung ke Sukabumi. Mie goreng ini sudah terkenal dengan kelezatannya. Bahkan, sudah banyak food vlogger yang berkunjung dan mencoba mie goreng enak di Sukabumi ini.

Jika kamu berniat mengunjungi tempat satu ini, Mie Goreng Acoy buka setiap hari dari pukul 16.00 - 01.00 WIB. Banyak sekali varian menu yang paling favorit di Mie Goreng Acoy ini diantaranya Mie Goreng Tulang ½ porsi, Mie Goreng Tulang dan Mie Goreng Ayam.

Harga di mulai: Rp 50.000

Alamat: National Rte 3, Gunungparang, Cikole, Sukabumi City, West Java 43131. Jam Operasional: 16.00 - 01.00 WIB. Buka setiap hari

8. Go-Juu-Ni Ramen dan Sushi

Cuaca dingin paling cocok menyantap makanan yang berkuah salah satunya adalah Go-Juu-Ni Ramen dan Sushi. Kuliner satu ini menyediakan beberapa menu yang unik diantaranya Ramen porsi jumbo yang bisa dinikmati 5 orang.

Selain Ramen yang berukuran jumbo, ada juga Sushi yang sama-sama memiliki ukuran jumbo. Untuk harga ramennya sendiri, mulai dari Rp 65 ribu hingga Rp 100 ribu, sedangkan Sushi dari Rp 25 ribu sampai Rp 400 ribu.

Untuk kamu yang ingin menikmati Ramen dan Sushi jumbo bisa datang ke Go-Juu-Ni di Jalan Kramat No 87, Kelurahan Karamat, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi05 Oktober 2024, 23:01 WIB

Yayasan Bhakti Iyos Somantri Bantu Korban Kebakaran Rumah di Ciracap Sukabumi

Sekretaris Yayasan Bakti Iyos Somantri, Fery Gustaman mengatakan sebagai bagian dari kepedulian terhadap korban bencana, Yayasan meyumbangkan bahan material berupa semen untuk membantu membangun kembali rumah mereka.
Sekretaris Yayasan Bakti Iyos Somantri, Fery Gustaman saat menyerahkan bantuan untuk korban kebakaran di Ciracap Kabupaten Sukabumi | Foto : Istimewa
Internasional05 Oktober 2024, 22:32 WIB

Dibom Tiap Hari, Kondisi Gaza Semakin Memburuk

Perang terus berlangsung, korban berjatuhan setiap hari di Jalur Gaza, Palestina, akibat serangan Israel. Hal tersebut seperti dilaporkan Dokter Lintas Batas atau Médecins Sans Frontières (MSF).
Gaza di Bom tiap hari oleh Israel | Foto : Capture youtube Aljazeera
Sukabumi05 Oktober 2024, 21:24 WIB

Tanah Longsor Tutup Aliran Sungai di Bojonggenteng Sukabumi, Pertanian Warga Terancam

Hujan deras yang mengguyur wilayah Sukabumi menyebabkan tanah longsor di Kampung Nangela RT 12/04, Desa Cipanengah, Kecamatan Bojonggenteng, Sabtu (5/10/2024) sekitar pukul 16.00 WIB.
Tanah longsor dan pepohonan tumbang menutup sungai Cipanengah di Bojonggenteng Sukabumi, Sabtu (5/10/2024) | Foto : Istimewa
Sukabumi05 Oktober 2024, 20:45 WIB

Rumahnya Tiba-tiba Ambruk, Ustadz di Tegalbuleud Sementara Tinggal di Mushola

Rumah permanen berukuran 12 x 6 meter milik Ustad Nasrudin (37 tahun) di Kampung Sukarata RT 01/04 Desa Sumberjaya, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, mengalami ambruk
Ambruk, rumah milik ustad Nasrudin di Tegalbuleud Sukabumi | Foto : Istimewa
Gadget05 Oktober 2024, 19:00 WIB

8 Cara Mengatasi HP Lemot, Dijamin Kembali Lancar

Mengatasi HP yang lemot bisa dilakukan dengan beberapa langkah perawatan dan optimalisasi.
Ilustrasi. Mengatasi HP yang lemot bisa dilakukan dengan beberapa langkah perawatan dan optimalisasi. (Sumber : Pixabay/JanVasek)
DPRD Kab. Sukabumi05 Oktober 2024, 18:53 WIB

Harapan Anggota DPRD Sukabumi di HUT TNI ke-79: Perkuat Sinergi dengan Rakyat

Dalam rangka memperingati HUT TNI ke-79, Aanggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Hamzah Gurnita, memberikan apresiasi atas dedikasi dan kontribusi TNI kepada bangsa. Sekaligus beraharap agar sinergi antara TNI dan rakyat semakin diperkuat.
Hamzah Gurnita, Ketua Komisi 2 DPRD Kabupaten Sukabumi - Fraksi PKB | Foto : Ilyas Supendi
DPRD Kab. Sukabumi05 Oktober 2024, 18:29 WIB

Anggota DPRD Sukabumi Loka Tresnajaya Apresiasi Peran TNI dalam Menjaga Keutuhan NKRI

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Loka Tresnajaya, menyampaikan apresiasi atas peran penting Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
H. Loka Tresnajaya, Aggota DPRD Kabupaten Sukabumi Fraksi Partai Golkar | Foto : Ibnu Sanubari
Jawa Barat05 Oktober 2024, 18:28 WIB

AMSI Jawa Barat Gelar Training Cek Fakta Lawan Gangguan Informasi Jelang Pilkada 2024

Training atau pelatihan ini merupakan kerjasama antara AMSI Pusat dengan Cek Fakta, Aliansi Jurnalis Independen (AJI), dan Google News Initiative.
AMSI Jawa Barat Gelar Training Cek Fakta Lawan Gangguan Informasi Jelang Pilkada 2024 (Sumber : Ist)
DPRD Kab. Sukabumi05 Oktober 2024, 18:02 WIB

Respon DPRD Sukabumi Soal Pembangunan Tambak Udang di Minajaya: Wajar Ditolak Warga

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Andri Hidayana turut menanggapi rencana pembangunan tambak udang di Pantai Minajaya, Kecamatan Surade. Dimana rencana tersebut mendapatkan penolakan dari warga setempat dengan berbagai alasan.
Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Andri Hidayana turut menanggapi rencana pembangunan tambak udang di Pantai Minajaya, Kecamatan Surade | Foto: Istimewa
Life05 Oktober 2024, 18:00 WIB

Doa Agar Anak-anak Sholeh dan Sholehah, Yuk Amalkan

Memiliki anak sholeh dan sholehah adalah dambaan semua orang tua.
Ilustrasi Bacaan Doa Agar Diberikan Anak Sholeh (Sumber : Freepik).