14 Camilan Sehat Penurun Berat Badan, Cara Membuatnya Simpel di Rumah Aja!

Rabu 03 Juli 2024, 20:00 WIB
Ilustrasi. Oatmeal dan Blueberry. Camilan Sehat Penurun Berat Badan, Cara Membuatnya Simpel di Rumah Aja! (Sumber : Pexels/JESHOOTS)

Ilustrasi. Oatmeal dan Blueberry. Camilan Sehat Penurun Berat Badan, Cara Membuatnya Simpel di Rumah Aja! (Sumber : Pexels/JESHOOTS)

SUKABUMIUPDATE.com - Berusaha menurunkan berat badan tidak berarti harus mengorbankan camilan. Jenis camilan yang tepat justru dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

Camilan terbaik untuk menurunkan berat badan harus mengandung serat, protein, dan nutrisi penting lainnya, seperti pisang dan selai kacang.

Menemukan camilan sehat penting untuk setiap rencana penurunan berat badan. Camilan sehat membantu tetap kenyang di antara waktu makan, yang mencegah makan berlebihan dan penambahan berat badan.

Berikut beberapa camilan terbaik untuk menurunkan berat badan, dilansir dari health.com. Setiap camilan penuh dengan nutrisi yang baik untuk tubuh, dan akan membuat Anda merasa melakukan diet enak dan sama sekali tidak kekurangan.

Camilan Sehat untuk Menurunkan Berat Badan

1. Pisang dan Selai Kacang

Penelitian telah menemukan bahwa memakan kacang tanah bermanfaat bagi trigliserida dan lemak lain dalam darah Anda dan meningkatkan penurunan berat badan yang sehat.

Pisang merupakan sumber kalium, nutrisi penting yang membantu fungsi saraf dan otot. Memakan satu buah pisang tidak akan sepenuhnya memenuhi kebutuhan kalium harian, tetapi akan menjadi awal yang baik bagi tubuh untuk menurunkan berat badan.

Oleskan satu sendok makan selai kacang ke pisang. Karbohidrat akan membuat suasana hati membaik dan energi meningkat, sementara protein akan menjaga energi selama berjam-jam.

Periksa daftar bahan pada label saat membeli selai kacang. Terkadang, Anda akan menemukan minyak atau pengawet tambahan yang tentunya tidak baik untuk kesehatan tubuh.

2. Yogurt Yunani dengan Raspberry dan Madu

Campuran serat, lemak sehat, dan protein akan meredakan rasa lesu di sore hari. Yogurt Yunani memiliki jumlah protein dua kali lipat lebih banyak daripada yogurt biasa.

Penelitian telah menemukan bahwa diet tinggi protein membantu merasa kenyang dalam jangka waktu lama.

Tambahkan raspberry di atas yogurt Yunani untuk menambah serat, yang akan menambah jumlah makanan pada diet Anda.

Madu memberikan rasa manis alami. Camilan Yogurt Yunani dengan Raspberry dan Madu mudah dibuat dengan cara:

  • Campurkan satu wadah saji yoghurt Yunani, satu cangkir rasberi, dan setengah sendok makan madu.
  • Yogurt Yunani dengan Raspberry dan Madu siap disajikan

Baca Juga: 14 Kebiasaan Baik yang Membuat Hati Lebih Bijaksana Saat Banyak Masalah

3. Anggur dan Kacang Kenari

Anggur ungu mengandung antosianin, pigmen yang menurut penelitian dapat menurunkan berat badan. Anda dapat menemukan antosianin dalam blueberry, mulberry, dan stroberi.

Beberapa bukti menunjukkan bahwa kacang kenari membantu menurunkan berat badan pada orang yang kelebihan berat badan. Kacang kenari dapat bermanfaat bagi tekanan darah dan kolesterol LDL ("jahat").

Anggur berair dan manis alami, sedangkan kacang kenari kuat dan mengenyangkan. Makanlah satu cangkir anggur dan segenggam kacang kenari untuk mendapatkan campuran serat, lemak sehat, protein, dan gula alami yang kuat.

4. Biji-bijian

Biji-bijian utuh menyediakan serat yang mengenyangkan yang membantu mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, dan stroke.

