9 Makanan Terbaik yang Dapat Membantu Menambah Berat Badan Anak Cepat Naik

Senin 01 Juli 2024, 17:45 WIB
Ilustrasi makanan terbaik yang dapat membantu menambah berat badan anak (Sumber : Pexels.com/@Jane Trang Doan)

Ilustrasi makanan terbaik yang dapat membantu menambah berat badan anak (Sumber : Pexels.com/@Jane Trang Doan)

SUKABUMIUPDATE.com - Semua orang tua ingin anaknya tumbuh bahagia dan sehat. Namun salah satu tantangan menjadi orang tua adalah memastikan bahwa anak-anak mendapatkan jumlah nutrisi yang tepat secara teratur dan menambah berat badan dengan sehat.

Setiap anak perlu menambah berat badan seiring bertambahnya usia dan pertumbuhan, tetapi bagi sebagian anak, menambah berat badan menjadi tantangan besar. Hal ini dapat meningkatkan kemungkinan menjadi kelebihan berat badan dan mengalami obesitas.

Jika ingin anak-anak menambah berat badan yang sehat, orang tua perlu menyediakan makanan penambah berat badan yang tepat untuk mereka, yaitu makanan yang sehat dan lezat.

Mengutip dari laman zanducare, berikut rekomendasi beberapa makanan terbaik yang akan membantu menambah berat badan pada anak-anak.

Baca Juga: 6 Ciri Pasangan yang Gak Bahagia Hidup Bersama dan Ingin Berpisah, Ini Tandanya

1. Kentang

Bila mencari makanan penambah berat badan, kentang adalah pilihan terbaik. Karena kentang mengandung karbohidrat yang diubah menjadi glukosa, sehingga digunakan tubuh sebagai energi.

Sayuran ini mengandung asam amino, serat makanan, dan karbohidrat, yang dapat menyebabkan penambahan berat badan yang sehat.

Kentang juga merupakan makanan lezat dan juga salah satu makanan favorit anak-anak. Banyak hal yang bisa dibuat dari sayuran satu ini seperti kentang goreng, sup kentang, perkedel bahkan pancake.

2. Pisang

Saat sedang mencari makanan penambah berat badan, maka pisang adalah salah satu buah yang orang tua butuhkan. Karena, mereka dipandang sebagai sumber energi terbaik dan juga mengandung karbohidrat sehat untuk meningkatkan tubuh.

Para ahli mengatakan bahwa pisang memiliki 105 kalori, yang menjadikannya camilan “GO-TO” untuk semua orang, bahkan untuk anak-anak yang cukup aktif.

Anak-anak dapat mengkonsumsi buah ini dalam bentuk salad buah, dimakan langsung, milkshake, dan makanan penutup yang lembut.

3. Buah-buahan Kering

Generasi sebelumnya percaya pada khasiat buah kering yang menyembuhkan. Namun, buah kering merupakan salah satu makanan tersehat bagi anak-anak untuk menambah berat badan.

Porsi ajaib ini tidak hanya mengandung nutrisi penting, tetapi juga mengandung banyak serat.

Buah kering akan memberi banyak kalori bagi anak-anak yang akan menambah berat badan mereka. Selain menambah berat badan, buah kering juga akan meningkatkan kekebalan tubuh anak.

4. Tahu

Tahu merupakan makanan unik dan mengandung asam amino esensial, kalsium, protein, selenium, zat besi nabati, fosfor, dan mangan.

Produk makanan padat nutrisi ini mengandung lemak dan protein sehat tingkat tinggi, yang akan membantu penambahan berat badan pada anak. Tahu juga mengandung 76 energi, 8,08 gram protein, dan 4,8 gram lemak.

Baca Juga: Jalan Kaki dan Jogging, Mana yang Lebih Baik Untuk Menurunkan Berat Badan?

5. Gula Merah

Gula aren atau gula merah adalah gula yang tidak dimurnikan, dan jauh lebih sehat daripada gula yang dimurnikan. Gula aren dibuat dari sari kurma dan tebu.

Selain itu, gula aren mengandung semua mineral penting, seperti zat besi, yang dikumpulkan selama proses pembuatan, yang melibatkan penggunaan wadah besi.

Jadi, jika ingin menambahkan kalori ekstra ke dalam makanan si kecil, orang tua harus memilih gula aren organik untuk semua makanan lezat yang mereka sukai. Namun, pastikan untuk tidak menggunakannya secara berlebihan karena gula aren dapat memiliki beberapa efek yang sama, seperti gula rafinasi.

6. Minuman Sehat atau Smoothie

Membuat smoothie dengan bahan-bahan yang banyak, seperti selai kacang, yoghurt berlemak, atau santan, pasti akan membantu si kecil menambah berat badan.

Pilihan minuman bagus lainnya untuk makanan penambah berat badan untuk balita adalah coklat panas dengan susu murni. Rasanya tidak enak tapi juga akan menambah berat badannya.

Selain itu, memberikan anak-anak protein shake yang dipadukan dengan selai kacang, bubuk protein, susu coklat, atau alpukat itu juga bagus. Namun, akan jauh lebih baik jika memilih shake buatan sendiri yang mengandung semua bahan alami.

7. Lentil dan Kacang

Lentil dan kacang-kacangan mengandung protein tingkat tinggi. Mereka adalah pilihan makanan India yang menambah berat badan dan sangat bermanfaat bagi anak-anak.