Biji-bijian yang bebas gluten bisa menjadi pilihan yang baik bagi penderita penyakit Celiac atau intoleransi gluten.

5. Hummus Kacang Edamame

Hummus edamame merupakan sumber kacang kedelai untuk membantu menurunkan berat badan. Kacang kedelai mengandung serat dan protein yang membuat kenyang lebih lama.

Cobalah memadukan hummus edamame dengan kerupuk buckwheat jika menginginkan keripik dan saus tetapi menginginkan makanan yang lebih sehat.

Beberapa bukti menunjukkan bahwa buckwheat membantu melindungi terhadap batu empedu, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan obesitas.

6. Roti Gandum Tipis dan Keju Cottage

Keju cottage merupakan sumber produk susu yang dapat membantu menurunkan berat badan. Penelitian telah menemukan bahwa meningkatkan asupan produk susu dapat membantu menghilangkan lemak tanpa mengorbankan massa otot tanpa lemak jika mengurangi kalori.

Cara Membuat Camilan Penurun Berat Badan dari Roti Gandum dan Keju

  • Celupkan 10 Wheat Thins ke dalam setengah cangkir keju cottage lemak 2%, yang menyediakan sekitar 11,5 gram protein, atau nikmati berdampingan.
  • Lemak yang dikombinasikan dengan protein akan membuat kenyang sampai waktu makan.

Baca Juga: Waspada 3 Masalah Pernapasan Akibat Obesitas, Bisa Mengalami Asma!

7. Timun

Timun, hummus, dan zaitun semuanya tinggi serat dan rendah lemak, dan sangat cocok untuk camilan yang terasa seperti makanan utama. Timun memiliki kandungan air yang tinggi untuk membantu Anda tetap terhidrasi dan kenyang dalam waktu lama.

Hummus membantu mengelola berat badan, melindungi dari penyakit jantung, dan mengatur gula darah dan insulin.

Zaitun mungkin tidak secara langsung membantu Anda menurunkan berat badan tetapi kaya akan lemak tak jenuh tunggal, yang membantu melindungi terhadap penyakit jantung dan peradangan.

Cara Membuat Camilan Penurun Berat Badan

Tambahkan satu cangkir irisan mentimun, empat sendok makan hummus, dan sekitar empat buah zaitun kalamata ke dalam olesan roti. Namun, perlu diingat bahwa zaitun mengandung banyak garam.

Maka, tetap perhatikan konsumsi zaitun jika sedang menjalani diet rendah garam.

8. Oatmeal dan Blueberry

Oatmeal baik dikonsumsi kapan pun Anda membutuhkan makanan lezat. Oatmeal kaya akan serat dan membantu mengatur gula darah untuk menjaga energi Anda. Oatmeal membantu mengurangi lemak tubuh, berat badan, dan rasio pinggang-pinggul.

Cara Membuat Camilan Penurun Berat Badan dari Oatmeal dan Blueberry

  • Tambahkan beberapa blueberry untuk mendapatkan serat, rasa manis alami, dan vitamin C.
  • Cobalah sebungkus oatmeal tawar yang bisa dimasak di microwave dengan satu cangkir blueberry segar atau beku.

Departemen Pertanian AS menyarankan orang yang dikategorikan sebagai perempuan saat lahir untuk mengonsumsi 1,5 hingga dua porsi buah setiap hari dan orang yang dikategorikan sebagai laki-laki saat lahir untuk mengonsumsi dua hingga 2,5 porsi.

9. Keripik Kale atau Kangkung

Keripik Kale dari memiliki rasa yang mirip keripik kentang tanpa lemak. Kale adalah camilan rendah kalori dan mengenyangkan yang membantu mengelola berat badan dengan sehat.

Kangkung juga mengandung antioksidan seperti vitamin C, yang membantu mengurangi peradangan dan melindungi dari beberapa penyakit. Kangkung mengandung banyak serat, yang dapat mengurangi risiko kelebihan berat badan.

Dua cangkir kangkung mentah menyediakan sekitar 50 kalori dan 4,5 gram serat yang mengenyangkan.