Kacang-kacangan dianggap sebagai sumber serat larut yang sangat baik dan dapat menyembuhkan perubahan suasana hati yang tidak menentu dan mengatur kadar gula darah.

8. Ayam

Ayam merupakan makanan berprotein tinggi dan berkalori tinggi untuk anak-anak. Selain itu, ayam juga mengandung fosfor, yang merupakan mineral penting untuk mendukung tulang dan gigi. Hewan satu ini juga sangat bermanfaat bagi hati, ginjal, dan juga fungsi seluruh sistem saraf.

Baca Juga: 9 Sikap Agar Kamu Bisa Berdamai dengan Masa Lalu dan Hidup Bahagia

9. Madu

Madu dipandang sebagai alternatif yang bagus untuk pengganti gula, dan terdiri dari 82% karbohidrat dan 17% air. Hal ini mendorong penambahan berat badan yang sehat dan efektif pada anak-anak. Selain itu, madu juga merupakan pemanis alami dan memiliki kadar lemak rendah.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi06 Juli 2024, 21:03 WIB

Pawai Obor dan Tablig Akbar, Gebyar Tahun Baru Islam 1446 H di Desa Rambay Sukabumi

Warga dari enam kedusunan di Desa Rambay, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, memperingati 1 Muharam 1446 H
Gebyar 1 Muharam 1446 H di Desa Rambay Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Film06 Juli 2024, 21:00 WIB

Jimin dan Jungkook BTS akan Membintangi Acara Perjalanan Are You Sure

Dua member BTS yaitu Jimin dan Jungkook mengejutkan penggemar dengan merilis sebuah acara perjalanan bernama Are You Sure?!, yang akan tayang di Disney+ pada 8 Agustus 2024 mendatang.
Keliling Dunia, Jimin dan Jungkook BTS akan Membintangi Acara Perjalanan Are You Sure (Sumber : Instagram @/disneyplushotstarid)
Sukabumi06 Juli 2024, 20:53 WIB

Ribuan Warga Pawai Obor Rayakan Tahun Baru Islam 1446 H di Sagaranten Sukabumi

alam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H, berbagai lapisan masyarakat dari 12 desa di Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi
Pawai obor meriahkan malam tahun baru Islam 1446 H di Sagaranten Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 20:29 WIB

Pelaku UMKM dan Pengusaha Jasa Konstruksi Sukabumi Dukung Iyos Somantri di Pilkada

Puluhan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) serta pengusaha jasa di Kabupaten Sukabumi menyatakan dukungannya kepada Iyos Somantri sebagai bakal calon Bupati Sukabumi.
Pengusaha dukung Iyos Somantri di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 | Foto : Istimewa
Film06 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Rekomendasi Anime Sci-Fi yang Seru dan Layak Ditonton Kembali

Anime Sci-Fi, atau singkatan dari Science Fiction, adalah genre anime yang mengangkat cerita-cerita fiksi ilmiah dengan berbagai macam tema dan subgenre.
Gintama -  Anime Sci-Fi, atau singkatan dari Science Fiction, adalah genre anime yang mengangkat cerita-cerita fiksi ilmiah dengan berbagai macam tema dan subgenre. (Sumber : crunchyroll.com).
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 19:26 WIB

Muraz-Andri Deklarasi Awal Agustus 2024, Koalisi Demokrat Golkar di Pilkada Kota Sukabumi

Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami, dikabarkan akan mengadakan deklarasi pasangan calon pada awal Agustus 2024
Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami | Foto : Istimewa
Entertainment06 Juli 2024, 19:00 WIB

Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli

Memasuki bulan Juli tentu saja disambut dengan sederet konser dan fanmeeting dari Idol Kpop maupun aktor atau aktris ternama dari Korea Selatan. Promotor Indonesia telah mengumumkan siapa saja yang akan datang kemari di bulan ini
Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli (Sumber : Instagram@/bohyunahn, @/d.o.hkyungsoo,@/xodiacofficial)
Sukabumi06 Juli 2024, 18:19 WIB

Goa Gelam Cidolog Sukabumi, Wisata Alam Bebatuan Unik yang Sarat Cerita

Goa Gelam, terletak di Kampung Cimapag, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi, menawarkan keindahan dan keunikan bebatuan alam yang tak biasa
Goa Gelam, terletak di Kampung Karangbentang, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life06 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Akhir dan Awal Tahun Baru Islam 1446 H, Jangan Lupa Baca!

Doa akhir dan awal tahun baru Islam ini dapat diamalkan dengan tujuan memohon rahmat, perlindungan dan ampunan dari Allah SWT.
Doa akhir dan awal tahun baru Islam ini dapat diamalkan dengan tujuan memohon rahmat, perlindungan dan ampunan dari Allah SWT. | Foto : Pixabay
Musik06 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Terjemahan Lagu La La La Thats How It Goes Honne, Viral Jadi Backsound

Lagu La La La Thats How It Goes viral di TikTok terutama potongan lirik "La la la, la la la la la, Ooh, ooh, That's how it goes" yang dijadikan backsound video di aplikasi media sosial Instagram.
Ilustrasi. Gitar | Chord Gitar Before You Go Lewis Capaldi, Cover Lagu Galau Malam Minggu (Sumber : pixabay.com/@pvproductions)