Cobalah membuat keripik kangkung sendiri dengan cara berikut:

  • Buang tangkai kangkung
  • Cuci dan keringkan kangkung
  • Iris kangkung tipis-tipis
  • Aduk kangkung dengan minyak zaitun, merica, dan garam
  • Taruh kangkung di loyang panggang
  • Panggang kangkung dalam oven dengan suhu 275 derajat selama 20 menit atau sampai kangkungnya renyah.
  • Keripik Kangkung rendah kalori siap disajikan

Baca Juga: 6 Risiko Penyakit Akibat Kelebihan Berat Badan dan Obesitas, Ada Diabetes!

10. Irisan Apel dan Keju

Apel merupakan sumber serat yang mengenyangkan, sehingga menjadi pilihan camilan yang baik untuk menurunkan berat badan. Satu cangkir irisan apel Gala mengandung sekitar 2,5 gram serat.

Penelitian telah mengaitkan konsumsi keju dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah. Sebuah tinjauan yang diterbitkan pada tahun 2019 menemukan bahwa keju bahkan dapat melindungi terhadap diabetes tipe 2.

Coba bereksperimen dengan apel dan keju favorit di rumah. Cobalah apel Gala dengan irisan keju cheddar tajam sepanjang untuk membuat Camilan Penurun Berat Badan sendiri.

11. Kacang Kedelai

Kacang kedelai membantu meningkatkan tekanan darah, mengurangi peradangan, dan mengatur gula darah.

Campur seperempat cangkir kacang kedelai panggang asin dan setengah cangkir Cheerios, lalu kocok. Kombinasi manis dan asin menghasilkan camilan lezat yang merupakan sumber serat dan protein untuk menurunkan berat badan.

12. Irisan Pir dengan Selai Almond

Irisan buah pir dan selai kacang almond merupakan sajian yang sehat dan lezat. Buah pir secara alami manis dan mengandung serat serta air yang membantu merasa kenyang lebih lama. Penelitian telah menemukan bahwa buah pir merupakan sumber antioksidan pencegah penyakit.

Beberapa bukti menunjukkan bahwa almond menurunkan rata-rata massa tubuh dan lemak serta meningkatkan kesehatan usus.

Cara Membuat Camilan Penurun Berat Badan dari Pir dengan Selai Almond

  • Iris satu buah pir.
  • Tambahkan satu sendok makan selai kacang almond untuk mendapatkan kombinasi karbohidrat dan protein yang sempurna.

Baca Juga: Sukses di Masa Depan! Ini 12 Tips Menanamkan Sikap Suka Belajar pada Anak

13. Roti Gulung Kalkun

Para ahli menyarankan untuk mengonsumsi sumber protein rendah lemak seperti kalkun bagi orang yang sedang mencoba menurunkan berat badan.

Beberapa bukti menunjukkan bahwa kalkun membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2 pada orang dengan kelebihan berat badan atau obesitas.

Gulung lima potong kalkun dengan satu cangkir irisan paprika merah dan dua sendok teh moster. Makanan mini ini mengandung sekitar 115 kalori.

14. Telur Rebus

Telur rebus mengandung banyak protein yang membantu menahan nafsu makan dan mencegah mengonsumsi sesuatu yang kurang sehat. Penelitian telah menemukan bahwa diet tinggi protein dengan telur utuh dapat mempertahankan massa otot tanpa lemak sekaligus membantu menurunkan berat badan.

Hemat waktu dengan menyiapkan beberapa telur rebus sekaligus. Anda dapat menyimpannya di lemari es untuk mengatasi rasa lapar dan camilan berprotein tinggi.

Sumber: health.com

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Entertainment06 Juli 2024, 19:00 WIB

Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli

Memasuki bulan Juli tentu saja disambut dengan sederet konser dan fanmeeting dari Idol Kpop maupun aktor atau aktris ternama dari Korea Selatan. Promotor Indonesia telah mengumumkan siapa saja yang akan datang kemari di bulan ini
Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli (Sumber : Instagram@/bohyunahn, @/d.o.hkyungsoo,@/xodiacofficial)
Sukabumi06 Juli 2024, 18:19 WIB

Goa Gelam Cidolog Sukabumi, Wisata Alam Bebatuan Unik yang Sarat Cerita

Goa Gelam, terletak di Kampung Cimapag, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi, menawarkan keindahan dan keunikan bebatuan alam yang tak biasa
Goa Gelam, terletak di Kampung Karangbentang, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life06 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Akhir dan Awal Tahun Baru Islam 1446 H, Jangan Lupa Baca!

Doa akhir dan awal tahun baru Islam ini dapat diamalkan dengan tujuan memohon rahmat, perlindungan dan ampunan dari Allah SWT.
Doa akhir dan awal tahun baru Islam ini dapat diamalkan dengan tujuan memohon rahmat, perlindungan dan ampunan dari Allah SWT. | Foto : Pixabay
Musik06 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Terjemahan Lagu La La La Thats How It Goes Honne, Viral Jadi Backsound

Lagu La La La Thats How It Goes viral di TikTok terutama potongan lirik "La la la, la la la la la, Ooh, ooh, That's how it goes" yang dijadikan backsound video di aplikasi media sosial Instagram.
Ilustrasi. Gitar | Chord Gitar Before You Go Lewis Capaldi, Cover Lagu Galau Malam Minggu (Sumber : pixabay.com/@pvproductions)
Sukabumi06 Juli 2024, 16:09 WIB

Ojek di Parungkuda Sukabumi Ditipu, Anak Korban: Motor Itu Modal Nafkah Keluarga

Motor bebek supra x yang menjadi satu-satunya alat mencari nafkah keluarga hilang, ditipu oleh pelaku curanmor modus minta tolong.
Ilustrasi, Motor milik ojek di Parungkuda Sukabumi hilang ditipu pelaku curanmor (Sumber: istimewa)
Life06 Juli 2024, 16:00 WIB

12 Tips Menghangatkan Hubungan Bersama Pasangan yang Sudah Menikah Belasan Tahun

Luangkan waktu untuk berbicara secara terbuka dan jujur satu sama lain untuk meraih kebahagiaan bersama pasangan.
Ilustrasi. Tips Menghangatkan Hubungan Bersama Pasangan yang Sudah Menikah Belasan Tahun (Sumber : Pexels/JCarter)
Food & Travel06 Juli 2024, 15:22 WIB

Sisi Gelap Wisata di Geopark Ciletuh Sukabumi yang Katanya Tercipta Saat Tuhan Tersenyum

Geopark Ciletuh, sering digambarkan sebagai salah satu mahakarya alam Sukabumi yang "tercipta saat Tuhan tersenyum,".
Sisi gelap obyek wisata di kawasan geopark ciletuh Sukabumi | Foto : Istimewa
Aplikasi06 Juli 2024, 15:00 WIB

30 Link Twibbon Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H, Cocok Dibagikan di Media Sosial

Penggunaan Twibbon Tahun Baru Islam dapat meningkatkan kesadaran masyarakat, terutama di media sosial, tentang momen penting bagi umat Islam ini.
Penggunaan Twibbon Tahun Baru Islam dapat meningkatkan kesadaran masyarakat, terutama di media sosial, tentang momen penting bagi umat Islam ini. (Sumber : twibbonize.com).
Sukabumi06 Juli 2024, 14:54 WIB

Pria di Palabuhanratu Sukabumi Dibacok Tetangga, Pelaku Diduga ODGJ

Peristiwa pembacokan terjadi bermula Mustopa alias Opa mendatangi rumah korban dengan cara mengetuk pintu. Setelah itu korban menbukan pintu, kemudian secara tiba tiba Opa langsung melakukan pembacokan.
ODGJ bacok tetangga di Palabuhanratu Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Film06 Juli 2024, 14:00 WIB

Ada Kengerian di Gunung Karena Mitos, Inilah Sinopsis Film Sekawan Limo

Film Sekawan Limo yang menceritakan sekelompok orang tersesat di sebuah gunung karena melanggar mitos di sana, merupakan garapan dari Bayu Skak. Untuk naskahnya ditulis oleh Nona Ica.
Ada Kengerian di Gunung Karena Mitos, Inilah Sinopsis Film Sekawan Limo (Sumber : Instagram@/moektito)